Kamis, 13 November 2008
Rabu, 12 November 2008
Bapak Drs. M. Kailani Eryono, MM
Ibu Endang, M.Sc
Selasa, 11 November 2008
kaitan ilmu dan moral
Perkembangan ilmu, teknologi dan sosial kemasyarakatan dalam dasawarsa terakhir menuntut dan mendorong perubahan pada sistem pendidikan di Indonesia. Pembaharuan kurikulumpun dilakukan untuk semakin meningkatkan efisiensi, efektifitas dan mutu hasil dari pendidikan di Indonesia dengan mengembangkan Kurikulum 2004 yang sudah mulai dilaksanakan sejak bulan Juli 2004 seiring dengan tahun ajaran baru dimulai. Kurikulum 2004 dikembangkan untuk lebih meningkatkan mutu sumber daya manusia Indonesia lewat jalur pendidikan yang berkualitas.
Permasalahan yang dihadapi adalah bahwa setiap guru harus memahami Kurikulum 2004 dengan baik, memahami tentang pengembangan silabus, penilaian berkelanjutan, penggunaan media pembelajaran dan harus menguasai metode mengajar yang bervariasi untuk menciptakan suatu proses belajar mengajar yang baik yang pada akhirnya dapat meningkatakan mutu pendidikan secara berkesinambungan
Guru sebagai seorang pendidik dituntut menciptakan suatu pembelajaran yang interaktif dan inovatif yang dapat memberi pengalaman berlajar lebih kepada siswa, serta mampu menerapkan berbagai macam nilai-nilai untuk menumbuhkan sikap dan budi pekerti yang baik yang mampu menghantarkan siswa pada kemampuan yang maksimal baik dari segi keilmuan, segi nilai keagamaan, maupun menumbuhkan sikap saling hormat menghormati, dan mampu bekerja sama dengan orang lain. Untuk memciptakan pembelajaran yang interaktif dan inovatif serta mampu memberikan berbagai tata nilai yang beradab dengan penuh estetika dan rasa tanggung jawab yang tinggi maka seorang guru harus mampu mengembangkan pembelajaran yang memasukkan berbagai macam tata nilai dalam pembelajaran yang disampaikan.
Perlu sekali ditekankan bahwa menuntut ilmu yang disertai dengan estetika dan nilai-nilai yang penuh dengan budi pekerti sangat dibutuhkan untuk mengembangkan kepribadian dari seluruh siswa dalam merengkuh pendidikan, sehingga selain ilmu yang didapatkan juga pendidikan yang dapat membangun keteguhan jiwa dan raga setiap peserta didik. Dengan ditanamkan nilai-nilai yang luhur diharapkan siswa akan senantisa belajar dengan rajin tanpa kemalasan, penuh dengan budi pekerti dan akan senantiasa mengamalkan ilmunya untuk kemasyahalatan umat. Sangat tepat orang mengatakan :
Tuntutlah ilmu tanpa teman kemalasanDan beramallah, karena hidup ilmu dengan amalanIlmu tanpa amal, tiada gunaSehingga kau berlalu dengan pudarnya cita-citaBetapa mulia dan ildah ilmu di duniaKarena dia lebih baik dari kekuasaan maupun hartaKepada ahli ilmu, manusia bagaimanapun memerlukannyaSedangkan kepada negara, manusia merasa tak membutuhkannyaBerapa banyak raja yang namanya sirna
(Nashif al-Yaziji)Selain perlu penanamah bahwa ilmu itu sangat penting bagi seluruh manusia perlu ditekankan pula bahwa dalam kehidupan harus memiliki budi pekerti yang luhur dan penuh dengan nilai nilai tatakrama dalam kehidupan bermasyarakat, karena ilmu tanpa tatakrama bagi tanaman tanpa buah. Karena tanpa memiliki tatakrama seseorang yang memiliki ilmu yang tinggi dan luas dapat sombong, congkak dan merasa paling tinggi derajatnya ketika hidup di masyarakat, sehingga banyak teman, kerabat, dan masyarakat yang lain akan membenci karena kecongkakan orang tersebut.
Pembentukan nilai-nilai moral dan estestika serta tatakrama dalam bermasyarakat lebih ditekankan pada kurikulum 2004 ini dengan adanya standar kompetensi lintas kurikulum. Standar kompetensi lintas kurikulum merupakan kecakapan hidup dan belajar sepanjang hayat yang dibakukan dan harus dicapai oleh peserta didik melalui pengalaman belajar. Sedangkan para ahli ilmu, namanya senatiasa terngiang di antara manusia
Permasalahan yang dihadapi adalah bahwa setiap guru harus memahami Kurikulum 2004 dengan baik, memahami tentang pengembangan silabus, penilaian berkelanjutan, penggunaan media pembelajaran dan harus menguasai metode mengajar yang bervariasi untuk menciptakan suatu proses belajar mengajar yang baik yang pada akhirnya dapat meningkatakan mutu pendidikan secara berkesinambungan
Guru sebagai seorang pendidik dituntut menciptakan suatu pembelajaran yang interaktif dan inovatif yang dapat memberi pengalaman berlajar lebih kepada siswa, serta mampu menerapkan berbagai macam nilai-nilai untuk menumbuhkan sikap dan budi pekerti yang baik yang mampu menghantarkan siswa pada kemampuan yang maksimal baik dari segi keilmuan, segi nilai keagamaan, maupun menumbuhkan sikap saling hormat menghormati, dan mampu bekerja sama dengan orang lain. Untuk memciptakan pembelajaran yang interaktif dan inovatif serta mampu memberikan berbagai tata nilai yang beradab dengan penuh estetika dan rasa tanggung jawab yang tinggi maka seorang guru harus mampu mengembangkan pembelajaran yang memasukkan berbagai macam tata nilai dalam pembelajaran yang disampaikan.
