Ringkasan
Informasi baru dan teknologi komunikasi memiliki dampak yang luar biasa pada mously ¬ enor kuantitas, keragaman dan kualitas informasi transmisi dan karenanya karya perpustakaan umum sebagai informasi broker.
Perlu dicatat bahwa efek ini bukan hanya terbatas pada sisi penawaran infonnation transmisi, tetapi itu berlaku dalam proses transmisi informasi, artinya dalam bisnis inti perpustakaan.
Karena itu tidak ada pertanyaan dari sebuah proses yang menambahkan fungsi tambahan ke server ¬ paket es yang sudah ada tetapi lebih dari sebuah proses yang impinges pada fungsi-fungsi inti perpustakaan secara keseluruhan. Ini berarti bahwa perpustakaan apakah ingin atau tidak untuk memasukkan infonnation baru dan teknologi komunikasi tidak lagi merupakan pertanyaan terbuka. Ini akan harus melakukannya - pada rasa sakit karena terpinggirkan dalam bidang informasi untuk sebuah institusi dengan kurang lebih karakter museum.
Dalam rangka mempertahankan dan meningkatkan posisi sentral dari infonnation broker, dunia perpustakaan harus mempertahankan pemilihan material, aksesibilitas dari data dan penyediaan informasi dan dukungan kepada pengguna perpustakaan, update dan berinovasi itu. Selain dunia perpustakaan harus menyadari bahwa perpustakaan adalah entitas fisik perlu direvisi karena saya munculnya perpustakaan virtual. Ada kebutuhan mendesak untuk redefinisi entitas fisik perpustakaan. Dalam semua pertanyaan apakah ini akan berhasil perpustakaan 1CT memasukkan ke dalam layanan mereka bukanlah masalah utama. Pertanyaan kuncinya adalah apakah perkembangan baru akan mengambil alih posisi perpustakaan atau perpustakaan sendiri apakah akan mengambil alih. Untuk mengaktifkan perpustakaan untuk memimpin perkembangan ini di bidang tion ¬ informasi baru dan teknologi komunikasi, pilihan telah dibuat dalam laporan ini untuk langkah-demi-langkah deskripsi dari pelaksanaan 1CT dalam organisasi perpustakaan yang ada ¬ tion. Ringkasan lebih atau kurang berhasil perkembangan ICT di perpustakaan dalam beberapa tahun terakhir belum dimasukkan. Tinjauan seperti sudah ada, sering berkonsentrasi pada ob ¬ stacles dan menyediakan dalam banyak contoh sebuah ringkasan. Ditambahkan bahwa mereka menyediakan pro ¬ fessional tanpa substantif pedoman ketika incorpoiating ICT, baik secara mandiri atau bekerjasama dengan orang lain. Yang terakhir adalah dengan tegas maksud pendekatan ini.
Dalam laporan ini perhatian pertama-tama akan setia kepada yang kondisi di mana sebuah proyek perpustakaan ICT dapat dibentuk Apa yang patut mendapat perhatian ketika berniat untuk mendirikan sebuah proyek? Apa mitra dan dana yang tersedia? Mana orang mencari kualitas? Kemudian awal dari sebuah proyek dijelaskan. Perlunya kertas kebijakan, proses bekerja terhadap perintah, komposisi dan instalasi dari sebuah tim proyek ICT, kebutuhan untuk mencari keahlian eksternal dan akuisisi wawasan pengguna transmisi informasi masalah dan akan mendapat perhatian. Setelah gambaran yang jelas telah muncul masalah dan solusi, proses keputusan dapat dimulai. Kriteria yang penting dalam hal ini dan di mana keterbatasan? Karena langkah-demi-langkah deskripsi sebagian besar didasarkan pada pengalaman dalam Hoven ¬ Eind Perpustakaan, penjelasan singkat kemudian akan diberikan solusi ICT mereka im ¬ plemented untuk pengguna "masalah-masalah di Eindhoven. Pelaksanaan dalam organisasi perpustakaan kemudian akan ditangani. Berdasarkan situasi nol organisasi dan berbagai pendekatan garis, keterangan akan diberikan tentang bagaimana sebuah organisasi dapat mempersiapkan diri untuk perubahan besar bekerja di dalam perpustakaan. Sini juga upaya telah dilakukan untuk menyoroti sebanyak mungkin pengakuan terhadap masalah dan solusi, pada gilirannya memberikan kemungkinan terbesar aplikasi dalam praktek. Akhirnya sejumlah kendala dan faktor-faktor kesuksesan akan dijelaskan, sehingga langkah-demi-langkah rencana teknologi.
Pendahuluan
Nicholas Negroponte pada tahun 1995 menerbitkan peta jalan untuk bertahan hidup pada informasi superhighway: "Being Digital" - sebuah buku yang mengeksplorasi dampak teknologi digital di dunia. Setiap orang yang tertarik dalam peran masa depan perpustakaan dalam terang perkembangan ini, yang mencari referensi untuk istilah 'perpustakaan / akan kecewa untuk menemukan bahwa kata perpustakaan tidak muncul dalam buku. Apakah ini berarti bahwa tidak ada masa depan untuk perpustakaan? Negroponte menempatkan seperti ini: "Ketika kita berpikir tentang pengiriman informasi baru, kita cenderung kejang pikiran kita dengan konsep seperti info-merumput 'dan' saluran-surfing." Tapi dengan seribu saluran, maka diperlukan waktu hampir satu jam untuk memindai mereka semua. Ketika saya mau pergi ke bioskop, daripada baca review. Saya minta adik ipar. " Mengapa Negroponte lain mertua? menggunakan dia mampu menggabungkan pengetahuan tentang film dengan pengetahuan Negroponte's perpustakaan memiliki masa depan? Saya lebih dari sebelumnya, tetapi kemudian akan perpustakaan harus mengembangkan ke dalam cli-ttal adik ipar " Ketika masyarakat berubah, begitu pula sebuah perpustakaan Itu bukan masalah niat atau kebutuhan. itu hanya terjadi, cepat atau lambat. Sama seperti di masa lalu digembar-gemborkan inovasi transisi dari tanah liat tablet ke perkamen gulir dan penemuan untuk pencetakan buku dan produksi massal dan perubahan fungsi perpustakaan; aspek pinjaman menjadi ¬ im portant. Dengan pengetahuan itu, mereka yang bekerja di perpustakaan mungkin berpikir bahwa perubahan dalam sebuah perpustakaan adalah fenomena spontan. Untuk beberapa hal itu adalah adil untuk mengatakan bahwa memang begitu. Tantangan yang sebenarnya untuk perpustakaan tinggal, karena alasan ini, dalam pertanyaan mengenai apakah orang-orang yang menentukan program perpustakaan akan mampu memberikan arah proses ini atau apakah orang lain akan menganggap bahwa tanggung jawab dengan risiko perpustakaan menjadi penerima pasif perkembangan.
