Rabu, 23 September 2009

Menerapkan Knowledge Management dalam Perpustakaan Akademik: A Pragmatic Approach, Shixing Wen


-->
Menerapkan Knowledge Management dalam Perpustakaan Akademik:
A Pragmatic Approach
Shixing Wen
University
of Michigan Library
Ann Arbor, MI 48109-1205
U.S.A.
shwen@umich.edu
ABSTRAK: Knowledge Management (KM) adalah sebuah lapangan muncul, banyak tooted atau hyped sejak akhir 1990-an. Namun, karena sifat yang rumit pengetahuan per se dan akibatnya manajemen, seringkali sulit untuk memperkirakan atau menunjukkan nilai manajemen pengetahuan. Akademik perpustakaan, dengan anggaran terbatas dan sumber daya manusia, mungkin ragu-ragu untuk mengikuti sektor bisnis dan terjun ke laut yang belum dipetakan manajemen pengetahuan. Makalah ini mengusulkan sebuah pendekatan pragmatis pelaksanaan Manajemen Pengetahuan perpustakaan akademik: memanfaatkan kepegawaian yang ada, teknologi, dan struktur manajemen.

1. Pendahuluan

Akademik perpustakaan adalah pusat informasi yang didirikan dalam mendukung misi lembaga induknya untuk menghasilkan pengetahuan, dan orang-orang dilengkapi dengan pengetahuan dalam rangka untuk melayani masyarakat dan memajukan kesejahteraan umat manusia. Dalam era digital, perpustakaan akademik menghadapi tantangan baik dari dalam (akademisi) dan tanpa (sektor bisnis). Akademik departemen, atau bahkan dosen dan mahasiswa, dapat membeli atau membangun portal mereka sendiri untuk memenuhi akademik dan / atau penelitian kebutuhan. Apakah yang memarginalkan layanan yang diberikan oleh perpustakaan akademik? Perusahaan komersial telah memasuki bidang pelayanan informasi. Apakah itu melanggar batas atas atau mengikis ke dalam wilayah perpustakaan akademik?

Untuk membuktikan relevansi dan nilai, perpustakaan akademis harus berusaha untuk memberikan informasi jumlah yang tepat kepada pelanggan yang tepat pada waktu yang tepat dengan biaya hak keuangan dan sumber daya manusia. Dengan stagnan atau berkurang anggaran perpustakaan, perpustakaan akademis harus meningkatkan efisiensi operasional mereka dalam rangka untuk memenuhi tantangan. Salah satu alat manajemen yang dapat membantu dalam hal ini adalah Knowledge Management (KM).
Manajemen Pengetahuan adalah muncul baru-lapangan. Sejak akhir 1990-an, baik akademisi dan sektor bisnis belum pernah terjadi sebelumnya telah menunjukkan minat Knowledge Management dan melakukan banyak penelitian dalam menunjang dengan teori dan berani dalam pelaksanaannya.

Dilengkapi dengan informasi penelitian yang kaya dan keterampilan, pustakawan cepat bekerja. International Federation of Library Associations (IFLA) 69 Konferensi Umum dan Dewan (Berlin, Jerman; Agustus 2003) ditujukan pada sebuah sesi Manajemen Pengetahuan. Ke-3 Cina-US Library Conference (Shanghai, Cina; 22-25 Maret, 2005) ditujukan Manajemen Pengetahuan sebagai sub-tema dari konferensi.
2. Pengetahuan Manajemen sebagai Terpantul di Perpustakaan Sastra
Sebuah tinjauan sepintas perpustakaan literatur tentang Manajemen Pengetahuan mengungkapkan tren sebagai berikut: 1) dari semua jenis perpustakaan, perpustakaan khusus, terutama bisnis dan korporasi perpustakaan, yang memimpin penelitian di Manajemen Pengetahuan dan 2) perpustakaan akademis, pelayanan publik dan perpustakaan digital berada di pusat perhatian.