Perlu sekali ditekankan bahwa menuntut ilmu yang disertai dengan estetika dan nilai-nilai yang penuh dengan budi pekerti sangat dibutuhkan untuk mengembangkan kepribadian dari seluruh siswa dalam merengkuh pendidikan, sehingga selain ilmu yang didapatkan juga pendidikan yang dapat membangun keteguhan jiwa dan raga setiap peserta didik. Dengan ditanamkan nilai-nilai yang luhur diharapkan siswa akan senantisa belajar dengan rajin tanpa kemalasan, penuh dengan budi pekerti dan akan senantiasa mengamalkan ilmunya untuk kemasyahalatan umat. Sangat tepat orang mengatakan :
Tuntutlah ilmu tanpa teman kemalasanDan beramallah, karena hidup ilmu dengan amalanIlmu tanpa amal, tiada gunaSehingga kau berlalu dengan pudarnya cita-citaBetapa mulia dan ildah ilmu di duniaKarena dia lebih baik dari kekuasaan maupun hartaKepada ahli ilmu, manusia bagaimanapun memerlukannyaSedangkan kepada negara, manusia merasa tak membutuhkannyaBerapa banyak raja yang namanya sirna
(Nashif al-Yaziji)Selain perlu penanamah bahwa ilmu itu sangat penting bagi seluruh manusia perlu ditekankan pula bahwa dalam kehidupan harus memiliki budi pekerti yang luhur dan penuh dengan nilai nilai tatakrama dalam kehidupan bermasyarakat, karena ilmu tanpa tatakrama bagi tanaman tanpa buah. Karena tanpa memiliki tatakrama seseorang yang memiliki ilmu yang tinggi dan luas dapat sombong, congkak dan merasa paling tinggi derajatnya ketika hidup di masyarakat, sehingga banyak teman, kerabat, dan masyarakat yang lain akan membenci karena kecongkakan orang tersebut.
Pembentukan nilai-nilai moral dan estestika serta tatakrama dalam bermasyarakat lebih ditekankan pada kurikulum 2004 ini dengan adanya standar kompetensi lintas kurikulum. Standar kompetensi lintas kurikulum merupakan kecakapan hidup dan belajar sepanjang hayat yang dibakukan dan harus dicapai oleh peserta didik melalui pengalaman belajar. Sedangkan para ahli ilmu, namanya senatiasa terngiang di antara manusia
Kamis, 30 Oktober 2008
profesi pustakawan menurut abraham flexner dan berbagai pakar tenologi informasi
Di era global saat ini dimana informasi membludak, profesi pustakawan terus menjadi sorotan. Memang…diharapkan profesi ini mampu mengelola banjir informasi yang berdampak luas pada masyarakat. Sebelum membicarakan era global-era Internet, dan ketrampilan pustakawan untuk menghadapinya, maka penulis sedikit menyinggung tentang persyaratan profesi.
Menurut Abraham Flexner yang dikutip Wirawan (1993) profesi paling tidak harus memenuhi 5 persyaratan sbb:(1) profesi itu merupakan pekerjaan intelektual, maksudnya menggunakan intelegensia yang bebas yang diterapkan pada problem dengan tujuan untuk memahaminya dan menguasainya;(2) Profesi merupakan pekerjaan saintifik berdasarkan pengetahuan yang berasal dari sains;(3) Profesi merupakan pekerjaan praktikal, artinya bukan melulu teori akademik tetapi dapat diterapkan dan dipraktekkan;(4) Profesi terorganisasi secara sistematis. Ada standar cara melaksanakannya dan mempunyai tolok ukur hasilnya;(5) Profesi-profesi merupakan pekerjaan altruisme yang berorientasi kepada masyarakat yang dilayaninya bukan kepada diri profesionalisme.
Sedangkan profesionalisme menunjukkan ide, aliran, isme yang bertujuan mengembangkan profesi, agar profesi dilaksanakan oleh profesional dengan mengacu kepada norma-norma, standar dan kode etik serta memberikan layanan terbaik kepada klien.
Dari uraian di atas jelas, bahwa pustakawan adalah sebuah profesi. Dan bagaimana dengan tantangan ke depan? Dari sinilah penulis berangkat menuangkan pemikiran agar dapat memberi masukan, serum, dorongan, semangat agar profesi pustakawan dapat lebih bermanfaat dan menggigit kepada masyarakat secara luas utamanya di era global yang sarat tantangan saat ini.
ERA GLOBAL-ERA INTERNETEra global telah merambah dan melanda semua orang tidak terkecuali pustakawan. Era global membuka mata hati bahwa didalam kehidupan ini kita perlu orang lain dimanapun tanpa mengenal batas.
Perkembangan teknologi komunikasi dan telekomunikasi seperti Internet dapat mengubah banyak orang menjadi kosmopolitan. Picasso yang dikutip Muis (2001) mengatakan bahwa dunia telah menjadi kosmopolitan dan kita saling mempengaruhi satu sama lain.Internet dengan muatan-muatan bisnis, pendidikan dsb, telah mampu mempengaruhi pola pikir kita semua. Ia telah mengubah kehidupan secara drastis. Ia telah mereformasi sejumlah praktek-praktek bisnis kuno. Amazon.com misalnya telah mengubah wajah industri eceran dan distribusi menjadi sedemikian revolusioner.
