Senin, 08 Februari 2010

siklus pengetahuan pribadi - pengetahuan publik

Soal :
Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kelanjutan timbal balik atau siklus antara pengetahuan perorangan dengan pengetahuan public.

Jawabannya:
Pengetahuan yang dimiliki seseorang dapat bersumber dari pengetahuan orang lain. Pengetahuan yang dimiliki seseorang dapat berupa pengetahuan baru yang belum dibagikan (share) kepada orang lain. Selama pengetahuan seseorang belum dibagikan kepada orang lain, maka pengetahuan tersebut tetap sebagai pengetahuan pribadi (personal knowledge). Jika pengetahuan pribadi tersebut dibagikan kepada orang lain, maka pengetahuan tersebut akan menjadi pengetahuan publik (social or public knowledge).
Misalnya catatan pribadi seorang dokter yang bernama Kurniawan dalam websitenya Kurniawan Deny’s Site tentang Kedokteran. http://unixman.multiply.com/reviews/item/1
Dalam hal ini Kurniawan disini membagikan pengetahuan yang dimilikinya kepada public melalui web atau internet tentang pengalamannya mewawancarai seorang dokter Islam yang bernama dr Ahmad al-Qadhi yang membahas tentang Revolusi baru Dunia Kedokteran Islam. Maka pengetahuan yang dimiliki oleh Kurniawan bukan lagi bersifat pengetahuan pribadi melainkan sudah bersifat pengetahuan public (social or public knowledge).
Pengetahuan public terjadi karena adanya berbagi pengetahuan (knowledge sharing). Berbagi pengetahuan dalam organisasi sangat penting untuk meningkatkan kemampuan karyawan dalam berpikir dan diharapkan akan menghasilkan suatu bentuk inovasi yang akan yang bisa dikomersialkan. Tidak seluruh pengetahuan pribadi menjadi pengetahuan public. Pengetahuan public adalah pengetahuan praktis (know-how) sebuah organisasi, bukan pengetahuan teoritis (know-what). Pengetahuan public baru terlihat jika mereka secara bersama-sama melakukan sesuatu pekerjaan tertentu (team work). Sangatlah penting bagi suatu organisasi untuk membedakan, mana pengetahuan pribadi pengetahuan public.

Ada 2 factor yang mempengaruhi siklus pengetahuan pribadi dan pengetahuan public, dalam organisasi, diantaranya adalah :

1. Faktor yang memperlancar :
a. Sumber daya manusia secara optimal. Pemanfaatan sumber daya manusia melalui potensi kreativitas dan inovasi, agar dapat meningkatkan produktivitas suatu organisasi.
b. Alat komunikasi: internet (blog, web, wiki, email, diskusi elektronik, dll), handphone, fax, pager, telepon, push to talk.
c. Record information sebagai menunjang kegiatan organisasi maupun perorangan dan menjadi bukti dari suatu aktivitas.

2. Faktor yang memperlambat :
a. Informasi yang bersifat rahasia. Untuk beberapa hal tertentu, ada suatu rahasia yang memang tidak boleh dibuka untuk umum, tidak sepenunya masyarakat tahu dan paham mengapa informasi itu bersifat rahasia
b. Komunikasi yang tidak lancar. Kurangnya stake holder (pimpinan dan jajarannya) dalam memahami, mengetahui, memotivasi dan memanfaatkan sumber daya yang ada
c. Sulitnya pendokumentasian pengetahuan pribadi


Daftar Referensi :

Kurniawan. (2009). Revolusi baru Dunia Kedokteran Islam. Februari 4 ,2010. http://unixman.multiply.com/reviews/item/1
Pasaribu, Perry Tikos P. (2010). Berbagai Pengetahuan: Siapa Yang Mengelola Pengetahuan?. Februari 4, 2010. http://ferry1002.blog.binusian.org/?p=113.

2 komentar:

berita untuk negri mengatakan...

sepertinya anak IT ,saya masih baru di dunia blogging sobat,,salam kenal ya,,

Loly mengatakan...

salam kenal juga