2.1. Trend di Perpustakaan: bisnis / perusahaan yang memimpin perpustakaan

Di bidang Manajemen Pengetahuan di perpustakaan, Townley (2001) menyimpulkan bahwa "Khusus perpustakaan telah mengambil memimpin, tetapi beberapa aplikasi sekarang sedang berlangsung di perpustakaan lain."

Literature review confirms his assertion. Sebuah pencarian Boolean, yang dilakukan pada tanggal 30 Oktober 2004 dengan istilah query "pengetahuan dan manajemen" di Perpustakaan Sastra / FirstSearch, dengan "bahasa batas" ditetapkan sebagai "Inggris" dan "tipe record" sebagai "artikel", diambil 632 hits. Pencarian lebih lanjut kualifikasi dengan syarat-syarat berikut dan mengambil masing-masing hits: Perpustakaan (159), perpustakaan (93), akademik (8), perguruan tinggi (27), universitas (44), bisnis (56), perusahaan (26), khusus (41).

Menggabungkan "perpustakaan" dan "perpustakaan", yang hit 252. Yang merupakan sekitar 40 persen dari total hits. Enam puluh persen dari inggris artikel tentang "pengetahuan manajemen" di Perpustakaan Sastra tidak secara langsung terkait dengan perpustakaan atau perpustakaan.

Pengelompokan jenis dan dibagi dengan 252 (total hits of "perpustakaan" dan "library"), "akademis", "kuliah", dan "universitas" memiliki total hits of 79 (31%), dan "bisnis", " perusahaan ", dan" istimewa "memiliki total hits of 123 (49%).
Dengan suatu pemahaman bahwa ada duplikat tuntutan persyaratan tertentu, angka-angka ini menunjukkan bahwa sebagian besar penelitian Manajemen Pengetahuan di perpustakaan dilakukan oleh atau tentang bisnis atau perusahaan perpustakaan. Jantz (2001) berpendapat bahwa "Banyak orang menganggap pengetahuan manajemen untuk menjadi terutama kegiatan bisnis di mana penggunaan dan penggunaan kembali pengetahuan yang menciptakan nilai bisnis dalam hal keuntungan, meningkatkan laba atas investasi atau ukuran kuantitatif lain." Seperti perpustakaan perusahaan terikat erat perusahaan induk mereka, ada kebutuhan mendesak bagi mereka untuk mendukung perusahaan mereka untuk kelangsungan hidup dan sukses di dunia bisnis.

2.2. Trend di Perpustakaan Akademik: pelayanan publik yang memimpin

Tinjauan literatur juga mengungkapkan bahwa di dalam perpustakaan akademis, pelayanan publik yang memimpin dalam penelitian dan pelaksanaan Manajemen Pengetahuan.
Jantz (2001) meneliti isu-isu penting dalam manajemen pengetahuan akademik referensi perpustakaan dan bagaimana pustakawan dapat menjadi lebih efektif sebagai perantara informasi.
Stover (2004) menunjukkan bahwa tidak peduli seberapa terpelajar pustakawan referensi mungkin, adalah mustahil bagi dia untuk menjadi seorang ahli dalam semua disiplin ilmu. Idealnya, meja referensi harus dikelola dengan semua subjek pustakawan 24 oleh 7. Dalam kenyataannya, hanya sedikit, jika ada perpustakaan, mampu seperti itu staf di meja referensi. Jadi pustakawan referensi harus menjawab pertanyaan dalam semua bidang subjek. Oleh karena itu, dia menekankan perlunya "untuk referensi pustakawan untuk membuat eksplisit dan menyusun basis pengetahuan diam-diam mereka jika layanan referensi harus diberikan secara efisien dan efektif."
Branin (2003) mengamati bidang manajemen koleksi selama lima puluh tahun dan dibedakan jalur evolusi dari "pengembangan koleksi" untuk "koleksi manajemen" dan sekarang untuk "pengetahuan manajemen". Dalam pengertian itu, ia gema Corrall klaim (1998) bahwa Knowledge Management, ketika diterapkan pada perpustakaan, sering menjadi bagaimana mengelola pengetahuan yang direkam, yaitu bahan pustaka.
Perpustakaan digital daerah lain Manajemen Pengetahuan telah diterapkan secara aktif. Rydberg-Cox, et al. (2000), menyamakan Knowledge Management untuk "pengiriman dokumen baru dan alat manajemen pengetahuan" dalam perpustakaan digital.
Beberapa artikel tentang Manajemen Pengetahuan ditangani dengan pengoperasian layanan teknis. Turvey dan Letarte (2002) berpendapat bahwa "dunia perpustakaan ditandai oleh perubahan cepat, dan mungkin tidak ada daerah lain seperti bidang katalogisasi." Dan mereka mencoba untuk mendefinisikan katalogisasi sebagai aspek penting dalam Manajemen Pengetahuan semakin dunia digital.