Film Blair Watch Project menggunakan Internet sebagai media yang kreatif dan murah untuk mempromosikan film mereka. Hanya dengan bermodalkan $15.000, situs Blair Witch Project berdiri. Tak kurang dari 75 juta orang telah mengunjungi situs itu. Dan ketika diputar, film ini menghasilkan rekor penjualan tiket tak kurang dari 100 juta dolar (Kurnia, ….). Sungguh tidak terbayangkan hanya dengan memasukkan nomer credit card pada "secure server" sebuah bisnis maya barang yang diinginkan datang pada saatnya. Jadi tidak perlu lagi montang – manting ke Bank untuk membeli bank draft dan mengirimkannya. Praktis, hemat waktu, uang dan tenaga. Bukan main.Internet sudah menjadi suatu media pilihan untuk mendapatkan informasi aktual dan faktual. Walaupun Internet bukanlah panacea, satu-satunya pilihan, namun sudah menjadi harapan utama untuk mendapatkan informasi aktual.T
antangan ini akan semakin ramai dan kompetitif tajam dengan realisasi AFTA 2003 (Asean Free Frade Area) – perdagangan bebas antara negara Asean. Perdagangan bebas ini berarti akan terjadi antara lain :1. Banjirnya tenaga Malaysia dsb di Indonesia, terutama untuk pekerjaan-pekerjaan yang membutuhkan bahasa Inggris dan ketrampilam khusus.2. Pada lingkungan pekerjaan bahasa Inggris akan lebih dominan dibanding bahasa Indonesia.3. Lapangan pekerjaan akan melimpah ruah bagi orang-orang yang memiliki kualifikasi dan kemampuan kerja tinggi, mampu berkomunikasi secara internasional dan mempunyai wawasan luas.34. Kematian bagi orang-orang yang buta komputer atau buta bahasa Inggris. Kematian dalam arti tidak bisa berkembang. Pada saat itu buta komputer hampir identik dengan buta huruf (Mahayana, 1995).
Penggunaan Internet untuk pendidikan cukup menonjol dan cukup ampuh dalam upaya memperkini ilmu pengetahuan pada pemakainya. Pemanfaatan Internet untuk pendidikan misalnya :1. Perpustakaan Online2. Buku online & jurnal online3. Pembelajaran jarak jauh (distance learning)4. Pendaftaran kuliah online5. Kuliah & tugas kuliah6. dsbKeampuhan Internet di Era global sebagai media pengaruh cukup signifikan terhadap budaya tradisional. Internet mampu menggeser budaya hidup masyarakat, misalnya : … masyarakat menjadi semakin longgar (permisif) terhadap perilaku yang untuk beberapa tahun yang lalu kurang enak dipandang kini menjadi biasa. … perilaku remaja (dan juga orang tua) yang begitu longgar terhadap pergaulan yang menjurus kepada penyimpangan norma agama (Suyono, 1999). Disamping itu era global menurut Abidin (1999) mampu :1. Mengubah pola hidup, seperti :a) dari agraris tradisional menjadi masyarakat industri modernb) dari lamban ke serba cepatc) dari berasas nilai sosial menjadi konsumeris materialistisd) dari tata kehidupan tergantung dari alam kepada menguasai alam2. Membawa perubahan perilaku, terutama pada generasi muda (para remaja), seperti :a) …pergaulan a-susila di kalangan pelajar dan mahasiswa.
Pornografi yang susah dibendung (Masih ingat…….. Itenas 2001)b) kecanduan terhadap ecstasyPerkawinan tradisional yang dulu cukup dengan jodoh satu kampung, di era global dengan bantuan Internet perkawinan dapat meretas batas bukan saja desa tapi negara. Seperti akan kawinnya Sanad Biber dari Bosnia dan Tri RK gadis dari Kediri (Sadaruwan, 2001). Memang jodoh di tangan Tuhan, tapi usaha manusia tetap4dibutuhkan. Perkawinan lintas negara (kesejagadan) berawal dari pemanfaatan Internet dengan fasilitas chatting dan e-mail. Sekarang telah berkembang dengan situs-situs yang menarik hati.
BAGAIMANA PUSTAKAWAN?Menghadapi riuh rendah dan carut-marutnya kehidupan yang terus berpacu dengan perkembangan teknologi di era global, maka pustakawan harus menghadapi kenyataan tersebut. Supaya berhasil mengatasinya, pustakawan sebagai profesi harus memiliki beberapa ketrampilan, antara lain :1. AdaptabilityPustakawan hendaknya cepat berubah menyesuaikan keadaan yang menantang. Mereka tidak selayaknya mempertahankan paradigma lama yang sudah bergeser nilainya. Pustakawan sebaiknya adaptif memanfaatkan teknologi informasi.
Feret dan Marcinek (1999) menyatakan bahwa pustakawan harus berjalan seirama dengan perubahan teknologi yang terus bergerak maju dan pustakawan harus mampu beradaptasi sebagai pencari dan pemberi informasi dalam bentuk apapun. Pustakawan dalam memberikan informasi tidak lagi bersumber pada buku teks dan jurnal yang ada di rak, tetapi dengan memanfaatkan Internet untuk mendapatkan informasi yang segar bagi penggunanya. Erlendsdottir (1997) menyatakan kita bukan lagi "penjaga" buku. Kita adalah information provider di situasi yang terus berubah dan dimana kebutuhan informasi dilakukan dengan cepat dan efektif. Sekarang misi kita adalah mempromosikan jasa-jasa untuk informasi yang terus membludak. Dan bahkan jika kita tidak berubah, teknologi informasi akan mengubah tugas kita.2. People skills (soft skills)Pustakawan adalah mitra intelektual yang memberikan jasanya kepada pengguna. Mereka harus lihai berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan penggunannya.
Agar dalam berkomunikasi dapat lebih impresif dengan dasar win-win solution maka perlu people skills yang handal. Menurut Abernathy dkk.(1999) : …perkembangan teknologi akan lebih pervasive tetapi kemampuan tentang komputer saja tidaklah cukup untuk mencapai sukses. Karena itu membutuhkan people skills yang kuat yaitu :a. pemecahan masalah (kreatifitas, pencair konflik)5b. Etika (diplomasi, jujur, profesional)c. Terbuka (fleksibel, terbuka untuk wawasan bisnis, berpikir positif)d. "Perayu" (ketrampilan komunikasi dan mendengarkan atentif)e. Kepemimpinan (bertanggung jawab dan mempunyai kemampuan memotivasi)f. berminat belajar (haus akan pengetahuan dan perkembangan). Hal ini didukung oleh Feret dan Marcinek (1999), yang mengatakan bahwa pustakawan masa depan harus sudah siap untuk mengikuti pembelajaran seumur hidup.
