Rabu, 29 Oktober 2008

sejarah singkat perpustakaan FKIK UIN Jakarta


A. Sejarah Singkat dan Perkembangan

Perpustakaan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta didirikan seiring berdirinya Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta berdasarkan Surat Keputusan Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Nomor 046 ditetapkan pada tanggal 22 Mei Tahun 2004 tentang Pendirian Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Pada tahun 2004 tersebut, Dekan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehantan UIN Jakarta Prof. Dr(hc). dr. M.K. Tadjudin, Sp.And menunjuk 3 orang dosen Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan yakni Endang Pujiyati, S.Si, Alfiah S.Ag, M.Ag, dan Drs. Zamzami Kiram untuk mengelola perpustakaan FKIK UIN Jakarta (2004 s.d 2005). Pada tahun 2004 s.d 2005 tersebut perpustakaan FKIK UIN Jakarta baru memiliki koleksi bahan pustaka sebanyak 800 judul buku dengan 1600 eksemplar.

Pada tanggal 19 desember 2005 berdasarkan Surat Tugas Nomor E.KIK/OT.Kp.01.4/320/XII/2005 Dekan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menugaskan Amrullah Hasbana, SS, MA sebagai Kepala Urusan Perpustakaan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dengan Drs. Ida darawati sebagai anggota (pustakawan fungsional bidang pengolahan), dan Lolytasari, S.Ag., M. Si sebagai anggota (non fungsional bidang pelayanan).

Perpustakaan FKIK UIN Jakarta terus berupaya untuk meningkatkan jumlah koleksi untuk memenuhi kebutuhan proses belajar mengajar. Saat ini di FKIK UIN Jakarta ada 4 prodi, yakni: prodi Ilmu Keperawatan, prodi Farmasi, prodi Kesehatan Masyarakat dan prodi Pendidikan Dokter. Sampai saat ini, 5 tahun operasional, Perpustakaan FKIK telah memiliki koleksi terdiri 1637 judul dengan 3760 eksemplar. Koleksi CD 37 buah dan jurnal 1.259 exemplar yang terdiri dari 50 judul jurnal kedokteran, 4 judul jurnal kesehatan masyarakat, 11 judul jurnal farmasi, 7 judul jurnal keperawatan, 12 judul jurnal bersifat umum, 24 judul jurnal agama, 13 judul majalah dan 185 judul makalah. Dan telah melanggan koran sebanyak 1 (satu) judul. Dan juga telah menyediakan layanan internet untuk memenuhi kebutuhan informasi sivitas akademika.

B. Tujuan

Perpustakaan FKIK UIN Sarif Hidayatullah Jakarta bertujuan untuk mendukung tercapainya visi dan misi yang ingin dicapai oleh Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Sayrif Hidayatullah Jakarta, serta menjadi pusat informasi dan research.

C. Struktur Organisasi

Kedudukan perpustakaan FKIK sebagai perpustakaan kerja atau belajar (Working Library) pada Fakultas FKIK UIN Jakarta berada dibawah dan bertanggung jawab langsung kepada Dekan FKIK. Adapun pembinaan sehari-harinya dilakukan oleh Pembantu Dekan Bidang Administrasi Umum. Dalam struktur organisasi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, maka perpustakaan FKIK berada dibawah Kasubag Akademik FKIK UIN Syarif HIdayatullah Jakarta
Tugas perpustakaan FKIK adalah pelayanan bahan pustaka untuk menunjang pendidikan dan pengajaran Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Jakarta. sedangkan fungsi perpustakaan FKIK adalah melakukan pengadaan, pengolahan bahan pustaka, pemberian layanan, dan pemeliharaan bahan pustaka.

Perpustakaan FKIK memiliki hubungan pembinaan dengan UPT Perpustakaan Utama UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dimana Perpustakaan Utama selaku pendukung aktifitas-aktifitas Perpustakaan Fakultas.
1. Bagan Struktur Organisasi
2. Uraian Tugas (Job Description)

a. Kepala Urusan Perpustakaan
· Membuat dan menjalankan program atau rencana;
· Pengembangan koleksi perpustakaan;
· Memelihara hubungan baik dengan para administrator, dosen, mahasiswa, dan lain-lain;
· Menyiapkan dan menjalankan anggaran perpustakaan;
· Mengusahakan supaya koleksi perpustakaan dan pelayanan dikenal oleh pengguna atau pembaca/sosialisasi;
· Meyiapkan laporan, survey, studi dan analisa pelayanan;
· Menjalankan korespondensi perpustakaan;
· Menjalin kerjasama antar perpustakaan.