Yang terakhir tidak perlu terjadi. Profesionalisasi seluruh sistem perpustakaan, sebagai fasilitas dasar dalam modem dan canggih masyarakat, juga telah tercermin dalam profesi. Mungkin dianggap cukup siap untuk merancang sebuah swers ¬ proses sosial dan proses-proses teknologi tidak jarang mendampingi mereka yang menimpa sistem perpustakaan. Salah satu proses tersebut adalah pengenalan teknologi chip selama beberapa dekade terakhir. Hal ini mengakibatkan rasionalisasi berkelanjutan yang luar biasa segala macam proses produksi di seluruh masyarakat. Ini juga memberikan dorongan yang sangat besar untuk kualitas dan kecepatan di mana orang dapat memperoleh informasi dan berkomunikasi dengan satu sama lain. Proses ini bukan merupakan salah satu perpustakaan yang akan hanya harus beradaptasi, tapi satu yang benar-benar menyentuh perpustakaan di jantung operasi mereka. Mereka harus mengubah ¬ radi dihabiskan jika mereka ingin memainkan peran dalam keadaan baru ini. Laporan ini telah menahan diri dari enumerasi perkembangan ICT yang banyak perpustakaan umum telah selesai dalam beberapa tahun terakhir, dengan yang lebih besar atau lebih kecil dari kesuksesan. Di tempat pertama, karena tinjauan tersebut sudah tersedia, di tempat kedua, karena mereka juga diarahkan terutama terhadap hambatan untuk penggabungan teknologi ICT, dan di tempat ketiga, karena perkembangan daftar ini cenderung menemukan ekspresi sebagai yang keras katalog tambahan layanan baru, gagal untuk fokus pada perubahan ke perpustakaan seperti itu. Sebuah pilihan telah dibuat bukan untuk sebuah studi kasus proyek ICT di Eindhoven, tanpa mengabaikan pengalaman-pengalaman perpustakaan lain yang relevan. Penelitian ini dirancang untuk membangkitkan pengakuan oleh para profesional WHC pertemuan dihadapkan dengan tantangan yang sama dan memberikan petunjuk kepada mereka. Garis Pendekatan pragmatis dan studi berakhir dengan penyediaan langkah-demi-langkah rencana.
Jabatan Fungsional Perpustakaan
Selama dekade belakangan ini perpustakaan telah memperoleh tempat sebagai fasilitas dasar dalam masyarakat industri Barat. Hal ini karena itu dapat (sebagai informasi broker dalam suatu bidang infor ¬ mation didominasi oleh informasi tercetak pembawa) untuk menampilkan diri pada sebuah pusat ¬ po sition. Itu tetap, mungkin karena kurangnya kompetisi, tepatnya di fokus dengan kedua sisi penawaran dan sisi permintaan, yang terakhir menjadi pengguna perpustakaan. Dengan munculnya informasi baru pembawa seperti CD-audio. CD-I. CD-ROM. pengembangan database, dan bahkan lebih penting yang menghubungkan database ini dalam Internet, repertoar bahan pada sisi penawaran luas dan mendalam mengalami perubahan. Selain sisi permintaan juga berubah. Pengguna dengan pengetahuan baru ini jenis sumber daya mulai mengajukan pertanyaan-pertanyaan baru. Pertanyaan yang tidak dapat dijawab oleh perpustakaan tanpa sumber daya baru ini dan pengetahuan dari mereka. Perpustakaan berlari tiie risiko kehilangan fokus karena baik untuk perkembangan sisi penawaran dan perkembangan permintaan pada pihak pengguna. Tidak diragukan lagi, yang brary ¬ li tidak lagi laba-laba di web. Perkembangan ini, bagaimanapun, tidak bahkan mulai menjelaskan bagaimana pentingnya teknologi baru untuk sektor perpustakaan. Teknologi baru ini tidak hanya mengubah dalam pembentukan ¬ pasar tetapi juga mempengaruhi perpustakaan dalam proses primer, bisnis intinya.
Bisnis inti perpustakaan umum
Perpustakaan secara umum dapat dianggap sebagai pialang, dalam hal ini broker informasi. Pustakawan menengahi antara data oifercd dan permintaan dari berbagai kelompok pengguna. Hasil menggabungkan data yang ditawarkan dengan permintaan khusus dari kelompok-kelompok pengguna transmisi data, informasi transfer. Untuk benar-benar menjadi digital Negioponte adik ipar, perpustakaan harus mengambil dua proses: proses seleksi data dan proses pemasaran. Memiliki sejumlah prosedur untuk tujuan ini.
Data ditawarkan Informasi broker Kelompok pengguna Buku Seleksi kelompok Target CD Pengguna dukungan Membuat CD-ROM data yang tersedia dan dapat diakses dll
Teknologi baru memiliki pengaruh yang mendalam pada semua empat dari proses bisnis inti yang disebutkan di sini.
SeleksiKetika datang ke pemilihan data jelaslah bahwa tugas ini telah menjadi lebih com ¬ Plex karena perluasan dari sisi penawaran pasar. Pengetahuan buku adalah satu hal. Mengembangkan pengetahuan tentang meningkatnya jumlah informasi baru maskapai tidak hanya menyajikan persyaratan substantif, tetapi juga persyaratan yang berkaitan dengan pengadaan media baru ini. Di sisi lain, teknologi baru akan juga menyediakan perpustakaan dengan sumber daya yang lebih baik untuk seleksi secara cepat dan efektif. Proses seleksi dan logistik yang terkait konsekuensi bisa untuk sebagian besar akan didigitasi. Efisiensi dan efektivitas keuntungan di sini merupakan sisi lain dari koin teknologi.