Hal ini penting agar pustakawan mudah beradaptasi.People skills ini dapat dikembangkan dengan membaca, mendengarkan kaset-kaset positif, berkenalan dengan orang positif, bergabung dengan organisasi positif lain dan kemudian diaplikasikan dalam aktivitasnya sehari-hari.3. Berpikir positifDidalam otak kita terdapat mesin "yes" . Ketika kita dihadapkan sesuatu pekerjaan yang cukup besar, maka umumnya kita berkata : Wah….. tidak mungkin; aduh….. sulit, dsb. Maka apa yang kita laksanakan juga tidak mungkin terjadi . Pesimistis . Dan pesimistis bukan sifat pemenang tapi pecundang. Pustakawan diharapkan menjadi orang di atas rata-rata. Sebagai pemenang yang selalu berpikiran positif, sehingga jika dihadapkan pada pekerjaan besar seharusnya berkata "yes" kami bisa.
Remember, you are what you think, you feel what you want. Orang Jawa berkata mandi ucape dewe4. Personal Added ValuePustakawan tidak lagi lihai dalam mengatalog, mengindeks, mengadakan bahan pustaka dan pekerjaan rutin lainnya, tetapi di era global ini pustakawan harus mempunyai nilai tambahnya. Misalnya piawai sebagai navigator unggul. Dengan nilai tambah, yang berkembang dari pengalaman , training dsb, pustakawan dapat mencarikan informasi di Internet serinci mungkin. Hal ini sudah barang tentu akan memuaskan pengguna perpustakaan. Kepuasan pengguna itu sangat mahal bagi dirinya maupun bagi perpustakaan dimana ia bekerja.5. Berwawasan EnterpreneurshipSudah waktunya bagi pustakawan untuk berpikir kewirausahaan. Informasi adalah kekuatan. Informasi adalah mahal, maka seyogyanya pustakawan harus sudah mulai berwawasan enterpreneurship agar dalam perjalanan sejarahnya6nanti dapat bertahan. Lebih-lebih di era otonomi, maka perpustakaan secara perlahan harus menjadi income generation unit.
Memang sudah ada pustakawan yang berwawasan bisnis, tapi masih belum semuanya. Paradigma lama bahwa Perpustakaan hanya pemberi jasa yang notabene tidak ada uang harus segera ditinggalkan.6. Team Work - SinergiDi dalam era global yang ditandai dengan ampuhnya Internet dan membludaknya informasi, pustakawan seharusnya tidak lagi bekerja sendiri. Mereka harus membentuk team kerja untuk bekerjasama mengelola informasi.
Choo yang dikutip Astroza dan Sequeira (2000) mengatakan bahwa perubahan teknologi menawarkan kesempatan unik untuk bekerjasama lintas disiplin dengan profesional lainnya :- pakar komputer yang bertanggung jawab pada pusat komputer- pakar teknologi yang bertanggung jawab pada infrastruktur teknologi, jaringan dan aplikasi- pakar informasi (pustakawan) yang mempunyai kemampuan dan pengalaman untuk mengorganisasi pengetahuan dalam sistem dan struktur yang memfalisitasi penggunaan sumber informasi dan pengetahuan.Diharapkan dengan team work, tekanan di era industri informasi dapat dipecahkan. Menurut Astroza dan Sequeira (2000) perubahan teknologi dan perkembangan industri informasi berdampak luas pada profesional informasi : pustakawan, arsiparis, penerbit. Profesi ini menghadapi 2 tekanan komplementer, yaitu :1. perkembangan jumlah informasi dan tersedianya teknologi baru, memungkinkan untuk akses dan memproses informasi lebih besar dari lima tahun yang lalu.2. harapan pengguna yang terus meningkat dapat menciptakan kebutuhan jasa informasi yang kualitasnya lebih canggih.Dengan enam ketrampilan di atas diharapkan pustakawan akan terus berkembang menjalankan tugasnya seiring dengan perubahan jaman yang begitu cepat. Profesionalisme pustakawan akan lebih mendarah daging dan menjiwai setiap aktivitasnya.
BAGAIMANA IPI ?Bagaimana dengan Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI yang harus dibaca i_pé_i) yang telah berusia 28 tahun ini. Dari segi umur merupakan masa yang cukup kokoh, tangguh dan perkasa. Suatu periode yang mampu menghadapi perubahan tentunya.Untuk itulah maka IPI harus :1. Mampu merespons arus kesejagadan (globalisasi) yang disamping menyodorkan kesempatan dan tantangan tapi juga memberi ancaman. Dengan enam ketrampilan di atas diharapkan IPI sebagai wadah pustakawan dapat terus berkembang sesuai dengan programnya.2. Mampu menunjang kelancaran otonomi daerah.
Otonomi daerah pada hakekatnya adalah kemandirian dalam penyelenggaraan pemerintahan, proses pembangunan, pemberdayaan masyarakat yang memerlukan pengelolaan (manajerial) yang professional, benar dan baik untuk mewujudkan good governance dan clean governance (Chajaridipura, 2001). Ada satu kunci yang perlu dicermati, yaitu pemberdayaan masyarakat. Karena masyarakat Indonesia 65% berada di desa, maka IPI harus mampu memberdayakan, dalam arti membuat masyarakat mampu bersaing di era global yang penuh persaingan ini. Untuk itu IPI harus mulai menggarap pustakawan – pustakawan desa agar mereka handal dan tangguh melalui training atau pelatihan- pelatihan yang efektif serta aplikatif.3. Dalam setiap kegiatan hendaknya IPI bersinergi dengan asosiasi atau institusi lain, misalnya FPPTI, FKP2T dsb, agar gregetnya terasa lebih menggigit.4. IPI hendaknya lebih extrovert. Tak kenal maka tak sayang itulah pepatah yang harus menjiwai di tubuh IPI. Dari dulu penulis mengingnginkan IPI lebih ada keberadaannya. Kegiatan profesional suatu saat tertentu ditinggalkan sebentar untuk kegiatan global dan isidental, misalnya : ikut serta pelaksanaan bersih kota, mengentas kemiskinan dsb.
