Jumat, 16 Oktober 2009

Pendahuluan pada Automaasi untuk Pustakawan, William Saffady


-->
William Saffady
Pendahuluan pada
Automaasi untuk Pustakawan
edisi keempat
ASOSIASI PERPUSTAKAAN AMERIKA
Chicago dan London
1999
Sistem Perpustakaan Terintegrasi

Didefinisikan sebagai, satu sistem-dengan berbagai cara perpustakaan terintegrasi memasukkan satu "integrasi sistem perpustakaan secara online " (IOLS) atau hanya satu "sistem terintegrasi" -adalah satu sistem informasi berbasis-komputer [yang] menggunakan satu basis data mengenai perpustakaan tunggal dan satu set program aplikasi yang saling berhubungan untuk mengotomatiskan berbagai aplikasi perpustakaan. Definisi secara langsung itu memungkiri keanekaragaman kelompok produk. Sejalan dengan penggambaran di bawah, sistem perpustakaan terintegrasi terjual tidak sedikit dari vendor. Mereka dapat beroperasi pada mainframe, komputer mini, atau komputer mikro. Mereka mungkin saja diterapkan oleh perpustakaan kecil atau perjanjian kerja sama temporer multi-perpustakaan besar. Mereka mungkin saja membeli sebagai kombinasi sebelum konfigurasi perangkat keras dan perangkat lunak atau sebagai program yang tertulis sebelumnya untuk penggunaan dengan peralatan komputasi yang secara terpisah dibeli.
Sistem perpustakaan terintegrasi paling awal ada sejak akhir 1970-an. Sesudah waktu itu, otomatisasi perpustakaan didominasi oleh sistem komputer tujuan-tunggal, terutama sekali diharapkan untuk aplikasi spesifik. Kendali sirkulasi, adalah salah satu dari operasi perpustakaan pertama yang dengan sukses terkomputerisasi. Selama akhir 1970-an dan awal 1980-an, vendor [dari] sistem kontrol sirkulasi mulai menawarkan online publik akses katalog (OPAC) sebagai peningkatan mempublikasikan secara luas. Produk yang dihasilkan sering digambarkan sebagai sistem manajemen perpustakaan untuk merefleksikan fungsionalitas lebih luas, walaupun implementasi OPAC mereka [adalah] primitif oleh standar serta perpustakaan masa kini [adalah] memperlambat untuk mereka adopsi. Hingga 1985, sebagai contoh, hanya sekitar sepertiga perpustakaan itu CLSI digunakan untuk sistem kontrol sirkulasi, kemudian produk yang secara luas mereka install, telah menerapkan vendor publik itu akses katalog modul: Dengan cara sama, Data Research Associates menerapkan sistem terintegrasi pertamanya di Cleveland Public Library pada tahun 1978, tetapi itu membuat hanya tiga instalasi tambahan berikutnya lima tahun. Ketersediaan Produk dan penerimaan pelanggan meningkat di pertengahan 1980-an, bagaimanapun. Pada akhir dekade itu, terdapat sedikit perhatian di/dalam sistem otomatisasi perpustakaan tujuan tunggal.

Sistem yang paling terintegrasi adalah modular di/dalam desain. Vendor menawarkan deretan [dari] program antar-berhubungan yang mengotomatiskan operasi perpustakaan spesifik. Fungsionalitas inti adalah disediakan oleh modul aplikasi tertentu [yang] diperlukan adalah memerlukan dalam semua instalasi; modul opsional, [yang] mengotomatiskan operasi spesifik, bisa biasanya ditambahkan pada setiap waktu. Sebuah minimal, tetapi secara penuh fungsional, implementasi secara tipikal menyertakan: tiga modul aplikasi: membuat katalog, akses katalog secara online, dan Kendali sirkulasi. Ini, membuat katalog modul-[yang] mendukung masukan data, kemampuan database management, dan, dalam beberapa hal, mengendalikan- otoritas perlukan. Online; publik katalog akses sering menjadi alasan utama untuk menerapkan satu sistem terintegrasi; Sebagai akibatnya, Modul OPAC adalah secara luas di-install. Kendali Sirkulasi, sementara tidak penting, mungkin saja diintegrasikan dengan membuat katalog dan katalog secara online akses sebagai sebuah bentuk wujud produk standar.
Akuisisi dan manajemen serials adalah penambahan populer tetapi yang biasanya opsional pada satu bentuk wujud sistem dasar. Mereka mungkin saja diterapkan selama awal instalasi [dari] satu produk terintegrasi atau menambahkan pada/di satu kemudian waktu. Modul aplikasi lain, [yang] adalah secara selektif tersedia dan hampir tanpa alternatip opsional, meliputi pemesanan media, satu papan/dewan buletin komunitas, informasi komunitas dan penyerahan, homebound meng-akses, basis data referensi, Akses Internet, pencitraan elektronik, pengambilan kembali teks-penuh, dan kemampuan surat elektronik. Cadangan ruang kemampuan mungkin saja diterapkan sebagai sebuah modul terpisah atau disatukan ke dalam Kendali sirkulasi. Beberapa vendor juga menawarkan satu generator laporan dimana melengkapi integrasi output kemampuan [dari] berbagai modul aplikasi dengan cara memproduksi daftar, berpesan, dan dokumen mencetak yang lain dalam berbagai format disesuaikan.
Diskusi berikut mensurvei kemampuan dan fitur penting berhubungan dengan komponen sistem terintegrasi yang spesifik. Sistem perpustakaan terintegrasi adalah ditawarkan oleh beberapa lusin vendor. Contoh meliputi Ameritech Library Services, Terbaik-penjual Incorporated, Brodart Automation, CARL Corporation, CASPR Library Systems, Layanan informasi Comstow, Contec Data Systems, Data Research Associates, Usaha Information Systems, EOS International, Libris Bekas Limited, Memperluas Library 'Access' Solutions, Follett Software Company, Fretwell Downing Informatics, Gaylord Information Systems, Geac Computers, Menanduk Group Technology, Interfaces Inovatif, Library Internasional Systems, MAXCESS Library Systems, Nichols Advanced Technologies, Tuan Incorporated SIRSI Corporation, Library Corporation, Winnebago Software Company, dan VTLS. Sebagian dari vendor ini menawarkan berbagai lini produk.
Di publikasi perpustakaan, sistem terintegrasi adalah yang sering dibagi menjadi dua kelompok besare: (1) komputer mini dan mainframe mendasarkan produk, [yang] adalah terutama menginstall di/dalam ukuran menengah dan lebih besar akademis serta perpustakan negara, dan (2) produk komputer mikro-mendasarkan, [yang] adalah diharapkan untuk publik lebih kecil, 'community college', sekolah, korporat, dan perpustakaan pemerintah. Perbedaan itu, sementara sekali ketika penuh arti, adalah semakin banyak tiruan. Sejalan dengan teknologi persempit perbedaan kinerja antara kategori tradisional [dari] peralatan komputasi, beberapa vendor [dari] komputer mini-mendasarkan mengintegrasikan sistem telah memperkenalkan implementasi komputer mikro dengan fungsionalitas dapat diperbandingkan.

Sementara itu sistem perpustakaan terintegrasi adalah tersedia untuk banyak jenis [dari] komputer, bentuk wujud produk paling baru adalah untuk Unix, Windows, atau instalasi Windows NT. Mainframe-mendasarkan integrasi sistem,' [yang] [adalah] populer di antara perpustakaan besar pada 1980-an, saat ini kurang begitu disenangi. Di dalam 1990-an, sistem terintegrasi yang lebih tua dimana mengoperasi komputer mini kepemilikan, seperti prosesor VAX dari Digital Equipment Corporation, [adalah] secara mantap diganti oleh produk berbasis Unix, [yang] menawarkan harga baik sekali/karakteristik kinerja dan expandability. Pada saat dilakukannya penulisan ini, inte paling baru dari sistem [adalah] dirancang untuk sistem operasi Windows NT dan klien/ implementasi server dimana tugas komputasi adalah didistribusikan di antara satu komputer dibagi bersama (satu server) dan 'workstation' komputer mikro-mendasarkan (klien). Bentuk wujud komputer Spesifik ke samping, sistem terintegrasi mungkin saja menjual sebagai paket software prewritten untuk implementasi [tentang] komputer perpustakaan-men-supply atau sebagai kombinasi turnkey komputer perangkat keras dipilih ulang dan perangkat lunak yang tertulis sebelumnya.
KATALOG SECARA ONLINE

Semua sistem integrasi mendukung katalog sebagai sebuah modul aplikasi inti dimana mengijinkan kreasi, pembaharuan, dan manajemen [dari] suatu basis data perpustakaan. Kemampuan membuat katalog secara luas diterapkan bahwa mereka menyediakan basis kecil/sedikit untuk pembedaan produk, walaupun variasi sistem-spesifik bisa mempengaruhi kenyamanan tugas yang dengan mana tertentu adalah dilakukan. Semua mengintegrasikan sistem, sebagai contoh, mendukung MARC merekam untuk jenis itu [dari] bahan perpustakaan di mana format USMARC [adalah] berkembang. Beberapa sistem juga mendukung implementasi nasional yang lain format MARC, seperti CANMARC, UKMARC, UNIMARC, atau AUSMARC. Sedikitnya satu li terintegrasi¬sistem brary mendukung COSATI/Format CENDI dikembangkan oleh AS. De¬partment Defense untuk laporan teknis dan dokumentasi serupa. Sistem yang paling terintegrasi mengijinkan MARC parsial merekam yang mempekerjakan format USMARC dengan beberapa bidang meninggalkan kosong. Beberapa sistem juga mendukung non-MARC untuk¬usutkan dengan bidang perpustakaan-mendefinisikan. Secara tipikal MARC dan non-MARC catatan bisa hidup pada waktu sama di dalam suatu basis data perpustakaan.
Semua integrasi sistem perpustakaan mengijinkan masukan-kunci asli membuat katalog data demikian pula transfer [dari] membuat katalog catatan dari sumber terbaca oleh mesin. Membuat katalog asli secara tipikal di-fasilitasi dengan cara formulir/bentuk pekerjaan menampilkan dimana terhubung ke/pada format USMARC untuk jenis spesifik [dari] bahan perpustakaan. Tergantung pada sistem atau pilihan pelanggan, baru saja dimasukkan membuat katalog catatan dapat memperbaharui suatu basis data perpustakaan dengan segera atau pada/di interval dijadualkan. Sebagian besar inte¬sistem perpustakaan memarut bisa mengimpor terbaca oleh mesin membuat katalog catatan dari tape MARC-format diproduksi oleh perpustakaan nasional, kegunaan mengenai perpustakaan, layanan konversi retrospektif, pekerja borongan buku, atau sumber lain. Vendor secara tipikal menyediakan daftar tape sumber [yang] [adalah] dengan sukses memuat ke sistem mereka. Produk komputer mikro-mendasarkan dapat men-transfer catatan terbaca oleh mesin dari disket dari pada pita magnet. Banyak sistem terintegrasi juga melakukan transfer elektronik terbaca oleh mesin membuat katalog catatan dari kegunaan mengenai perpustakaan, Produk informasi CD-ROM, atau sumber lain.
Tergantung pada sistem, Kendali otoritas mungkin saja disatukan ke dalam membuat katalog modul atau menawarkan sebagai sebuah komponen yang secara terpisah dibeli. Dalam bentuk apapun kasus, Kendali otoritas mendirikan/menetapkan dan memelihara bentuk serta referensi silang diberi hak untuk nilai bidang dijelaskan. Sejalan dengan catatan mengenai perpustakaan adalah dimasukkan, nilai bidang tunduk kepada Kendali otoritas adalah secara otomatis dicek melawan diberi hak bentuk, dengan nama dan judul baru atau diragukan adalah berkibar" untuk review. Variasi sistem-spesifik menentukan bidang ke/pada [yang] otoritas Kendali mungkin menjadi menerapkan. Pengarang' nama, seragam gelar, seri gelar, dan judul subjek adalah paling umum bidang terkontrol. Tergantung pada sistem, catatan otoritas mungkin saja kunci-dimasukkan, diturunkan dari judul yang sudah ada dalam satu li¬katalog brary, atau mengimport di/dalam formulir/bentuk terbaca oleh mesin dari sumber eksternal. Kemampuan pengeditan Global memberikan fasilitas modifikasi [dari] judul. Beberapa inte¬sistem perpustakaan memarut mengijinkan berbagai berkas (file) otoritas. Beberapa sistem terintegrasi mendukung struktur rujukan silang menyerupai-kamus (tesaurus) bahwa meliputi istilah lebih luas, istilah lebih sempit, istilah yang berhubungan, dan catatan lingkup, selain dari pada umum dikenal entry "lihat" dan "lihat juga".
PERMASALAHAN KARTU KATALOG

Sejalan dengan diskusikan di atas, pengenalan tentang publik secara online efektif akses katalog (OPAC) modul pada akhir 1970-an dan awal 1980-an signaled transisi dari sistem kontrol sirkulasi bermaksud-tunggal ke/pada sistem perpustakaan terintegrasi yang benar-benar dimana dukungan pengambilan kembali secara online [dari] catatan mengenai perpustakaan selain dari pada semata-mata trans¬pemrosesan tindakan. Untuk banyak perpustakaan, kartu membuat katalog penggantian adalah alasan utama untuk menerapkan satu sistem terintegrasi.
Pustakawan mempunyai lama mengenali banyak permasalahan berhubungan dengan produksi, pemeliharaan, dan penggunaan katalog kartu. Menulis pada 1940-an, Fremont Rider menunjukkan sejumlah substansial [dari] ruang/spasi mengkonsumsi oleh katalog kartu [dari] perpustakaan penelitian. Sejak itu, biaya konstruksi tinggi dan sangat menyusut dana modal untuk bangunan perpustakaan baru telah membuat penggunaan luas/lebar lantai tersedia efisien satu perhatian penting untuk perpustakaan dari semua ukuran serta jenis. Menganggap rerata 20 bujur sangkar/lapangan kaki setiap kartu membuat katalog lemari dan gang serta ruang/spasi pekerjaan bersebelahan yang diperlukan nya, katalog kartu untuk satu koleksi 100,000 gelar akan menduduki kira-kira 280 bujur sangkar/lapangan kaki luas/lebar lantai berdekatan, sebagian dari [yang] mungkin saja mengeluarkan/menyuruh tidur lain menggunakan adalah katalog mengkonversi ke/pada satu format yang lebih ringkas. Pada/di satu tingkat 10,000 baru gelar setiap tahun, satu 30 bujur sangkar/lapangan tambahan kaki akan diperlukan untuk mengakomodasikan pertumbuhan katalog tahunan. Jika koleksi bukan weeded, ukuran [dari] katalog akan melipatgandakan di/dalam sepuluh tahun.
Selain dari pada pendudukan berharga luas/lebar lantai, kartu membuat katalog lemari adalah mahal. Sebuah studi pada 1969 oleh R&D Consultants ditemukan bahwa satu lemari enampuluh- laci berisi sekitar 43,000 kartu katalog ketika mengisi untuk 60 persen dari kapasitas. Pada saat dilakukannya penulisan ini, suatu lemari memerlukan biaya beberapa ribu dolar. Anggap satu rata-rata [dari] enam kartu setiap sebutan/judul, katalog [dari] suatu perpustakaan dengan satu monograf koleksi 100,000 gelar akan menduduki lebih dari $30,000 berharga [dari] lemari. Anggap satu akuisisi baru tingkat 10,000 gelar setiap tahun, di atas $6,000 harus dihabiskan setiap dua tahun untuk lemari baru. Penambahan belanja dan luas/lebar lantai akan memerlukan untuk tabel atau lain [yang] adalah seperti biasa disediakan dalam kartu membuat katalog area.
Untuk sebagian besar perpustakaan, tenaga kerja diperlukan untuk menciptakan dan memelihara katalog kartu akan membuktikan lebih mahal dibandingkan luas/lebar lantai serta lemari bahwa beberapa katalog menduduki. Membuat katalog kartu harus dicetak secara internal atau dibeli di/dalam preprinted menetapkan.

Kartu Baru harus disortir dan interfiled, sementara kartu yang sudah ada harus dihilangkan, dimodifikasi, dan diisi kembali untuk merefleksikan perubahan di koleksi perpustakaan. Tenaga kerja Tambahan adalah diperlukan untuk menciptakan dan memelihara kartu pemandu, kartu rujukan silang, dan berkas (file) otoritas. Tugas ini, hanya produksi [dari] kartu katalog menetapkan [adalah] secara langsung dipengaruhi oleh sistem dan layanan otomatis menggambarkan di/dalam bab 5. Kartu komputer-diproduksi mungkin menjadi memesan dari kegunaan mengenai perpustakaan, mencetak lokal oleh CD-ROM membuat katalog sistem, atau membeli dari pekerja borongan buku atau pemasok lain. Sistem dan layanan otomatis Ini tidak melakukan apa-apa, bagaimanapun, untuk aspek lain [dari] pemeliharaan katalog. Sementara itu kartu mungkin saja dicetak secara otomatis mereka masih harus disimpan dengan tangan, satu tugas yang berpotensi memakan-waktu. Jam enam kartu setiap menetapkan, sebagai contoh, tahunan pengadaan 10,000 baru gelar akan membangkitkan 60,000 kartu katalog. Pada/di satu isian meregangkan tingkat satu kartu per menit, 1,000 jam tenaga kerja, atau satu-setengah [dari] satu tahun-orang, akan memerlukan. Di banyak perpustakaan, pembelanjaan ini adalah meningkat dengan tenaga kerja tambahan diperlukan untuk memeriksa kartu yang baru saja disimpan untuk mengoreksi penempatan sebelum menambahkan mereka ke/pada katalog. Dalam beberapa hal, kekurangan tenaga kerja cukup untuk membuat katalog hasil pemeliharaan di/dalam delay patut dipertimbangkan dalam mengisi dari baru saja memproduksi catatan mengenai perpustakaan. Sebagai akibatnya, beberapa kartu tidak pernah memasukan/i katalog. Sejalan dengan satu contoh, perpustakaan yang memperoleh micropublished koleksi terdiri dari berbagai gelar adalah sering tidak mampu untuk mengalokasikan tenaga kerja diperlukan untuk menyimpan file kartu katalog cetak [yang] dapat menyertai beberapa koleksi.
Biaya substansial yang serupa adalah terjadi untuk menghilangkan kartu yang sebelumnya disimpan sebagai koleksi tersiangi, informasi lokasi adalah ditambahkan ke atau dihapus dari katalog gabungan, atau judul berkas (file) yang sudah ada adalah dimodifikasi untuk dicocokkan dengan direvisi membuat katalog praktek. Biaya beberapa judul memodifikasi meningkatkan promi patut dipertimbangkan ketika Anglo-American Cataloguing Rules [adalah] direvisi. Sebuah penelitian oleh Library Kongres menunjukan dimana implementasi penuh [dari] perbekalan [dari] AACR2 akan memerlukan perubahan di/dalam sedikitnya 37 persen bentuk judul maka digunakan oleh LC, dan perubahan akan memerlukan modifikasi dari sedikitnya 49 persen LC katalog kartu. Tinggi sebagaimana adanya, beberapa prosentase tidak merefleksikan dampaknya dari merevisi aturan untuk kebebasan korporat dimana perlu tambahan kartu memodifikasi untuk merefleksikan perubahan dalam pilihan [dari] judul. Kiranya, dapat diperbandingkan memodifikasi adalah memerlukan oleh perpustakaan lain, setiap modifikasi menyertakan kepindahan dan pengisian ulang kartu dipengaruhi. Sebagai sebuah lebih lanjut sumber pembelanjaan potensial sampai kerinduan perpustakaan itu untuk membuat mereka membuat katalog praktek menyesuaikan diri bagi mereka Library Kongres, LC menutup katalog kartu nya setuju untuk satu sistem berbasis-komputer pada tahun 1981. Sejalan dengan beberapa pustakawan telah menunjukkan, Library Kongres [adalah] sebelumnya dibatasi dalam mengubah judul oleh tidak menyenangkan tak terpisahkan dalam mempunyai untuk dengan tangan memodifikasi katalog kartu sendiri. Beberapa batasan tidak lagi diterapkan.
Biaya pemeliharaan berkas (file) ke samping, kartu katalog penawaran kinerja dan kenyamanan yang hanya terbatas, keduanya, yaitu untuk para pemakai perpustakaan dan untuk perpustakaan diri mereka. Kecuali dimana pemeriksaan telepon adalah menerima, [satu] pemakai harus mengunjungi suatu perpustakaan untuk berkonsultasi katalog kartu nya, sungguhpun waktu mungkin berpotensi diselamatkan jika para pemakai bisa menentukan di muka apakah satu item diberikan adalah di saham perpustakaan. Idealnya, satu katalog perpustakaan akademis harus siap didapat kepada anggota fakultas di/dalam Departemen individual; suatu katalog perpustakaan teknis harus tersedia di/dalam pemakai bekerja area; dan satu katalog perpustakan negara mungkin saja berkonsultasi di sekolah, toko/penyimpanan, rumah. Sanya, biaya produksi kartu, luas/lebar lantai, lemari, dan pemeliharaan berkas (file) diskusikan di atas mencegah replikasi dari semua atau bagian [dari] katalog kartu konvensional. Di/dalam perpustakaan multi-cabang' dan sistem perpustakaan, keperluan [dari] katalog serikat buruh pemeliharaan dalam satu kantor pusat sistem atau lokasi terpusat yang lain adalah terutama dibatasi. Dalam beberapa kasus, para pemakai perpustakaan adalah ditolak akses menyenangkan ke/pada informasi tentang saham systemwide. Selain dari pada itu, tanda waktu dan biaya sumber daya berbagi transaksi mungkin saja secara signifikan meningkat dengan kebutuhan untuk mengarahkan semua interlibrary pinjaman permintaan ke/pada katalog gabungan dimana lokasi perpustakaan pusat bisa sendiri ditentukan. Jika katalog gabungan [adalah] dengan nyaman dapat diakses oleh perpustakaan individual, perpustakaan induk untuk item diinginkan bisa menjadi ditentukan dan dihubungi secara langsung oleh meminjam institusi.
Keterbatasan Tambahan membuat kartu membuat katalog merepotkan untuk para pemakai perpustakaan. Sejalan dengan satu contoh, kartu individual tidak dapat menghilangkan dari katalog untuk pemfoto-copyan. Sebagai gantinya, pemakai harus mencatat, biasanya sementara kedudukan pada/di satu tabel/meja. Walaupun banyak perpustakaan mempertimbangkan kartu katalog satu sumber daya mengenai perpustakaan yang lokal penting dari pada suatu semata-mata divais lokasi, mereka jarang menyediakan suatu ketenangan pekerjaan setting untuk penggunaan lebih menyukai nya. Kritikus [dari] katalog kartu lebih lanjut menunjuk jumlah 'access point' terbatas mereka menyediakan; mereka mencatat, sebagai contoh, para pemakai itu tidak bisa mengambil [kembali] buku oleh kata kunci sebutan/judul atau dengan nyaman melakukan pencarian yang mencakup berbagai arah. Sementara itu tidak ada halangan intelektual ke/pada produksi [dari] kartu katalog tambahan untuk kata kunci sebutan/judul atau parameter pengambilan kembali lain, suatu mempraktekan akan secara signifikan meningkatkan biaya produksi kartu dan pemeliharaan berkas (file). Itu akan juga meningkatkan ukuran [dari] katalog, pencampuran permasalahan konsumsi ruang/spasi dan lemari biaya mencatat di atas. Biaya ke samping, koordinasi logis [dari] berbagai judul tidak dapat yang dengan nyaman menerapkan dengan katalog membentuk-kartu.
Di antara permasalahan lain mereka, katalog kartu adalah peka ke/pada kerusakan atau pembinasaan disengaja atau lalai/tanpa sengaja. Kartu Individual adalah tunduk kepada kerusakan disebabkan kecelakaan di/dalam penggunaan sehari-hari, dan keseluruhan katalog kartu atau bagian substansial itu mungkin menjadi menghancurkan oleh kebakaran atau sifat suka merusak. Karena katalog kartu adalah satu unik dan penting catatan operasi, [yang] jika merusakkan atau menghancurkan akan dengan serius merusak satu li¬kemampuan brary untuk berfungsi; satu protektif membuat mikrofilm program adalah secara tipikal advis¬mampu untuk menciptakan satu copy backup untuk tempat penyimpanan offsite. Selain dari pada itu, kartu katalog lebih tua itu adalah di/dalam kondisi lemah/miskin harus secara periodik diganti, dengan begitu lebih lanjut meningkatkan biaya pemeliharaan.
Conversion Retrospektif