b. Staf pengolahan
· Katalogisasi dan mengklasifikasi koleksi perpustakaan;
· Membuat buku induk/klasifikasi;
· Memberi tajuk subjek terhadap bahan pustaka;
· Menyusun bibliografi.

c. Staf pelayanan
· Memberikan pelayanan peminjaman koleksi perpustakaan;
· Memberikan pelayanan administrasi atau keanggotaan;
· Menjawab pertanyaan mengenai referensi dan koleksi perpustakaan;
· Memberikan bimbingan pemakai perpustakaan;
· Melakukan pinjam koleksi antar perpustakaan.

D. Petugas Perpustakaan
Tenaga pengelola perpustakaan FKIK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menurut struktur fungsi dan tugasnya terdiri dari 3 pegawai negeri sipil (PNS), 2 orang berlatar belakang pustakawan fungsional dan 1 orang non fungsional. Masing-masing dapat dilihat pada tabel berikut :

1. Amrullah Hasbana, S.Ag., SS., MA, KAUR Perpustakan, S2 Belanda
2. Dra. Ida Darawati, Pustakawan, Staf Pengembangan Koleksi, S1 IAIN Jakarta
3. Lolytasari, S.Ag., S.IP., M.Si, Staf Administrasi, S2 UMJ Jakarta
4. Iif Fikriyati Ihsani, MA, Staf Pengolahan, S2 UIN Jakarta
5. Ela, Sirkulasi, SLTA


E. Sistem, Jam dan Jenis Layanan

1. Sistem Layanan
Perpustakaan FKIK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menerapkan system layanan terbuka (open access), di mana setiap pengunjung dapat mengakses secara langsung koleksi yang ada diperpustakaan. Dengan system ini diharapkan setiap pengunjung dapat melakukan browsing (pencarian buku dan koleksi perpustakaan lainnya) dengan leluasa.

2. Jam Buka Perpustakaan
Senin - Jum'at Jam 08.00 - 18.00

Sabtu s.d Minggu
Libur

3. Jenis Layanan

Layanan perpustakan merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan perpustakaan sebagai ujung tombak dan berperan dalam menentukan hubungan terhadap pemakai atau pembaca perpustakaan.

a. Jenis Layanan
(1) Layanan sirkulasi yang diberikan oleh perpustakaan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Jakarta, kepada segenap civitas akademika yang telah menjadi anggota perpustakaan dan telah memiliki kartu anggota perpustakaan FKIK. Dengan kartu anggota tersebut diperbolehkan meminjam koleksi perpustakaan selama dua hari.

(2) Layanan referensi berfungsi membantu pembaca menemukan informasi yang beragam serta mendalam. Informasi tersebut dapat berupa nama orang, tanggal kejadian, judul buku, istilah-stilah, letak geografis, dan lain-lain. Khusus untuk koleksi referensi hanya dapat dibaca diperpustakaan dan tidak dapat dipinjamkan. Layanan referensi tersebut meliputi :
· Penyediaan bahan-bahan referens: direktori, ensiklopedi, kamus, sumber biografi, bibbliografi, sumber geografi dan lain-lain.
· Bimbingan dan bantuan penelusuran ke sumber-sumber referens
· Layanan kliping, majalah dan laporan penelitian
Dengan catatan: Bahan-bahan referena hanya dibaca diperpustakaan.

(3) Layanan OPAC adalah layanan katalog yang berbasis komputer secara online, disediakan guna memberikan bimbingan kepada pemakai untuk mencari dan menemukan koleksi yang ada di perpustakaan FKIK yang disimpan secara elektronis didalam pangkalan data bibliografis pada suatu komputer (Server) dan dapat diakses melalui suatu jaringan lokal (Local area network). Dalam penggunaannya untuk mencari koleksi perpustakaan FKIK dapat melalui subjek tertentu, judul, pengarang