Karena dengan membaurnya IPI dengan masyarakat luas maka masyarakat semakin dekat dengan IPI. Dan IPIpun akan dikenal dan disayang.
PENUTUP
Era global dan era Internet telah menantang profesionalisme pustakawan. Tantangan tersebut bukanlah hal yang menakutkan, tetapi justru menjadi peluang emas bagi pustakawan untuk bergerak maju meretas batas. Dengan enam ketrampilan di atas diharapkan pustakawan demikian juga wadahnya IPI, akan lebih exist dan berjuang sesuai dengan program kerjanya. Dan terus mendukung program pemerintah yang tertuang dalam TAP MPR-RI No. XV/MPR/1998, tanggal 13 November 1998 tentang : Penyelenggaraan Otonomi Daerah, pengaturan, pembagian dan pemanfaatan sumberdaya nasional, yang berkeadilan serta perimbangan keuangan pusat dan daerah dalam kerangka negara kesatuan Republik Indonesia. Semoga.
DAFTAR PUSTAKA-
Abidin, Mas’oed (1999). Dampak globalisasi memasuki millennium ketiga.(http ://www.geocities.com/Tokyo/Ginza/8700/dampak.html )- Abernathy et.al (1999).
Test your 2000 + People Skills. (http://proquest.umi.com/ pqdweb? TS . Restricted search)- Astroza, M. T dan Sequeira,D (2000).
Challenges in training new health information professionals in Latin America. (http://www.icml.org/wednesday/choice/ astroza/final.htm)-
Chajaridipura (2000). Binatang apakah Otonomi Daerah itu ? Manajemen. Mei.- Erlendsdottir, L (1997).
New technology, new librarians ?.(http:www.ukoln.ac.uk/services/papers/bl/ans-1997/erlendsdottir).-
Feret, B dan Marcinek, M (1999). The future of the academic library and the academic librarian – a Delphi Study. (http://educate.lib.chalmers.se/IA …roceedcontents/ chanpap/feret.html).- Kurnia, K (….),
Manfaat Internet. Kompas Cyber Media (http://www.kompas. com/kcm/kafi/ kf11.htm)- Mahayana, D (1995).
Menjemput masa depan (http://www15.brinkster.com/stress95/ articles.htm).- Muis, A (2000). Indonesia di era dunia maya. Bandung : Remaja Rosdakarya.- Suyono (1999),
Masa depan pendidikan dan pendidikan masa depan. Suara Pemba-haruan Daily. (http://www.suarapembaruan.com/News/1999/01/300199/OpEd /op01/op01.htmlT)- Sadaruwan, A (2001). K
awin Internet Pemuda Bosnia-Cewek Kediri .Jawa Pos. 5 Ok-tober.- Wirawan (1993). Profesi kepustakawanan : suatu analisa. Makalah disampaikan pa-da Rapat Kerja Pusat IPI di Mataram, NTB, tanggal 21-23 Juli.
Rabu, 29 Oktober 2008
sejarah singkat perpustakaan FKIK UIN Jakarta
A. Sejarah Singkat dan Perkembangan
Perpustakaan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta didirikan seiring berdirinya Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta berdasarkan Surat Keputusan Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Nomor 046 ditetapkan pada tanggal 22 Mei Tahun 2004 tentang Pendirian Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Pada tahun 2004 tersebut, Dekan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehantan UIN Jakarta Prof. Dr(hc). dr. M.K. Tadjudin, Sp.And menunjuk 3 orang dosen Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan yakni Endang Pujiyati, S.Si, Alfiah S.Ag, M.Ag, dan Drs. Zamzami Kiram untuk mengelola perpustakaan FKIK UIN Jakarta (2004 s.d 2005). Pada tahun 2004 s.d 2005 tersebut perpustakaan FKIK UIN Jakarta baru memiliki koleksi bahan pustaka sebanyak 800 judul buku dengan 1600 eksemplar.
Pada tanggal 19 desember 2005 berdasarkan Surat Tugas Nomor E.KIK/OT.Kp.01.4/320/XII/2005 Dekan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menugaskan Amrullah Hasbana, SS, MA sebagai Kepala Urusan Perpustakaan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dengan Drs. Ida darawati sebagai anggota (pustakawan fungsional bidang pengolahan), dan Lolytasari, S.Ag., M. Si sebagai anggota (non fungsional bidang pelayanan).
Perpustakaan FKIK UIN Jakarta terus berupaya untuk meningkatkan jumlah koleksi untuk memenuhi kebutuhan proses belajar mengajar. Saat ini di FKIK UIN Jakarta ada 4 prodi, yakni: prodi Ilmu Keperawatan, prodi Farmasi, prodi Kesehatan Masyarakat dan prodi Pendidikan Dokter. Sampai saat ini, 5 tahun operasional, Perpustakaan FKIK telah memiliki koleksi terdiri 1637 judul dengan 3760 eksemplar. Koleksi CD 37 buah dan jurnal 1.259 exemplar yang terdiri dari 50 judul jurnal kedokteran, 4 judul jurnal kesehatan masyarakat, 11 judul jurnal farmasi, 7 judul jurnal keperawatan, 12 judul jurnal bersifat umum, 24 judul jurnal agama, 13 judul majalah dan 185 judul makalah. Dan telah melanggan koran sebanyak 1 (satu) judul. Dan juga telah menyediakan layanan internet untuk memenuhi kebutuhan informasi sivitas akademika.