Dukungan pengguna
Sini juga pengetahuan tentang media baru akan sangat diperlukan untuk staf perpustakaan untuk memungkinkan mereka untuk dapat melaksanakan pekerjaan mereka secara profesional mode. Ini adalah setelah semua tidak mampu inconceiv ¬ dalam situasi sekarang dengan pergantian yang cepat informasi baru pembawa bahwa klien dapat tahu lebih banyak daripada pustakawan, situasi yang harus dihindari dalam praktik sejauh mungkin. Selain perubahan relatif terhadap pengetahuan dan tingkat pengetahuan yang dibutuhkan untuk mendukung pengguna dalam pengertian yang sempit, hal ini juga bernilai baik menyadari bahwa, lebih dari sampai sekarang kasus ini, user perlu dukungan luas dalam akuisisi dalam formasi. Masalah staf setelah semua masalah pengguna. Mereka juga akan harus mengembangkan keterampilan untuk mengoptimalkan penggunaan media baru. Media pendidikan akan mendapatkan peran penting dalam proses dukungan pengguna di tahun-tahun mendatang.
Informasi rendering diakses Bahkan lebih daripada untuk titik-titik sebelumnya, teknologi baru akan memiliki radikal ¬ ef fect atau. proses informasi render diakses. Di satu sisi, berdasarkan munculnya fasilitas pencarian baru melalui lanjutan "mesin pencari," dan di pihak lain karena peluang-peluang baru yang dihasilkan ketika tiga media utama: teks, gambar, dan suara yang terintegrasi dalam berbagai cara. Dalam hal itu menawarkan teknologi baru op ¬ portunities utama untuk perpustakaan untuk menjadi, secara permanen, informasi broker yang mereka begitu banyak inginkan. Tanpa kehilangan posisi broker, dan karenanya tanpa hav ¬ ing untuk menjadi produsen informasi, perpustakaan dapat meningkatkan informasi selama proses pencarian dengan memanfaatkan media baru dan dengan cara itu, akan meningkatkan kemandirian kelompok besar pengguna. Pada dasarnya proses yang masih harus dijelaskan, yang berada di ¬ terhenti beberapa waktu yang lalu dalam proyek Eindhoven, membentuk substansi laporan ini. Tidak hanya kesempatan untuk perpustakaan berbaring di sini, tetapi juga bahaya. Karena apa yang dapat dilakukan perpustakaan, orang lain dapat melakukannya juga. Perbedaan besar, bagaimanapun, adalah bahwa perpustakaan dapat mengklaim tradisi yang panjang dan pengalaman yang diperoleh di bidang ini dan yang lain, sementara mereka mungkin mempunyai cukup pengetahuan tentang media baru, harus buiid atas informasi pengetahuan tentang broker. Perbedaan utama kedua sehubungan dengan informasi baru broker, juga disebut 'cerdas agen,' adalah bahwa di sebagian besar negara beroperasi secara tradisional perpustakaan umum dan fi ¬ nanced dalam domain publik. Hal ini memungkinkan perpustakaan untuk menyediakan informasi tanpa motif profit dan dari posisi netral, sedangkan informasi tetap bagi yang lain 'barang dagangan. "
Rendering data yang tersedia
Sampai sekarang perpustakaan sudah diberikan akses ke properti mereka di dalam batas-batas brary ¬ li. Siapa pun yang ingin menggunakan jasa mereka harus melakukannya dengan mengunjungi bangunan itu sendiri. Jauh. mayoritas layanan perpustakaan yang diwujudkan dalam cara ini dan disediakan dalam empat dinding sendiri. Salah satu hasil paling revolusioner teknologi baru berlaku untuk wilayah ini, dalam jarak faktor memainkan peran terus menurun dalam konsumsi layanan. Ini akan memiliki konsekuensi besar bagi perpustakaan sebagai entitas fisik, karena. sebelah perpustakaan ini, yang baru "perpustakaan virtual" akan muncul, di mana sebagian besar layanan dapat dipenuhi tanpa pengguna harus pergi ke perpustakaan. Berpikir ini melalui dapat mengakibatkan kesimpulan bahwa, ketika perpustakaan virtual dimanfaatkan secara penuh. perpustakaan fisik akan kehilangan fungsinya, yang dikurangi paling untuk Bahan repositori terlihat di Internet dapat setelah semua akan dipesan dan kemudian dikirim. Layanan langsung tersisa tidak akan melebihi tingkat "di Main pizzeria jalan." Pada saat itu pengetahuan sisi perpustakaan akan telah dipisahkan dari sisi gistics ¬ lo. Memandangnya dengan cara ini adalah ada masa depan untuk perpustakaan sebagai entitas fisik? Masalah ini sekarang mulai mendapat perhatian di dalam dunia perpustakaan. Paradoksnya, di Belanda bangunan perpustakaan lebih baru telah didirikan dalam sepuluh tahun terakhir daripada sebelumnya. Rupanya perpustakaan sebagai entitas fisik masih dianggap sebagai dilanju ¬ ing untuk memiliki masa depan. Saya berbagi pandangan ini. Kita akan sekali lagi harus fokus pada jabatan fungsional cf perpustakaan dan sekarang pada posisi fungsional gedung perpustakaan itu sendiri dan kemungkinan-kemungkinan dalam masyarakat, bukan pada fungsi-fungsi pelayanan.