Kiranya, beberapa atau semua permasalahan diskusikan di bagian terdahulu mungkin menjadi diminimumkan atau di-eliminasi dengan cara menggantikan katalog kartu dengan katalog secara online. Implementasi [dari] beberapa katalog memerlukan, bagaimanapun, konversi [dari] suatu perpustakaan membuat katalog catatan ke/pada terbaca oleh mesin, computer-processible membentuk. Beberapa konversi mungkin menjadi memenuhi secara relatif memudahkan untuk membuat katalog catatan menyinggung ke/pada suatu akuisisi saat ini atau sedang berjalan perpustakaan. Sejalan dengan diskusikan di/dalam bab 5, perpustakaan itu memperoleh membuat katalog layanan dari kegunaan mengenai perpustakaan bisa memesan pita magnet arsip yang berisi catatan terbaca oleh mesin untuk item mereka mempunyai cataloged sejak pelanggan kegunaan menjadi. Tergantung pada kegunaan dan persyaratan perpustakaan mengenai perpustakaan tertentu, seperti tape arsip mungkin saja tersedia di atas bulanan, mingguan, atau "lebih” basis sering. Sebagai alternatif, beberapa kegunaan mengenai perpustakaan mendukung transfer elektronik (men-download) dari membuat katalog catatan, baik secara individu atau di/dalam batch, ke suatu sistem otomatisasi lokal perpustakaan. Libraries yang menggunakan CD-ROM membuat katalog produk juga menciptakan versi terbaca oleh mesin dari membuat katalog catatan. Sejalan dengan lain sumber terbaca oleh mesin membuat katalog data, perpustakaan dimana pembelian buku dan bahan lain dari pekerja borongan atau pemasok lain bisa sering memperoleh pita magnet berisi computer-processible membuat katalog catatan yang merefleksikan akuisisi mereka untuk perioda waktu ditentukan. Beberapa pekerja borongan buku memelihara basis data terbaca oleh mesin [dari] LC MARC merekam luwes¬mented oleh lokal membuat katalog [yang] digunakan untuk mungkin menjadi digunakan untuk tujuan ini.
Dengan begitu, banyak perpustakaan bisa siap memperoleh versi terbaca oleh mesin [dari] catatan mengakuisisi dan cataloged sejak akhir 1960-an, ketika program MARC mulai. Konversi Retrospektif [dari] suatu membuat katalog-itu perpustakaan, konversi [dari] catatan katalog lebih tua ke/pada terbaca oleh mesin membentuk- satu karya yang lebih sulit (complicated), bagaimanapun. Beberapa catatan bisa, tentu saja, adalah mengkonversi dengan cara masukan-itu data langsung, dengan cara mengetik mereka pada/di satu terminal komputer atau divais input lain dalam cara diskusikan di/dalam i-tetapi bab [yang] adalah satu teknik konversi [dari] resor terakhir. Metoda konversi retrospektif mempelopori mencakup penggunaan keystroking disingkat untuk mencari dan memperoleh copy terbaca oleh mesin dari membuat katalog catatan dari basis data sumber daya yang sudah ada. Sementara itu beberapa perpustakaan telah membeli atau jika tidak diakuisisi katalog terbaca oleh mesin [dari] perpustakaan dapat diperbandingkan dibanding dengan saham milik mereka sendiri mungkin menjadi ditarungkan, basis data ditawarkan oleh kegunaan dan CD-ROM mengenai perpustakaan membuat katalog sistem adalah sumber terpenting serta digunakan secara luas dari membuat katalog copy untuk konversi retrospektif. Walaupun LC MARC sumber daya catatan merawat oleh semua kegunaan dan CD-ROM mengenai perpustakaan membuat katalog produk terutama menyinggung ke/pada post-1968 mencetak/menanamkan, LC MARC basis data benar-benar meliputi membuat katalog catatan untuk sekitar lebih awal gelar. Sejalan dengan sebelumnya diskusikan, MARC-format merekam untuk pre-I968 terpilih cetakan [adalah] diciptakan oleh proyek RECON dan program COMARC. Selain dari pada itu, pre-1968 sekali-kali cetakan [adalah] mengakuisisi dan cataloged oleh Library Kongres sejak permulaan [dari] program MARC. Lebih penting lagi, membuat katalog menyokong oleh pelanggan [dari] kegunaan mengenai perpustakaan meliputi banyak catatan untuk cetakan lebih tua dimasukkan oleh perpustakaan bahwa baik telah baru-baru ini mengakuisisi dan cataloged itu item atau telah sebelumnya menyokong mereka sebagai bagian dari proyek konversi retrospektif yang milik mereka sendiri. CD-ROM Tertentu membuat katalog sistem juga berisi membuat katalog catatan untuk cetakan lebih tua, tetapi mereka tidak bisa memenuhi basis data sumber daya sangat besar ditawarkan oleh kegunaan mengenai perpustakaan paling besar. Untuk konversi retrospektif, sebagai dengan arus membuat katalog, satu basis data sumber daya besar meningkatkan kemungkinan [dari] mengambil [kembali] tepat membuat katalog copy untuk satu item diberikan.
Penggunaan kegunaan dan CD-ROM mengenai perpustakaan membuat katalog sistem untuk membasahi/mencelupkan¬rospective konversi mencakup tahap pekerjaan secara langsung. Sebuah basis data mengenai perpustakaan adalah dicari untuk memperoleh membuat katalog copy untuk masing-masing catatan dalam suatu perpustakaan shelflist atau katalog kartu. Untuk menyederhanakan input dan respon kecepatan, basis data sumber daya adalah secara tipikal dicari oleh Library Kongres Card Number (LCCN) atau lain identifier unik. Banyak perpustakaan shelflists berisi LC mencetak kartu bahwa meliputi LCCN. Jika satu catatan mengenai perpustakaan sesuai adalah mengambil [kembali], itu mungkin menjadi di-edit untuk dicocokkan dengan lokal membuat katalog praktek, sebagai merefleksikan di kartu shelflist. Dalam kasus [dari] kegunaan mengenai perpustakaan tertentu, perpustakaan memegang/menahan simbol adalah ditambahkan ke membuat katalog catatan. Catatan memproses dalam cara ini mungkin menjadi memesan dari satu kegunaan mengenai perpustakaan di/dalam formulir/bentuk terbaca oleh mesin di atas/terhadap pita magnet atau mentransfer secara elektronik ke dalam suatu sistem otomatisasi lokal perpustakaan. Dengan CD-ROM membuat katalog dukungan produk, catatan adalah mentransfer dari basis data CD-ROM ke/pada satu hard-disk, dari mana mereka dapat berikutnya dicopy di atas tape atau disket.
Pengambilan kembali dan modifikasi catatan sumber daya yang sudah ada, sementara masih memakan-waktu dan bekerja keras-intensive untuk proyek konversi retrospektif yang besar, akan membuktikan lebih cepat dan lebih murah dibandingkan keystroking penuh informasi isi suatu perpustakaan shelflist. Penggunaan satu basis data sumber daya untuk mengambil [kembali] membuat katalog copy menghasilkan satu MARC-format catatan dengan paling tidak usaha. Keystroking Penuh asli membuat katalog catatan sisa yang diperlukan, bagaimanapun, untuk item [yang] ditemukan bukan ditemukan di/dalam basis data disediakan oleh kegunaan atau CD-ROM mengenai perpustakaan membuat katalog sistem. Dalam beberapa kasus, suatu perpustakaan menggunakan membuat katalog copy dari nya shelflist atau katalog kartu ketika basis untuk input. Asli membuat katalog catatan mungkin menjadi dimasukkan secara langsung ke dalam satu basis data sistem perpustakaan terintegrasi, menggunakan membuat katalog modul menggambarkan di atas. Sebagai alternatif, satu kegunaan atau CD-ROM mengenai perpustakaan membuat katalog sistem mungkin menjadi digunakan untuk asli membuat katalog dan catatan dihasilkan mentransfer ke sistem lokal perpustakaan melalui transfer elektronik, pita magnet, atau disket.
Beberapa kegunaan mengenai perpustakaan menawarkan produk yang menyederhanakan konversi retrospektif melalui persiapan offline informasi tentang catatan untuk mengkonversi. Informasi disiapkan kemudian memproses melawan basis data kegunaan dalam gaya batch. Dengan OCLC Cataloging Micro Enhancer program, sebagai contoh, suatu perpustakaan menyiapkan disket yang berisi kunci pencarian untuk membuat katalog catatan untuk mengambil [kembali] dari World Cat basis data. Disket juga meliputi nomor panggilan, informasi saham, dan lain lokal membuat katalog informasi dari perpustakaan shelflist. Disket adalah dikirimkan ke/pada OCLC, [yang] mengambil [kembali] MARC-format menunjukan membuat katalog catatan dari World Cat, memasukan/i perpustakaan-men-supply lokal informasi, dan men-transfer hasilnya ke/pada pita magnet atau disket untuk pengiriman ke/pada perpustakaan. Layanan Marcadia RLIN menawarkan kemampuan serupa. Sebuah perpustakaan menciptakan memberi pengarahan kepada pencarian catatan yang berisi informasi mengenai perpustakaan yang minimal tambah memanggil nomor dan data saham lain untuk gelar untuk mengkonversi. Catatan pencarian adalah disampaikan ke/pada layanan Marcadia [tentang] media komputer atau melalui Internet untuk mengadu basis data RLIN. Catatan pencarian dimana pertandingan entry di basis data RLIN membangkitkan baru membuat katalog catatan berbasis pada informasi menyediakan.
Sejalan dengan satu alternatif ke/pada in-house memproyeksikan-konversi: beberapa kegunaan mengenai perpustakaan dan perusahaan lain menawarkan pembayaran-mendasarkan retrospektif layanan konversi yang menggambar/menarik di atas/terhadap basis data sumber daya milik mereka sendiri serta membuat katalog keahlian. Sejalan dengan satu contoh, OCLC RETROCON adalah satu layanan konversi disesuaikan dimana staf OCLC anggota, bekerja di bawah supervisi [dari] pendaftar buku-buku dialami, mengkonversi suatu perpustakaan shelflist ke/pada MARC penuh merekam dengan cara mengedit catatan yang sudah ada mengambil [kembali] dari World Cat basis data dan tampil asli membuat katalog, sebagai memerlukan; ke spesifikasi perpustakaan. Staf OCLC anggota juga memasukan/i perpustakaan's' memegang/menahan simbol untuk item dikonversikan. Dengan cara sama, OCLC menyediakan persiapan basis data dan otoritas tambahan mengendalikan kemampuan untuk konversi retrospektif serta aplikasi lain. Selain dari pada mengubah suatu perpustakaan shelflist ke/pada formulir/bentuk terbaca oleh mesin, OCLC akan membandingkan, memvalidasi, dan judul otoritas perbaikan di/dalam catatan mengenai perpustakaan dengan cara mempertemukan mereka melawan berkas (file) otoritas ditentukan. Itu akan meningkatkan mutu judul tidak syah ke diberi hak bentuk, memperluas singkatan, dan mengoreksi bagian usang. Kemampuan Lain meliputi persiapan barcodes cerdas untuk Kendali sirkulasi, review manual [dari] catatan mengenai perpustakaan, dan pengayaan dari membuat katalog catatan dengan informasi daftar isi. Sejalan dengan menggambarkan di atas, perpustakaan secara tipikal men-suplai daftar LC Card Numbers atau identifiers lain untuk catatan untuk mengkonversi. Sebagai alternatif, suatu perpustakaan dapat mengirimkan nya keseluruhan shelflist, atau satu salinan (copy) daripadanya. ke/pada layanan konversi retrospektif. Dalam bentuk apapun kasus, perusahaan konversi secara tipikal melengkapi MARC-format membuat katalog catatan di atas/terhadap pita magnet untuk memasukan ke/pada mainframe atau komputer mini-mendasarkan mengintegrasikan sistem atau di atas/terhadap disket untuk memasukan ke/pada sistem komputer mikro-mendasarkan. Kemudian kasus, membuat katalog catatan adalah secara tipikal disediakan di format MicroLIF, adalah menerima oleh sebagian besar komputer mikro-mendasarkan mengintegrasikan sistem perpustakaan.
Sementara itu kegunaan mengenai perpustakaan, CD-ROM membuat katalog sistem, atau sumber lain [dari] data terbaca oleh mesin bisa memberikan fasilitas konversi retrospektif, satu. proyek konversi dapat membuktikan terlalu mahal atau memakan-waktu untuk suatu perpustakaan diberikan. Sebagai akibatnya, beberapa perpustakaan [yang] telah menerapkan katalog secara online telah diputuskan ke/pada "menutup" atau "pembekuan" katalog kartu mereka dari pada mengkonversi catatan yang sudah ada ke/pada formulir/bentuk terbaca oleh mesin. Dalam konteks ini, penutupan berarti bahwa tidak ada catatan tambahan akan dimasukkan ke katalog kartu setelah beberapa tanggal mengantisipasi. Sebagai akibatnya, satu statis, katalog kartu retrospektif akan hidup pada waktu sama dengan satu katalog secara online berkembang. Dengan berlalunya waktu, katalog secara online akan merepresentasikan satu prosentase koleksi perpustakaan yang semakin banyak besar. Lebih lanjut, itu akan berisi membuat katalog catatan untuk baru saja diakuisisi gelar, [yang] adalah kiranya bunga/minat besar ke para pemakai perpustakaan. Dalam beberapa hal, menutup katalog kartu adalah satu sementara bijaksana yang mengijinkan implementasi [dari] satu katalog secara online di dalam satu anggaran tersedia. Perpustakaan dapat berniat untuk mengkonversi semua atau bagian dari katalog tertutup pada/di beberapa waktu ketika pembiayaan masa depan adalah tersedia.
Di/dalam praktek aktual, kompleksitas [dari] aktivitas-aktivitas perpustakaan dan catatan mengenai perpustakaan jarang mengijinkan penutupan lengkap [dari] satu katalog kartu. Strategi penutupan paling umum memenuhi persyaratan membuat katalog tanggal atau tanggal cetakan. Masing-masing pendekatan adalah membatasi dalam beberapa rasa hormat penting. Di bekas contoh (instance), semua catatan untuk item cataloged setelah [satu] tanggal mengantisipasi adalah dimasukkan ke suatu katalog secara online perpustakaan, tanpa menghiraukan cetakan tanggal item. Sementara itu hal ini adalah mungkin strategi penutupan paling sederhana dari membuat katalog sudut pandang Departemen, membuka entry untuk serials, seri, dan multivolume menetapkan harus menghilangkan serta dikonversikan sebelum katalog kartu mungkin menjadi menutup. Sebagai sebuah sumber kebingungan potensial, para pemakai mencari-cari cetakan lebih tua harus berkonsultasi keduanya, yaitu katalog retrospektif dan saat ini, sebagai harus staf perpustakaan ketika menggunakan katalog untuk verifikasi dan referensi mengenai perpustakaan.
Sebuah strategi penutupan berbasis pada satu tanggal cetakan item mungkin saja lebih menyenangkan untuk pemakai perpustakaan, tetapi itu tidak mengijinkan satu penutupan lengkap [dari] katalog kartu, karena cetakan lebih tua mungkin saja mengakuisisi dan cataloged di masa datang. Catatan untuk beberapa item harus ditambahkan ke katalog kartu. Jika praktek berbeda untuk pilihan dan membentuk dari judul adalah diterapkan untuk katalog lama ke baru, pendaftar buku-buku harus melatih dalam kedua kumpulan aturan. Sebuah strategi penutupan berbasis pada tanggal cetakan melakukan, bagaimanapun, ijin melanjutkan pemeliharaan membuka entry dalam katalog kartu. Sejalan dengan satu masalah tambahan untuk perpustakaan penelitian dan beberapa koleksi khusus, bukan/tidak strategi dosing ini menghadapi permasalahan membuat katalog catatan di/dalam bahasa bukan-Romawi. Sementara itu beberapa sistem perpustakaan terintegrasi bisa mengakomodasikan catatan bahasa daerah di/dalam Cyrillic, Ibrani, Arab, dan alfabet bukan-Romawi lain, sebagian besar tidak bisa. Kecuali jika transliteration adalah bisa diterima, katalog kartu harus tinggal membuka untuk beberapa catatan, demikian pula untuk itu berisi simbol ideographic menggunakan di Cina, Jepang, dan bahasa Korea.
Bahkan ketika satu katalog kartu adalah seluruhnya tertutup, suatu perpustakaan harus melanjutkan untuk memelihara itu. Kartu akan tinggal tunduk kepada kerusakan disebabkan kecelakaan, [yang] necessitates beberapa aktivitas penggantian. Dengan cara sama, beberapa perubahan judul akan diperlukan untuk memelihara kompatibilitas dengan suatu katalog secara online perpustakaan. Jika aturan berbeda untuk pilihan dan membentuk dari judul [berlaku bagi/meminta kepada] masing-masing katalog, beberapa rujukan silang akan memerlukan.
KARAKTERISTIK OPAC