B. Tujuan
Perpustakaan FKIK UIN Sarif Hidayatullah Jakarta bertujuan untuk mendukung tercapainya visi dan misi yang ingin dicapai oleh Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Sayrif Hidayatullah Jakarta, serta menjadi pusat informasi dan research.
C. Struktur Organisasi
Kedudukan perpustakaan FKIK sebagai perpustakaan kerja atau belajar (Working Library) pada Fakultas FKIK UIN Jakarta berada dibawah dan bertanggung jawab langsung kepada Dekan FKIK. Adapun pembinaan sehari-harinya dilakukan oleh Pembantu Dekan Bidang Administrasi Umum. Dalam struktur organisasi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, maka perpustakaan FKIK berada dibawah Kasubag Akademik FKIK UIN Syarif HIdayatullah Jakarta
Tugas perpustakaan FKIK adalah pelayanan bahan pustaka untuk menunjang pendidikan dan pengajaran Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Jakarta. sedangkan fungsi perpustakaan FKIK adalah melakukan pengadaan, pengolahan bahan pustaka, pemberian layanan, dan pemeliharaan bahan pustaka.
Perpustakaan FKIK memiliki hubungan pembinaan dengan UPT Perpustakaan Utama UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dimana Perpustakaan Utama selaku pendukung aktifitas-aktifitas Perpustakaan Fakultas.
1. Bagan Struktur Organisasi
2. Uraian Tugas (Job Description)
a. Kepala Urusan Perpustakaan
· Membuat dan menjalankan program atau rencana;
· Pengembangan koleksi perpustakaan;
· Memelihara hubungan baik dengan para administrator, dosen, mahasiswa, dan lain-lain;
· Menyiapkan dan menjalankan anggaran perpustakaan;
· Mengusahakan supaya koleksi perpustakaan dan pelayanan dikenal oleh pengguna atau pembaca/sosialisasi;
· Meyiapkan laporan, survey, studi dan analisa pelayanan;
· Menjalankan korespondensi perpustakaan;
· Menjalin kerjasama antar perpustakaan.
b. Staf pengolahan
· Katalogisasi dan mengklasifikasi koleksi perpustakaan;
· Membuat buku induk/klasifikasi;
· Memberi tajuk subjek terhadap bahan pustaka;
· Menyusun bibliografi.
c. Staf pelayanan
· Memberikan pelayanan peminjaman koleksi perpustakaan;
· Memberikan pelayanan administrasi atau keanggotaan;
· Menjawab pertanyaan mengenai referensi dan koleksi perpustakaan;
· Memberikan bimbingan pemakai perpustakaan;
· Melakukan pinjam koleksi antar perpustakaan.
D. Petugas Perpustakaan
Tenaga pengelola perpustakaan FKIK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menurut struktur fungsi dan tugasnya terdiri dari 3 pegawai negeri sipil (PNS), 2 orang berlatar belakang pustakawan fungsional dan 1 orang non fungsional. Masing-masing dapat dilihat pada tabel berikut :
1. Amrullah Hasbana, S.Ag., SS., MA, KAUR Perpustakan, S2 Belanda
2. Dra. Ida Darawati, Pustakawan, Staf Pengembangan Koleksi, S1 IAIN Jakarta
3. Lolytasari, S.Ag., S.IP., M.Si, Staf Administrasi, S2 UMJ Jakarta
4. Iif Fikriyati Ihsani, MA, Staf Pengolahan, S2 UIN Jakarta
5. Ela, Sirkulasi, SLTA
E. Sistem, Jam dan Jenis Layanan
1. Sistem Layanan
Perpustakaan FKIK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menerapkan system layanan terbuka (open access), di mana setiap pengunjung dapat mengakses secara langsung koleksi yang ada diperpustakaan. Dengan system ini diharapkan setiap pengunjung dapat melakukan browsing (pencarian buku dan koleksi perpustakaan lainnya) dengan leluasa.
2. Jam Buka Perpustakaan
Senin - Jum'at Jam 08.00 - 18.00
Sabtu s.d Minggu
Libur
3. Jenis Layanan
Layanan perpustakan merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan perpustakaan sebagai ujung tombak dan berperan dalam menentukan hubungan terhadap pemakai atau pembaca perpustakaan.
a. Jenis Layanan
(1) Layanan sirkulasi yang diberikan oleh perpustakaan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Jakarta, kepada segenap civitas akademika yang telah menjadi anggota perpustakaan dan telah memiliki kartu anggota perpustakaan FKIK. Dengan kartu anggota tersebut diperbolehkan meminjam koleksi perpustakaan selama dua hari.
(2) Layanan referensi berfungsi membantu pembaca menemukan informasi yang beragam serta mendalam. Informasi tersebut dapat berupa nama orang, tanggal kejadian, judul buku, istilah-stilah, letak geografis, dan lain-lain. Khusus untuk koleksi referensi hanya dapat dibaca diperpustakaan dan tidak dapat dipinjamkan. Layanan referensi tersebut meliputi :
· Penyediaan bahan-bahan referens: direktori, ensiklopedi, kamus, sumber biografi, bibbliografi, sumber geografi dan lain-lain.
· Bimbingan dan bantuan penelusuran ke sumber-sumber referens
· Layanan kliping, majalah dan laporan penelitian
Dengan catatan: Bahan-bahan referena hanya dibaca diperpustakaan.