Jelas tidak semua orang akan terus memanfaatkan perpustakaan fisik, bahkan untuk perolehan informasi. Teknologi baru setelah semua memungkinkan ini harus dilakukan dari kejauhan. Di sisi lain, tidak semua informasi yang akan diberikan diakses 'full text' direktori dan data melalui jaringan. Justru di perpustakaan umum bahwa tingkat substitusi antara yang lama dan media baru tidak begitu luas seperti yang sering diasumsikan. Media baru telah ditambahkan dalam banyak hal, meningkatkan koleksi baik secara kualitatif dan kuantitatif. Diperiksa dalam cahaya itu perpustakaan sebagai entitas fisik tidak akan kehilangan dalam periode mendatang peran utamanya segera dapat diakses sebagai database. Ac ¬ hitungan akan, bagaimanapun, harus diambil dari setiap perkembangan teknologi yang mungkin belum menyebabkan proses ini untuk mempercepat. Pengamatan kedua juga menimbulkan kepercayaan pada masa depan mantan isting ¬ bangunan perpustakaan. Orang-orang menikmati berada di sebuah iibrary. Orang-orang seperti untuk mengunjungi dan sen ¬ timentally terlibat dengan lingkungan di mana pengetahuan disimpan. Pengetahuan ini pendukung penguatan fungsi tempat pertemuan di dalam gedung perpustakaan. Penciptaan disebut 'informasi plaza,' dengan suasana butik dan, dalam pengertian umum, yang lebih menekankan pada fungsi akomodasi perpustakaan akan muncul untuk memainkan peranan penting. Ketiga, perpustakaan harus lebih selaras dengan budaya dan pendidikan media. Perpustakaan secara tradisional instrumen sosial untuk katering, dalam arti luas, emansipasi sosial: penciptaan kesempatan yang sama, partisipasi sosial dan keuangan ¬ mobilitas. Organisasi kegiatan budaya di jantung dari lingkungan yang dirancang untuk di ¬ puncak menara mereka akan muncul lebih dari sebelumnya untuk menjadi z menjanjikan perusahaan. Selama pengenalan media baru, perpustakaan juga dapat memainkan peranan. En ¬ largement warga negara 'swasembada adalah baik yang cocok untuk tujuan umum perpustakaan umum. Terjadi dari istilah 'pendidikan permanente' pendidikan media, bekerja dengan internet, dan lain-lain akan muncul menjadi tugas alam untuk perpustakaan. Kolaborasi dengan cational ¬ edu sistem dan instansi pendidikan juga merupakan arah yang jelas. Akhirnya, di Belanda, dan tidak banyak berbeda dalam industri lain na ¬ tions, gereja-gereja telah mengosongkan sejak tahun enam puluhan. Sehubungan dengan ini, atau dalam setiap peristiwa bersamaan dengan itu, proses individualisasi ini telah meningkat. Ini de ¬ velopment tidak dalam segala hal positif. Perpustakaan dan lembaga lainnya bisa berfungsi sebagai semacam semen dalam masyarakat yang berubah. Justru karena ini 'peran baru' bahwa pemerintah telah terpasang impor seperti ¬ tance untuk bangunan perpustakaan. Tahun lalu di sebuah artikel di Der Spiegel perpustakaan karena akan dibangun yang disebut sebagai "katedral kebudayaan."
Perlunya penerapan ICT di perpustakaan Apa yang terjadi dari sebelumnya adalah bahwa teknologi dan mengembangkan sosial pembantu ¬ KASIH yang mendalam akan arti penting bagi masa depan perpustakaan. Perpustakaan akan harus memasukkan deveiopments ini jika mereka ingin mempertahankan dan memperluas fungsi mereka sebagai in pembentukan broker. Mereka juga diharuskan untuk membentuk kesimpulan mereka berkaitan dengan munculnya perpustakaan virtual, akibatnya kehilangan fungsi perpustakaan fisik saat ini dan definisi fungsi-fungsi baru. ICT penggabungan dengan demikian sangat penting bagi perpustakaan. Kegagalan untuk melakukan hal ini akan mengakibatkan penurunan yang cepat ko ¬ nity minat di perpustakaan di bidang informasi. Tidak ada yang akan tetap untuk perpustakaan umum selain berfungsi sebagai museum marjinal. Implikasi dari ini adalah bahwa setiap perpustakaan umum baru akan menerapkan teknologi informasi dan komunikasi, atau sudah melakukannya. Perpustakaan-perpustakaan dengan demikian akan tidak hanya mengadopsi posisi fungsional yang berbeda dalam bidang informasi dan masyarakat, tetapi juga harus mengumpulkan dukungan politik dan dana cukup untuk mewujudkan dan mendukung proses ini. Mereka akan terlibat dalam proses rumit dan penggabungan dari pengetahuan yang diperlukan untuk membentuk peran baru perpustakaan umum. Dalam bab berikut, usaha akan dilakukan untuk mengembangkan model peran atas dasar yang perpustakaan lain akan dapat menangani pelaksanaan infor ¬ mation baru dan teknologi komunikasi dan memberikan struktur dalam organisasi mereka sendiri ¬ tions. Oleh karena itu penelitian ini diarahkan pada mereka. Hal ini didasarkan pada pengalaman dari Hoven ¬ Eind Perpustakaan Umum. Namun, relevansi studi ini dapat lebih luas, karena sebuah perpustakaan, setidaknya di Belanda, adalah lembaga yang bekerja dalam domain publik dan karena itu dibiayai oleh subsidi dasar yang berasal dari penerimaan pajak. Sehingga bisa relevan dengan lembaga lain yang bekerja dalam domain publik yang tertarik dalam pemrosesan informasi. Selanjutnya 1 berpikir bahwa hal itu juga harus relevan dengan pemerintah daerah, karena cepat atau lambat, setiap pemerintah daerah harus berurusan dengan pertanyaan tentang bagaimana mengatur dalam pembentukan ¬ pengiriman, di mana dan berapa tingkat biaya.
Kriteria untuk Inception dari Proyek Perpustakaan ICT yang Orientasi
Ide
Setiap kegiatan, termasuk (CT proyek, dimulai dengan sebuah ide. Dan ide dimulai dengan PEO ¬ ple. Hal ini patut menyadari bahwa pada analisis akhir segala sesuatu berasal dari pikiran seseorang. Kreatif orang-orang dalam setiap organisasi patut dihargai. Mereka adalah orang-orang di asal usul setiap proyek. Sementara kami akan mencurahkan perhatian kemudian unsur pelatihan, perlu dicatat di sini bahwa investasi dalam "modal manusia" adalah syarat mutlak untuk membebaskan mungkin penemuan terbesar di bagian cf pegawai perpustakaan. Hal ini telah tercermin sejak tahun 1995 di Eindhoven Perpustakaan Umum dalam 2 persen dari anggaran sumber daya personil kotor dibebaskan secara permanen untuk pelatihan. Ditambahkan bahwa kebijakan telah dimasukkan ke dalam tempat yang memungkinkan karyawan untuk menjadi ¬ datang terlibat sebagai luas mungkin di luar libraiy mereka sendiri. Semua (nya dirancang untuk menciptakan dasar dari suatu iklim di mana karyawan akan dapat memperoleh ide-ide. Hal ini juga cocok untuk menjamin suasana dalam organisasi tempat aman untuk mengekspresikan ide. Sudah terlalu sering, bagaimanapun, karyawan biaya! dihambat oleh kritis dan ahli kolega dan dikonsumsi oleh kesibukan sehari-hari kerja. Situasi segera muncul di mana mereka bermain dis ¬ cadangan bukan keterusterangan. Manajemen perlu mengambil inisiatif dalam membuat benar-benar jelas bahwa karyawan bebas untuk melakukan kesalahan dan bahwa tidak ada seorang pun boleh mendasarkan / presentasinya dugaan semata-mata pada kekurangan orang lain. Sebentar: harus ada imbalan untuk giat dan sikap terbuka. Di dunia perpustakaan, bagaimanapun, sering cukup untuk 'mengurus toko' dan dalam apa yang dilakukannya, hanya untuk melayani organisasi. Untuk beberapa waktu, industri dan perdagangan telah beroperasi dengan imbalan untuk ide-ide. Hal ini sangat mungkin bagi seorang karyawan untuk menjadi lebih baik dibayar dalam pengertian bahan untuk ide yang bagus daripada untuk satu tahun kerja keras. Sekarang saat ini di mana kreativitas dalam dunia perpustakaan adalah penting ucial c, 1 merasa bahwa perpustakaan harus dapat berinvestasi pada karyawan mereka dengan cara yang sama. Reward kreativitas! Hal ini sangat penting, karena teknologi baru dan semua fitur petugas sering tampak muncul dari udara tipis. Hal ini diambil pada nilai nominal, sebagai fait accompli. Ini adalah,
Namun, kasus yang semuanya dipahami oleh orang-orang, tidak ada orang, tidak ada teknologi! Tanpa staf yang baik dengan ide-ide bagus untuk perpustakaan, perpustakaan tidak akan baik.