Dengan luas didefinisikan, satu publik secara online akses katalog adalah satu terorganisir, terbaca oleh mesin koleksi catatan mengenai perpustakaan [yang] merepresentasikan suatu saham perpustakaan. Catatan adalah disimpan di atas/terhadap harddisk atau media penyimpanan komputer meng-akses-langsung lain untuk pengambilan kembali menyenangkan oleh para pemakai perpustakaan bekerja pada/di terminal interaktif atau komputer mikro yang dengan penuh kewajaran diatur. Sejalan dengan nama nya menyarankan, satu OPAC mempunyai karakteristik dan kemampuan [yang] dirancang untuk adalah dirancang untuk para pemakai perpustakaan sebagai lawan perpustakaan mengorganisir anggota, walaupun pustakawan akan menggunakan itu juga. Ketika dibandingkan dengan katalog kartu, katalog secara online penawaran sejumlah keuntungan-keuntungan. Perangkat lunak mengijinkan, katalog secara online ijin pengambilan informasi operasi [yang] tidak mungkin dengan katalog kartu; sebagai sebelumnya diskusikan, pertimbangan praktis mencegah ekspansi [dari] satu 'access point' katalog kartu untuk mencakup seperti parameter tambahan seperti kata kunci dalam gelar, seri, atau judul subjek. Katalog Secara online bisa mengambil [kembali] catatan yang berisi kombinasi ditentukan [dari] parameter pengambilan kembali. Menganggap susunan komunikasi sesuai, satu OPAC mungkin menjadi mengakses dari lokasi manapun dengan cara orang diberi hak memperlengkapi dengan terminal kompatibel. Dengan begitu, [satu] ilmuwan atau insinyur bekerja dalam suatu kantor bidang bisa berkonsultasi katalog [dari] suatu perpustakaan teknis menerapkan pada/di suatu lokasi kantor pusat. Dengan cara sama, anggota fakultas bisa meng-akses katalog secara online [dari] satu perpustakaan akademis untuk menentukan ketersediaan [dari] penelitian diperlukan 'bahan. Siswa Sekolah menengah mengerjakan kertas/makalah istilah bisa menggunakan rumah komputer untuk mencari katalog perpustakan negara untuk mengidentifikasikan buku relevan. Lebih lanjut, bekerja keras-intensive menyimpan file rutin pemeliharaan menjadi berhubungan dengan katalog kartu adalah di-eliminasi. Jika menginginkan, katalog secara online mungkin menjadi dibaharui di/dalam waktu riil, dengan catatan sedang menambahkan atau dihilangkan sebagai item adalah cataloged atau weeded. Secara tipikal, bagaimanapun, mengubah ke/pada katalog adalah dibuat di gaya batch di atas sehari-hari atau lain basis periodik. Karena katalog catatan adalah disimpan di atas/terhadap harddisk, mereka mungkin menjadi dengan nyaman ditarik mundur di atas/terhadap pita magnet, [yang] mungkin menjadi disimpan offsite untuk perlindungan catatan penting.
Katalog Secara online mungkin menjadi diterapkan' dalam beberapa hal. Libraries yang berlangganan kegunaan mengenai perpustakaan yang tertentu, sebagai contoh, saya mempunyai sebagian dari katalog mereka catatan dapat diakses online. Sejalan dengan diskusikan di/dalam bab 5, beberapa toko kegunaan mengenai perpustakaan menduplikasikan dan varian membuat katalog catatan menyokong oleh peserta. Beberapa catatan dengan teliti merepresentasikan suatu saham perpustakaan diberikan, mencakup nomor pembicaraan lokal. Semakin banyak, kegunaan mengenai perpustakaan menawarkan kemampuan pengambilan informasi kuat dimana mendukung pencarian kata kunci dan koordinasi logis [dari] parameter pencarian, demikian pula pengarang konvensional, sebutan/judul, dan pencarian subjek. Adalah sebagai akibatnya dapat dikayalkan bahwa suatu perpustakaan diberikan bisa menggunakan satu basis data kegunaan mengenai perpustakaan sebagai katalog secara online nya. Dengan cara sama, beberapa layanan informasi secara online diskusikan di/dalam bab 7 penawaran "berkas (file) privat" kemampuan yang mengijinkan pelanggan untuk mendirikan/menetapkan milik mereka sendiri berkas (file) data mengenai perpustakaan atau lain untuk akses melalui perangkat lunak pengambilan kembali sama [yang] digunakan untuk adalah digunakan untuk akses berkas (file) data yang di depan umum tersedia. Beberapa berkas (file) privat bisa berisi suatu katalog secara online perpustakaan.
Sementara itu menarik, pilihan implementasi ini adalah membatasi dalam beberapa im¬portant menghormati. Satu katalog secara online dirawat oleh satu kegunaan mengenai perpustakaan akan membatasi sampai catatan itu bahwa suatu perpustakaan diberikan mempunyai cataloged dengan kegunaan. Kecuali jika satu proyek konversi retrospektif adalah mengerjakan, satu katalog kartu harus masih dirawat untuk catatan lebih tua tidak di/dalam formulir/bentuk terbaca oleh mesin. Susunan jaringan area-lebar/luas diperlukan untuk menghubungkan suatu terminal OPAC perpustakaan ke/pada satu kegunaan mengenai perpustakaan atau layanan informasi secara online jarak jauh bisa membuktikan mahal untuk menerapkan, dan suatu perpustakaan harus membayar online biaya atau pembayaran lain untuk mencari katalog sendiri. Para pemakai Perpustakaan harus melatih dalam prosedur-prosedur pencarian dipekerjakan oleh kegunaan mengenai perpustakaan atau layanan informasi secara online. Sementara itu beberapa kegunaan dan user interface berbasis grafik fitur layanan secara online, lain mempekerjakan prosedur-prosedur pengambilan kembali konvensional yang memerlukan penghafalan [dari] perintah. Akhirnya, perpustakaan yang memenuhi persyaratan kegunaan mengenai perpustakaan atau layanan informasi secara online untuk implementasi OPAC akan melepaskan mengarahkan Kendali melalui prioritas sistem dan manajemen [dari] downtime serta waktu respon.
Untuk sebagian besar perpustakaan, satu katalog secara online menerapkan di atas komputer lokal adalah satu pendekatan yang lebih praktis. Selama 1970-an dan 1980-an, beberapa perpustakaan menerapkan katalog secara online berbasis pada perangkat lunak khusus-mengembangkan. Contoh meliputi Sistem komputer Library (LCS) di Universitas Negeri Ohio, sistem MELVYL di Universitas Kalifornia, sistem LIAS di Universitas Negeri Pennsylvania, Catalog 'Access' System pada/di Universitas Negeri Mankato, sistem LSCAN di Perpustakan negara Dallas, sistem SULIRS pada/di Universitas Syracuse, sistem Phoenix di Universitas New Brunswick, dan Dartmouth Online Catalog pada/di Dartmouth College. sementara sebagian dari sisa sistem ini digunakan, pengembangan software disesuaikan memerlukan satu investasi substansial [dari] sumber-sumber daya. Sejalan dengan diskusikan di/dalam bab 2, itu adalah jarang pendekatan mempelopori ke/pada implementasi komputer. Bisa jadi untuk menggunakan satu database management prewritten program untuk menerapkan satu katalog atau basis data-dan mengenai perpustakaan yang lain secara online beberapa program, seperti INMAGIC dari Inmagic Incorporated dan lini produk BINTANG dari Cuadra Associates, [adalah] dikembangkan untuk itu bermaksud-tetapi sebagian besar perpustakaan akan lebih baik dilayani oleh satu sistem terintegrasi bahwa meliputi satu modul OPAC di antara komponen fungsional nya. Modul OPAC sistem perpustakaan terintegrasi telah meningkat secara mantap dan secara signifikan atas/pada dekade masa lalu. Sistem terintegrasi terbaik mendukung satu daftar lagu-lagu serbaguna dan fleksibel katalog akses kemampuan [yang] bisa menghadapi para pemakai' persyaratan pengambilan informasi di banyak jenis [dari] perpustakaan.
Badan cukup besar [dari] literatur perpustakaan berhubungan dengan publik secara online akses katalog membedakan memerintahkan-mengemudikan dari sistem menu-diorientasikan. Di/dalam perintah mengemudikan implementasi, [satu] pemakai memasukan/i satu string/rantai pencarian [yang] menetapkan bidang untuk dicari diikuti oleh satu nilai spesifik untuk ditarungkan dalam bidang itu. Seringkali, abbreviations-such mnemonic (ingatan) seperti "A=," "T=," dan "S="-adalah digunakan untuk pengarang, sebutan/judul, dan bidang subjek. Sementara itu beberapa sistem memerintahkan-mengemudikan menyediakan layar instruksi baik sekali dengan arah ringkas yang memungkinkan para pemakai baru untuk mulai pencarian dengan cepat lain memerlukan formal awal pelatihan untuk utilisasi efektif. Sistem menu-mengemudikan adalah sebagai akibatnya dipelopori untuk para pemakai kurang pengalaman atau sekali-kali.
Sebagian besar modul OPAC adalah menu-mengemudikan, walaupun satu gaya memerintahkan-mengemudikan boleh saja saya adalah memperlengkapi para pemakai atau perpustakaan dialami mengorganisir anggota. Interface menu-mengemudikan adalah penting bagi institusi seperti perpustakan negara yang melayani para pelanggan/nasabah berbeda dan telah membatasi peluang untuk melatih populasi pemakai mereka. Pencarian memerintahkan-gaya akan memohon sebagian besar betul-betul ke/pada perpustakaan akademis atau khusus, dimana anggota fakultas, siswa lulusan, para ilmuwan, atau para pemakai sering yang lain dengan persyaratan pengambilan kembali kompleks mungkin menjadi melatih dalam teknik pencarian maju. Pencarian memerintahkan-gaya adalah juga berpotensi bermanfaat untuk pustakawan referensi, memungkinkan mereka untuk memulai pengambilan kembali operasi [yang] adalah susah atau mustahil untuk melakukan dengan pencarian menu-mendasarkan.
Dirancang untuk para pemakai orang baru, menu-mengemudikan OPAC modul adalah characteristically secara langsung secara konseptual dan operasi. Pilihan pencarian, diidentifikasikan oleh singkatan atau nomor, adalah secara tipikal terdaftar di/dalam layar pengantar untuk opera¬pemilihan tor. Instruksi ringkas menjelaskan prosedur-prosedur pencarian dan menunjukan sintaksis sesuai untuk pernyataan pencarian. Informasi yang lebih rinci adalah disajikan di/dalam membantu layar [yang] dilibatkan mungkin saja dilibatkan dengan cara kunci fungsi. Sementara itu vendor men-suplai awal teks membantu layar, perpustakaan bisa sering mengedit isi mereka untuk menyertakan informasi lokal.
Sebagian besar komputer mini dan mainframe-mendasarkan mengintegrasikan sistem mendukung terminal video karakter-mendasarkan konvensional sebagai 'workstation' OPAC. Di/dalam mikro¬sistem komputer dan klien/implementasi server, bagaimanapun, OPAC bekerja¬stasiun adalah komputer mikro berbasis-Windows atau, lebih sedikit pada umumnya, Komputer mikro Macintosh. Beberapa sistem memenuhi persyaratan menu pulldown, kotak temu-wicara, operasi tikus (mouse komputer), dan komponen user interface berbasis grafik lain untuk menyederhanakan masuknya perintah pencarian serta pengaturan informasi diambil [kembali]. Beberapa vendor telah menerapkan OPAC khusus menghubungkan untuk anak-anak. Satu contoh populer, Kid Catalog, [adalah] dikembangkan oleh CARL Corporation bekerjasama dengan Perpustakan negara Denver. Ikon yang merepresentasikan judul subjek area tertentu yang lebar, atau nama [dari] pengarang populer menyederhanakan mencari anak-anak dengan keterampilan pengetikan terbatas. Itu juga mengganti kerugian untuk pencarian sehubungan dengan error pengetikan gagal, , pemberian tanda baca tidak akurat, atau sintaksis tidak pantas.
Sebagai sebuah pengembangan saat ini di-stimulasi oleh popularitas sangat besar [kepunyaan] Internet, beberapa sistem perpustakaan terintegrasi mendukung OPAC mencari oleh komputer mikro memperlengkapi dengan web browser populer, seperti Netscape Navigator atau Microsoft Internet Explorer. Beberapa vendor juga menyediakan komponen 'web server' yang membuat suatu katalog perpustakaan dapat diakses oleh para pemakai jarak jauh melalui 'world wide web'. Sejak mid-1990s, ratusan katalog perpustakaan [adalah] di depan umum tersedia, yang manapun, baik melalui 'world wide web' atau dengan menggunakan kemampuan telnet [kepunyaan] Internet. Sebagai alternatif, akses Web kemampuan mungkin saja digunakan untuk menyediakan akses kepada suatu katalog perpustakaan dalam satu korporat atau instalasi Intranet pemerintah.
Karakteristik interface ke samping, publik secara online akses katalog mempekerjakan indeks untuk mengambil [kembali] catatan mengenai perpustakaan. Dengan sepenuh sistem terintegrasi, modul OPAC ijin pencarian oleh pengarang, sebutan/judul, dan subjek, dengan demikian meniru fungsionalitas pengambilan kembali [dari] katalog kartu tradisional. Secara tipikal, [satu] pemakai menetapkan suatu bidang untuk dicari dan satu nama, judul subjek, atau nilai lain untuk ditarungkan. Kemampuan pengambilan kembali Lain bervariasi dari sistem ke/pada sistem. Nomor Klasifikasi indeks adalah penting jika perpustakaan harus menggantikan mereka shelflists dengan catatan terkomputerisasi. Banyak sistem dukungan pengambilan kembali oleh satu atau lebih unik catatan identifiers, seperti satu sistem Kendali nomor, Perpustakaan [dari] Kongres Calrd Number (LCCN), atau International Standard Book Number (ISBN), tetapi beberapa kemampuan adalah lebih sesuai dengan perpustakaan mengorganisir anggota dibandingkan untuk para pemakai perpustakaan. Parameter pencarian mungkin yang Lain meliputi penerbit, tanggal publikasi, negara [dari] publikasi, bahasa [dari] publikasi, dan jenis media. Dengan beberapa sistem terintegrasi, satu pernyataan pencarian yang sebelumnya masuk mungkin menjadi berkualitas oleh parameter ini.
Untuk fleksibilitas maksimum, beberapa sistem terintegrasi memungkinkan bidang perpustakaan-dijelaskan apapun di dalam catatan mengenai perpustakaan untuk [menjadi] ter-index untuk tujuan pengambilan kembali. Di/dalam kasus lain, bidang ter-index adalah ditentukan oleh vendor sistem, tetapi daftar adalah sering cukup lebar untuk memuaskan persyaratan perpustakaan berbeda. Pencarian akar kata, ekspresi relational di pernyataan pencarian, dan Boolean operasi untuk koordinasi logis [dari] berbagai istilah pencarian adalah hal biasa. Beberapa sistem terintegrasi mengijinkan pencarian kata kunci [dari] bidang dijelaskan, terutama sekali korporat dan nama konferensi, gelar, seri, dan judul subjek. Satu "anyword" kemampuan akan mencari semua bidang ter-index untuk satu nilai ditentukan. Beberapa sistem perpustakaan terintegrasi mendukung perintah proksimiti, karakter wildcard, dan kemampuan lain pada umumnya berhubungan dengan sistem pengambilan kembali teks-penuh. Beberapa kemampuan adalah paling relevan untuk catatan mengenai perpustakaan yang berisi abstrak atau segmen teks lama yang lain. Mereka adalah sulit untuk penyelidik uninstructed untuk menggunakan secara efektif. Di/dalam perjanjian kerja sama temporer atau instalasi multi-perpustakaan lain, OPAC pencarian bisa sering dibatasi ke/pada koleksi suatu perpustakaan spesifik, biasanya satu dimana penyelidik adalah terletak. Beberapa sistem terintegrasi memungkinkan suatu perpustakaan untuk mendefinisikan sebagian dari saham nya, seperti satu katalog koleksi khusus, [yang] dicari mungkin menjadi dicari secara terpisah.
Seandainya satu catatan mengenai perpustakaan memuaskan satu spesifikasi pengambilan kembali, itu adalah biasanya menampilkan dengan segera dan seluruhnya. Dimana hasil pencarian lain adalah diperoleh, respon bervariasi. Jika berbagai catatan adalah mengambil [kembali] oleh satu pencarian diberikan, sebagian besar modul OPAC menyediakan satu gelar ningrat [dari] jumlah item diambil [kembali], diikuti oleh satu scrollable display catatan mengenai perpustakaan yang ringkas bahwa meliputi beberapa kombinasi pengarang, sebutan/judul, tanggal publikasi, dan memanggil nomor. Penyelidik bisa maka meminta satu display yang lebih rinci untuk semua atau item terpilih.
Catatan mengenai perpustakaan yang Penuh adalah biasanya menampilkan dengan label bidang yang dengan jelas mengidentifikasikan elemen data spesifik. Dengan beberapa sistem terintegrasi, format display adalah ditentukan untuk jenis spesifik [dari] bahan perpustakaan; di/dalam kasus lain, suatu perpustakaan bisa menetapkan bidang untuk tercakup di dalamnya memberi pengarahan kepada dan display catatan penuh. Pemasukan [dari] informasi saham, seperti lokasi [dari] copy dan status sirkulasi mereka, dalam catatan diambil [kembali] adalah satu atribut penting [dari] sistem perpustakaan terintegrasi. Beberapa informasi adalah lanjutan yang sering terdapat di dalam menyaring [yang] ditampilkan mungkin menjadi ditampilkan di pilihan penyelidik. Beberapa sistem perpustakaan terintegrasi bisa menampilkan MARC penuh merekam dengan pasang label dan kode subfield, tetapi format itu adalah lebih sesuai dengan operasi pemrosesan teknis dibandingkan untuk publik katalog akses.
Ketika tidak ada catatan mengenai perpustakaan adalah mengambil [kembali] oleh satu pencarian diberikan, sebagian besar modul OPAC menampilkan satu scrollable, alphabetized daftar nilai bidang bahwa sebagian besar dengan dekat memenuhi istilah pencarian. Jika Kendali otoritas adalah diterapkan, rujukan silang adalah ditampilkan untuk judul cacat atau yang berhubungan. Dalam beberapa hal, judul mengacu adalah secara otomatis mengganti/ menggantikan untuk satu istilah cacat. Di tidak adanya satu rujukan silang, beberapa sistem akan secara otomatis mengganti/kan terdekat mempertemukan nama atau kata untuk satu pencarian istilah [yang] gagal untuk mengambil [kembali] catatan mengenai perpustakaan, asumsi adalah bahwa satu error berkenaan dengan cetakan atau salah mengeja mendorong ke arah kegagalan pengambilan kembali.
Untuk memperluas fungsionalitas mereka, sistem perpustakaan terintegrasi semakin banyak menyertakan sumber-sumber daya informasi eksternal ke dalam OPAC mencari. Basis data Referensi, diperoleh di atas/terhadap pita magnet dari penerbit informasi, mungkin menjadi di tempat itu menjulang dan terdaftar sebagai menu OPAC item untuk pemilihan operator. Beberapa basis data akan diskusikan di/dalam bab 7. Beberapa vendor [dari] sistem perpustakaan terintegrasi juga menyediakan hubung ke produk informasi CD-ROM, layanan informasi secara online, dan lokasi Internet. Beberapa sistem terintegrasi juga mendukung kerja pemasangan lokal [dari] basis data perpustakaan-diproduksi. Seperti dicatat di atas, satu informasi dan modul penyerahan adalah ditawarkan sebagai satu komponen aplikasi opsional oleh beberapa vendor sistem terintegrasi. Itu memberikan para pemakai OPAC meng-akses ke/pada informasi tentang kelompok komunitas dan kejadian lokal. Tergantung pada sistem, informasi komunitas mungkin menjadi mengambil [kembali] dengan nama mensponsori organisasi, sebutan/judul atau tanggal peristiwa, dan kata kunci.
Sejak mid-1980s, sistem terintegrasi telah menyediakan akses ke/pada katalog [dari] perpustakaan lain. NISO 239.50 standar adalah secara luas didukung untuk tujuan itu. Itu mendefinisikan satu interface dimana mengijinkan komunikasi antara sistem komputer 'compliant' dari . berbeda vendor. Itu memungkinkan satu terminal OPAC satu sistem terintegrasi untuk mencari satu sistem komputer eksternal menggunakan perintah pengambilan kembali serta prosedur operasi berhubungan dengan sistem tuan rumah (host) terminal. 239.50 standar menjadi dasar di atas/terhadap klien/ teknologi server. Sistem terintegrasi untuk mencari harus diperlengkapi dengan server Z39.50 perangkat lunak, sementara sistem terintegrasi di mana pencarian berasal harus diperlengkapi dengan 239.50 perangkat lunak klien. 239.50-compatibility tidak membatasi ke diintegrasikan sistem perpustakaan. Itu juga adalah diterapkan dengan cara layanan informasi secara online, Produk informasi CD-ROM, dan lokasi Internet.
Sirkulasi Control

