Selasa, 21 Oktober 2008

teacher librarian

Guru pustakawan (teacher librarian) dalam konsep barat itu sebenarnya ada dan berbeda dengan tugas guru maupun pustakawan. kalo dibarat guru pustakawan itu adalah guru yang dibekali khusus pengetahuan tentang dunia kepustakawanan dan tugasnya sebagai penghubung antara perpustakaan dengan para siswa dan para guru dalam pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar.
Sehingga guru pustakawan menjadi tulang punggung pemberdayaan perpustakaan menuju jantungnya pendidikan (pusat pemberlajaran). Singkatnya menjadi semacam PR nya perpustakaan lah.nah hanya saja di Indonesia istilah itu belum populer dan belum dipahami oleh banyak orang. salah satu sebabnya karena ya minimnya perhatian kita terhadap perpustakaan sekolah dan juga pustakawan. masih banyak sekolah yang tidak punya perpustakaan dan kalopun ada pengelolanya adalah para guru sehingga ya tadi itu ya jadi guru tapi juga disuruh jadi pustakawan. Hanya sebagian kecil sekolah yang sudah memiliki perpustakaan lengkap dengan tenaga pustakawan (lulusan D3 ilmu perpustakaan)
So.. konsep guru pustakawan (teacher librarian) dinegeri ini masih jauh dari harapan sebab syarat adanya guru pustakawan jika perpustakaannya sudah bagus dan ada pustakawannya. baru nanti butuh yang namanya guru pustakawan.Kalo sekarang ya.. para guru yang juga dibebani jadi pustakawan ya bersabarlah dan mari kita perjuangkan program “one school one library and one librarian”Jayalah.. perpustakaan sekolah…
Poskan Komentar