Mitra dan subsidi
Berinvestasi dalam teknologi informasi dan komunikasi sangat mahal. Dan sementara perpustakaan memiliki akses ke dana, ini akan sering terbukti tidak cukup untuk memuaskan setiap ambi ¬ tion. Perpustakaan tidak dapat berhadapan dengan orang lain hanya atas dasar ide. Mereka akan meningkatkan keberhasilan proyek secara signifikan ketika mereka menampilkan diri sebagai mitra dipagari penuh. Dan yang menyiratkan bahwa pada kenyataannya mereka bertanya pada diri sendiri apa dana dapat dilepaskan dari anggaran mereka sendiri untuk menutupi paling tidak sebagian dari biaya yang berkaitan dengan suatu proyek. Sini juga kreativitas telah i »s tempat. Ini adalah setelah semua sangat jelas bahwa pengelolaan perpustakaan, yang memutuskan mengubah item baru yang diperlukan, harus memutuskan yang mana item lama dapat dijatuhkan. Dengan kata lain: keluar dengan orang tua, di dengan yang baru. Letakkan sebentar, perpustakaan juga akan memiliki memposisikan diri sebagai mitra yang matang penuh. Tapi saat itu pun beberapa perpustakaan akan dapat memulai sebuah proyek 1CT dari awal, mengingat tingkat pengetahuan dan biaya yang terlibat. Sebuah survei kecil yang dilakukan antara lain kontributor Jaringan Internasional Perpustakaan Umum menunjukkan bahwa mayoritas keseluruhan perpustakaan yang terlibat dalam proyek-proyek ICT-tidak menjalin hubungan dengan para mitra, baik komersial dan non-komersial. Mencari mitra untuk alasan ini penting untuk pve-kondisi proyek yang sukses dan agar io bisa pendekatan mitra potensial ini secara efektif, ada dalam contoh pertama tiga isu penting: • ide yang bagus • deskripsi yang tepat gagasan • bantalan profesional ketika datang ke tanggung jawab untuk biaya.
Pemerintah daerah
Perpustakaan umum memenuhi fungsi sosial. Ini adalah alasan inilah orang melihat ir. banyak negara keterlibatan langsung pemerintah daerah. Perlu melibatkan ¬ ernment gov lokal pada tahap awal perencanaan. Di Belanda pemerintah daerah adalah pal ¬ princi pemodal dari sistem perpustakaan umum. Berdasarkan posisi itu, itu adalah mitra alami untuk memperbarui dan mengoptimalkan layanan yang luas yang signifikan kontribusinya menjadikan layak. Karena sistem perpustakaan umum di Belanda tetap untuk sebagian besar dibiayai oleh publik, adalah aman untuk menyimpulkan bahwa tanpa keterlibatan eksplisit lembaga pemerintah yang bertanggung jawab, sebuah proyek skala apapun tidak akan signifikan kemajuan. Penting untuk dicatat bahwa mitra harus berbagi visi komunal mengenai apa definisi domain publik. Apakah hanya domain publik com ¬ plementary ke pasar, atau apakah ada yang ideal sosial yang berdasarkan jasa-jasa tertentu harus menyadari harga yang ideal.
SolusiTujuan dari proyek adalah untuk mengatasi masalah pelanggan seperti dijelaskan sebelumnya dan lebih jauh lagi untuk merespon perkembangan teknologi dan implikasi dari pada bisnis inti perpustakaan 'dan perilaku pelanggan. Singkatnya tujuan adalah: • untuk menutupi gedung perpustakaan dan layanan • untuk mewadahi dan menyajikan bahan-bahan dalam cara yang berorientasi pelanggan • untuk mendirikan sebuah katalog alat yang berhubungan dengan perilaku pencarian alami • untuk berurusan dengan gambar mendatang budaya • untuk berurusan dengan 'zap-searchmg' • untuk menciptakan lebih banyak layanan personalisasi • untuk mendirikan perpustakaan sebagai broker informasi netral Untuk menyediakan pembaca dengan beberapa wawasan ke dalam lingkup proyek ICT di Hoven ¬ Eind perpustakaan, penjelasan singkat diberikan di bawah ini dari alat-alat yang diperkenalkan oleh perpustakaan untuk meningkatkan tingkat layanan. Alat-alat yang dijelaskan dalam laporan ini: "The jantung dari informasi ¬ tion masyarakat kaya."
Katalog dan multimediality
Sebuah katalog tanpa sengketa jantung perpustakaan. Ini berisi semua perpustakaan yang ditawarkan klien. Dalam operasi kebanyakan katalog perpustakaan terdiri dari deskripsi ¬ pelana pembacaan hanya didukung oleh teks. Dengan maksud untuk meningkatkan aksesibilitas, katalog multimedia yang dapat dilakukan!. Itu berarti bahwa gambar dan suara ditambahkan, media ini memberikan kontribusi kepada peningkatan aksesibilitas dan proses seleksi yang terkait dengannya. Tidak hanya untuk tujuan perpustakaan, tetapi juga untuk digunakan di rumah multimediality mewakili seorang dis ¬ tinct perbaikan perbaikan ini cocok sempurna dengan transisi dari budaya membaca untuk gambar. Alat yang paling penting digunakan untuk mewujudkan tujuan perpustakaan sekarang akan de ¬ scribed di bawah ini.