Terkecuali arsip bersejarah, perpustakaan naskah, koleksi buku jarang, dan tempat penyimpanan khusus yang lain, sirkulasi [dari] buku dan bahan lain adalah satu bagian penting dari suatu misi perpustakaan. Orang yang mengunjungi satu publik, akademis, sekolah, korporat, atau perpustakaan pemerintah mengharapkan untuk bisa meminjam bahan untuk perioda mengantisipasi [dari] waktu untuk digunakan di rumah mereka atau offices-assuming, tentu saja, bahwa mereka mengkualifikasikan peminjam diberi hak. Tujuan utama [dari] Kendali sirkulasi harus memelihara catatan tentang penarikan [dari] buku spesifik atau bahan perpustakaan lain. Catatan Sirkulasi melindungi suatu investasi perpustakaan di/dalam koleksi nya dengan cara memperbaiki tanggung jawab dan tanggal untuk pengembalian [dari] item ditolong. Selain dari pada itu, catatan sirkulasi berisi informasi tentang penggunaan bahan perpustakaan, [yang], ketika meng-ekstrak dan dengan baik meneliti, merupakan/terdapat satu bantuan berharga ke/pada pengembangan koleksi, alokasi sumber daya, dan pengambilan-keputusan.
Di/dalam implementasi manual, suatu berkas (file) sirkulasi utama perpustakaan biasanya terdiri dari kartu kertas/makalah atau menggelincir, dimana masing-masing berisi informasi tentang satu transaksi sirkulasi tertentu. Informasi spesifik isi catatan ini dapat meliputi sekilas uraian [dari] item (pengarang, sebutan/judul, dan memanggil nomor, sebagai contoh), tanggal jatuh tempo nya, dan nomor identifikasi peminjam, nama, dan barangkali menghadapi. Berkas (file) utama yang ini merefleksikan bahan perpustakaan di/dalam sirkulasi di setiap momen. Itu adalah secara tipikal disusun dalam satu cara [yang] memungkinkan suatu perpustakaan untuk memperoleh informasi tentang status [dari] satu item diberikan. Di banyak perpustakan negara, sebagai contoh, kartu sirkulasi adalah menyimpan file oleh tanggal jatuh tempo untuk identifikasi disederhanakan dan reprocessing item terlambat. Di/dalam perpustakaan akademis dan khusus, dimana itu adalah sering yang diperlukan untuk mengingat satu item pengedaran diberikan sebelum waktu habis [dari] perioda pinjaman nya, perkartuan mungkin saja menyusun dengan cara memanggil nomor atau pengarang / sebutan/judul. Dalam hal situasi, itu mungkin menjadi sulit untuk mengidentifikasikan item terlambat.
Selain dari pada satu berkas (file) sirkulasi utama, sebagian besar perpustakaan juga memelihara catatan tentang peminjam diberi hak. Beberapa catatan, [yang] mungkin saja dirawat di atas/terhadap kartu atau daftar nama membentuk-lembar, biasanya meliputi beberapa kombinasi informasi berikut untuk setiap peminjam: satu nomor identifikasi, nama, alamat, nomor telepon, registrasi dan tanggal waktu habis kartu, kategori perlakuan khusus (seperti orang dewasa atau pemuda dalam satu perpustakan negara, fakultas atau siswa dalam satu perpustakaan akademis), dan nama cabang pengeluaran atau perpustakaan (di/dalam multi-cabang atau sistem multi-perpustakaan). Berkas (file) Tambahan mungkin saja diciptakan untuk menghadapi persyaratan sirkulasi khusus. Beberapa perpustakaan, sebagai contoh, memelihara daftar peminjam pelanggar atau dari item pengedaran untuk menyelenggarakan untuk peminjam ditentukan di atas/terhadap pengembalian mereka. Demikian juga, perpustakaan dapat memelihara kartu sirkulasi untuk item kembali[kan dalam satu transaksi bersejarah menyimpan file [yang] digunakan untuk adalah digunakan untuk analisa statistik. Banyak ilmiah, teknis, dan perpustakaan bisnis memelihara profil [dari] peminjam' bunga/minat [yang] diadu dengan mungkin menjadi diadu dengan item yang baru saja diakuisisi. Pendekatan ini ke layanan perpustakaan, kadang-kadang menggambarkan sebagai penyebaran selektif [dari] informasi (SDI), adalah yang sering dipertimbangkan satu segi [dari] layanan referensi, tetapi itu mungkin juga menjadi dipandang sebagai satu membentuk sirkulasi mengantisipasi.

Sejak 1930-an, perpustakaan telah mencari, dan kurang lebih dengan sukses menerapkan, mengotomatisasikan alternatif ke/pada sirkulasi manual mengendalikan metodologi menggambarkan di atas. Proses transaksi menguji- diskusi dan permasalahan recordkeeping berikut tak terpisahkan di/dalam Kendali sirkulasi serta mensurvei karakteristik serta kemampuan sirkulasi mengendalikan modul mencakup dengan sistem perpustakaan terintegrasi.
Permasalahan [dari] Circulation Control