2.3. Missing Piece: Bagaimana cara meningkatkan efisiensi operasi perpustakaan

Penelitian semacam ini telah menyimpang dari maksud asli Knowledge Management. Konsep Manajemen Pengetahuan berasal dari sektor bisnis, yang tujuannya adalah untuk memaksimalkan pemanfaatan pengetahuan perusahaan sehingga untuk menjalankan sebuah perusahaan lebih efisien dan membuat perusahaan lebih kompetitif di pasar. Kecenderungan saat ini di perpustakaan literatur tentang Manajemen Pengetahuan adalah twist dari maksud asli Knowledge Management.

Sebagai cara menyajikan bahan pustaka bagi pengguna perpustakaan difokuskan dalam penelitian Manajemen Pengetahuan, usaha kecil telah disediakan untuk studi tentang bagaimana untuk meningkatkan operasi perpustakaan melalui Manajemen Pengetahuan. Sebagai soal fakta, bagian terbesar dari anggaran perpustakaan dialokasikan untuk para staf dan akuisisi dan katalogisasi bahan perpustakaan. Cara efektif menggunakan staf kami (sumber daya manusia) dan bagaimana untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasi kami layanan teknis harus menjadi fokus nyata Manajemen Pengetahuan dalam perpustakaan akademik.

3. Knowledge Management di Akademik Perpustakaan

Manajemen Pengetahuan telah tooted dan hyped sejak akhir 1990-an, (DiMattia, 1997) pertama di sektor bisnis, dan kemudian dalam pendidikan tinggi dan sekarang dalam pengelolaan perpustakaan. Dorongan untuk memeluk Manajemen Pengetahuan di perpustakaan akademik terutama dari kombinasi dari anggaran perpustakaan kekurangan dan harapan pengguna yang lebih tinggi.
Alih-alih mengadopsi yang sering melenguh pendekatan teknologi tinggi, lebih praktis untuk memanfaatkan staf yang ada, teknologi dan struktur manajemen perpustakaan akademik.

3.1. Mengapa pelaksanaan Manajemen Pengetahuan di perpustakaan akademik

Perpustakaan akademik yang mencubit di kedua belah pihak: mengurangi anggaran dan meningkatnya permintaan dari fakultas dan mahasiswa. Untuk menerapkan Manajemen Pengetahuan dalam perpustakaan akademik terutama didorong oleh misi bukan oleh persaingan dari Internet berbasis layanan referensi atau buku-buku elektronik.

3.1.1. Dorongan

Mana ada fenomena baru muncul, harus ada dorongan. Dalam Manajemen Pengetahuan, kekuatan pendorong adalah keharusan untuk bertahan hidup di sektor bisnis dalam menghadapi persaingan sengit dengan perusahaan-perusahaan saingan atau kompetitor lain. Tujuan dari Manajemen Pengetahuan adalah untuk memanfaatkan sepenuhnya pengetahuan yang ada dalam perusahaan untuk meningkatkan produktivitas dan / atau efisiensi operasional sehingga untuk membangun keunggulan dalam kompetisi. Apa kekuatan pendorong perpustakaan akademik?