(4) Layanan Internet

Dalam upaya meningkatkan mutu layanan, perpustakaan FKIK memberikan layanan yang lebih kepada pemakai atau pembaca dan memberi kemudahan untuk mengakses informasi, maka perpustakaan FKIK membuka layanan internet. Sampai saat ini baru tersedia 2 (dua) unit komputer untuk layanan internet. Diharapkan dan diupykan penambahan unit komputer sesuai kebutuhan. Layanan internet ini dimulai sejak tanggal 1 Januari 2006 berdasarkan surat keputusan Dekan FKIK Nomor : EKIK/KP.00.2/19/XII/2005 Tentang Layanan Komputer/Internet FKIK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Sebelum menggunakan komputer internet, pengguna internet diwajibkan booking terlebih dahulu. Adapun tarif penggunaan komputer untuk internet perpustakaan FKIK :

Bagi anggota perpustakaan FKIK :
· Penggunaan komputer untuk internet, Rp.2000,- /jam
· Print/cetak laser, Rp.500/lembar

Bagi bukan anggota perpustakaan FKIK
· Penggunaan komputer untuk internet, Rp.4000,- / jam
· Print/cetak laser, Rp.1000/lembar

(5) Layanan Rental Komputer
Bagi anggota/pengunjung perpustakaan FKIK :
· Penggunaan komputer, Rp.1000,- /jam
· Print/cetak laser, Rp.500/lembar

(6) Layanan Audio Visual
Audio Visual merupakan sumber informasi bahan non buku yang disimpan dalam bentuk piringan plastik. Sumber informasi dalam bentuk Audio Visual ini meliputi bidang kedokteran, keperawatan, farmasi, dan kesehatan masyarakat.

(7) Layanan Foto Copy

(8) Layanan Administratif (Pendaftaran Anggota dan Layanan Bebas Pustaka)

(9) Pelayanan Informasi adalah kegiatan memberikan bantuan dan jasa informasi kepada pemakai perpustakaan

F. Bahan Pustaka, Klasifikasi koleksi, dan Fasilitas Perpustakaan Bahan Pustaka

Perpustakaan yang bermutu tinggi adalah perpustakaan yang memiliki koleksi atau bahan pustaka yang relevan dan memadai untuk memenuhi kebutuhan pemakai atau pembaca. Kemampuan suatu perpustakaan menyediakan bahan pustaka yang sesuai dengan kebutuhan pemakai akan menarik minat baca masyarakat.
Perpustakaan FKIK dalam upaya menunjang pendidikan dan pengajaran khususnya Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Jakarta memiliki koleksi yang lebih terarah dan terprogram sesuai dengan jurusan-jurusan yang ada di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, antara lain :

1. Koleksi dasar

Yang dimaksud dengan koleksi dasar adalah sebagai berikut :
(1) Koleksi mata kuliah dasar khusus (MKDK)
(2) Koleksi mata kuliah dasar umum (MKDK)
(3) Koleksi mata kuliah keahlian (MKK)

2. Koleksi spesialis.

Koleksi spesialis adalah buku-buku yang dianjurkan sesuai dengan kurikulum masing-masing jurusan FKIK, seperti koleksi bidang kedokteran, ilmu keperawatan, kesehatan masyarakat, dan farmasi.

3. Koleksi referensi.

Koleksi referensi atau rujukan yang disediakan oleh perpustakaan FKIK dibatasi oleh koleksi referensi yang disesuaikan dengan bidang masing-masing jurusan FKIK.

4. Koleksi penerbitan perguruan tinggi.

Koleksi pada bagian ini meliputi Buku pedoman atau panduan, modul, yang hanya terkait dengan bidang masing-masing jurusan FKIK.

5. Koleksi pemerintah.

Koleksi pada bagian ini meliputi bidang-bidang kedokteran, keperawatan, farmasi, kesehatan masyarakat, dan agama.

6. Koleksi serial atau terbitan berkala

Koleksi pada bagian ini terdiri dari jurnal, majalah, surat kabar, baik berbahasa indonesia maupun bahasa asing dan mempunyai kaitan dengan masing-masing jurusan yang ada pada Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan.

7. Koleksi yang bersifat rekreatis.
Disamping koleksi referal dan informatif Perpustakaan FKIK yang mengoleksi bahan-bahan yang bersifat rekreatif seperti koran, majalah populer dan buku-buku fiktif.