Video interaktif dinding
Ketika klien memasuki perpustakaan hal pertama yang ia lihat adalah dinding informasi. Dinding informasi ini memungkinkan klien untuk mengambil bantalan di perpustakaan. Trackballs sebagai mereka dipanggil, telah dipasang untuk memberikan informasi komunikasi dengan dinding mungkin. Informasi dinding terdiri dari sejumlah layar, masing-masing dengan fungsi. Ada sebuah layar untuk: • Library's signposting. Hal ini memungkinkan pengguna untuk menentukan secara virtual reality di mana bagian-bagian dari koleksi berada. • pelayanan Perpustakaan. • »Perpustakaan kegiatan untuk periode mendatang. »Specific informasi perpustakaan seperti acquisitiona baru, buku top-sepuluh dan produk perpustakaan. • Di luar informasi. - Informasi dari kotamadya - Informasi dari budaya lokal dan regional tubuh
Manfaat tambahan desak oleh dinding video ini adalah: 1. Bahwa aksesibilitas perpustakaan dan fungsinya meningkat. Melihat jaminan yang paling bentuk komunikasi langsung. Apa yang tersedia dan di mana dapat ditemukan adalah segera jelas. 2. Ada faktor sinergi dalam organisasi-organisasi lain dapat hadir sendiri di pusat budaya yang paling sibuk. Di pintu masuk terdapat besar 4 oleh 8 meter dinding video interaktif. Dinding ini dibagi dalam dua bagian. Sebuah bagian atas di mana perpustakaan atau lembaga lain dapat membuat ¬ nouncements, dan bagian yang lebih rendah yang didedikasikan untuk fungsi ¬ perpustakaan itu sendiri. Bagian bawah ini pada gilirannya lagi dibagi menjadi empat interaktif sec influencable ¬ tions.
Satu influencable bagian terdiri dari bagian-bagian yang berbeda, yang didedikasikan untuk beragam fungsi. Misalnya bagaimana perpustakaan bekerja, apa yang ihere untuk menemukan, di mana seseorang dapat menemukan bahan-bahan dan apa tips pelanggan memiliki perpustakaan untuk menawarkan. Selain bentuk bagian-bagian perpustakaan ini, pemerintah daerah dan lembaga-lembaga budaya lainnya dapat menyajikan program-program mereka. Semua bagian ini dapat diaktifkan dengan menyesuaikan kursor (= titik merah) untuk itu.
Ketika salah satu mengaktifkan "Waar vind ik hef (= di mana harus mencari bahan-bahan), salah satu dihadapkan dengan alfabet dan satu dapat klik pada subjek awal surat. Misalnya ketika Anda mencari" geschiedenis "(= sejarah) Anda mengatur kursor ke G. Salah satunya adalah kemudian dihadapkan dengan dua lantai perpustakaan. Ketika mengatur kursor ke subjek "geschiede ^ adalah,, salah satu lokasi menemukan bahwa bahan-bahan ditandai dengan lingkaran merah, dan bahwa nomor baris (rij 20-24) diindikasikan.
Dengan mengklik lagi satu "lalat" dari sudut pandang burung ke lokasi yang tepat dari "geschiedenis" bagian. Asosiatif infotable Setelah klien telah kembali bahan mereka, mereka akan mencari bahan-bahan baru. Mereka dapat menggunakan infotable untuk membantu mereka dengan ini. Yang infotable menyediakan klien dengan yang baru, seperti sociative ¬ prosedur pencarian. Telah ditetapkan bahwa 80 persen dari klien yang datang ke perpustakaan diarahkan menampilkan perilaku pencarian. Mereka tidak ada di sana untuk melihat, melainkan untuk ditemukan! Pertanyaan, apakah Anda memiliki apa-apa di ..., adalah yang paling sering diajukan di perpustakaan. Infotable ini adalah katalog multimedia dengan sejumlah fasilitas tambahan. Jt terdiri dari sebuah layar di mana istilah dan gambar dangau. Set pertama berisi istilah spesifikasi sejumlah artikel utama. Dengan membuat pilihan dari ini, seorang istilah diaktifkan alamat bahwa artikel utama ini secara lebih mendalam. Oleh istilah berturut-turut klien datang terus lebih dekat dengan topik ini, tiga barang menawarkan istilah baru yang terkait dengan setiap entri. ., A Dengan cara ini pengguna dibuat menyadari bahwa poifibtiities ^ fuM curredtohim. . £ Contoh: klien akan memilih 'voetbal', mati Belanda equivalani dari 'bola' bahan tqft serta sejumlah asosiasi. Ketika ia, misalnya, hanya di tim nasional, yang disebut 'jeruk', belanda setara 'Oranje, "ia kemudian pusat dan subjek ini disajikan daftar baru dari bahan-bahan yang dipilih, dengan seperangkat asosiasi baru. Klien dapat memutuskan apakah dia ingin bertahan dengan bola-sisi saran dan pencarian materi lebih lanjut pada saran atau melakukan perubahan asosiasi lain, misalnya, dengan yang Oranje / jeruk sebagai sebuah istilah yang berdiri untuk Royal House Belanda. Dengan cara itu, pengguna telah menemukan sesuatu yang dia tidak mencari, tetapi minatnya telah tetap timbul. Manfaat tambahan dari prosedur pencarian ini berada dalam fitur berikut. «Klien adalah seolah-olah dibawa melalui saluran ke topik pilihannya, tetapi dihadapkan dengan bidang perifer bunga selama pencarian ini. Klien disajikan dengan ide-ide dan terus-menerus dirangsang.
• Karena klien menemukan cara ini bahan-bahan yang mereka tidak mencari tapi jatuh tetap di dalam bidang yang diminati, koleksi lebih baik dimanfaatkan. • Katalog hampir tombol-bebas dan dalam hal ini user-friendly untuk kelompok besar klien (swasembada) • Para aksesibilitas informasi yang optimal. • Pencarian menyenangkan (Edutainment). The infotable adalah tabel yang berisi lembut-keyboard, monitor dan trackerball. Mengatur kursor pada 'Zoek "(^ pencarian) dan mencetak dalam pencarian jangka" voetbal "(^ sepak bola). Hasil dari prosedur pencarian terdiri dari daftar bahan. Klik pada trackerball; pusat-pusat mesin pencarian "voetbal", memberikan yang terkait persyaratan dan datang dengan daftar 378 judul pada "voetbal" peringkat menurut relevansi.