Kekurangan anggaran merupakan pendorong utama untuk pelaksanaan Manajemen Pengetahuan di perpustakaan akademik. Dalam beberapa tahun terakhir, anggaran di perpustakaan akademik terbaik stagnan dan penurunan secara umum.
Pada saat yang sama, mahasiswa, staf pengajar dan administrasi universitas memiliki harapan yang lebih besar perpustakaan akademik, karena sebagian untuk kemajuan teknologi informasi dan sebagian pengetahuan ledakan di era digital. Untuk memberikan informasi jumlah yang tepat pada saat yang tepat (Ghosh & Jambekar, 2003) adalah lebih penting daripada sebelumnya untuk pemenuhan misi akademik perpustakaan dan lembaga induknya.

Dengan kata lain, perpustakaan akademik telah merasakan cubitan dari kedua belah pihak - kurang anggaran dan lebih permintaan. Selain itu, mereka telah merasakan ancaman yang terpinggirkan oleh informasi berbasis internet layanan dan mahasiswa dan fakultas upaya pengumpulan informasi sendiri.

Oleh karena itu, penting bagi perpustakaan akademis untuk beroperasi lebih efisien dengan mengurangi keuangan dan / atau sumber daya manusia. Manajemen Pengetahuan adalah suatu alat yang dapat membantu dalam hal ini dan pada saat penting ini.

3.1.2. Misi

Perpustakaan bergantung lebih pada dukungan dari lembaga induknya dan pengguna langsung konstituen. Bertahan hidup atau berkembang, perpustakaan harus selalu mengukur dan memenuhi kebutuhan pengguna. Selain itu, perpustakaan harus lebih proaktif dalam memasarkan layanan mereka dan nilai-nilai konstituen pengguna mereka. Kita harus mengubah pola pikir kami dan tradisi hanya menunggu pengguna untuk datang ke perpustakaan. Kita perlu menjangkau pengguna kami dan mengiklankan / pasar layanan kami. Jika mereka melihat nilai dari layanan kami, mereka akan mendukung kita lebih, dan tidak akan membiarkan lembaga semacam berharga sebagai perpustakaan harus ditutup atau skala bawah.
Kebanyakan Knowledge Management advocators tekanan pada sistematis dan terpusat manajemen pengetahuan. Yang mungkin dianjurkan di sektor bisnis. Perpustakaan di dunia, kelangsungan hidup tidak bergantung begitu banyak di kompetisi dari perpustakaan lain. Ada kekhawatiran di dunia perpustakaan dalam beberapa tahun terakhir tentang beberapa perusahaan berbasis internet yang menyediakan layanan referensi atau buku elektronik, jurnal dan materi audio-visual. Namun, mereka bukan ancaman tetapi sebagai layanan mereka fee-based sementara perpustakaan menawarkan layanan gratis. Dalam hal ini, perpustakaan memiliki kelebihan dalam kompetisi.

3.2. Bagaimana menerapkan Manajemen Pengetahuan dalam perpustakaan akademik

Kebanyakan peneliti menyetujui bahwa Manajemen Pengetahuan terdiri dari dua komponen: faktor manusia dan teknologi. Dan sebagian besar pendukung Manajemen Pengetahuan menganjurkan pendekatan top-down di bawah Chief Knowledge Officer (CKO). Sementara pendekatan top-down lebih baik, sebuah pendekatan bottom-up mungkin lebih praktis dalam banyak hal.

3.2.1. Faktor manusia

Manajemen Pengetahuan adalah paradigma baru di perpustakaan akademis dalam arti bahwa upaya perlu diberikan untuk mengelola pengetahuan secara sistematis. (Ahmed, Lim, & Loh, 2002) Alih-alih membentuk jaringan baru manajer Manajemen Pengetahuan Manajemen Pengetahuan di bawah Tsar atau CKO (Chief Knowledge Officer), lebih praktis untuk memanfaatkan struktur manajemen saat ini. Manajer di semua tingkatan dibebankan untuk menerapkan Manajemen Pengetahuan di unit masing-masing sehingga jaringan manajer Manajemen Pengetahuan di tempat. Sebagai tambahan untuk mengelola staf dan alur kerja dalam unit, masing-masing manajer bertanggung jawab untuk mengelola pengetahuan yang berkaitan dengan tujuan unit mereka dan operasi. Panggilan ini tidak hanya mengumpulkan pengetahuan yang ada saat ini di unit masing-masing, tetapi juga pengetahuan yang relevan dengan operasi mereka dari unit lain / departemen dan bahkan perpustakaan atau profesi lainnya.