Koleksi Perpustakaan Fakultas UIN Syarif Hidayatulah Jakarta

Klasifikasi Koleksi
Koleksi buku perpustakaan FKIK dalam memberikan pelayanannya kepada pemakai atau pembaca disusun secara berkelas (Classified Order), yakni berdasarkan disiplin ilmu masing-masing dengan menggunakan sistem klasifikasi DDC (Dewey Decimal Classification). Koleksi bidang Islam disusun berdasarkan bagan klasifikasi dan tajuk subyek Islam yang diterbitkan oleh Departemen Agama RI. Bagan ini pada dasarnya pengembangan DDC seksi Islam (kelas 297) yang kemudian dijadika kelas 2X0. Adapun untuk koleksi buku-buku umum (Bidang non Islam) disusun berdasarkan bagan klasifikasi DDC. Secara garis koleksi tersebut diklasifikasikan sebagai berikut :

Klasifikasi buku-buku Kajian Islam
2 x 0 Studi-studi Islam (Umum)
2 x 1 Al Qur’an dan ilmu yang berkaitan
2 x 2 Hadist dan ilmu yang berkaitan
2 x 3 Aqaid dan Ilmu Kalam
2 x 4 Fiqih
2 x 5 Akhlak dan Tassawuf
2 x 6 Sosial dan Budaya Islam
2 x 7 Filsafat dan Perkembangan Islam
2 x 8 Aliran dan Sekte Islam
2 x 9 Sejarah dan Biografi Islam

Adapun untuk koleksi kajian bersifat umum dalam hal ini koleksi buku Ilmu Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat, disusun berdasarkan klasifikasi Dewey Decimal Classification (DDC). DDC disebut klasifikasi persepuluh atau klasifikasi decimal. Sepuluh Ringkasan Pertama (First Summary) terdiri dari:

000 Karya umum
100 Filsafat
200 Agama
300 Ilmu-ilmu Sosial
400 Bahasa
500 Ilmu-ilmu murni
600 Ilmu-ilmu terapan (teknologi)
700 Kesenian dan olahraga
800 Kesusasteraan
900 Sejarah dan Geografi

Setiap Ringkasan Pertama dibagi menjadi 10 bagian yang disebut divisi atau Ringkasan Kedua (Second Summary). Misalkan kelas utama teknologi (600) terdiri dari divisi-divisi sebagai berikut:

600 Teknologi
610 Ilmu Kedokteran
620 Ilmu Teknik
630 Ilmu Pertanian
640 Kesejahteraan Rumah Tangga
650 Tatalaksana
660 Industri dan Teknologi Kimia
670 Pengolahan Bahan Industri dalam Pabrik
680 Industri-industri lain
690 Bangunan

Setiap divisi dibagi lagi menjadi 10 bagian yang disebut seksi atau Ringkasan Ketiga (Third Summmary). Dalam ilmu Kedokteran, seksi-seksi itu dibagi sebagai berikut:

610 Ilmu Kedokteran
611 Anatomi Manusia
612 Fisiologi Manusia
613 Ilmu Kesehatan Umum
614 Kesehatan Masyarakat
615 Farmakologi dan ilmu-ilmu obat-obatan
616 Penyakit
617 Ilmu Bedah
618 Cabang ilmu kedokteran yang lain
619 Ilmu kedokteran hewan

Setiap seksi atau Ringkasan Ketiga, diperinci lagi menjadi sub seksi. Lihatlah table di bawah ini :

