Kisi-kisi pertanyaan kunjungan ke Knowledge Center

Kisi-kisi Pertanyaan Kunjungan ke Knowledge Center
Oleh Mufid
Mahasiswa S2 Ilmu Perputakaan Universitas Indonesia


I. Arus Pengetahuan

1. Fungsi dan kompetensi inti yang ada, dan yang diperlukan perpustakaan pada saat ini dan masa yang akan datang
2. Persepsi tentang berbagi pengetahuan di lingkungan unit kerja
3. Persepsi tentang pengetahuan di dalam organisasi perpustakaan
4. Keinginan untuk berkolaborasi di seluruh unit dalam organisasi perpustakaan dan keinginan untuk menerima tanggungjawab atas kegagalan
5. Staf selalu menemukan pengetahuan yang dibtuhkan secara tepat
6. Sistem reward (hadiah) bagi staf yang Menciptakan sumber-sumber pengetahuan
7. Frekwensi staf menciptakan prosedur terdokumentasikan dalam menjalan tugas
8. Frekwensi staf berbagai informasi dengan unit-unit lain secara formal.
9. Tantangan dalam berbagi informasi dengan orang yang berasal dari unit-unit lain

II. Sarana inventarisasi /penyimpanan pengetahuan secara fisik

10. Format penyimpanan pengetahuan yang digunakan di perpustakaan
11. Jumlah pengetahuan baru yang diciptakan oleh staf
12. Jumlah pengetahuan yang dikumpulkan dari sumber eksternal
13. Siapa pemilik dari berabagai ilmu pengetahuan yang ada
14. Penciptaan pengetahuan

III. Penyimpanan pengetahuan (modal manusia/human capital)

15. Penempatan staf sesuai dengan bidang keahliannya
16. Perencanaan pengembangan staff
17. Sistem manajemen sumberdaya manusia (SDM)
18. Prosedur mendapatkan pengetahuan ahli yang sudah pensiun
19. Perencanaan untuk berbagi pengetahuan ahli secara reguler
20. Pengembangan best practices yang memanfaatkan para ahli
0