Sebuah contoh praktis adalah bagaimana gemuruh strip keamanan dari bagian atas CD atau DVD kotak perhiasan. Untuk waktu yang lama, staf kami di Departemen Akuisisi menggunakan kombinasi pisau dan kuku mereka mengupas it off. Hal ini memakan waktu dan nyeri pengambilan. Suatu hari, kami sengaja mengetahui bahwa staf di Departemen Katalogisasi punya trik untuk mengupas strip keamanan lebih mudah. Dan ternyata bahwa ia menemukan trik dari Internet! Contoh menggambarkan pentingnya pengetahuan manajemen dan berbagi antar departemen. Dan apa lagi, akuisisi pengetahuan tidak boleh dibatasi pada satu unit sendiri atau bahkan perpustakaan. Dalam arti, seorang manajer Manajemen Pengetahuan adalah seperti seorang agen intelijen. S / ia harus cadangan tidak upaya untuk memperoleh informasi / pengetahuan untuk meningkatkan efisiensi operasional-nya / unit-nya.

Hal yang sama akan berlaku bagi para manajer di tingkat yang lebih tinggi. Mereka perlu melihat baik di dalam maupun di luar departemen atau perpustakaan mereka dan melihat apa yang workflow, struktur organisasi, layanan, teknologi, dll di luar sana yang dapat diimpor atau diadaptasi untuk lebih melayani klien mereka sendiri.

3.2.2. Teknologi

Sekarang bagaimana untuk merekam perpustakaan pengetahuan yang terkait dengan operasi? Apa yang lebih: Bagaimana untuk mengambil pengetahuan seperti ketika diperlukan?

Banyak advocators Manajemen Pengetahuan menekankan pentingnya menggunakan teknologi canggih untuk menyimpan dan mengambil pengetahuan. Dan banyak mengadvokasi turnkey terpusat Manajemen Pengetahuan produk perangkat lunak atau sistem. Secara teori, sebuah sistem Manajemen Pengetahuan dapat mencakup apa saja. Pada kenyataannya, tidak ada sistem seperti itu ada. Manajemen Pengetahuan yang terpusat produk mensyaratkan adanya modal awal investasi pricy apakah dibeli dari pasar atau dikembangkan in-house. Selain itu, selanjutnya terus-menerus dan pemeliharaan dan upgrade hardware dan software mungkin tidak terjangkau dengan perpustakaan yang selalu menyusut anggaran. Lebih penting lagi, pendekatan seperti menghadap ke kompetensi teknologi dan preferensi individu manajer Manajemen Pengetahuan. Ini akan menjadi mahal dan tidak realistis untuk melatih semua staf untuk menggunakan seperti sistem Manajemen Pengetahuan.

Di sisi lain, nilai investasi dalam manajemen pengetahuan seringkali sulit untuk memperkirakan atau mengukur. (Ahmed, 2002) Pada saat menghadapi ketat perpustakaan anggaran atau pengurangan anggaran, hanya terlalu wajar untuk administrasi perpustakaan untuk ragu-ragu untuk berinvestasi dalam suatu sistem Manajemen Pengetahuan.

