Jumat, 28 Desember 2012

Difabel Corner


Difabel Corner terletak di salah satu sudut di bawah tangga ruang perpustakaan UIN SUKA. Di dalamnya terdapat Al qur’an dalam huruf Braille, digital talking book produksi Mitra Netra, dan alat bantu teknologi untuk memudahkan tunanetra mengakses buku, yaitu komputer bicara, scanner dan software open book yaitu software optic character recognation (OCR) yang aksessibel untuk tunanetra. Dengan ketiga piranti tersebut, tunanetra yang akan membaca buku di perpustakaan dapat membawa buku yang akan dibacanya ke DC. Di sana, tunanetra lalu memindai buku tersebut hingga menjadi dokumen dalam soft file, lalu membaca dokumen soft file buku tersebut dengan komputer bicara. Mudah bukan? Cara ini meminimalkan kebutuhan tunanetra akan pertolongan orang lain.
UIN SUKA terinspirasi oleh model yang telah Mitra Netra ciptakan sebelumnya di Library Senayan, Jakarta. Di sana, fasilitas untuk tunanetra dinamai “blind corner”.
Dengan adanya DC di perpustakaan UIN SUKA, perpustakaan ini merupakan perpustakaan universitas pertama di Indonesia yang menyediakan fasilitas khusus bagi tunanetra.
Sumber :
http://www.mitranetra.or.id/default.asp?page=halo&id=89

Poskan Komentar