Salah satu istilah yang terkait adalah "Oranje" (= jeruk), itu nama untuk tim sepak bola nasional. Mengatur kursor pada Oranje ", klik lagi dan mesin memberikan satu set istilah yang terkait serta daftar baru 505 judul lagi peringkat menurut relevansi. Sekarang Anda dapat memutuskan untuk mengubah subjek Anda ke salah satu istilah yang terkait dengan sudut yang sama sekali baru. Anda bisa mengikuti saran untuk mencari semua hal yang berkaitan dengan IHE Royal House dari Belanda yang juga dikenal dengan istilah "oranie". Jika Anda memutuskan untuk mencari tahu lebih banyak tentang judul kedelapan, Anda dapat melihat bahwa itu adalah sebuah buku sym ¬ bolized oleh ikon untuk itu dan Anda dapat klik pada judul. Mengklik memberikan pelanggan pendek catatan bibliografi yang relevan pada judul dan sampul depan judul sampul depan memang faktor keputusan yang kuat di se;; rch-nroeess pelanggan.
Dengan menyesuaikan kursor ke "Locatie informatie" (= informasi lokasi) pencarian chine ma ¬ menyajikan tampilan grafis dari lantai yang bersangkutan dan menunjukkan oleh sebuah titik tempat dan nomor baris, di mana untuk menemukan media. Ia juga menunjukkan apakah materi hadir di perpustakaan pada saat itu. Fungsional tambahan modus dari infotable adalah signposting virtual. The infotable menentukan, seperti dinding informasi, di mana bahan-bahan yang dipilih terletak dan bagaimana untuk sampai ke mereka. Akhirnya infotable memiliki sejumlah fasilitas tambahan yang dapat diaktifkan oleh smartcard. Untuk mengaktifkan prosedur pencarian asosiatif, yang sudah ada 'Search Engine' devel ¬ oped oleh Philips dilepaskan pada database diisi dengan deskripsi, yang pada gilirannya telah ditambah dengan referensi dari semua item di perpustakaan milik. Tanpa melihatnya pengguna mesin pencari membuat koneksi dan asosiasi oleh hyperHnking. Klien, bagaimanapun, dari kelompok 20 persen datang ke perpustakaan dengan permintaan pencarian tertentu masih dapat mencari secara tradisional dan arahan mode untuk judul dan pengarang. Kami menyebutnya: pencarian jalur cepat.
Smartcard
Ketiga, perpustakaan telah memperkenalkan smartcard. Ada sejumlah alasan untuk ini. Dengan kartu seperti ini, perpustakaan dapat: • Mengatur semua transaksi pembayaran dalam perpustakaan • Kartu ini juga dapat digunakan untuk menyediakan akses ke fasilitas-fasilitas yang telah secara khusus dikembangkan, dan dengan demikian-lakukan melebihi nilai dari kartu kredit. Contoh: dengan memasukkan smartcard ke infotable pengguna dapat terlibat dalam kegiatan melenguh ¬ fol: - Dia dapat membuka ubin pribadi di mana ia telah menyelamatkan bidang minat. The infotable kemudian menggabungkan daerah katalog inteiest dengan informasi yang memungkinkan untuk memberikan saran kepada klien tentang bahan-bahan yang menarik bagi dia yang telah ditambahkan ke dalam koleksi sejak kunjungan terakhir, di mana mereka bisa ditemukan dan apakah tiiey yang tersedia. Siapa pun yang inteiested dalam subjek "kuda 'misalnya menentukan ini, dan setelah memasukkan kartu ke dalam infotable, akan diberitahu publikasi baru pada subjek yang diperoleh oleh perpustakaan sejak kunjungan terakhir, apakah mereka yang tersedia dan di mana mereka berada. - Selain itu ia juga dapat berkomunikasi dengan klien lainnya yang telah ditentukan daerah yang sama minat. Dia dapat membuat dan menerima rekomendasi. Dengan cara ini hanya klien dimaksud dapat belajar dari klien yang lain dengan minat yang sama profil yang informasi yang relevan berkaitan dengan perihal 'kuda' telah menjadi tersedia. • Akhirnya, kartu menyediakan akses ke area kerja yang terintegrasi.
Kerja terpadu
Kerja yang terintegrasi memungkinkan klien untuk berkonsultasi database, untuk memproses informasi atau untuk meningkatkan informasi digital mereka sendiri dengan informasi digital dari perpustakaan. Setelah login klien mampu: • berkonsultasi database, termasuk Internet. • menggunakan paket pengolah kata. • menggunakan program perhitungan. • memeriksa file-file library. • menggunakan informatif CD-ROM yang tersedia. Siswa mampu menyiapkan disertasi lengkap tanpa meninggalkan kursi mereka. The li ¬ brary telah dengan cara ini menganut tren pendidikan.
Pilihan teknologi
Perpustakaan prestasi menggunakan teknologi Internet. Ditambahkan ke itu, Intranet telah direalisasikan dalam perpustakaan. Intranet ini terhubung ke Internet, tapi diberi nilai ¬ Sepa dari itu oleh firewall, untuk mencegah penggunaan yang tidak dikehendaki. Selain sistem Vubis yang ada di perpustakaan, sistem-independen ¬ basis data HTML telah dikonfigurasi dengan menggunakan multimedia yang memungkinkan perpustakaan untuk menawarkan katalog klien terintegrasi berisi teks, gambar dan suara. Sebuah mesin pencari khusus dikembangkan oleh Philips memungkinkan asosiatif ¬ dures Prosedur pencarian.
Home-gunakan
Dengan menggunakan internet perpustakaan dapat menawarkan klien di rumah atau di kantor opportu ¬ nity untuk menggunakan perpustakaan. Karena ini klien mampu: • berkonsultasi katalog perpustakaan • cadangan bahan ditemukan
• order bahan-bahan dan minta mereka disampaikan di rumah atau di tempat kerja; dalam Perjanjian Lama grafis dalam bentuk digital Layanan ini akan mengembangkan akhirnya ke perpustakaan virtual. Sebuah perpustakaan yang buka 24 jam per hari untuk klien dan satu yang dapat memberikan kualitas tinggi, Contempo ¬ rary jangkauan layanan.