Fakta lain yang perlu diingat adalah bahwa kebanyakan pengetahuan adalah konteks spesifik. Pengetahuan ini biasanya dibuat untuk penggunaan tertentu. (Ahmed, Kok, & Loh, 2002) Dengan kata lain, pengetahuan tertentu yang berharga hanya dalam situasi tertentu. Oleh karena itu, tidak masuk akal untuk memasukkan dalam sebuah sistem Manajemen Pengetahuan terpusat, karena itu akan menjadi tidak relevan bagi kebanyakan orang di luar unit tertentu atau tidak melakukan fungsi tertentu.
Saya akan menganjurkan bahwa kita memanfaatkan teknologi yang ada untuk menyimpan dan mengambil pengetahuan untuk mempromosikan manajemen pengetahuan dalam operasi perpustakaan. Teknologi open source dan perangkat lunak yang ideal. Namun, mereka memerlukan cukup tinggi untuk memanfaatkan keterampilan pemrograman. Sebaliknya, hampir seluruh perpustakaan memiliki Microsoft Office Suite diinstal pada staf mereka 's workstation. Mengapa tidak untuk memanfaatkan sepenuhnya itu? MS Word adalah baik untuk menciptakan prosedur operasional dan dokumentasi lain yang berkaitan dengan operasi perpustakaan. MS Excel adalah baik untuk menjaga dan menciptakan grafik statistik pada unit / tingkat departemen. Dan MS Access dapat menyimpan data untuk pencarian dengan mudah disesuaikan queries. Mereka juga dapat dengan mudah dikonversi ke halaman web, baik itu statis atau dinamis, untuk memudahkan pencarian. Kebanyakan, jika tidak semua, Para staff terbiasa dengan MS Word dan Excel setidaknya.

Untuk mencegah hilangnya pengetahuan pada pergantian staf, semua dokumentasi operasional harus disimpan di jaringan perpustakaan atau di ruang bersama.
Dalam tambahan untuk Microsoft Office Suite, diskusi daftar, online help desk, meja referensi virtual, web portal, dll semua bisa digunakan untuk menerapkan Manajemen Pengetahuan dalam perpustakaan akademik. Keindahan era digital adalah bahwa semua dokumen yang dibuat dalam format digital, yang dapat nantinya untuk penyimpanan dan pengambilan lain media / carrier.

3.2.3. Top-down atau bottom-up

Tergantung pada prioritas administrasi perpustakaan atau struktur perpustakaan, Knowledge Management bisa dimulai dari entah bottom-up atau top-down (Quintas, 2003) atau di tengah. A top-down strategi memiliki keuntungan dari dukungan dan arah dari administrasi perpustakaan. Di tempat-tempat pilihan seperti itu tidak tersedia, Knowledge Management dapat diimplementasikan pertama di garis depan unit. Pengetahuan operasional dapat dikumpulkan dan dibagi dalam unit atau lebih. Sebuah upaya pasti akan menghasilkan lebih banyak efisiensi. Jika Manajemen Pengetahuan dimulai dengan manajer menengah, mereka bisa mengkoordinasikan unit untuk mengurangi atau tumpang tindih berlebihan alur kerja dan dengan demikian menjamin efisiensi yang lebih baik. Tidak peduli di mana dimulai, Knowledge Management pasti akan meningkatkan efisiensi operasional dan dengan demikian meningkatkan layanan kami dan menguntungkan pengguna perpustakaan.
Menerapkan Knowledge Management dari bottom-up dengan staf dan teknologi yang sudah ada adalah "berharga rendah biaya dan resiko rendah cara untuk membuktikan kelangsungan hidup suatu pendekatan Manajemen Pengetahuan" (Quintas, 2003). Pengalaman yang didapat dan menuai manfaat perpustakaan akan mendorong pemerintah untuk menerapkan Manajemen Pengetahuan di seluruh perpustakaan.