Perpustakaan tertarik akan sirkulasi terkomputerisasi, sebagian besar, berbasis pada satu pengenalan longstanding permasalahan tertentu tak terpisahkan di/dalam sistem sirkulasi manual. Khususnya, operasi recordkeeping berhubungan dengan sirkulasi manual mengendalikan prosedur-prosedur adalah bekerja keras-intensive characteristically. Mereka mencakup seperti rutin pekerjaan memakan-waktu seperti isian tunggal atau multi-mengcopy membukukan kartu, perkartuan pemeriksaan untuk menentukan status sirkulasi [dari] item spesifik, mengidentifikasikan item terlambat dengan persiapan berikut [dari] peminjam berpesan, dan menghitung kenakan denda serta lain meminta biaya untuk bahan terlambat atau hilang. Menganggap, sebagai contoh, satu rata-rata dari hanya satu menit waktu pekerjaan berhubungan dengan isian, kepindahan, dan penanganan lain [dari] setiap kartu dalam satu berkas (file) sirkulasi utama, suatu perpustakaan dengan satu sirkulasi tahunan [dari] 200,000 item harus menghabiskan sekitar 3,500 jam tersimpan pemeliharaan setiap tahun. Pada/di satu tenaga kerja tingkat baru $8 per jam, biaya pemeliharaan berkas (file) tahunan akan mendekati $28,000. Di banyak perpustakaan publik dan akademis, komitmen tenaga kerja diperlukan yang ini adalah meningkat dengan satu volume tinggi [dari] aktivitas sirkulasi, berjam-jam layanan, dan, dalam kasus [dari] sistem perpustakaan multi-cabang, berbagai titik layanan.
Sebagai sebuah komplikasi lebih lanjut, sebagian besar sirkulasi Kendali operasi adalah pekerjaan klerk dari pada profesional di alam. Karakter rutin Mereka menyokong kepada error dalam mengisi dan recordkeeping yang berhubungan tugas, demikian pula ke/pada motivasi karyawan rendah dan perputaran staf tinggi, dengan biaya pelatihan kembali berhubungan nya. Perpustakaan Akademis, sebagai contoh, sering mempekerjakan siswa sebagai juru tulis sirkulasi part-time, pembayaran mereka menurunkan upah per jam dibandingkan akan memerlukan untuk personil pekerjaan klerk yang full-time. Beberapa siswa jarang mencari pekerjaan cukup menantang untuk memelihara bunga/minat mereka. Sebagai sebuah konsekuensi, mereka dapat membuat error atau memerlukan supervisi patut dipertimbangkan, [yang], pada gilirannya, meningkatkan biaya kesisteman total.
Error dan perputaran staf ke samping, lingkup [dari] sistem sirkulasi manual adalah perlu terbatas ke/pada aktivitas-aktivitas secara langsung yang berhubungan dengan membebankan dan 'memecat bahan perpustakaan. Dalam banyak kasus, statistik-[yang] sirkulasi akurat adalah es¬sential ke/pada manajemen memberi tahu [dari] aktivitas-aktivitas pengembangan koleksi dan pembelanjaan sesuai [dari] menganggarkan- akuisisi terbatas yang sangat sulit atau mustahil ke menghasilkan. Dengan baik disiapkan dan menyajikan, statistik sirkulasi bisa membantu bibliografi dan pustakawan lain dalam menentukan ketika copy tambahan [dari] satu item diberikan adalah memerlukan serta dalam mengidentifikasikan bagian [dari] suatu koleksi perpustakaan [yang] adalah dengan jarang digunakan serta dapat sebagai akibatnya menjamin keabsahan satu reevaluation kebijakan-kebijakan pemilihan umum. Dengan perpustakaan harga tinggi harus membayar buku dan bahan lain, kemampuan untuk menghindari pembelian tidak sesuai adalah pentingnya jelas nyata.
Sebagai sebuah batasan lebih lanjut, ada secara tipikal kecil/sedikit atau tidak ada hubungan antara satu kartu atau berkas (file) kertas/makalah dan suatu perpustakaan sistem sirkulasi manual katalog atau catatan lain yang berisi sebagian besar [dari] informasi mengenai perpustakaan sama. Dengan begitu, [satu] pemakai yang berkonsultasi suatu katalog perpustakaan untuk memanggil jumlah satu buku ditentukan tidak bisa dengan segera menentukan status sirkulasi item. Akhirnya, dari sudut pandang layanan, sistem sirkulasi manual menempatkan sebagian besar [dari] beban kerja di atas/terhadap peminjam, yang harus mengisi meminta biaya menggelincir atau kartu untuk setiap item untuk mengedarkan. Ini tidak menyenangkan, digabungkan dengan idah lama bisa dihubungkan dengan melempem [dari] ma11ual keluar dari penginapan prosedur-prosedur, bisa mendorong ke arah ketidak puasan pemakai. Permasalahan ini tidak unik ke Kendali sirkulasi perpustakaan. Mereka adalah karakteristik [dari] banyak penggunaan bisnis yang mencakup pemeliharaan dan Kendali berkas (file) dokumen besar. Beberapa aplikasi adalah secara luas ditemui di/dalam perusahaan asuransi, rumah sakit dan klinik medis, departemen personalia di dalam korporasi dan lembaga pemerintah, pencatat' kantor di/dalam perguruan tinggi dan universitas, kantor hukum, Departemen polisi, dan menutupi dengan kertas-intensive lain bekerja alam lingkungan. Catatan tracking sistem dikembangkan untuk penggunaan bisnis adalah sering berbasis pada sirkulasi perpustakaan Kendali model.
Walaupun sistem sirkulasi terkomputerisasi adalah pokok materi [dari] diskusi ini, ada alternatif lain ke/pada Kendali sirkulasi manual. Melalui mid-1970s, sebagai contoh, beberapa kecil dan perpustakan negara ukuran menengah menggunakan fotografis membebankan sistem dimana satu kartu identitas buku, kartu identitas peminjam, dan menanggali informasi menyinggung ke/pada transaksi sirkulasi berurutan [adalah] direkam di atas/terhadap mikrofilm menggunakan satu kamera yang khususnya dirancang. Sementara itu beberapa pendekatan sebelum-komputer ke/pada sirkulasi Kendali sisa digunakan dalam beberapa perpustakaan, mereka adalah ketinggalan jaman secara konseptual dan penawaran dibatasi fungsionalitas. Alternatif yang lebih radikal ke/pada Kendali sirkulasi manual [adalah] mengusulkan tetapi, sebagian terbesar, dipecat/ dibubarkan. Sedikit administrator perpustakaan akan, sebagai contoh, membatalkan Kendali sirkulasi setuju untuk satu cara penginsyafan hukum dimana peminjam mengasumsikan tanggung jawab personal untuk mengembalikan buku setelah satu periode tertentu [dari] waktu. Sekalipun bahan yang paling ditolong [adalah] dikembalikan tepat waktu atau secepatnya, suatu metoda sirkulasi meninggalkan suatu perpustakaan dengan kecil/sedikit atau tidak ada informasi tentang status dan penggunaan koleksi nya pada/di titik manapun pada waktunya. Masih, gagasan untuk Kendali sirkulasi penghapusan tidak dapat dipecat/ dibubarkan seluruhnya. Beberapa perpustakaan menerapkan itu secara selektif ke bahan perpustakaan, seperti fiksi buku sampul tipis gelar, [yang] tidak sumber-sumber daya koleksi permanen atau biaya itu lebih untuk mengedarkan dibandingkan untuk menggantikan.
Suatu lebih tidak radikal, tetapi masih menghantam, keberangkatan dari sirkulasi konvensional mengendalikan konsep mencakup penggantian [dari] duplikasi untuk sirkulasi. Dalam satu kertas/makalah mengirimkan di 1962 konvensi [dari] National Microfilm Association, Laurence Heilprin pertama menguraikan konsep [dari] suatu menduplikasikan perpustakaan dimana satu luhur koleksi buku dan bahan lain, di/dalam ukuran penuh atau microform, akan mengcopy atas permintaan serta didistribusikan ke para pemakai perpustakaan sebagai satu alternatif ke/pada sirkulasi. Penerima bisa menahan/menjaga copy atau membuang mereka. Biaya duplikasi akan kiranya dibiayai oleh penghapusan [dari] biaya sirkulasi-berhubungan berhubungan dengan recordkeeping, daya ingat [dari] bahan terlambat, dan penggantian [dari] item bukan-dikembalikan. Selain dari pada itu, karena mereka tidak menghilangkan dari perpustakaan, bahan adalah secara kontinyu tersedia dan pembelian berbagai-mengcopy bisa sebagai akibatnya diminimumkan.
Sanya, ekonomi relatif [dari] satu konversi perdagangan besar dari sirkulasi ke/pada duplikasi tidak pernah secara penuh menyelidiki. Selain dari pada itu, pembatasan hak cipta dapat mencegah pengcopian [dari] bahan tertentu atau secara signifikan meningkatkan memerlukan biaya dan kompleksitas [dari] duplikasi. Walaupun adalah mungkin bukan satu alternatif memungkinkan untuk semua aplikasi perpustakaan, menduplikasikan konsep [adalah] secara selektif diadopsi untuk jenis tertentu [dari] bahan perpustakaan. , sebagai contoh, metoda umum [dari] menyediakan artikel jurnal melalui interlibrary meminjamkan. Dengan cara sama, beberapa perpustakaan mempekerjakan duplikasi sebagai satu alternatif ke/pada sirkulasi [dari] microfiche. Bukannya mengedarkan utama perpustakaan fiche, pemohon adalah diberikan satu salinan (copy) untuk penggunaan dan disposisi personal. Alat untuk melakukan duplikasi microfiche Desktop adalah tersedia untuk tujuan ini. Dalam kasus [dari] microfiche laporan koleksi diproduksi oleh Educational Research Information Center (ERIC), Informasi teknis Nasional Service (NTIS), dan lembaga pemerintah lain, tidak ada halangan hak cipta ke/pada beberapa duplikasi. Pembatasan Hak cipta dapat menerapkan, bagaimanapun, ke/pada duplikasi [dari] microforms membeli dari micropublishers komersial.
Di perasaan paling luas, ketersediaan tersebar luas [dari] pengutip diaktifkan dengan koin di perpustakaan mungkin merupakan/terdapat implementasi paling umum dan efektif duplikasi sebagai satu alternatif ke/pada sirkulasi. A akan peminjam who are tidak tertarik akan satu keseluruhan buku atau publikasi serial bisa mengcopy bagian-bagian relevan. Pemakai, tentu saja, membayar untuk copy membuat, tetapi di banyak perpustakaan total biaya [dari] operasi pengutip tidak menyembuhkan melalui beberapa biaya. Kiranya, perpustakaan itu yang memberi subsidi vendor-koin lain operasi pengcopian sedang melakukan sehingga untuk mendorong penggunaan mereka dan untuk mencapai satu pengurangan bersesuaian di/dalam sirkulasi berhubungan biaya.
Evolusi [dari] Computerized Circulation Systems
Walaupun konsep dan metoda menggambarkan di atas [adalah] dengan sukses menerapkan di/dalam situasi perpustakaan tertentu, hanya penawaran sistem terkomputerisasi solusi yang dengan luas bisa diterapkan ke/pada permasalahan [dari] Kendali sirkulasi manual. Barangkali lebih dari aktivitas perpustakaan lain yang apapun, pengembangan bersejarah [dari] Kendali sirkulasi otomatis telah merefleksikan perubahan dalam perkembangan terkini di/dalam teknologi pengolahan data. Pada permulaan tahun 1930-an dan memperpanjang ke 1960-an, sejumlah perpustakaan menggunakan kartu punch di/dalam kombinasi dengan tukang sortir, collators, dan unit lain merekam peralatan sebagai satu alternatif ke/pada recordkeeping manual. Kartu susunan tabel menghantam dengan informasi tentang buku, peminjam, dan tanggal jatuh tempo bisa menjadi disortir, sebagai contoh, untuk memilih item terlambat atau untuk mengidentifikasikan semua buku di atas/terhadap meminjamkan ke/pada [satu] orang diberikan.
Beberapa sistem pengolahan data sebelum-komputer [adalah] secara tipikal berbasis pada pengendalian persediaan model digunakan dalam bisnis. Dengan pengenalan tentang komputer untuk penggunaan bisnis di mid-1960s, sejumlah perpustakaan mengembangkan sistem kontrol sirkulasi terkomputerisasi berbasis pada teknik batch proses. Secara tipikal, beberapa sistem [adalah] diterapkan di atas komputer terletak di suatu pusat pengolahan data dioperasikan oleh suatu universitas, kotamadya, atau korporasi dengan mana perpustakaan [adalah] bergabung. Informasi tentang transaksi sirkulasi [adalah] direkam di atas/terhadap kartu punch atau pita magnet untuk pemrosesan melawan satu berkas (file) sirkulasi utama pada/di interval mengantisipasi. Mengikuti pemrosesan, daftar item pengedaran menyusun dengan cara memanggil nomor atau sebutan/judul, dengan tanggal jatuh tempo, [adalah] dicetak untuk tujuan referensi. Secara periodik, berkas (file) sirkulasi dan berkas (file) informasi peminjam utama [adalah] lebih lanjut diproses untuk mengidentifikasikan item terlambat, menghasilkan daya ingat berpesan, menghasilkan statistik sirkulasi, atau cetakan khusus daftar. Sementara itu mereka meng-eliminasi pemeliharaan [dari] berkas (file) kertas/makalah dan persiapan memakan-waktu [dari] terlambat serta daya ingat berpesan, beberapa sistem batch proses [adalah] membatasi dalam beberapa rasa hormat penting. Mereka tidak bisa menyediakan informasi akurat tentang item di/dalam sirkulasi pada/di satu momen diberikan; beberapa informasi dalam daftar mencetak [adalah] perlu membuat tak berlaku oleh transaksi sirkulasi terjadi antara interval pemrosesan. Sistem Batch proses tidak bisa secara efektif mengidentifikasikan item untuk diselenggarakan untuk para pemakai perpustakaan spesifik ketika kembali dari sirkulasi, dan mereka menyediakan tidak ada metoda [dari] transaksi sirkulasi ganjalan untuk peminjam pelanggar atau di bawah syarat-syarat pengecualian yang lain.
Oleh mid-1970s, pabrikan komputer dan spesialis informasi telah dimulai untuk berkonsentrasi pada pengembangan secara online, sistem waktu-riil. Mengikuti mereka memimpin, beberapa perpustakaan menerapkan sistem kontrol sirkulasi waktu-riil itu memproses keluar dari penginapan dan masuk penginapan transaksi sebagaimana mereka terjadi. Contoh mempublikasikan yang Secara luas mencakup Sistem komputer Library (LCS), [yang] [adalah] mengembangkan di Universitas Negeri Ohio dan sesudah itu meniru di Universitas Illinois serta Universitas Negeri [dari] New York pada/di Albania; Bell Laboratories Library Real-Time Loan (BELLREL) sistem; dan satu sistem meminta biaya-keluar pelayanan mandiri dikembangkan oleh Universitas Northwestern. Menghadapi keterbatasan [dari] pendahulu batch proses mereka, sistem waktu-riil ini mendirikan/menetapkan pola untuk semua pengembangan berikut di/dalam Kendali sirkulasi terkomputerisasi. Karena menguasai berkas (file) sirkulasi adalah dibaharui dengan segera dari pada pada/di interval mengantisipasi, sistem waktu-riil dengan teliti merefleksikan status saat ini [dari] suatu koleksi pengedaran perpustakaan. Computer-processible berkas (file) item ditunggu dan peminjam pelanggar mungkin menjadi secara otomatis dicek sebagai item dibebankan/dituntut keluar atau dikembalikan. Terminal Secara online adalah digunakan untuk menanyakan tentang status sirkulasi [dari] item diberikan. Listing yang paling mencetak adalah sebagai akibatnya di-eliminasi, walaupun terlambat berpesan, daya ingat berpesan, dan dokumen lain harus masih diproduksi dalam gaya batch.
Melalui mid-1970s, sistem kontrol sirkulasi terkomputerisasi, apakah beroperasi dalam batch atau gaya waktu-riil, [adalah] mengembangkan dan diterapkan di atas basis disesuaikan untuk suatu perpustakaan tertentu. Mengikuti satu analisa sistem rinci, peralatan [adalah] menyeleksi dan program ditulis untuk memenuhi kebutuhan spesifik [dari] satu aplikasi diberikan. Sejalan dengan mungkin saja diharapkan, sistem yang paling menarik dan inovatif [adalah] mengembangkan oleh besar akademis, publik, dan perpustakaan korporat itu mempunyai akses ke/pada sumber-sumber daya komputasi institusional serta keahlian teknis. Untuk medium tipikal ke/pada perpustakaan ukuran besar, bagaimanapun, fasilitas komputasi memerlukan untuk mengembangkan satu sistem kendali sirkulasi disesuaikan [adalah] terlalu sering tak tersedia. Dalam sebagian besar organisasi, meng-akses ke menghitung sumber-sumber daya adalah mengalokasikan sesuai dengan prioritas sebelum-mendirikan/menetapkan, dan persyaratan perpustakaan adalah yang kadang-kadang diberikan pertimbangan tidak cukup.
Bahkan ketika suatu perpustakaan memungkinkan untuk memperoleh perangkat keras komputer sesuai, permasalahan [dari] pengembangan software bisa membuktikan signifikan. Di/dalam aplikasi komputer secara umum, adalah tidak adanya perangkat lunak tepat [yang] merupakan/terdapat rintangan yang paling hebat ke/pada otomatisasi. Secara komparatif sedikit perpustakaan mempunyai juru analisis sistem penduduk atau programmer. Pusat komputasi Institusional mengalokasikan perangkat lunak mendukung personil di/dalam banyak cara sama sebagai sumber-sumber daya perangkat keras. Dalam banyak kesempatan, ada satu daftar penantian lama untuk berkonsultasi satu juru analisis sistem atau programmer / analis, dan, sekali dimulai, pengembangan software disesuaikan adalah satu lambat, bekerja keras-intensive, dan aktivitas error-[mudah mendapat; tertiarap].
Sirkulasi Prewritten mengendalikan perangkat lunak menghadapi masalah ini. Itu mengenali dimana aspek tertentu [dari] Kendali sirkulasi adalah dilakukan di/dalam kurang lebih jalan/cara sama, tanpa menghiraukan setting perpustakaan spesifik mereka. Sejalan dengan keuntungan-keuntungan utama nya, sirkulasi prewritten mengendalikan program mungkin menjadi diterapkan jauh dengan lebih cepat dan dengan biaya lebih sedikit dibandingkan instalasi disesuaikan. Sementara itu perangkat lunak khusus-mengembangkan adalah dibiayai oleh suatu perpustakaan tunggal, pengembangan biaya program prewritten adalah digunakan bersama oleh berbagai pelanggan. Kecepatan [dari] implementasi adalah terutama penting di/dalam aplikasi dimana otomatisasi aktivitas sirkulasi akan menghasilkan satu memerlukan biaya pengurangan atau layanan ditingkatkan ketika dibandingkan dengan sistem manual itu adalah dirancang untuk menggantikan. Sirkulasi Prewritten mengendalikan perangkat lunak meminimumkan atau meng-eliminasi persyaratan untuk keahlian komputer lokal. Libraries memperoleh beberapa produk tidak perlu untuk menyewa pemrograman staf atau mengambil/menangani kursus pemrograman. Sesungguhnya, pemrograman pelanggan adalah biasanya melarang oleh sebagian besar vendor. Karena disain sistem adalah ditentukan, pelatihan pemakai adalah membatasi ke/pada pertimbangan operasional.
Contoh-contoh dari sirkulasi prewritten paling awal mengendalikan program, diperkenalkan pada 1970-an, [adalah] produk bermaksud-tunggal dirancang khususnya dan eksklusif untuk Kendali sirkulasi. Pada awalnya, mereka [adalah] dijual sebagai turnkey systems-that, kombinasi preconfigured dijual perangkat keras komputer dan program prewritten sebagai sebuah paket. Dalam banyak kasus, seperti sirkulasi turnkey sistem kontrol mencakup komputer mini [yang] di-install [adalah] di-install di/dalam dan dioperasikan oleh perpustakaan itu sendiri; pada 1970-an, komputer mainframe [adalah] terlalu mahal untuk sebagian besar perpustakaan, dan komputer mikro bermanfaat tidak menjadi tersedia sampai awal 1980-an. Sejalan dengan satu alternatif ke/pada bentuk wujud turnkey, beberapa vendor menawarkan sirkulasi prewritten mengendalikan perangkat lunak untuk implementasi di atas/terhadap komputer mini yang secara terpisah dibeli, mencakup peralatan telah dimiliki suatu perpustakaan atau institusi orangtua nya.
Selama 1980-an, sebagai sebelumnya mencatat, sirkulasi bermaksud-tunggal mengendalikan program [adalah] digantikan dengan cara sistem perpustakaan terintegrasi, dimana Kendali sirkulasi adalah satu komponen atau modul aplikasi. Bersama-sama dengan membuat katalog dan publik secara online katalog akses, itu adalah secara tipikal satu modul inti dari pada satu komponen opsional. Modul sirkulasi [dari] sistem perpustakaan terintegrasi secara efektif mengotomatiskan berbagai tugas, mencakup keluar dari penginapan, masuk penginapan, dan pembaruan [dari] bahan perpustakaan; penempatan dari memegang; kenakan denda kalkulasi, koleksi, dan recordkeeping; kreasi, pemeliharaan, dan pengambilan kembali [dari] catatan peminjam; dan pencetakan [dari] laporan serta berpesan. Kemampuan ini adalah menggambarkan di/dalam mengikuti bagian.
Sirkulasi Control Capabilities
Semua sistem kontrol sirkulasi terkomputerisasi memelihara informasi terbaca oleh mesin menyinggung ke/pada suatu koleksi pengedaran perpustakaan dan peminjam nya. Dengan sistem terintegrasi, informasi saham tentang copy individual spesifik gelar adalah dihubungkan kepada catatan mengenai perpustakaan dalam suatu katalog perpustakaan. Beberapa informasi saham adalah penting ke/pada aktivitas sirkulasi, karena suatu perpustakaan mengedarkan copy dari pada entitas mengenai perpustakaan. Tunduk kepada produk dan variasi aplikasi-spesifik, informasi saham tipikal meliputi beberapa kombinasi satu barcode nomor atau item lain identifier, nomor satu salinan (copy), satu kategori perioda pinjaman, satu nomor pembicaraan lokal, lokasi atau cabang normal item, suatu lokasi atau cabang sementara, jenis media, harga asli, nilai ganti, status sirkulasi item ([tentang] rak, check-out, atau lain), peminjam identifier dan tanggal jatuh tempo untuk item di/dalam sirkulasi, dan tanggal aktivitas sirkulasi terakhir.
Sebuah berkas (file) peminjam berisi satu catatan terbaca oleh mesin untuk masing-masing pemakai perpustakaan mendaftarkan. Di muka umum perpustakaan yang melayani ukuran menengah dan kota-kota lebih besar, berkas (file) ini dapat berisi 100,000 atau lebih banyak catatan. Akademis, sekolah, dan perpustakaan khusus, sebagai pembanding, biasanya mempunyai para pelanggan/nasabah lebih kecil. Ukuran berkas (file) ke samping, bidang data umum meliputi nama peminjam, alamat, dan nomor telepon; tanggal mendaftarkan, tanggal waktu habis, dan tanggal aktivitas sirkulasi terakhir; kategori perlakuan khusus peminjam (seperti anggota fakultas, siswa lulusan, atau siswa mahasiswa belum bergelar dalam satu perpustakaan akademis, orang dewasa atau pemuda dalam satu perpustakan negara); nomor kartu peminjam, nomor jaminan sosial, atau identifier lain; nama perpustakaan pengeluaran atau cabang dalam satu sistem multi-perpustakaan; satu indikasi [dari] status kenakalan dengan satu alasan untuk kenakalan; satu gelar ningrat [dari] jumlah item di/dalam sirkulasi; dan suatu bidang pesan untuk beberapa garis [dari] teks. Beberapa sirkulasi Kendali modul memelihara satu gelar ningrat [dari] jumlah buku hilang, diklaim kembali, dan permasalahan serupa berhubungan dengan peminjam individual. Beberapa program juga menyediakan bidang data opsional untuk informasi personal dan demografis seperti kelompok umur, jabatan/pendudukan, dan bahasa-itu primer mendukung analisa statistik [dari] aktivitas sirkulasi untuk jenis tertentu [dari] para pemakai perpustakaan. Bidang data Tambahan mungkin saja memperlengkapi situasi khusus. Perpustakaan Akademis, sebagai contoh, secara tipikal meliputi siswa' kampus dan alamat rumah di/dalam catatan peminjam. Dengan cara sama, korporat dan perpustakaan pemerintah dapat merekam keduanya, yaitu kantor serta alamat rumah serta nomor telepon. Perpustakaan Sekolah dapat memerlukan bidang data untuk [satu] siswa homeroom dan nama orangtua.
Tanpa menghiraukan isi, penciptaan berkas (file) peminjam adalah satu berpotensi memakan-waktu dan mahal aktivitas. Kunci-masukan [dari] informasi peminjam, satu metoda [dari] resor terakhir, adalah sering yang diperlukan. Sejalan dengan satu alternatif, beberapa sistem terintegrasi bisa mengimpor catatan peminjam terbaca oleh mesin dari satu sistem kendali sirkulasi yang sebelumnya menerapkan, pencatat' berkas (file), basis data personil, atau sumber lain. Walaupun program khusus harus ditulis untuk mengkonversi catatan ditransfer ke/pada satu format memerlukan oleh sirkulasi Kendali modul, biaya pemrograman diperlukan biasanya membandingkan dengan baik dengan biaya tenaga kerja masukan-kunci. Dalam banyak kasus, vendor [dari] sistem perpustakaan terintegrasi akan berkembang beberapa program konversi untuk satu pembayaran merundingkan. Bukannya catatan peminjam beban dari sumber eksternal, beberapa perpustakan negara reregister semua peminjam mereka pada waktu itu satu sistem terintegrasi adalah di-install, di-upgrade, atau menggantikan, dengan demikian membersihkan berkas (file) [dari] catatan usang mereka.
Semua mengintegrasikan dukungan sistem tiga jenis [dari] sirkulasi lebar Kendali operasi: bongkar-muat [dari] bahan perpustakaan, pemeriksaan berkas (file) secara online, dan offline mencetak laporan serta berpesan. Dengan sirkulasi paling awal mengendalikan program, perpustakaan [adalah] dipaksa untuk menerima perioda pinjaman mengantisipasi, kategori peminjam, dan syarat-syarat operasi yang lain. Produk Lebih baru, bagaimanapun, adalah jauh lebih fleksibel. Gambar di atas/terhadap tiga dekade [dari] pengalaman perpustakaan dengan komputer mendasarkan manajemen sirkulasi, sirkulasi Kendali modul didukung dengan cara sistem terintegrasi adalah baik sekali telah berkembang dan benar-benar parameterized-that, mereka memungkinkan perpustakaan untuk menetapkan syarat-syarat pada suatu kondisi dimana item akan mengedarkan, pemeriksaan berkas (file) membuat, dan output mencetak menetapkan/memperbaiki. Bukannya sedang menulis kepada program, parameter operasi yang tertentu adalah menyeleksi oleh perpustakaan dari berbagai hal tentang kemungkinan.
Dengan beberapa sistem terintegrasi, representatif vendor mendirikan/menetapkan sirkulasi mengendalikan parameter selama satu sebelum-instalasi "profiling" sesi. Sebagai alternatif, sistem dapat meliputi satu modul dapat diprogram [yang] memungkinkan perpustakaan untuk mendefinisikan atau berubah parameter operasi yang milik mereka sendiri. Dalam bentuk apapun kasus, suatu perpustakaan bisa mendefinisikan perioda [dari] waktu-di/dalam hari, minggu, atau mengukur-itu lain spesifik jenis [dari] item akan dipinjamkan ke/pada, dan memperbaharui untuk, jenis spesifik [dari] peminjam. Beberapa sistem ijin perioda pembaruan itu berbeda dengan perioda pinjaman asli. Menghadapi satu persyaratan perpustakaan akademis yang pada umumnya ditemui, sebagian besar sirkulasi Kendali modul bisa meminta biaya keluar item sampai akhir satu semester atau tanggal tetap yang lain. Jika menginginkan, pilihan ini mungkin menjadi membatasi ke/pada peminjam spesifik categories-faculty anggota dan siswa lulusan, untuk contoh-atau ke/pada jenis tertentu [dari] bahan perpustakaan. Menghadapi praktek umum di antara korporat dan perpustakaan pemerintah pemeliharaan menyeleksi item dalam area pekerjaan dimana mereka adalah sebagian besar sering digunakan, beberapa sirkulasi Kendali modul mengijinkan pinjaman permanen ke/pada meja tulis atau lokasi laboratorium dari pada individu. Untuk chargeback bermaksud, beberapa sistem terintegrasi bisa menghubungkan penggunaan item spesifik kepada Departemen atau tempat menghabiskan biaya individual di dalam satu korporasi atau lembaga pemerintah.
Sebuah perpustakaan bisa membedakan laju baik oleh item atau jenis peminjam, menetapkan imunitas halus untuk jenis tertentu [dari] peminjam, mengabulkan/mengijinkan satu jumlah rahmat ditentukan hari sebelum kenakan denda adalah terjadi, dan menetapkan jumlah terlambat berpesan bahwa jenis berbeda dari peminjam akan menerima. Libraries bisa juga memaksakan batas di atas/terhadap sejumlah kenakan denda dimana jenis spesifik [dari] peminjam bisa membuat sebelum perlakuan khusus sirkulasi ditarik kembali. Untuk memastikan liburan itu tidak menggunakan ringkasnya kalkulasi dan tanggal jatuh tempo itu tidak jatuh di atas/terhadap liburan, sebagian besar sirkulasi Kendali modul memelihara satu kalender [dari] tanggal bahwa perpustakaan adalah menutup. Untuk fleksibilitas maksimum, parameter sirkulasi mungkin menjadi mendefinisikan secara terpisah untuk peserta individual di/dalam perjanjian kerja sama temporer atau susunan multi-perpustakaan lain. Jika menginginkan, perlakuan khusus peminjam mungkin menjadi membatasi ke/pada cabang atau perpustakaan spesifik di dalam satu sistem multi-perpustakaan.
Semua sirkulasi Kendali modul melakukan keluar dari penginapan, masuk penginapan, dan operasi pembaruan di/dalam waktu-itu riil, semua item dan catatan peminjam adalah dengan segera membaharui ketika bahan perpustakaan adalah membebankan/menuntut keluar atau didaftarkan serta status sirkulasi [dari] copy spesifik adalah dengan segera direfleksikan di/dalam OPAC menampilkan. Dengan sistem yang paling terintegrasi, Kendali sirkulasi adalah menyetujui prioritas tertinggi untuk eksekusi, sedemikian rupa sehingga transaksi sirkulasi adalah dilakukan sebelum katalog pencarian atau operasi lain.
Keluar dari penginapan prosedur-prosedur adalah secara langsung. Bekerja pada/di satu terminal dijelaskan, [satu] juru tulis sirkulasi memasukan/i buku dan peminjam identifiers. Penerapan mengantisipasi sirkulasi mengatur/memerintah, sistem mengambil [kembali] catatan sesuai, mengkalkulasi tanggal jatuh tempo, dan informasi saham perbaikan untuk item pengedaran. Semua sirkulasi Kendali modul mendukung pengenalan barcode untuk menyederhanakan masuknya item dan peminjam identifiers. Sejalan dengan diskusikan di/dalam bab I, barcodes menggunakan pola mengantisipasi [dari] garis vertikat alternating dan jarak untuk meng-encode numerik identifiers. Di aplikasi perpustakaan, barcodes adalah secara tipikal mencetak di atas/terhadap label mudah lengket (adesif) [yang] adalah affixed ke mengedarkan bahan dan kartu identitas peminjam. Label Barcode mungkin saja memerintahkan preprinted atau diproduksi oleh perpustakaan itu sendiri.
Dalam bentuk apapun kasus, label menomori yang spesifik harus berhubungan dengan item tertentu ke/pada [yang] mereka adalah terpasang. Hal ini mungkin menjadi dilakukan dalam beberapa hal. Di/dalam satu metoda, satu barcode label adalah dihubungkan ke satu buku atau item lain, catatan basis data untuk item adalah mengambil [kembali] oleh sebutan/judul atau beberapa parameter, barcode adalah di-scan, dan nomor nya adalah masuk ke dalam bidang barcode di dalam catatan. Catatan basis data kemudian menyelamatkan dan item adalah ditangguhkan. Sebagai alternatif, menduplikasikan label mungkin menjadi affixed ke bahan perpustakaan dan kartu shelflist. Ketika shelflist adalah mengkonversi, label barcode untuk setiap sebutan/judul adalah di-scan ke catatan basis data. Metoda ini adalah terutama sekali bermanfaat dimana satu kegunaan mengenai perpustakaan atau perusahaan lain akan melakukan konversi retrospektif dari suatu perpustakaan shelflist. Metoda populer yang Lain mencakup "cerdas" barcodes bahwa meliputi preprinted memanggil nomor, gelar, atau manusia-menarik lain identifiers untuk bahan perpustakaan. Barcodes Cerdas adalah diproduksi dari suatu basis data perpustakaan dan harus dihubungkan ke bahan di mana mereka adalah diharapkan. Barcodes Cerdas adalah secara tipikal mencetak di/dalam urutan shelflist untuk menyederhanakan memberi keterangan dari item.
Tanpa menghiraukan metoda mempekerjakan, barcoding suatu koleksi perpustakaan adalah satu prosedur memakan-waktu itu bisa mengambil/menangani minggu atau bulan untuk melengkapi. Berbagai jenis [dari] barcodes adalah tersedia. Sebagian besar format meng-encode empat belas ke/pada enambelas angka angka. Seringkali, digit pertama adalah digunakan untuk membedakan item dan peminjam barcodes. Beberapa angka angka berikutnya mengidentifikasikan perpustakaan dalam satu instalasi multi-perpustakaan, dan sisanya mengidentifikasikan item atau peminjam. Sebuah memeriksa digit, digunakan untuk pendeteksian error, adalah sering dipuaskan. Sirkulasi mengendalikan program adalah dirancang untuk membaca label barcode dalam satu atau lebih format, dan format berbeda tidak dapat antar-dicampur di dalam suatu koleksi perpustakaan diberikan. Ketidakcocokan [dari] barcodes bisa bersikap permasalahan dan necessitate relabeling item serta kartu peminjam di perpustakaan dimana mengubah sistem kontrol sirkulasi.
Meskipun bukan sebagai umum sebagai barcodes, beberapa sirkulasi Kendali modul bisa membaca label OCR. Sejalan dengan diskusikan di/dalam bab 1, OCR (pengenalan karakter) menggunakan sinar pantul untuk menentukan karakter isi dokumen input. Label OCR adalah biasanya mencetak dalam satu khususnya dirancang mengetik bak, seperti OCR-A atau OCR-B, [yang] dioptimalkan adalah dioptimalkan untuk pengenalan mesin. Jika label barcodes atau OCR adalah absen atau rusak, item dan peminjam identifiers mungkin menjadi kunci-dimasukkan. Keyentry adalah juga digunakan untuk pembaruan telepon. Sejalan dengan satu kemampuan yang semakin banyak populer, beberapa sistem perpustakaan terintegrasi mendukung terminal sirkulasi pelayanan mandiri.
Semua sirkulasi Kendali blok modul keluar dari penginapan transaksi ketika kenakalan peminjam atau syarat-syarat pengecualian yang lain adalah menemui. Contoh meliputi peminjam dengan item terlambat atau terkemuka kenakan denda, peminjam yang telah melewati batas meminta biaya-keluar sudah dikenal perpustakaan, peminjam who are dengan menggunakan suatu kartu identitas melaporkan kehilangan atau dicuri, item [yang] diselenggarakan sedang menyelenggarakan untuk pemakai perpustakaan lain, item [yang] adalah telah check-out ke lainnya peminjam, atau item [yang] bukan bagian dari suatu koleksi pengedaran perpustakaan. Beberapa sistem terintegrasi akan secara otomatis menghalangi transaksi sirkulasi jika satu peminjam perlakuan khusus sirkulasi akan berakhir sebelum satu tanggal jatuh tempo item. Kebanyakan sistim membedakan antara "lembut" blok, [yang] mungkin menjadi mengesampingkan oleh [satu] juru tulis sirkulasi atau orang diberi hak yang lain, dan "dengan keras" blok, [yang] memerlukan koreksi [dari] kondisi sebelum transaksi sirkulasi pengecualian mungkin menjadi menyelesaikan.
Dengan sebagian besar sirkulasi Kendali modul, masuk penginapan bahan perpustakaan adalah satu transaksi pengulangan [yang] dimulai oleh satu perintah, diikuti dengan cara men-scan barcodes untuk item kembali[kan. Masuk penginapan perintah adalah dimasukkan sekali ketika untuk berbagai item. Selama masuk penginapan, sistem yang paling terintegrasi akan secara otomatis mendeteksi seperti syarat-syarat pengecualian seperti item [yang] ditunggu adalah ditunggu untuk peminjam lain, item [yang] [adalah] tidak pernah dengan baik dibebankan/dituntut keluar, dan item kembali ke lokasi salah. Untuk merefleksikan in-house penggunaan bahan perpustakaan di/dalam laporan statistik, beberapa sirkulasi Kendali modul mengijinkan memecat dari item menghilangkan dari menangguhkan tetapi tidak pernah check-out. Kenakan denda mungkin menjadi menghitung untuk koleksi segera ketika item terlambat adalah mendaftar. Jika item terlambat adalah singgah bak/peti buku, atau peminjam adalah jika tidak tak tersedia atau tidak mampu untuk membayar kenakan denda, sejumlah adalah yang secara tipikal ditambahkan ke catatan mereka. Dalam banyak kasus, suatu perpustakaan bisa menetapkan sejumlah kenakan denda peminjam itu bisa berhutang sebelum perlakuan khusus sirkulasi ditarik kembali. Beberapa sistem dukungan pengampunan hari, ketika semua kenakan denda untuk item terlambat adalah dimaafkan.