530
Fisika (Ilmu Alam)
530.1
Teori fisika: relativitas, quantum,elektromagnetik, fisika matematika
530.7
Instrumentasi
532. Mekanika zat padat
533. Mekanika zat cair
534. Mekanika gas
535. Bunyi dan getaran-getaran lainnya
536. Cahaya (optic), lensa, sinar infra merah, ultra ungu
535.5 Sinar laser
535.6 Warna
536 Panas: teori, transmisi, pengaruh panas, temperature, kalorimetri
537 Listrik dan elektronika
537.2
Elektrostatika
537.5 Elektronika
538 Magnit
539 Fisika modern
Fisika molekuler, atom dan nuklir
539.2
Radiasi
539.7
Fisika atom dan fisika nuklir
611
Anatomi manusia, sel, jaringan tubuh
612
Fisiologi Manusia
Darah dan peredaran darah
Pernafasan
Makanan dan metabolisme
Pencernaan makanan; kelenjar
612.6 Reproduksi, perkembangan, kematangan
612.7 Fungsi motorik (otot, gerak), tulang, kulit, rambut, kuku
612.8 Susunan syaraf dan alat-alat indra
612.81 Syaraf dan urat syaraf
612.82 Otak
612.83 Syaraf tulang belakang
612.84 Mata dan penglihatan
612.85 Telinga dan pendengaran
612.86 Alat-alat penciuman dan penciuman
612.87 Alat-alat pengecap dan pengecapan
612.89 Sistim syaraf otomatis
613 Ilmu kesehatan umum
613.1 Kesehatan dan lingkungan fisik
613.2 Dietetika
613.3 Minuman tidak mengandung alcohol
613.7 Kesegaran jasmani
613.8 Pengaruh narkotika, minuman keras kepada kesehatan
613.9 Pembatasan kelahiran, keluarga berencana, kontrasepsi
614 Kesehatan masyarakat
614.1 Pendaftaran kelahiran, kematian, perkawinan, forensic medicine
614.3 Pengawasan kesehatan makanan, minuman, obat-obatan, rokok, kosmetik
614.4 Penyebaran dan pencegahan penyakit.
Penyebaran penyakit (serangga, burung, dll); imunisasi, karantina, sterilisasi
614.5 Penyebaran dan pencegahan penyakit tertentu.
Influensa, tetanus, kolera, cacar, demam berdarah, TBC, penyakit kelamin, gigi, hidung, telinga, dll.
614.6 Pengurusan jenazah: penguburan, pembakaran
614.7 Kesehatan lingkungan
Polusi udara, sampah, pengotoran air, kebisingan, kebersihan gedung, taman, perumahan, rumah sakit.
614.8 Kecelakaan dan pencegahannya
Kecelakaan di air, mobil, bahan kimia, kebakaran, di jalan raya, PPPK
615
Farmakologi dan ilmu obat-obatan
Pembuatan berbagai jenis obat, cara memakainya, pengaruhnya; toxicology (racun)
616
Penyakit-penyakit
Sebab, akibat, diagnosa, prognosa, pengobatan
616.01
Penyakit yang disebabkan bakteri
616.04
Penyakit turunan, kelahiran tidak sempurna
616.07
Patologi fisis dan anatomis
616.08
Pengobatan psikosomatis
616.1 s.d 616.9 Jenis-jenis Penyakit
616.1 Penyakit pada sistim cardiovascular: jantung, darah, kardiologi, hematologi
616.2 Penyakit system pernafasan: hidung, paru-paru, tenggorokan, influenza, batuk
616.3 Penyakit system pencernaan: mulut, perut, tenggorokan, usus, pankreas
616.4 Penyakit darah dan system kelenjar
616.5 Penyakit kulit, rambut dan kuku
616.6 Penyakit buah pinggang, kandung kencing, alat kelamin
616.7 Penyakit otot, persendian, urat, rheumtik
616.8 Penyakit system syaraf dan penyakit mental, termasuk neorologi, psikiatri
616.9 Penyakit-penyakit lain
Penyakit menular: TBC, cacar, demam berdarah; alergi
617
Ilmu Bedah
Termasuk penyakit yang memerlukan pembedahan seperti: pembedahan mata, gigi, telinga
618.1 Gynecology (penyakit wanita)
618.2 Obstetrics (penyakit kandungan)
618.9
Pediatrics (penyakit anak-anak), geriatrics (penyakit orang lanjut usia)
619
Ilmu Kedokteran hewan
Eksperimen di bidang kedokteran