(3) Layanan OPAC adalah layanan katalog yang berbasis komputer secara online, disediakan guna memberikan bimbingan kepada pemakai untuk mencari dan menemukan koleksi yang ada di perpustakaan FKIK yang disimpan secara elektronis didalam pangkalan data bibliografis pada suatu komputer (Server) dan dapat diakses melalui suatu jaringan lokal (Local area network). Dalam penggunaannya untuk mencari koleksi perpustakaan FKIK dapat melalui subjek tertentu, judul, pengarang
(4) Layanan Internet
Dalam upaya meningkatkan mutu layanan, perpustakaan FKIK memberikan layanan yang lebih kepada pemakai atau pembaca dan memberi kemudahan untuk mengakses informasi, maka perpustakaan FKIK membuka layanan internet. Sampai saat ini baru tersedia 2 (dua) unit komputer untuk layanan internet. Diharapkan dan diupykan penambahan unit komputer sesuai kebutuhan. Layanan internet ini dimulai sejak tanggal 1 Januari 2006 berdasarkan surat keputusan Dekan FKIK Nomor : EKIK/KP.00.2/19/XII/2005 Tentang Layanan Komputer/Internet FKIK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Sebelum menggunakan komputer internet, pengguna internet diwajibkan booking terlebih dahulu. Adapun tarif penggunaan komputer untuk internet perpustakaan FKIK :
Bagi anggota perpustakaan FKIK :
· Penggunaan komputer untuk internet, Rp.2000,- /jam
· Print/cetak laser, Rp.500/lembar
Bagi bukan anggota perpustakaan FKIK
· Penggunaan komputer untuk internet, Rp.4000,- / jam
· Print/cetak laser, Rp.1000/lembar
(5) Layanan Rental Komputer
Bagi anggota/pengunjung perpustakaan FKIK :
· Penggunaan komputer, Rp.1000,- /jam
· Print/cetak laser, Rp.500/lembar
(6) Layanan Audio Visual
Audio Visual merupakan sumber informasi bahan non buku yang disimpan dalam bentuk piringan plastik. Sumber informasi dalam bentuk Audio Visual ini meliputi bidang kedokteran, keperawatan, farmasi, dan kesehatan masyarakat.
(7) Layanan Foto Copy
(8) Layanan Administratif (Pendaftaran Anggota dan Layanan Bebas Pustaka)
(9) Pelayanan Informasi adalah kegiatan memberikan bantuan dan jasa informasi kepada pemakai perpustakaan
Perpustakaan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta didirikan seiring berdirinya Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta berdasarkan Surat Keputusan Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Nomor 046 ditetapkan pada tanggal 22 Mei Tahun 2004 tentang Pendirian Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Pada tahun 2004 tersebut, Dekan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehantan UIN Jakarta Prof. Dr(hc). dr. M.K. Tadjudin, Sp.And menunjuk 3 orang dosen Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan yakni Endang Pujiyati, S.Si, Alfiah S.Ag, M.Ag, dan Drs. Zamzami Kiram untuk mengelola perpustakaan FKIK UIN Jakarta (2004 s.d 2005). Pada tahun 2004 s.d 2005 tersebut perpustakaan FKIK UIN Jakarta baru memiliki koleksi bahan pustaka sebanyak 800 judul buku dengan 1600 eksemplar.
Pada tanggal 19 desember 2005 berdasarkan Surat Tugas Nomor E.KIK/OT.Kp.01.4/320/XII/2005 Dekan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menugaskan Amrullah Hasbana, SS, MA sebagai Kepala Urusan Perpustakaan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dengan Drs. Ida darawati sebagai anggota (pustakawan fungsional bidang pengolahan), dan Lolytasari, S.Ag., M. Si sebagai anggota (non fungsional bidang pelayanan).
Perpustakaan FKIK UIN Jakarta terus berupaya untuk meningkatkan jumlah koleksi untuk memenuhi kebutuhan proses belajar mengajar. Saat ini di FKIK UIN Jakarta ada 4 prodi, yakni: prodi Ilmu Keperawatan, prodi Farmasi, prodi Kesehatan Masyarakat dan prodi Pendidikan Dokter. Sampai saat ini, 5 tahun operasional, Perpustakaan FKIK telah memiliki koleksi terdiri 1637 judul dengan 3760 eksemplar. Koleksi CD 37 buah dan jurnal 1.259 exemplar yang terdiri dari 50 judul jurnal kedokteran, 4 judul jurnal kesehatan masyarakat, 11 judul jurnal farmasi, 7 judul jurnal keperawatan, 12 judul jurnal bersifat umum, 24 judul jurnal agama, 13 judul majalah dan 185 judul makalah. Dan telah melanggan koran sebanyak 1 (satu) judul. Dan juga telah menyediakan layanan internet untuk memenuhi kebutuhan informasi sivitas akademika.
B. Tujuan
Perpustakaan FKIK UIN Sarif Hidayatullah Jakarta bertujuan untuk mendukung tercapainya visi dan misi yang ingin dicapai oleh Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Sayrif Hidayatullah Jakarta, serta menjadi pusat informasi dan research.
C. Struktur Organisasi
Kedudukan perpustakaan FKIK sebagai perpustakaan kerja atau belajar (Working Library) pada Fakultas FKIK UIN Jakarta berada dibawah dan bertanggung jawab langsung kepada Dekan FKIK. Adapun pembinaan sehari-harinya dilakukan oleh Pembantu Dekan Bidang Administrasi Umum. Dalam struktur organisasi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, maka perpustakaan FKIK berada dibawah Kasubag Akademik FKIK UIN Syarif HIdayatullah Jakarta
Tugas perpustakaan FKIK adalah pelayanan bahan pustaka untuk menunjang pendidikan dan pengajaran Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Jakarta. sedangkan fungsi perpustakaan FKIK adalah melakukan pengadaan, pengolahan bahan pustaka, pemberian layanan, dan pemeliharaan bahan pustaka.
Perpustakaan FKIK memiliki hubungan pembinaan dengan UPT Perpustakaan Utama UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dimana Perpustakaan Utama selaku pendukung aktifitas-aktifitas Perpustakaan Fakultas.