Untuk memberikan fasilitas penyelesaian [dari] transaksi sirkulasi spesifik, catatan item mungkin menjadi diambil [kembali] oleh barcode menomori atau oleh . manapun parameter pencarian didukung oleh publik secara online sistem terintegrasi akses katalog. Sekali satu catatan mengenai perpustakaan diinginkan adalah mengambil [kembali], catatan item berhubungan nya mungkin menjadi ditampilkan. Catatan Peminjam adalah biasanya retrievable oleh nomor kartu atau numerik lain identifiers atau nama peminjam. Isi dari catatan menampilkan bervariasi dari sistem ke/pada sistem. Elemen data Tipikal meliputi nama peminjam, alamat, nomor telepon, rumah perpustakaan (dalam suatu multi instalasi perpustakaan), tanggal meminjam perlakuan khusus [adalah] dikabulkan/diijinkan, dan tanggal aktivitas sirkulasi terakhir. Seorang operator bisa biasanya meminta informasi tambahan, seperti daftar item spesifik membebankan/menuntut ke luar ke peminjam, apapun item peminjam telah meminta, daftar item terlambat peminjam, dan status kenakalan peminjam. Perpustakaan mengijinkan, beberapa sistem terintegrasi memberikan peminjam mendaftarkan online akses ke/pada catatan milik mereka sendiri, dengan demikian mengurangi waktu staf menghabiskan di atas/terhadap pemeriksaan peminjam. Peminjam bisa me-review item mereka mempunyai di/dalam sirkulasi, item mereka berakibat pada memegang, kenakan denda berhutang, dan blok apapun di atas/terhadap catatan mereka.
Manajemen Efektif dari memegang dan mengingat adalah salah satu dari fitur yang dengan jelas berbeda sistem kontrol sirkulasi waktu-riil dari pendahulu batch-diorientasikan mereka. Digunakan dalam konteks ini, satu memegang menyebabkan satu item di/dalam sirkulasi untuk terjerat di atas/terhadap pengembalian nya dan menyelenggarakan untuk satu peminjam siapa sebelumnya meminta itu. A memegang adalah satu permintaan pasif. Peminjam nantikan item diinginkan untuk dikembalikan, walaupun dia atau dia harus biasanya menetapkan [satu] tanggal pembatalan setelah mana item akan tidak lagi diperlukan. Sebuah daya ingat, di lain pihak, adalah satu permintaan aktif dimana mengubah tanggal jatuh tempo untuk satu item pengedaran dalam rangka untuk memperoleh pengembalian segera nya.
Sebagian besar sirkulasi Kendali modul mendukung penempatan [dari] memegang di level-itu mengenai perpustakaan, di atas/terhadap semua copy [dari] satu sebutan/judul-atau ditentukan di atas copy spesifik hanya. Permintaan mengenai perpustakaan-level akan memerangkap copy tersedia yang pertama satu sebutan/judul ditentukan terlibat di/dalam transaksi sirkulasi apapun. Di/dalam multi-cabang atau instalasi konsorsium, permintaan level-copy adalah biasanya dibuat oleh peminjam yang tidak ingin melaksanakan perjalanan ke lainnya lokasi untuk memperoleh satu item. Daya ingat adalah biasanya menempatkan di level copy dan mengundurkan diri dengan memegang di level sebutan/judul. Ketika berbagai permintaan adalah diterima untuk satu item diberikan, satu memegang antrian adalah mendirikan/menetapkan. Dalam banyak kasus, tanggal permintaan menentukan satu posisi peminjam dalam antrian, walaupun perpustakaan diberi hak mengorganisir anggota bisa prioritize meminta. Beberapa sirkulasi Kendali modul akan membangkitkan satu peringatan pembelian ketika memegang antrian untuk satu sebutan/judul diberikan melebihi satu jumlah nama ditentukan. Perpustakaan mengijinkan, peminjam bisa menggunakan terminal OPAC ke tempat memegang di atas/terhadap item pengedaran mengambil [kembali] melalui katalog pencarian. Tergantung pada sistem, memegang boleh saja saya adalah ditempatkan di atas/terhadap item [yang] adalah dalam pemesanan atau menunggu membuat katalog.
Untuk memelihara sumber-sumber daya komputer dan cagar alam respon waktu untuk operasi secara online, sistem perpustakaan terintegrasi secara tipikal mencetak laporan sirkulasi dan berpesan di malam hari atau selama terlepas dari-mencapai puncak lain jam. Sebagian besar sirkulasi Kendali modul menyediakan satu pemilihan [dari] preconfigured operasional dan statistik laporan dimana menghadapi satu jangkauan luas [dari] persyaratan perpustakaan. Beberapa sistem terintegrasi juga mendukung satu program penulisan laporan serba guna bahwa perpustakaan bisa menggunakan untuk membangkitkan laporan sirkulasi tambahan atau disesuaikan. Contoh-contoh dari sirkulasi preconfigured laporan meliputi daftar nama peminjam dengan nomor identifikasi, alamat, nomor telepon, dan informasi serupa; daftar peminjam catatan menambahkan atau mengubah karena [satu] tanggal ditentukan; daftar peminjam dengan item terlambat yang berlebihan, kenakan denda, atau kenakalan lain; daftar peminjam dengan lebih dari satu jumlah item ditentukan di/dalam sirkulasi; daftar item sedang menyelenggarakan untuk peminjam spesifik; daftar item ditunggu di/dalam memanggil nomor atau urutan sebutan/judul; daftar item pengecualian ditunggu, mencakup kehilangan, hilang, atau item terlambat yang lama; daftar item dengan memegang antrian lebih panjang dari satu jumlah nama ditentukan; daftar pemohon, dengan nomor telepon, untuk item ditunggu; daftar uang masuk baik oleh lokasi 'workstation'; dan daftar item terlambat untuk pencarian rak sesudah peminjam pencetakan berpesan. Contoh-contoh dari laporan sirkulasi dimana mendukung aktivitas-aktivitas pengendalian persediaan meliputi daftar hilang atau hilang item menyusun dengan cara memanggil nomor, jenis materi, atau parameter lain; daftar item menarik dari library's 'koleksi karena [satu] tanggal ditentukan; daftar item pelanggar diklaim untuk dikembalikan; dan daftar tak puas memegang karena [satu] tanggal ditentukan.
Laporan Statistik menyediakan informasi bermanfaat untuk pengembangan koleksi demikian pula bagi manajemen aktivitas sirkulasi itu sendiri. Barangkali contoh terpenting menyediakan sirkulasi totals untuk panggilan ditentukan nomor kelompok. Mungkin saja diproduksi bulanan, triwulanan, atau pada/di interval ditentukan yang lain. Untuk tujuan perbandingan, beberapa laporan sering menyediakan statistik untuk perioda sama selama tahun terdahulu. Lain laporan statistik yang bermanfaat meringkas aktivitas sirkulasi oleh kategori peminjam atau jenis materi perpustakaan; meminta biaya-keluar, pemeriksaan, dan memegang aktivitas untuk perioda waktu ditentukan; dan aktivitas 'workstation' siang hari, minggu, bulan, atau perioda waktu lain.
Semua sirkulasi Kendali modul bisa membangkitkan terlambat berpesan, daya ingat berpesan, baik berpesan, memegang ketersediaan berpesan, dan peminjam serupa berpesan, demikian pula RUU/rekening untuk item hilang. Libraries bisa menetapkan isi dari peminjam berpesan. Mereka adalah biasanya mencetak di atas/terhadap kertas/makalah ukuran-surat/huruf dengan peminjam mengalamatkan formatted untuk kompatibilitas dengan amplop jendela. Beberapa sistem bisa juga mencetak berpesan di atas/terhadap kartu pos. Berpesan mungkin saja disortir oleh kode pos sesudah pencetakan. Sejalan dengan satu alternatif ke mencetak berpesan, beberapa sistem terintegrasi mendukung satu pemutaran telepon otomatik dan kemampuan pemberitahuan suara untuk memegang serta item terlambat. Beberapa kemampuan, [yang] menggunakan teknologi sintesa suara, bisakah menyimpan berbagai catatan pesan.
Dirancang terutama untuk akademis dan perpustakaan sekolah, cadangan ruang kemampuan memelihara sirkulasi merekam [yang] dihubungkan adalah dihubungkan ke/pada kursus dan instruktur. Dengan beberapa sistem perpustakaan terintegrasi, cadangan ruang kemampuan adalah disatukan ke dalam sirkulasi Kendali modul; di/dalam kasus lain, satu cadangan terpisah ruang modul adalah tersedia sebagai satu komponen opsional. Pola Implementasi ke samping, cadangan ruang bahan adalah diidentifikasikan di/dalam publik secara online akses katalog sebagai tunduk kepada khusus, biasanya pendek/singkat, perioda pinjaman. Catatan untuk item di atas/terhadap cadangan mungkin menjadi mengambil [kembali] melalui OPAC mencari atau oleh nomor kursus atau instruktur. Selain dari pada item pengelola dari suatu perpustakaan memiliki saham, sebagian besar cadangan ruang modul bisa menciptakan memberi pengarahan kepada katalog catatan untuk fotokopi dan instruktur' copy personal. Perioda Sirkulasi untuk bahan cadangan adalah seperti biasa mengukur selama beberapa jam atau bahkan menit, walaupun kebanyakan sistim akan mengijinkan sirkulasi bermalam jika perioda meminta biaya-keluar bisa diijinkan meluas di luar jam tutup perpustakaan. Sistem yang paling terintegrasi akan mencetak daftar item di atas/terhadap menyediakan untuk tertentu, laporan kursus [dari] aktivitas meminta biaya-keluar menyusun oleh nomor kursus dan item, daftar item cadangan [yang] adalah terlambat, dan daftar item untuk menarik dari cadangan.
Sejalan dengan lain opsional komponen sistem beberapa sistem perpustakaan terintegrasi mendukung satu media membukukan modul [yang] menyediakan Kendali sirkulasi untuk kaset video, film, dan audiovisual lain media, demikian pula peralatan dan fasilitas, [yang] adalah tunduk kepada sikap ragu mutahir. Satu kalender secara online adalah berkonsultasi untuk menentukan ketersediaan dan item cadangan untuk tanggal spesifik. Liburan dan sikap ragu akhir pekan mungkin menjadi dilarang. Keluar dari penginapan dan masuk penginapan berfungsi adalah serupa dengan itu untuk Kendali sirkulasi. Catatan Reservasi mungkin saja mengakses oleh nama peminjam, item identifier, atau parameter lain. Laporan manajemen Tipikal dan berpesan meliputi katalog media, mengambil daftar, pengepakan menggelincir, daftar pengeposan dan label, pekerjaan reservasi menggelincir dan menjadwalkan, laporan aktivitas media, terlambat berpesan, dan ringkasan pemakaian. Media membukukan modul adalah secara tipikal terintegrasi dengan komponen sistem lain. Dengan beberapa sistem terintegrasi, Para pemakai OPAC bisa membuat sikap ragu untuk media atau item.
ACQUSITIONS DAN MANAJEMEN SERIAL
Sejalan dengan sebelumnya diskusikan, sistem perpustakaan yang paling terintegrasi mendukung akuisisi dan manajemen serials modul sebagai komponen aplikasi opsional. Sementara itu akuisisi dan manajemen serials adalah sering turunkan untuk memisahkan Departemen di dalam suatu perpustakaan diberikan, mereka berbagi satu fungsi penting: pengadaan [dari] bahan perpustakaan. Diskusi ini akan mengikuti perpustakaan umum mempraktekan dalam menggunakan istilah "akuisisi" untuk secara kolektif menandakan tugas itu dimana mendukung pengadaan [dari] bahan perpustakaan [yang] diterbitkan adalah menerbitkan di atas basis nonrecurring, mencakup buku, laporan teknis, publikasi pemerintah, aransemen musik, bunyi; dan bahan visual. Pengadaan jurnal, majalah, dan publikasi periodik yang lain adalah mempertimbangkan satu segi [dari] manajemen serials, lingkup [dari] [yang] meluas ke/pada beberapa aktivitas-aktivitas seperti membuat katalog dan bungkus [dari] publikasi serial. Perbedaan antara akuisisi dan serials' manajemen adalah jarang tegas, bagaimanapun, karena buku tahunan atau bahan yang dengan tidak selalu diterbitkan mungkin saja diperlakukan sebagai monograf di/dalam satu perpustakaan dan sebagai serials di/dalam lainnya.
Sejak akuisisi dan manajemen serials memulai pengadaan [dari] bahan perpustakaan dimana akan secepatnya adalah cataloged serta diedarkan, mereka akan sepertinya adalah lebih dengan penuh kewajaran didiskusikan di awal dari pada pada ujung bab ini. Mereka adalah diperlakukan di sini, bagaimanapun, karena satu pemahaman [dari] akuisisi otomatis serta manajemen serials memerlukan beberapa keakraban dengan komponen aplikasi menggambarkan di atas. Sejalan dengan dengan mengotomatisasikan Kendali sirkulasi dan produksi katalog terkomputerisasi, perpustakaan pasti mempunyai dekade [dari] pengalaman dengan mengotomatisasikan akuisisi. Sebelum-komputer buku pemesanan systems-using keypunch peralatan, tukang sortir kartu, dan menyusun tabel machines-were dikembangkan pada akhir 1950-an oleh perpustakaan publik serta akademis. Sistem akuisisi berbasis-komputer yang Pertama, diterapkan oleh sejumlah perpustakaan akademis pada awal ke/pada mid-1960s, batch mempekerjakan ahli¬teknologi cessing untuk mengotomatiskan pengadaan dan tugas recordkeeping. Selama akhir 1960-an dan awal 1970-an, beberapa perpustakaan akademis mengembangkan arus bolak-balik secara online¬sistem quisitions. Contoh mempublikasikan yang Secara luas mencakup Book Order dan Selection System (BOSS) di Universitas Massachusetts, Library OnLine Information dan Text 'Access' (LOLITA) sistem di Universitas Negeri Oregon, dan komponen akuisisi [dari] sebelumnya didiskusikan UNDI sistem pada/di Universitas Stanford. Komputer mini-mendasarkan Pertama turnkey sistem akuisisi [adalah] di-install oleh CLSI di Perpustakan negara Cleveland pada tahun 1972. Vendor Lain sesudah itu memperkenalkan produk bermaksud-khusus serupa; contoh yang paling populer, sistem INNOVACQ dari Innovative Interfaces, diotomatisasikan keduanya, yaitu akuisisi dan manajemen serials.
Sistem perpustakaan terintegrasi mulai menemani modul akuisisi sebagai komponen aplikasi opsional pada 1980-an. Contoh paling awal [adalah] kelihatan jelas lebih lemah dibandingkan mereka OPAC dan sirkulasi mengendalikan rekan pendamping, tetapi mereka telah meningkat secara mantap dan secara signifikan di tahun-tahun ini. Sejalan dengan menggambarkan di bawah, versi terakhir menawarkan fungsionalitas baik sekali untuk pemesanan, akuntansi dana, dan catatan¬pemeliharaan. Untuk banyak perpustakaan, terutama sekali itu yang mengoperasikan satu sistem terintegrasi untuk akses katalog dan Kendali sirkulasi secara online, penambahan [dari] satu modul akuisisi adalah paling sederhana, cara paling murah untuk mengotomatiskan aktivitas itu.
Alasan Perpustakaan untuk mengkomputerkan operasi akuisisi adalah sangat mapan. Dana akuisisi merepresentasikan satu komponen besar dan penting anggaran perpustakaan tipikal, dan administrasi perpustakaan adalah bertanggung jawab untuk pembelanjaan bertanggungjawab mereka . Sejalan dengan dengan Kendali sirkulasi, akuisisi dan sistem akuntansi dana manual tidak bisa siap membangkitkan informasi finansial serta statistik penting ke/pada perencanaan serta manajemen ilmiah. Di perpustakaan dimana anggaran buku adalah mengalokasikan setiap tahun, sebagai contoh, dana akuisisi tertentu boleh tetap (sebagai) characteristically underspent atas/pada masa banyak bulan, keharusan memperhebat pembelanjaan di tahun berakhir, satu situasi bukan berguna bagi secara hati-hati dipertimbangkan praktek pemilihan. Dengan cara sama. dana tertentu mungkin saja dibelanjakan terlalu dengan cepat, meninggalkan kecil/sedikit menyediakan untuk bahan penting menerbitkan berikutnya pada tahun.
Dalam bentuk apapun kasus, laporan berkala [dari] status dana bisa mensiagakan bibliografi subjek dan administrator perpustakaan ke/pada situasi pengecualian yang memerlukan perhatian serta tindakan korektif mungkin. Sementara itu beberapa laporan mungkin menjadi diproduksi dengan tangan, tenaga kerja tersedia dalam sebagian besar sistem akuisisi manual adalah secara penuh sedang sibuk dengan pemrosesan pekerjaan tulis menulis, akuntansi, dan rutin pekerjaan yang berhubungan [yang] menyinggung untuk membukukan perintah/pesanan. Di antara keuntungan-keuntungan lain, akuisisi berbasis-komputer bisa mengurangi pekerjaan klerk bekerja keras .requirements dan biaya, dengan demikian membuat lebih banyak uang tersedia untuk pengembangan koleksi dan layanan profesional. Pengurangan harga ke samping, banyak pustakawan merasa satu nilai tambah di/dalam pemrosesan pekerjaan tulis menulis yang berpotensi lebih cepat dan lebih tepat waktu penerimaan bahan diijinkan oleh kemampuan akuisisi terkomputerisasi. Lebih lanjut, otomatisasi [dari] akuisisi mempromosikan integrasi [dari] operasi perpustakaan. Informasi Mengenai perpustakaan, ditangkap di/dalam formulir/bentuk terbaca oleh mesin pada waktu itu satu item adalah memesan, bisa berikutnya ditingkatkan atau dimodifikasi untuk mendukung pengambilan informasi, Kendali sirkulasi, atau operasi perpustakaan lain. Dalam pelaksanaan sistem terintegrasi, suatu publik secara online perpustakaan akses katalog bisa berisi informasi tentang bahan [yang] adalah dalam pemesanan atau menunggu membuat katalog.
Sementara itu perbedaan dalam membeli praktek dan regulasi pengadaan dapat mendorong ke arah variasi lokal, sebagian besar Departemen akuisisi perpustakaan berbagi karakteristik dan tahap pekerjaan dasar yang tertentu. Tergantung pada jenis perpustakaan terlibat, suatu permintaan untuk membeli satu item spesifik mungkin saja mentransmisikan ke/pada Departemen akuisisi oleh bibliografi subjek, perpustakaan lain mengorganisir anggota, para pemakai perpustakaan, atau orang atau kelompok lain. Secara tipikal, perpustakaan memiliki berkas (file) akuisisi dan katalog adalah pertama berkonsultasi untuk menentukan apakah item adalah dalam pemesanan atau telah di/dalam koleksi nya. Menganggap bahwa item bukan telah dimiliki atau bahwa satu copy tambahan akan membeli, informasi mengenai perpustakaan dalam permintaan harus dibuktikan, ketersediaan dan harga item menentukan, dan satu vendor menyeleksi. Sebuah pesanan pembelian kemudian menyiapkan dalam berbagai copy, beberapa dari [yang] adalah menyimpan file oleh Departemen akuisisi. Ketika satu item adalah diterima, dokumen bersesuaian adalah menghilangkan dari berkas (file) dan dibaharui sebagai diperlukan untuk merefleksikan penuh atau parsial penerimaan satu perintah/pesanan. Pembayaran kemudian memberi hak dan satu voucher pembayaran atau cek adalah dikeluarkan.
Mengotomatisasikan sistem akuisisi mempertahankan karakteristik dasar yang ini tetapi menggantikan pengetikan, isian, dan tahap pekerjaan manual yang yang berhubungan dengan masukan data serta komputer ahli¬cessing. Mengotomatisasikan Kendali akuisisi secara tipikal mempekerjakan satu kombinasi tiga berkas (file) data: (1) satu berkas (file) perintah/pesanan, kadang-kadang disebut satu sedang dikerjakan berkas (file), berisi satu catatan untuk setiap item membeli; (2) satu berkas (file) vendor berisi satu catatan untuk setiap penerbit, pekerja borongan buku, atau sumber pengadaan lain; dan (3) satu berkas (file) dana berisi satu catatan untuk masing-masing rekening dimana mendukung pembelian [dari] bahan perpustakaan. Sementara itu keinginan detil yang spesifik perlu bervariasi dari satu instalasi ke lainnya, sebagian besar perintah/pesanan
. berkas (file) berisi satu kombinasi mengenai perpustakaan dan data memesan-spesifik, mencakup pengarang, sebutan/judul, dan informasi cetakan; satu pernyataan edisi; satu International Standard Book Number (ISBN) atau numerik unik yang lain identifier; satu nomor perintah/pesanan; tanggal perintah/pesanan; satu nomor rekening dana; satu nomor vendor, kode, atau identifier serupa; jenis pengadaan (perintah/pesanan konvensional, perintah/pesanan kedudukan, pembayaran di muka, item persetujuan, dan lain-lain.); jumlah copy memesan; harga, diskon dan ongkos servis tambah; jenis mata uang; tanggal tanda terima diperkirakan; cabang pemesanan, Departemen, atau agensi; dan nama pemohon, bibliografi, atau orang lain yang memulai perintah/pesanan. Beberapa sistem juga meliputi suatu bidang teks untuk pesan membentuk-bebas berniat untuk juru tulis akuisisi, pendaftar buku-buku, atau lain.
Seperti dicatat di atas, berkas (file) vendor berisi satu catatan untuk setiap penerbit, pekerja borongan buku, penyalur, agen penjualan, atau sumber pengadaan lain. Untuk mengakomodasikan hadiah dan menukarkan, berkas (file) vendor boleh saja saya meliputi catatan donor. Lagi tunduk kepada variasi dari instalasi ke/pada instalasi, bidang data yang pada umumnya ditemui meliputi nama vendor, alamat, nomor telepon, fax atau nomor telex, dan alamat e-mail; satu numerik ditugaskan/diberikan atau lain identifier yang dikodekan dimana hubungan spesifik perintah/pesanan catatan ke/pada berkas (file) vendor; nomor kontrak dan tanggal bersangkutan; diskon bisa diterapkan menjadwalkan; satu indikator perioda klaim [yang] menetapkan interval di mana berpesan akan meminta perintah/pesanan terlambat; dan total volume [dari] vendor memesan aktivitas, sebagai satu gelar ningrat item atau nilai dolar, untuk satu periode tertentu [dari] waktu. Beberapa berkas (file) vendor juga menyertakan statistik kinerja, seperti waktu rata-rata setiap vendor perlu kerikil/isian satu perintah/pesanan dan jumlah klaim atau pembatalan mengalami dalam satu perioda waktu ditentukan.
Sebagian besar berkas (file) dana berisi satu catatan untuk masing-masing rekening atau unit budgeter yang lain mendirikan/menetapkan oleh perpustakaan untuk tujuan akuisisi. Dana ini dapat merefleksikan bagian [dari] suatu koleksi perpustakaan, Departemen akademis di dalam satu perguruan tinggi atau universitas, perpustakaan cabang di dalam satu sistem perpustakan negara, rekening khusus mendirikan/menetapkan untuk pembelian [dari] jenis [dari] bahan tertentu, atau hadiah dari individu atau kelompok spesifik. Untuk masing-masing dana berkas (file) catatan, bidang data tipikal meliputi nomor rekening, sekilas uraian rekening, jumlah dolar asli mengalokasikan pada awal siklus budgeter, total pembelanjaan sejak permulaan siklus budgeter, beban hipotik untuk item memesan tetapi menerima, dan arus dana saldo/timbangan.
Beberapa sistem akuisisi otomatis juga meliputi satu berkas (file) pemohon, [yang] berisi nama, alamat, dan informasi bersangkutan yang lain untuk orang atau organisasi, mencakup perpustakaan cabang, [yang] dapat memulai permintaan akuisisi. Mungkin saja digunakan untuk pemberitahuan cetakan menggelincir ketika materi meminta adalah diterima oleh Departemen akuisisi atau sebagai informasi lain tentang status [dari] item meminta tersedia. Dalam beberapa hal, berkas (file) pemohon dan berkas (file) vendor adalah digabungkan dalam satu nama utama serta menghadapi berkas (file), walaupun catatan vendor dapat berisi lebih banyak informasi dibandingkan catatan pemohon. Beberapa mengotomatisasikan sistem akuisisi memelihara berkas (file) Invoice untuk mengijinkan pengambilan kembali [dari] informasi oleh nomor Invoice menjawab pertanyaan tentang status pembayaran atau sejarah transaksi tertentu. Dengan cara sama, beberapa fitur sistem satu desiderata secara online menyimpan file [yang] berisi catatan untuk item sedang mempertimbangkan untuk pembelian. Dalam kasus [dari] keantikan atau item out-of-print, daftar desiderata catatan mungkin saja dicetak untuk sirkulasi untuk membukukan penyalur.
Vendor, dana, dan berkas (file) pemohon adalah secara tipikal diciptakan mendahului pengoperasian sistem, walaupun catatan baru mungkin saja ditambahkan ke mereka pada setiap waktu. Dalam banyak kasus, isi informasi mereka adalah diperoleh dari berkas (file) [dari] dokumen sumber digunakan oleh pendahulu manual sistem otomatis. Catatan dalam perintah/pesanan berkas (file) adalah kunci-dimasukkan ketika item dipesan.
Modul akuisisi didukung dengan cara sistem perpustakaan terintegrasi bisa mengakomodasikan satu jangkauan luas [dari] transaksi pengadaan, mencakup orde baru, multi-mengcopy dan perintah/pesanan multivolume, peraturan tetap, langganan, perintah/pesanan selimut, rencana persetujuan, item penyimpanan, buku persewaan, item memperoleh--melalui keanggotaan, perintah/pesanan dibayar dimuka, hadiah, dan menukarkan. Seperti sirkulasi mereka mengendalikan rekan pendamping, modul akuisisi adalah benar-benar parameterized. Libraries, atau cabang individual dalam suatu sistem perpustakaan, bisa menetapkan isi berkas (file) dan mengoperasikan syarat-syarat. Karena modul akuisisi adalah secara penuh terintegrasi dengan komponen sistem lain, catatan untuk item dipesan adalah tercakup di suatu basis data mengenai perpustakaan perpustakaan, dan dalam pemesanan status adalah merefleksikan di/dalam publik secara online akses katalog. Dengan beberapa sistem terintegrasi, sebagai sebelumnya mencatat, para pemakai perpustakaan bisa tempat memegang di atas/terhadap bahan [yang] adalah dalam pemesanan. Lebih lanjut, basis data mengenai perpustakaan sistem terintegrasi mungkin menjadi digunakan untuk preorder [yang] mencari untuk mengidentifikasikan item [yang] adalah telah dalam pemesanan atau dimiliki perpustakaan. Sementara itu kemampuan ini tidak meng-eliminasi kebutuhan akan eksternal sumber referensi untuk verifikasi mengenai perpustakaan, itu bisa membuktikan terutama bermanfaat untuk meminimumkan menduplikasikan pemesanan di/dalam multi-perpustakaan atau instalasi multi-cabang dimana sistem terintegrasi memelihara katalog serikat buruh. Dalam banyak kasus, informasi mengenai perpustakaan mengambil [kembali] dari katalog secara online mungkin menjadi mentransfer secara langsung ke dalam perintah/pesanan catatan, dengan demikian mengurangi persyaratan masukan-kunci.
Salah satu dari keuntungan-keuntungan utama [dari] akuisisi otomatis adalah penggantian [dari] pemeliharaan file berbasis-komputer untuk penyortiran bekerja keras-intensive, isian, dan prosedur-prosedur menangani-kertas/makalah lain berhubungan dengan sistem akuisisi manual. Ketika satu catatan perintah/pesanan adalah dimasukkan, modul akuisisi secara otomatis membebani harga pembelian diperkirakan di/dalam rekening dana menunjukan. Sejalan dengan item adalah diterima, perintah/pesanan catatan adalah dicari dan status mereka dibaharui untuk merefleksikan pengiriman penuh atau parsial. Ketika satu perintah/pesanan adalah menutup, catatan bersesuaian mungkin menjadi secara otomatis menyucikan diri berkas (file) perintah/pesanan ke/pada satu berkas (file) bersejarah. Modul akuisisi bisa menghasilkan mengakui dan pembatalan berpesan, dengan demikian menghapuskan satu pekerjaan memakan-waktu tahap menemui di/dalam sistem manual.
Pemeriksaan berkas (file) dan perintah/pesanan Superior tracking kemampuan lebih lanjut membedakan mengotomatisasikan sistem akuisisi dari rekan pendamping manual mereka. Modul akuisisi mengijinkan pengambilan kembali secara online [dari] catatan perintah/pesanan oleh mengenai perpustakaan dan parameter acquisitions-specific, mencakup satu perintah/pesanan Kendali nomor, nomor pesanan pembelian, perintah/pesanan tanggal, vendor identifier, pemohon identifier, atau nomor dana. Catatan diambil [kembali] secara tipikal meliputi data mengenai perpustakaan yang ringkas, disertai oleh satu ringkasan [dari] karakteristik dan status penting perintah/pesanan, mencakup vendor dan informasi dana. Operator bisa biasanya meminta lebih terperinci display, [yang] dapat meliputi jumlah copy dipesan, harga, jenis pembayaran, jenis mata uang, diskon vendor, dan tanggal pembatalan ditentukan. Berkas (file) Vendor adalah secara tipikal bisa dicari oleh nama vendor atau kode. Catatan dana mungkin menjadi mengambil [kembali] oleh nomor rekening, nama rekening, atau, adakalanya, saldo/timbangan rekening.
Yang Lebih dari apapun aktivitas perpustakaan lain, aktivitas akuisisi andalkan output mencetak untuk banyak operasi. Modul akuisisi didukung dengan cara sistem perpustakaan terintegrasi bisa menghasilkan dokumen pengadaan, berpesan, dan laporan dalam berbagai format. Contoh-contoh dari dokumen pengadaan terpenting adalah pesanan pembelian dan dokumen pembayaran, mencakup pemeriksaan dan voucher. Sejalan dengan satu alternatif atau komplemen ke mencetak output, modul akuisisi semakin banyak mendukung transmisi elektronik [dari] informasi perintah/pesanan ke/pada penerbit, pekerja borongan buku, atau vendor lain. Mengakui perintah/pesanan terlambat mempunyai satu rekan pendamping langsung dalam aktivitas sirkulasi. Mengotomatisasikan sistem akuisisi akan mencetak mengakui dan pembatalan berpesan o vendor pada/di interval serta kedatangan mengantisipasi berpesan ke/pada pemohon ketika item adalah diterima. Dalam beberapa hal, pustakawan harus menetapkan satu tanggal kedatangan diantisipasi untuk item dipesan; di/dalam kasus lain, modul akuisisi menggunakan statistik kinerja menyimpan di/dalam catatan vendor untuk mengkalkulasi satu tanggal kedatangan diantisipasi. Kebanyakan sistim bisa membangkitkan daftar perintah/pesanan terlambat untuk pengujian operator sesudah pencetakan mengakui berpesan.
Sementara itu pemeriksaan berkas (file) secara online mungkin menjadi digunakan untuk dengan cepat menentukan status [dari] satu perintah/pesanan atau saldo/timbangan dana diberikan, sebagian besar modul akuisisi memenuhi persyaratan laporan mencetak untuk menyediakan kumpulan finansial, statistik, atau lain informasi di atas secara teratur
dijadualkan atau menuntut basis. Contoh-contoh dari beberapa laporan meliputi ringkasan status dana, disusun oleh nomor rekening; laporan sejarah dana dimana daftar perintah/pesanan tertutup oleh sebutan/judul di dalam masing-masing rekening; daftar transaksi akuntansi sehari-hari; bagan [dari] rekening; pesanan pembelian daftar menyusun oleh sebutan/judul, vendor, dana, 'workstation', atau parameter lain; daftar item diklaim; daftar perintah/pesanan membatalkan; daftar membuka perintah/pesanan; daftar perintah/pesanan terkemuka lebih panjang dari satu periode tertentu [dari] waktu; daftar perintah/pesanan menerima tetapi tidak invoiced setelah satu jumlah hari ditentukan; daftar nama vendor, mencakup diskon dan statistik kinerja; daftar item yang baru saja diakuisisi menyusun oleh pengarang, sebutan/judul, memanggil nomor, atau parameter lain; dan daftar item dipesan ditunggu untuk pemohon.
Tidak seperti akses katalog dan Kendali sirkulasi secara online, dimana sistem terintegrasi telah menggantikan pilihan otomatisasi lain, perpustakaan mempunyai beberapa alternatif ke/pada modul akuisisi ditawarkan dengan cara vendor sistem terintegrasi. Pengembangan software disesuaikan, tentu saja, satu alternatif dalam setiap aplikasi komputer. Seperti dicatat di atas, sejumlah perpustakaan mengembangkan sistem akuisisi disesuaikan selama 1960-an dan 1970-an, dan sebagian dari sisa sistem itu sedang bekerja. Sebagian terbesar, mereka adalah diterapkan di atas/terhadap mainframe atau komputer mini dioperasikan oleh suatu universitas, kotamadya, korporasi, lembaga pemerintah, atau organisasi lain dengan mana suatu perpustakaan adalah bergabung. Sejak 1980-an, beberapa kecil ke/pada perpustakaan ukuran menengah telah menggunakan komputer mikro dan perangkat lunak database management untuk mengembangkan sistem akuisisi.
Sejalan dengan kerugian utama nya, pengembangan software disesuaikan mungkin menjadi memakan-waktu dan mahal. Libraries mengembangkan sistem akuisisi disesuaikan menanggung risiko delay signifikan di/dalam implementasi dan substansial, sering unanticipated memerlukan biaya. Biaya implementasi pos akan demikian juga terjadi untuk modifikasi perangkat lunak dan pemeliharaan lain untuk menghadapi mengubah persyaratan aplikasi. Sebagai akibatnya, pengembangan disesuaikan adalah sering dipandang sebagai satu alternatif implementasi [dari] resor terakhir, untuk mempertimbangkan hanya di/dalam situasi itu dimana pendekatan lain ke mengotomatisasikan akuisisi adalah dengan jelas tak dapat diterima.
Di antara kegunaan mengenai perpustakaan, RLIN menawarkan satu subsistem akuisisi dimana perpustakaan bisa meng-akses di atas basis waktu-berbagi. Akuisisi RLIN sistem adalah mengintegrasikan dengan mengenai perpustakaan catatan dan mendukung berbagai mem-program aktivitas-aktivitas serta situasi, mencakup keputusan pemilihan, pengadaan item tunggal, perluasan langsung, dan peraturan tetap. Catatan akuisisi mungkin menjadi diciptakan dengan cara menambahkan sedang dikerjakan informasi ke/pada basis data RLIN. Berkas (file) mengenai perpustakaan yang pusat RLIN mungkin menjadi digunakan untuk verifikasi preorder dan turunan [dari] data mengenai perpustakaan untuk satu sebutan/judul diberikan. Perintah/pesanan nomor, harga, pemasok identifiers, mengakui interval, instruksi pengiriman, nomor dana, beban hipotik, dan acquisitions-related lain informasi adalah masuk ke dalam bidang memperlengkapi tujuan itu. Untuk menyederhanakan prosedur-prosedur input, kode mungkin menjadi mendefinisikan untuk pemasok' nama dan menghadapi, selektor dan nama pemohon, pengiriman dan lokasi penagihan, kode dana, dan lain nilai data yang sering mengulangi. Nilai data Default mungkin juga menjadi ditetapkan. Akuisisi RLIN modul akan men-track (menjejaki) status [dari] perintah/pesanan melalui tanda terima dan membuat katalog. Klaim mungkin menjadi ditetapkan/diperbaiki secara otomatis atau atas permintaan. Output mencetak meliputi pesanan pembelian, klaim, pembatalan berpesan, batang kayu transaksi, dan laporan fiskal.
Di antara keuntungan-keuntungan nya, akuisisi RLIN subsistem bisa menggambar/menarik di atas besar membuat katalog basis data untuk verifikasi mengenai perpustakaan. Kemampuan untuk men-transfer data mengenai perpustakaan dari membuat katalog catatan untuk memesan catatan bisa memberikan fasilitas perintah/pesanan persiapan, sementara ketersediaan secara online [dari] informasi saham untuk perpustakaan lain adalah bermanfaat dalam pengembangan koleksi kooperatif. Penggunaan satu sistem tunggal untuk akuisisi dan membuat katalog juga menyederhanakan persyaratan pelatihan karyawan serta mempromosikan integrasi [dari] operasi layanan teknis. Sejalan dengan kerugian, akuisisi RLIN subsistem tidak boleh memenuhi akuntansi atau persyaratan auditing lokal. Dibandingkan dengan modul akuisisi didukung dengan cara sistem perpustakaan terintegrasi, itu menyediakan lebih sedikit fleksibilitas untuk produksi [dari] informasi atau laporan statistik, walaupun jenis tertentu [dari] laporan finansial, seperti aktivitas dana dan laporan sejarah, adalah ditawarkan. Akhirnya, subsistem akuisisi artinya tidak menawarkan kemampuan menulis-.
Sejalan dengan satu alternatif, berbagai penjual buku penawaran perangkat lunak dan. layanan waktu-berbagi untuk pemesanan secara online [dari] bahan perpustakaan. Beberapa sistem tidak hanya mengotomatiskan kreasi dan pemeliharaan catatan akuisisi tetapi juga mentransmisikan perintah/pesanan ke/pada penjual buku secara elektronik. Karena pengembang mereka adalah dalam bisnis [dari] buku penjualan dan bahan perpustakaan lain, sistem pemesanan secara online mereka adalah dirancang untuk mempercepat pengiriman kepada pelanggan, walaupun mereka boleh saja saya membantu perpustakaan mengelola operasi akuisisi mereka dengan cara memelihara catatan dan menyiapkan pesanan pembelian untuk bahan untuk mengakuisisi dari vendor lain.
Sistem pemesanan Secara online menyediakan akses waktu-membagi bersama ke/pada penjual buku' sistem komputer. Dalam cara [dari] kegunaan mengenai perpustakaan, formatted layar menyederhanakan perintah/pesanan masukan. Pemeliharaan berkas (file) dan akuntansi dana adalah dilakukan secara otomatis, dan pemeriksaan secara online tentang status [dari] satu perintah/pesanan diberikan adalah didukung. Libraries menerima laporan berkala yang merefleksikan akuisisi dan dana mereka akuntansi aktivitas-aktivitas. Karena penjual buku' basis data berisi informasi persediaan barang, ketersediaan [dari] satu item diberikan mungkin menjadi dengan segera menentukan.
Serials Management Modules

Sejalan dengan sebelumnya mendefinisikan, istilah serials menandakan publikasi [yang] dikeluarkan adalah dikeluarkan di/dalam berurutan bagian-bagian di atas terulang basis, biasanya, tetapi tidak harus, pada/di interval yang secara teratur dijadualkan. Di/dalam tambahan ke/pada jurnal ilmiah, majalah populer, dan publikasi periodik yang lain, istilah meliputi surat kabar, cara bekerja dan transaksi masyarakat profesional, laporan berkala, dan menomori mengenai risalah seri. Tidak seperti multivolume membukukan, [yang] dapat demikian juga dikeluarkan di/dalam bagian-bagian berurutan, serials adalah characteristically terbuka. Publikasi [dari] isu berurutan adalah diharapkan untuk melanjutkan dengan tak terbatas, walaupun keadaan eksternal dapat memaksa pengasingan akhirnya [dari] satu diberikan serial.
Sejak 1960-an, perpustakaan minat akan mengotomatisasikan serials memproses sistem [adalah] termotivasi oleh faktor-faktor sama [yang] telah mendukung pengembangan pendekatan otomatis ke/pada akuisisi, Kendali sirkulasi, dan keinginan membuat katalog- untuk efisiensi operasi yang ditingkatkan serta memerlukan biaya pengurangan. Biaya memperoleh dan pemeliharaan serial publikasi merepresentasikan satu prosentase banyak perpustakaan signifikan' anggaran. Di/dalam teknis, medis, dan perpustakaan bisnis, sebagai contoh, serials secara tipikal merupakan komponen koleksi utama, dan pemesanan, mengakui, bungkus, dan pekerjaan tulis menulis yang berhubungan memproses tugas bisa memerlukan banyak jam tenaga kerja. Bahkan di akademis dan perpustakan negara, dimana perbandingan [dari] serial ke/pada publikasi mengenai risalah adalah biasanya lebih rendah, Departemen serials mungkin mempunyai staf besar. Pada suatu saat dari secara simultan naik harga langganan dan anggaran perpustakaan dikurangi, ekonomi operasional adalah penting jika suatu koleksi serials perpustakaan adalah dirawat di level saat ini nya, biarkan sendiri meningkat.
Walaupun bunga/minat perpustakaan adalah tinggi dan pengurangan- potensial patut dipertimbangkan, pengembangan dan implementasi tersebar luas efektif serials berbasis-komputer memproses sistem adalah dipersulit oleh keanehan tertentu [dari] publikasi serial. Kendali Sirkulasi, membuat katalog, dan, ke/pada satu luas lebih sedikit, akuisisi adalah menandai oleh dirumuskan dengan baik, pekerjaan dapat diramalkan melangkah [yang] dilakukan adalah dilakukan dalam satu urutan mengantisipasi secara reguler. Serials memproses tugas, di sisi lainnya, adalah membedakan oleh berbagai keadaan pengecualian [yang] diantisipasi harus mengantisipasi dalam desain [dari] sistem otomatis apapun. Sementara itu infor mengenai perpustakaan¬mation menyinggung ke/pada sisa monograf yang secara relatif stabil sekali ketika masuk ke suatu katalog perpustakaan atau basis data komputer lain, adalah satu serials jarang merekam [yang] tidak akan secepatnya memerlukan beberapa perubahan di/dalam sebutan/judul, penerbit, agen pengeluaran, frekuensi [dari] publikasi} urutan penomoran, atau atribut lain. Beberapa perubahan bisa memandang satu gabungan dibangkitkan oleh komputer mendaftar usang, mempersulit pengembangan satu klaim otomatis pemrosesan sistem, atau mengubah praktek bungkus yang sebelumnya didirikan/ditetapkan untuk satu diberikan serial. Sementara itu perubahan dan syarat-syarat pengecualian mungkin menjadi ditangani oleh program komputer, mereka meningkatkan kompleksitas [dari] implementasi serials otomatis.
Di atas masa lalu dua dekade, sejumlah perpustakaan dan vendor telah mengembangkan sistem yang mengotomatiskan satu atau lebih aspek [dari] serials memproses, mencakup produksi [dari] saham serials daftar untuk tunggal atau berbagai perpustakaan dan pemesanan, masuk penginapan mengakui, dan penaklukan [dari] isu diterima ke menjelaskan orang. AB dengan akuisisi mengenai risalah, berbagai akademis, publik, dan perpustakaan khusus berkembang serials disesuaikan sistem kontrol selama 1960-an serta 1970-an. Contoh meliputi Universitas Kalifornia pada/di San Diego, dimana satu serials otomatis masuk penginapan sistem [adalah] diterapkan pada permulaan tahun 1961; Universitas Washington Sekolah Medicine, [yang] memperkenalkan banyak-dipublikasikan nya PHILSOM serials sistem manajemen pada tahun 1962; UCLA Biomedical Library; Perpustakan negara San Francisco; Universitas Massachusetts; Universitas Arizona; Universitas Washington; Brigham Young Universitas; dan Universite Laval di/dalam Quebec, salah satu dari perpustakaan pertama untuk menerapkan satu sistem kendali serials secara online.
Selama 1970-an dan 1980-an, beberapa vendor memperkenalkan bermaksud-khusus serials sistem kontrol dan perangkat lunak prewritten. Salah satu dari contoh menginstall yang paling secara luas, sistem INNOVACQ dari Innovative Interfaces, [adalah] menyebutkan di diskusi terdahulu [dari] akuisisi otomatis. Sejak 1900-an, vendor sistem yang paling terintegrasi telah menawarkan serials mengendalikan modul sebagai komponen aplikasi opsional. Sejalan dengan dengan rekan pendamping akuisisi mereka, beberapa versi awal bukan juga dikembangkan sebagai komponen sistem lain, tetapi serials mengendalikan modul telah meningkat secara mantap dan secara signifikan di tahun-tahun ini. Untuk perpustakaan yang mengoperasikan satu sistem terintegrasi untuk membuat katalog dan Kendali sirkulasi, mereka biasanya menawarkan paling sederhana, metoda paling murah dari mengotomatiskan manajemen serials.
Kendali serials modul didukung dengan cara sistem terintegrasi adalah dirancang untuk mengelola majalah, jurnal, surat kabar, mengenai risalah seri, dan bahan lain dimana perpustakaan menerima di atas basis berkelanjutan, apakah pada waktu tertentu atau sebagai lampiran tidak teratur atau publikasi khusus. Dengan beberapa sistem perpustakaan terintegrasi, pemesanan dan pembatalan langganan serial, demikian pula klaim untuk hilang atau isu rusak, adalah ditangani oleh modul akuisisi, sementara Kendali serials dukungan modul masuk penginapan, penaklukan, dan bungkus [dari] isu diterima. Sebagai alternatif, satu serials Kendali modul dapat menangani semua aspek [dari] manajemen serials, mencakup pengadaan dan mengakui. Pendekatan itu tidak memerlukan implementasi [dari] modul akuisisi sebagai sebuah: prasyarat untuk serials mengendalikan. Sistem yang Dengan beberapa terintegrasi, akuisisi dan manajemen serials adalah menyatukan dalam satu modul tunggal.
Setidak-tidaknya, perintah/pesanan dan pembaruan langganan serial adalah secara tipikal melakukan online, walaupun pesanan pembelian dan perintah/pesanan pembaruan mungkin saja dicetak di/dalam batch. Isu diterima adalah mendaftar pada/di 'workstation' komputer dengan cara mengambil [kembali] serials sesuai merekam dan memodifikasi bidang saham dijelaskan. Sistem yang paling fleksibel menyederhanakan masukan data dengan cara menampilkan informasi tentang satu mengharapkan isu, mencakup volume dan nomor isu, penutup tanggal, dan jumlah copy mengantisipasi. Operator 'workstation' hanya memodifikasi elemen data itu memerlukan koreksi. Ketika semua memodifikasi adalah menyelesaikan, catatan baru memasukan/i data serials berkas (file). Jika publikasi serial mengedarkan, catatan item mungkin menjadi diciptakan untuk isu individual.
Manajemen Serials modul menjejaki dari pola publikasi dan akan meramalkan penerimaan isu spesifik. Perpustakaan menetapkan kecenderungan waktu tertentu untuk isu berurutan dan jumlah hari setelah tanda terima diantisipasi ketika mengakui berpesan harus adalah dikirim. Algoritma bersifat prediksi yang paling fleksibel bisa mengakomodasikan berbagai pola publikasi. Ketika isu terlambat harus adalah diklaim, sistem mencari data serials berkas (file) untuk isu [yang] tidak tiba sesuai dengan frekuensi yang sebelumnya yang didefinisikan mereka. Mengakui berpesan untuk hilang isu mungkin saja diproduksi dengan tangan atau secara otomatis. Query (permintaan) berpesan, dari pada klaim, mungkin menjadi ditetapkan/diperbaiki untuk publikasi tidak teratur. Berbasis pada informasi menyimpan di/dalam saham serials catatan, sebagian besar sistem kontrol serials juga akan menyiapkan perintah/pesanan tempat penjilidan buku, cetakan di/dalam¬struction menggelincir, check-in item di atas/terhadap mereka kembali dari bungkus, dan cetakan mengakui berpesan untuk item [yang] dikembalikan sudah bukan dikembalikan sesuai jadwal.
Beberapa sistem terintegrasi mendukung transmisi elektronik [dari] perintah/pesanan langganan dan klaim untuk hilang isu. Saham Serials informasi adalah tercakup di katalog secara online perpustakaan, adalah membaharui secara otomatis ketika baru' isu adalah diterima. Manajemen Tipikal dan laporan statistik meliputi serials membuat katalog serta daftar gabungan, dalam pemesanan daftar, daftar isu menerima, daftar hak masa lampau isu, daftar mengakui berpesan mengirim, dan laporan kinerja vendor. Beberapa sistem terintegrasi juga akan cetakan penaklukan menggelincir untuk isu dan menarik-menggelincir diterima untuk item untuk dikirim ke tempat penjilidan buku.
Sejalan dengan satu alternatif ke/pada manajemen serials modul didukung dengan cara sistem perpustakaan terintegrasi, beberapa langganan serials layanan menawarkan terkomputerisasi ", manajemen serials kemampuan di atas basis waktu-berbagi. Beberapa layanan menyediakan online akses ke/pada basis data besar [dari] catatan mengenai perpustakaan untuk serials gelar dan serials mengenai risalah, mencakup segmen serials LC MARC basis data. Catatan mungkin menjadi mengambil [kembali] oleh berbagai parameter, mencakup International Standard Nomor urut (ISSN), sebutan/judul, dan penerbit. Manajemen Serials kemampuan meliputi pemesanan secara online, pembaruan langganan, dan mengakui hilang isu; konfirmasi [dari] transaksi melalui surat elektronik; akses secara online untuk bertanggung-jawab saldo/timbangan, sejarah pembayaran, dan informasi finansial yang lain; dan transfer elektronik [dari] serials merekam ke/pada suatu sistem otomatisasi lokal perpustakaan.
RINGKASAN

