Seminar Nasional Akses Perpustakaan Dengan Cloud Computing dan Social Networking

-->
Seminar ini diikuti dalam rangka mendukung pengembangan Perpustakaan FISIP yang akan dimulai pelaksanaan operasionalnya awal tahun 2013. Dan pelaksana seminar ini adalah Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga, yang merupakan penerima Rekor MURI dalam kategori  Perpustakaan pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi RFID (Radio Frequency Identivication) dalam peminjaman dan pengembalian buku secara mandiri.
Narasumber yang dihadirikan disesuaikan dengan kompetensi keahliannya diantaranya adalah: Prof. Zainal A. Hasibuan, Ph.D., (Guru Besar Fakultas Ilmu Komputer UI yang juga menjabat sebagai Dewan Teknologi Informasi dan Kominikasi Nasional), Putu Laxman Pendit (Peneliti Independen) dan Agung Fatwanto (Dosen Teknuik Informatika UIN Sunan Kalijaga).
Para ahli tersebut menyatakan tentang manfaat dari cloud computing, dan fungsi dari social networking serta kegunaan dari RFID di Perpustakaan. Cloud Computing merupakan istilah baru dalam dunia Perpustakaan dan dapat diartikan sebagai suatu penyimpanan data di awan (melalui internet) sehingga informasi dapat dimanfaatkan atau diakses oleh pengguna Perpustakaan dimanapun, kapanpun tanpa terkendala oleh waktu.  Sehingga tercipta suatu social networking dalam pencarian informasi tanpa terkendala oleh wilayah atau negara. Dalam menerapkan teknologi ini, Perpustakaan diharuskan untuk menyewa beberapa komponen kerja Teknologi Informasi, seperti server penyimpanan data hingga data center. Server penyimpanan data diharuskan memiliki standar teknologi seperti IBM, Microsoft, Google, dan Apple.


0