G. Daftar Koleksi VCD/DVD Perpustakaan FKIK

1.Atlas Of Allergies And Clinical Immunology, Phillip Fierman, MD, Elsevier Ltd
2.Simbryo An Animated Tour Of Human Development, Phillip M.Ecker, Williams & Wilkins
3.Inter Active Physiology, Benjamin Cumming
4.Pediatrics, First, Elsevier (USA)
5.Pediatric Dermatology, Lawrence A Schachner, Accompanying
6.Human Anatomy, Timmons, Pearson Education
7.Physician Assistant, Miller & Simon, Mcgraw-Hill Companies
8.Reviews & Rtionales, Tomas Madayang, Pearson Education
9.Radiography Examination, D.A. Saia, Mcgraw Compaanies
10.Biochemical Interactions, John Wiley, Wiley Technical Support
11.Atlas Of Histology, Victor P. Eroschenko, Lippincott Wiliams
12.The Johns Hopkins Internal Medicine Board Review, Redonda G. Miller., Johns Hopkins
13.PATHOLOGIC BASIS OF DISEASE, KUMAR HAGLER SCHNEIDER, Elsevier
14.Physio Edge, Thomson
15.CONCISE HISTOLOGY, Thomas Jefferson, Arnold
16.Pediatric Nursing, JANE. W. BALL, Prentiece Hall
17.For Installation Instructions
18.Nursing Drug Guide, Williams Lippicontt
19.Basic Medical Biochemistry A Clinical, Wiliams
20.Pharmacology For Nurses, Josephson Pearson
21.Community Health Nursing, Patty J. Hale, Elsevier
22.Human Anatomy, P.H. Abrahams, Mosby
23.Human Nutrition, Catherine Geissler, Elsevier
24.Communication Theorists, Em Griffin, Mc Graw Hill
25.Psychiatric Nurising, Gail W. Stuart, By Mosby
26.Discovery Life Map, John W. Sanrock, Mc Graw Hill
27.Understanding Nutrition, Ellie Whithey, Thomson
28.Nutritrac, By Mosby
29.Human Development, Diane Papalia, Mc Graw Hill
30.Medical-Surgical Nursing, Hoffman, By Elsevier
31.Discovery Social Sense, Stephen L. Franzoi, Mc Graw Hill
32.Nutrition & Diet Therapy, Williams, Elsevier
33.Ncss 2004 / Pass 2002, Dawson & Trapp, Mc Graw Hill
34.Radiography Examination, D. A. Saia, Mc Graw Hill
35.Masalah Aborsi, Eclipse Of Reason

H. Fasilitas Perpustakaan
1. Gedung.
Gedung Perpustakaan FKIK, menempat areal seluas + 332,5 m2 (17,5 m x 19 m). Perpustakaan FKIK ditempatkan pada lantai 2 (dua) gedung perkantoran Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan yang berlantai 2 dan Basement. Agar dapat menunjang pendidikan dan pengajaran maka lokasi gedung ini berada dekat dengan perkuliahan FKIK.

2. Ruangan
Perpustakaan FKIK hanya memilki satu ruangan. Ruangan tersebut ditata sedemikian rupa sesuai dengan masing-masing tempat kegunaannya.
a. Lokasi KAUR perpustakaan dan Staf Pengolahan terletak disebelah selatan dari pintu masuk. Sedangkan staf pelayanan berada di sebelah utara. Di dalamnya terdapat ; meja Ka. Ur, meja pengolahan, meja pelayanan, meja komputer.
b. Lokasi tempat penyimpanan tas pengunjung (loker) berjumlah 2 buah, berada di samping kanan pintu masuk perpustakaan.
c. Lokasi komputer untuk layanan OPAC terletak disamping meja staf pelayanan. Komputer untuk OPAC hanya berjumlah 1 (satu).
d. Lokasi komputer untuk internet yaitu 1 buah berdampingan dengan komputer OPAC dan dua buah lainnya terletak disebelah selatan.
e. Lokasi rak koleksi umum terletak didepan meja Ka. Ur perpustakaan atau berdampingan dengan meja baca.
f. Lokasi lemari koleksi referensi terletak di samping meja Ka. Ur dan meja staf pengolahan.

Dalam upaya memlihara dan melestarikan koleksi, perpustakaan FKIK dilengkapi dengan mesin pendingin (AC) sebanyak 4 buah, tujuannya adalah agar kelembaban udara dalam ruangan perpustakaan terjaga dengan stabil. Selain itu, agar sinar ultra violet dari sinar matahari langsung tidak menembus kedalam ruangan maka ruangan perpustakaan memakai kaca yang dilengkapi dengan gorden. Sedangkan penerangan ruangan perpustakaan memakai lampu TL.

3. Perlengkapan
Dalam melaksanakan fungsi dan tugasnya, perpustakaan FKIK dilengkapi dengan perlengkapan penunjang, antara lain:
a. Rak koleksi sebanyak 9 buah
b. Rak majalah, jurnal, serat kabar, makalah sebanyak 2 buah
c. Lemari referensi sebanyak 3 buah
d. Meja baca sebanyak 7 buah
e. Lemari penitipan (loker) sebanyak 2 buah
f. Meja Ka. Ur, pengolahan dan pelayanan masing-masing 1 buah.

4. Komputerisasi
Untuk dapat mengakses informasi secara online, Perpustakaan FKIK dilengkapi dengan 5 buah set komputer, antara lain :
a. 1 (satu) set komputer untuk server
b. 1 (satu) set komputer untuk OPAC
c. 2 (dua) set komputer untuk internet
d. 1 (satu) set komputer untuk layanan sirkula
Poskan Komentar