3.3. Apa yang harus menanamkan dalam pelaksanaan Manajemen Pengetahuan

Menurut Grant, hanya 10 persen dari organisasi pengetahuan eksplisit (Grant, 1996). Itu mungkin estimasi rendah. Tapi itu menunjukkan fakta bahwa sebagian besar pengetahuan dalam suatu organisasi adalah diam-diam, "sangat tertanam dalam pengalaman individu, penilaian dan intuisi" (Ahmed, Lim, & Loh, 2002). Dengan demikian, ini adalah "sulit untuk mengekspresikan dan berkomunikasi" (Nonaka & Takeuchi, 1995). Alih-alih mencoba segala cara untuk mengekstrak pengetahuan tacit semacam itu dari masing-masing staf, saya akan menganjurkan bahwa kita mendelegasikan tugas ini kepada sumber daya manusia dan pengembangan staf untuk mengelola. Jika pengetahuan diam-diam sulit untuk mengungkapkan atau berkomunikasi, mengapa repot-repot mengeluarkannya? Juga, sebagai pengetahuan diam-diam ditutup berkaitan dengan pengalaman pribadi seseorang dan intuisi, kita mungkin mengambil risiko melanggar privasi mengeluarkannya.

Di sisi lain, Nonaka dan Takeuchi (1995) berpendapat bahwa pengetahuan tacit terletak di jantung pengetahuan organisasi. Oleh karena itu, terlalu sayang untuk mengabaikan atau tidak untuk mengelola. Perpustakaan sumber daya manusia dan pengembangan staf harus dibebankan untuk bekerja erat dengan para manajer di semua tingkatan untuk mengidentifikasi staf dengan pengetahuan tacit yang berharga dan mengambil setiap langkah untuk mempertahankan staf tersebut.

Cara memotivasi staf untuk berkontribusi dan berbagi pengetahuan mereka bukanlah tugas yang mudah. Beberapa staf mungkin tidak ingin berbagi pengetahuan mereka karena takut bahwa sekali pengetahuan mereka digunakan bersama-sama, mereka mungkin tidak lagi dihargai atau dianggap sangat diperlukan. Beberapa staf mungkin tidak berbagi pengetahuan secara gratis, karena ada penunggang bebas (Susarla, Liu, & Whinston, 2003) yang hanya menerima begitu saja orang lain 'pengetahuan tetapi tidak pernah berbagi mereka sendiri. Untuk mendorong staf untuk menyumbangkan pengetahuan mereka, kita perlu memiliki insentif atau sistem penghargaan pada tempatnya.

Berbeda dengan swasta atau sektor bisnis, perpustakaan akademis biasanya tidak memiliki sumber daya keuangan tambahan untuk penghargaan staf yang telah memberikan sumbangan pengetahuan mereka. Sekali lagi, saya ingin menganjurkan bahwa kami menggabungkan seperti sistem insentif atau imbalan dalam struktur manajemen saat ini. Untuk lebih spesifik, kita dapat menulis dalam deskripsi pekerjaan masing-masing staf yang diperlukan untuk berbagi pengetahuan yang berkaitan dengan tugas-tugas mereka dan bahwa masing-masing manajer yang dibutuhkan untuk mengumpulkan dan mengelola pengetahuan operasional. Berbagi pengetahuan / manajemen juga harus dikonfigurasi ke dalam tinjauan kinerja tahunan staf atau pustakawan portofolio untuk masa jabatan atau promosi.

4. Kesimpulan

Manajemen Pengetahuan adalah sebuah lapangan muncul, banyak tooted atau hyped sejak akhir 1990-an. Namun, karena sifat yang rumit pengetahuan per se dan manajemen, sering kali sulit untuk memperkirakan atau menunjukkan nilai manajemen pengetahuan. Terlepas dari kenyataan bahwa ada banyak basis pengetahuan produk di pasar (Serban & Luan, 2002), tidak satupun dari mereka adalah cocok untuk perpustakaan atau cukup fleksibel untuk mengatasi perubahan lingkungan yang dinamis dalam era digital, bukan untuk berbicara tentang modal awal investasi dan masa depan upgrade dan biaya pemeliharaan. Perpustakaan, dengan anggaran terbatas dan sumber daya manusia, harus menggunakan saat ini struktur manajemen dan teknologi untuk menerapkan Manajemen Pengetahuan, baik bottom-up atau top-down. Dengan upaya, Knowledge Management akan membantu meningkatkan perpustakaan 'efisiensi operasional dan memenuhi kebutuhan yang terus meningkat kebutuhan klien kami.

Tidak ada komentar: