Panduan Kuesioner

Tujuan dari kuesioner ini adalah untuk memenuhi tugas yang diberikan oleh bapak Prof. Sulistyo-Basuki dalam mata kuliah Metode Penelitian, yang nantinya jawaban kuesioner akan diolah sebagaimana adanya dan diharapkan menjadi sebuah Biografi Pustakawan atau Tenaga Dosen Ilmu Perpustakaan.

1. Bolehkah bapak cerita tentang latar belakang pendidikan bapak dan riwayat profesi bapak?
2. Apa yang menyebabkan bapak tertarik untuk menekuni profesi perpustakaan ini? Karena sebagian besar masyarakat belum tertarik dengan jurusan ilmu perpustakaan?
3. Menurut bapak, bagaimana prospek profesi pustakawan di masa depan?
4. Apa saja sih prasyarat untuk menjadi pustakawan yang professional di masa depan sehingga ia nantinya bisa berkiprah di tingkat nasional, bahkan tingkat international. Menurut bapak?
5. Kalau tidak salah bapak termasuk salah seorang ahli arsip, bagaimanakah perkembangan arsip dewasa ini?
6. Apakah perbedaan antara ilmu perpustakaan dan ilmu kearsipan? Apakah keduanya termasuk ilmu informasi ataukah berbeda? Sebab sebagian masyarakat masih menganggap bahwa ilmu perpustakaan sebatas ilmu mentata buku dan ilmu kearsipan sebatas ilmu mentata dokumen, mana dokumen yang dimusnahkan dan dokumen mana yang disimpan.
7. Mata kuliah apa sajakah yang bapak ajarkan kepada mahasiswa? Dan bagaimanakah bapak memfasilitasi mahasiswa dalam memahami ilmu yang bapak ajarkan? Serta obsesi bapak di masa depan terhadap mahasiswa bapak?
8. Menurut bapak, idealnya apa yang harus dilakukan Pemerintah untuk memajukan perpustakaan dan arsip di tanah air ini? Setahu bapak, bagaimanakah kondisi kearsipan di UIN Syarif HIdayatullah Jakarta?
9. Pernahkah bapak menanyakan kepada mahasiswa bapak, menjadi mahasiswa jurusan ilmu perpustakaan merupakan cita-cita mereka? Dan pernahkah bapak menanyakan kepada mahasiswa bapak bahwa profesi menjadi pustakawan atau arsiparis adalah cita-cita mereka? Maaf ini saya pertanyaan, karena memang peminat profesi pustakawan atau arsiparis masih kurang diminat, padahal masih banyak sekolah-sekolah bahkan perguruan tinggi yang masih sangat butuh petugas perpustakaan atau petugas arsip yang professional.
10. Tahun 2009, UIN Sunan Kalijaga telah menyelenggarakan program S2 Ilmu Perpustakaan, adakah kemungkinan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mengikuti jejak UIN Yogyakarta, kira-kira kapankah terlaksana?
11. Adakah rencana bapak untuk melanjutkan program studi selanjutnya, S3 (program Doktoral) misalnya?
Di Indonesia setahu saya belum ada program S3 Ilmu Perpustakaan, setahu bapak kira-kira kapan akan terlaksana? Dan menurut bapak kira-kira universitas mana yang akan maju duluan menyelenggarakan S3 Ilmu Perpustakaan? Universitas Indonesiakah atau Universitas Padjajarankah atau mungkin UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta? Maaf, pertanyaan ini saya ajukan karena banyak kawan-kawan yang ingin melanjutkan S3 Ilmu Perpustakaan di Indonesia, mudah-mudahan dengan jawaban ibu dapat memberikan gambaran yang menggembirakan buat kawan-kawan yang telah menanti program S3 Ilmu Perpustakaan dibuka.
12. Sudahkah bapak menerbitkan buku seputar perpustakaan atau kearsipan atau mungkin meluangkan ide bapak? Kalau boleh tahu di media mana saja bapak menuangkan ide bapak tersebut?
13. Pertanyaan terakhir pa, bolehkah bapak menceritakan keluarga bapak, apakah mereka selalu mendorong bapak dalam menekuni profesi bapak?

0