Pelaksanaan di perpustakaan Organisasi
Kami berbicara dalam pengenalan pentingnya perkembangan teknologi baru untuk perpustakaan umum. Kami menunjukkan bahwa perkembangan baru ini akan mempengaruhi perpustakaan dalam bisnis inti. Untuk alasan ini, tak usah dikatakan lagi bahwa perkembangan ini juga mempengaruhi organisasi ¬ institusi dan keahlian dengan yang dilakukan. Pengenalan teknologi informasi dan komunikasi akan mengubah secara radikal perpustakaan baik untuk klien dan karyawan. Banyak terhadap praktek yang biasa, saya mengusulkan pertama memeriksa organisasi dan em ¬ ployee dan kemudian menyikapi perubahan untuk klien dan perpustakaan. Saya membenarkan perintah ini dengan alasan bahwa di daerah perkembangan ICT kita terus mengalami sisi penawaran pasar. Ada banyak penelitian yang harus dilakukan. Sering terjadi dalam interaksi sehari-hari penuh layanan-praktek. Yang jelas kasus seperti sebuah perpustakaan Eindhoven, karena, meskipun semua klien awal penelitian, perpustakaan - terutama yang dilengkapi dengan modern ¬ ICT kembali sumber - sedang mengalami perkembangan dan dalam arti semacam laboratorium.
Karyawan dan organisasi
Siapa saja mempertimbangkan perkembangan ICT baru memasukkan ke dalam paket layanan mereka harus menyadari bahwa ini bisa memiliki konsekuensi yang luas bagi karyawan yang bekerja di perpustakaan dan tempat umum tuntutan organisasi dari sumber daya personil di dalam perpustakaan. Bahkan lebih, tanpa organisasi yang memadai dan berkualitas baik karyawan, ¬ li publik brary akan mampu mewujudkan proyek ICT yang sukses, karena kualitas layanan yang tetap, bahkan di perpustakaan besok, merupakan produk kualitas em ¬ ployees daripada bahwa dari semua peralatan ICT. Saya mengusulkan, karena itu, fokus pada sebuah perpustakaan yang masih perlu dikembangkan secara luas dalam pengertian organisasi. Ada berbagai alasan untuk ini. Di tempat iirst. Saya percaya bahwa banyak perpustakaan tidak cocok untuk proyek-proyek jenis ini. Ini berarti bahwa dimulai dengan situasi nol akan meningkatkan kemungkinan banyak li ¬ braries menemukan dalam menangani proses yang diuraikan di bawah ini memungkinkan mereka untuk memberikan onomous ■ ♦ formulir ini untuk pengembangan organisasi mereka sendiri.
Di tempat kedua, perlu menyadari bahwa perpustakaan dapat berkembang sangat cepat dari posisi yang kurang beruntung dalam waktu yang relatif singkat waktu. Anggapan bahwa hanya perpustakaan yang kini membentuk barisan depan mampu mewujudkan perkembangan jenis ini adalah dengan cara ini juga telah mendustakan. Akhirnya, dan dalam demonstrasi konklusif dari dua proposisi sebelumnya, sebuah proach ¬ ap jenis ini paling sesuai dengan situasi dari mana Eindhoven Perpustakaan Umum mengembangkan proyek ICT.
Organisasi; yang Eindhoven O-situasi, situasi sketsa
Pada awal tahun 1995 Eindlioven Perpustakaan, bila dibandingkan dengan sektor perpustakaan di Belanda, dapat dicirikan sebagai kuno dan terhormat ¬ li brary, terutama ditujukan untuk pinjaman dari pembawa informasi tercetak. Bidang operasi terbatas secara resmi kepada Kotamadya Eindhoven, dengan 200.000 penduduk setempat, kota terbesar kelima di Belanda. Daerah sekitarnya yang signifikan untuk memanfaatkan perpustakaan dari Eindhoven jaringan yang terdiri dari perpustakaan pusat dan 12 cabang. Jaringan perpustakaan mempekerjakan sekitar 180 orang. Operasi proses sangat berorientasi dan persyaratan mutu yang berlaku untuk layanan yang telah dirumuskan dari sudut pandang profesional. Perpustakaan tutup pada hari libur. Ini sering hari-hari ketika pengguna juga bebas. Cabang-cabang tutup pada hari Sabtu, sementara perpustakaan pusat terbuka selama 2 jam on! Y. Dalam sistem perpustakaan di Belanda, Libraiy Eindhoven menduduki posisi yang terisolasi. Perpustakaan tidak mewakili atau tidak sama sekali dalam permusyawaratan atau badan perwakilan. Ini tentu saja grafik yang independen kerangka acuan sebagian besar karyawan adalah untuk alasan ini terbatas pada situasi libraiy Eindhoven. Struktur organisasi dapat digolongkan sebagai orang yang sangat terpusat. Pengelolaan strategis perpustakaan adalah tanggung jawab manajemen. Selain ada manajemen informal, lingkaran dalam anggota staf. Ini adalah karyawan yang, atas dasar disiplin khusus mereka, yang pertama dipanggil dalam organisasi. Disiplin mereka mencakup bidang keuangan, personil dan organisasi pelayanan langsung. Ada juga sebuah lingkaran luar yang terdiri dari apa yang disebut kepala departemen. Pertemuan bulanan diadakan witti yang terakhir di bawah pengawasan manajemen. Diskusi terutama satu arah. Kebijakan strategis yang dirumuskan oleh IHE manajemen yang sering dieksplorasi di tahap awal di dalam lingkaran dalam diterjemahkan ke dalam tugas-tugas operasional. Resmi ada struktur organisasi, yang dicirikan oleh gaya organik. Itu adalah untuk mengatakan bahwa starTassociated baru dengan layanan baru melekat pada skema ini. Hubungan antara manajemen, dalam dan luar lingkaran dapat berbohong terbaik Orwe'lian dinyatakan dalam istilah "ada yang lebih merata daripada yang lain." Dalam organisasi tidak ada deskripsi pekerjaan substantif. Tanggung jawab sering diorganisir dalam pengaturan kolektif. Ada kelompok kerja yang terkait dengan tema tertentu, misalnya, otomatisasi. Kelompok kerja ini tetap mempertahankan karakter dan
Sumber :
Terjemahan dari Implementing ICT in Public Libraries: Eindhoven, a Case Study, Henk Das, Photos: Jos Lammers, Bertelsmann Foundation Publishers, Gutersloh, 1999