Tang Shanhong
Library of Chinese Defense Science and Cina Technology Information Center (CDSTIC)
Beijing, Cina
Dalam era knowledge economy, perpustakaan akan menjadi rumah harta karun pengetahuan manusia, pengetahuan akan berpartisipasi dalam inovasi, dan menjadi link penting dalam rantai inovasi pengetahuan. Pada abad ke-21, perpustakaan mau tidak mau akan menghadapi masalah baru yakni knowledge management.
Manajemen Sumber Daya Manusia adalah inti dari Knowledge Management di perpustakaan dan mengambil sumber daya pengetahuan berkembang di otak staf perpustakaan sebagai cara penting untuk peningkatan efisiensi kerja. Semua peningkatan kualitas staf perpustakaan dan posisi nilai manusia akan menjadi tujuan penting pengetahuan manajemen di perpustakaan.
Tujuan dari Knowledge Management di Perpustakaan adalah untuk Meningkatkan Pengetahuan Inovasi. Pengetahuan inovasi adalah inti dari ekonomi pengetahuan masyarakat. Sebagai dasar untuk pengumpulan, pengolahan, penyimpanan dan distribusi pengetahuan dan informasi, perpustakaan mewakili link yang sangat diperlukan dalam rantai sistem ilmiah, link yang penting dalam pengetahuan
inovasi. Kedua, perpustakaan mengambil bagian dalam proses penelitian ilmiah secara langsung. Kerja perpustakaan merupakan komponen pengetahuan inovasi. Ketiga, perpustakaan harus memperhatikan difusi dan konversi pengetahuan. Mereka bertindak sebagai jembatan untuk mengubah hasil pengetahuan inovasi ke kekuatan produktif realistis. Knowledge management di perpustakaan adalah untuk mempromosikan hubungan di dalam dan di antara perpustakaan, antara perpustakaan dan pengguna, untuk memperkuat pengetahuan internetworking dan untuk mempercepat aliran pengetahuan. Dalam era ekonomi pengetahuan, perpustakaan akan melaksanakan penelitian pada pengembangan dan penerapan sumber-sumber informasi, pembangunan perpustakaan virtual, perlindungan hak atas kekayaan intelektual dalam era elektronik dan lain-lain, dengan demikian mendirikan basis pengetahuan inovasi.
Teknologi Informasi adalah suatu alat untuk Knowledge Management di perpustakaan. Pengetahuan akuisisi adalah titik awal pengetahuan manajemen di perpustakaan. Penerapan teknologi informasi memperluas lingkup pengetahuan akuisisi, akuisisi pengetahuan meningkatkan kecepatan dan mengurangi biaya memperoleh pengetahuan. Isi Knowledge Management di perpustakaan harus mencakup hal-hal tersebut sebagai berikut:
Pengetahuan Manajemen Inovasi
Penyebarluasan Pengetahuan Manajemen
Aplikasi Knowledge Management Pada abad ke-21 perpustakaan juga harus melampirkan pentingnya penyediaan layanan bagi masyarakat untuk memperoleh pengetahuan dan mencapai fungsi yang maksimal dan efisiensi pengetahuan informasi. Oleh karena itu, layanan pengetahuan berdasarkan informasi kecepatan tinggi jaringan harus dilakukan oleh:
1. Menyiapkan perpustakaan virtual atau pusat informasi bagi perusahaan, pemerintah, organisasi masyarakat dan lembaga-lembaga penelitian ilmiah.
2. Menyiapkan layanan pengetahuan digital.
3. Digitalisasi sumber daya perpustakaan.
Manajemen sumber daya manusia menganggapnya sebagai titik dasar untuk melatih kualitas bakat tinggi dan khusus untuk merevitalisasi usaha perpustakaan. Dalam prakteknya, kita harus membayar perhatian penuh keragaman dan variasi staf perpustakaan 'persyaratan, pengelolaan diperkuat staf perpustakaan yang berbeda dengan menerapkan pendekatan manajemen kontingensi.
KM dalam Bidang Struktur Organisasi, Proses Bisnis dan Kebudayaan Perpustakaan
· Memperkenalkan Sistem CKO. The Chief Knowledge Officer (CKO) adalah orang tertinggi yang bertanggung jawab atas Knowledge Management, sistem CKO mewakili tren perkembangan terbaru dari sistem pengelolaan informasi organisasi, dan menandai peralihan informasi manajemen dari tahap manajemen sumber daya informasi dengan pengetahuan manajemen.
· Menyadari mulusnya kombinasi manajemen bisnis perpustakaan dengan pengetahuan manajemen selama proses bisnis reorganisasi perpustakaan. Mengintegrasikan Knowledge Management itu sendiri dengan seluruh proses pertukaran pengetahuan, berbagi, inovasi dan penerapan organisasi, dan menjadi kekuatan pendorong utama untuk inovasi pengetahuan, pertukaran dan penerapan organisasi.
· Membangun kembali budaya perpustakaan dengan menggunakan teori Knowledge Management
KM dalam Bidang Teknologi Informasi
Teknologi informasi utama yang relevan dengan Knowledge Management meliputi: Internet, Intranet dan Extranet; penyimpanan arsitektur; sistem manajemen database; metadata; perolehan dan pengumpulan data; penyebarluasan, pesan, dorong dan tarik; pencarian informasi; berbagi sumber daya informasi; groupware; middleware; pada line analitis pengolahan; multidimensi analisis dan penggalian data.
Selain itu, karena perbedaan dalam arsitektur, penggunaan dan karakteristik antara informasi dan pengetahuan, penyimpanan dan pengelolaan pengetahuan yang lebih rumit daripada informasi. Arsitektur penyimpanan teknologi, teknologi sistem manajemen basis data dan metadata juga teknologi kunci dalam Knowledge Management.
Informasi lingkungan ekonomi dan lingkungan telah berubah dengan cepat pada masa ini. Bagaimana kalangan perpustakaan dapat memenuhi tantangan ekonomi pengetahuan dan membangun sistem knowledge management perpustakaan adalah subyek yang menuntut kita untuk terus belajar dan membutuhkan solusi yang mendesak.