Satu sistem perpustakaan terintegrasi adalah satu sistem informasi berbasis-komputer [yang] menggunakan satu basis data mengenai perpustakaan tunggal dan satu set program aplikasi saling berhubungan untuk mengotomatiskan berbagai operasi perpustakaan. Sejak mid-1980s, sistem perpustakaan terintegrasi telah secara mantap menggantikan perangkat lunak khusus-mengembangkan dan produk otomatisasi perpustakaan bermaksud-tunggal [yang] dirancang untuk [adalah] dirancang untuk aplikasi spesifik, seperti Kendali sirkulasi atau akuisisi. Sistem terintegrasi adalah ditawarkan oleh beberapa lusin vendor untuk berbagai jenis [dari] komputer. Produk adalah tersedia untuk perpustakaan dari semua jenis dan ukuran.
Sistem perpustakaan yang paling terintegrasi adalah modular di/dalam desain. Vendor menawarkan deretan [dari] program saling berhubungan yang mengotomatiskan operasi perpustakaan spesifik. Fungsionalitas Inti adalah disediakan oleh modul aplikasi tertentu [yang] diperlukan adalah memerlukan dalam semua instalasi, sementara modul opsional, [yang] mengotomatiskan operasi spesifik, bisa biasanya ditambahkan pada setiap waktu. Dalam banyak kasus, tegukan modul sistem stander systemizer¬pelabuhan membuat katalog, satu publik secara online akses katalog COPAC), dan Kendali sirkulasi. Akuisisi dan manajemen serials adalah penambahan populer tetapi yang biasanya opsional ke/pada satu bentuk wujud sistem dasar. Modul aplikasi opsional yang Lain, tidak harus ditawarkan oleh semua vendor, meliputi pemesanan media, satu komunitas bul¬letin menumpang, informasi komunitas dan penyerahan, homebound meng-akses, basis data referensi, cadangan ruang kemampuan, satu generator laporan, Akses Internet, pencitraan elektronik, pengambilan kembali teks-penuh, dan kemampuan surat elektronik.
Semua mengintegrasikan dukungan sistem membuat katalog sebagai sebuah modul aplikasi inti dimana mengijinkan kreasi, pembaharuan, dan manajemen [dari] suatu basis data mengenai perpustakaan perpustakaan. Semua mengintegrasikan sistem mendukung MARC merekam untuk jenis itu [dari] bahan perpustakaan di mana format USMARC [adalah] berkembang. Sistem yang paling terintegrasi mengijinkan MARC parsial merekam yang mempekerjakan format USMARC dengan beberapa bidang meninggalkan kosong. Beberapa sistem juga mendukung format non-MARC dengan bidang perpustakaan-mendefinisikan. Secara tipikal MARC dan non-MARC catatan bisa hidup pada waktu sama di dalam suatu basis data perpustakaan. Membuat katalog catatan mungkin menjadi kunci-dimasukkan atau ditransfer dari sumber terbaca oleh mesin, baik secara elektronik atau di atas/terhadap pita magnet atau disket. Tergantung pada sistem, Kendali otoritas mungkin saja disatukan ke dalam membuat katalog modul atau menawarkan sebagai sebuah komponen yang secara terpisah dibeli.
Penggantian [dari] satu katalog kartu oleh satu publik secara online akses katalog adalah sering alasan utama untuk menerapkan satu sistem perpustakaan terintegrasi. Tepat untuk para pemakai orang baru yang menerima kecil/sedikit atau tidak ada pelatihan di/dalam pengambilan informasi, sebagian besar modul OPAC adalah menu-mengemudikan, walaupun satu gaya memerintahkan-mengemudikan mungkin saja memperlengkapi para pemakai atau perpustakaan dialami mengorganisir anggota. Beberapa sistem menyediakan user interface berbasis grafik dengan menu pulldown, kotak temu-wicara, operasi tikus (mouse komputer), dan fitur lain yang menyederhanakan masuknya perintah pencarian serta pengaturan informasi diambil [kembali]. Beberapa vendor telah menerapkan OPAC khusus menghubungkan untuk anak-anak. Sebagai sebuah pengembangan saat ini [yang] adalah nampaknya akan secara luas diadopsi, beberapa sistem perpustakaan terintegrasi mendukung OPAC mencari oleh komputer mikro memperlengkapi dengan web browser populer seperti Netscape Navigator atau Microsoft Internet Explorer.
Semua OPAC modules- ijin pencarian oleh pengarang, sebutan/judul, dan subjek, dengan demikian meniru fungsionalitas pengambilan kembali [dari] katalog kartu tradisional. Secara tipikal, [satu] pemakai menetapkan suatu bidang untuk dicari dan satu nama, judul subjek, atau nilai lain untuk ditarungkan. Parameter pencarian Lain, secara selektif didukung, meliputi satu nomor klasifikasi, Perpustakaan [dari] Kongres Card Number, Standard Internasional Book Number, penerbit, tanggal publikasi, negara [dari] publikasi, bahasa [dari] publikasi, dan jenis media. Untuk fleksibilitas maksimum, beberapa sistem terintegrasi memungkinkan bidang perpustakaan-dijelaskan apapun di dalam catatan mengenai perpustakaan untuk [menjadi] ter-index untuk tujuan pengambilan kembali. Kemampuan pengambilan kembali Khusus meliputi pencarian kata kunci, pencarian akar kata, dan Boolean operasi.
Untuk memperluas fungsionalitas mereka, sistem perpustakaan terintegrasi semakin banyak menyertakan sumber-sumber daya informasi eksternal, seperti di tempat itu menjulang basis data referensi dan produk informasi CD-ROM, ke dalam OPAC mencari. Beberapa sistem juga menyediakan Akses Internet dari terminal OPAC. Jika satu sistem terintegrasi mendukung NISO Z39.50 men-standar-kan, Para pemakai OPAC bisa mencari sistem komputer 'compliant' [dari] vendor lain. Dengan beberapa sistem satu informasi dan modul penyerahan opsional memberikan para pemakai OPAC meng-akses ke/pada informasi tentang kelompok komunitas serta kejadian lokal.
Gambar di atas/terhadap tiga dekade [dari] pengalaman perpustakaan dengan manajemen sirkulasi berbasis-komputer, sirkulasi Kendali modul didukung dengan cara sistem terintegrasi adalah baik sekali telah berkembang dan benar-benar parameterized-that, mereka memungkinkan perpustakaan untuk menetapkan syarat-syarat pada suatu kondisi dimana item akan mengedarkan; pemeriksaan berkas (file) membuat, dan output mencetak menetapkan/memperbaiki. Semua sirkulasi Kendali modul melakukan keluar dari penginapan, masuk penginapan, dan operasi pembaruan di/dalam waktu riil. Prosedur-prosedur Sirkulasi adalah secara langsung. Barcodes adalah secara tipikal digunakan untuk menyederhanakan masuknya item dan peminjam identifiers. Transaksi Sirkulasi adalah tak dipedulikan ketika kenakalan peminjam atau syarat-syarat pengecualian yang lain adalah menemui. Holds mungkin menjadi ditempatkan di sebutan/judul atau level copy. Sebagian besar sirkulasi Kendali modul menyediakan satu pemilihan [dari] preconfigured operasional dan statistik laporan dimana menghadapi satu jangkauan luas [dari] persyaratan perpustakaan.
Dirancang terutama untuk akademis dan perpustakaan sekolah, cadangan ruang kemampuan memelihara sirkulasi merekam [yang] dihubungkan adalah dihubungkan ke/pada kursus dan instruktur. Catatan untuk item di atas/terhadap cadangan mungkin menjadi mengambil [kembali] melalui OPAC mencari atau oleh nomor kursus atau instruktur. Selain dari pada item pengelola dari suatu perpustakaan memiliki saham, sebagian besar cadangan ruang modul bisa menciptakan memberi pengarahan kepada katalog catatan untuk fotokopi dan instruktur' copy personal. Beberapa sistem perpustakaan terintegrasi mendukung satu media membukukan modul [yang] menyediakan Kendali sirkulasi untuk kaset video, film, dan audiovisual lain media, demikian pula peralatan dan fasilitas [yang] adalah tunduk kepada sikap ragu mutahir.
Modul akuisisi didukung dengan cara sistem perpustakaan terintegrasi bisa mengakomodasikan satu jangkauan luas [dari] transaksi pengadaan, mencakup orde baru, multi-mengcopy dan perintah/pesanan multivolume, peraturan tetap, langganan, perintah/pesanan selimut, rencana persetujuan, item penyimpanan, buku persewaan, item memperoleh lewat keanggotaan, perintah/pesanan dibayar dimuka, hadiah, dan menukarkan. Karena modul akuisisi adalah secara penuh terintegrasi dengan komponen sistem lain, catatan untuk item dipesan adalah tercakup di suatu basis data mengenai perpustakaan perpustakaan, dan dalam pemesanan status adalah merefleksikan di/dalam publik secara online akses katalog.
Kendali serials modul didukung dengan cara sistem terintegrasi adalah dirancang untuk mengelola majalah, jurnal, surat kabar, mengenai risalah seri, dan bahan lain dimana perpustakaan menerima di atas basis berkelanjutan, apakah pada/di reguler kebumikan vals atau sebagai lampiran tidak teratur atau publikasi khusus. Kemampuan meliputi pemesanan dan pembaruan secara online langganan, masuk penginapan isu diterima, mengakui hilang atau isu rusak, dan Kendali [dari] perintah/pesanan tempat penjilidan buku. Beberapa sistem terintegrasi mendukung transmisi elektronik, dari perintah/pesanan langganan dan klaim. Saham Serials informasi adalah tercakup di katalog secara online perpustakaan, adalah membaharui secara otomatis ketika isu baru adalah diterima.
Poskan Komentar