1. Bagan Struktur Organisasi
2. Uraian Tugas (Job Description)
a. Kepala Urusan Perpustakaan
· Membuat dan menjalankan program atau rencana;
· Pengembangan koleksi perpustakaan;
· Memelihara hubungan baik dengan para administrator, dosen, mahasiswa, dan lain-lain;
· Menyiapkan dan menjalankan anggaran perpustakaan;
· Mengusahakan supaya koleksi perpustakaan dan pelayanan dikenal oleh pengguna atau pembaca/sosialisasi;
· Meyiapkan laporan, survey, studi dan analisa pelayanan;
· Menjalankan korespondensi perpustakaan;
· Menjalin kerjasama antar perpustakaan.
b. Staf pengolahan
· Katalogisasi dan mengklasifikasi koleksi perpustakaan;
· Membuat buku induk/klasifikasi;
· Memberi tajuk subjek terhadap bahan pustaka;
· Menyusun bibliografi.
c. Staf pelayanan
· Memberikan pelayanan peminjaman koleksi perpustakaan;
· Memberikan pelayanan administrasi atau keanggotaan;
· Menjawab pertanyaan mengenai referensi dan koleksi perpustakaan;
· Memberikan bimbingan pemakai perpustakaan;
· Melakukan pinjam koleksi antar perpustakaan.
D. Petugas Perpustakaan
Tenaga pengelola perpustakaan FKIK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menurut struktur fungsi dan tugasnya terdiri dari 3 pegawai negeri sipil (PNS), 2 orang berlatar belakang pustakawan fungsional dan 1 orang non fungsional. Masing-masing dapat dilihat pada tabel berikut :
1. Amrullah Hasbana, S.Ag., SS., MA, KAUR Perpustakan, S2 Belanda
2. Dra. Ida Darawati, Pustakawan, Staf Pengembangan Koleksi, S1 IAIN Jakarta
3. Lolytasari, S.Ag., S.IP., M.Si, Staf Administrasi, S2 UMJ Jakarta
4. Iif Fikriyati Ihsani, MA, Staf Pengolahan, S2 UIN Jakarta
5. Ela, Sirkulasi, SLTA
E. Sistem, Jam dan Jenis Layanan
1. Sistem Layanan
Perpustakaan FKIK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menerapkan system layanan terbuka (open access), di mana setiap pengunjung dapat mengakses secara langsung koleksi yang ada diperpustakaan. Dengan system ini diharapkan setiap pengunjung dapat melakukan browsing (pencarian buku dan koleksi perpustakaan lainnya) dengan leluasa.
2. Jam Buka Perpustakaan
Senin - Jum'at Jam 08.00 - 18.00
Sabtu s.d Minggu
Libur
3. Jenis Layanan
Layanan perpustakan merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan perpustakaan sebagai ujung tombak dan berperan dalam menentukan hubungan terhadap pemakai atau pembaca perpustakaan.
a. Jenis Layanan
(1) Layanan sirkulasi yang diberikan oleh perpustakaan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Jakarta, kepada segenap civitas akademika yang telah menjadi anggota perpustakaan dan telah memiliki kartu anggota perpustakaan FKIK. Dengan kartu anggota tersebut diperbolehkan meminjam koleksi perpustakaan selama dua hari.
(2) Layanan referensi berfungsi membantu pembaca menemukan informasi yang beragam serta mendalam. Informasi tersebut dapat berupa nama orang, tanggal kejadian, judul buku, istilah-stilah, letak geografis, dan lain-lain. Khusus untuk koleksi referensi hanya dapat dibaca diperpustakaan dan tidak dapat dipinjamkan. Layanan referensi tersebut meliputi :
· Penyediaan bahan-bahan referens: direktori, ensiklopedi, kamus, sumber biografi, bibbliografi, sumber geografi dan lain-lain.
· Bimbingan dan bantuan penelusuran ke sumber-sumber referens
· Layanan kliping, majalah dan laporan penelitian
Dengan catatan: Bahan-bahan referena hanya dibaca diperpustakaan.
(3) Layanan OPAC adalah layanan katalog yang berbasis komputer secara online, disediakan guna memberikan bimbingan kepada pemakai untuk mencari dan menemukan koleksi yang ada di perpustakaan FKIK yang disimpan secara elektronis didalam pangkalan data bibliografis pada suatu komputer (Server) dan dapat diakses melalui suatu jaringan lokal (Local area network). Dalam penggunaannya untuk mencari koleksi perpustakaan FKIK dapat melalui subjek tertentu, judul, pengarang
(4) Layanan Internet
Dalam upaya meningkatkan mutu layanan, perpustakaan FKIK memberikan layanan yang lebih kepada pemakai atau pembaca dan memberi kemudahan untuk mengakses informasi, maka perpustakaan FKIK membuka layanan internet. Sampai saat ini baru tersedia 2 (dua) unit komputer untuk layanan internet. Diharapkan dan diupykan penambahan unit komputer sesuai kebutuhan. Layanan internet ini dimulai sejak tanggal 1 Januari 2006 berdasarkan surat keputusan Dekan FKIK Nomor : EKIK/KP.00.2/19/XII/2005 Tentang Layanan Komputer/Internet FKIK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Sebelum menggunakan komputer internet, pengguna internet diwajibkan booking terlebih dahulu. Adapun tarif penggunaan komputer untuk internet perpustakaan FKIK :
Bagi anggota perpustakaan FKIK :
· Penggunaan komputer untuk internet, Rp.2000,- /jam
· Print/cetak laser, Rp.500/lembar
Bagi bukan anggota perpustakaan FKIK
· Penggunaan komputer untuk internet, Rp.4000,- / jam
· Print/cetak laser, Rp.1000/lembar
(5) Layanan Rental Komputer
Bagi anggota/pengunjung perpustakaan FKIK :
· Penggunaan komputer, Rp.1000,- /jam
· Print/cetak laser, Rp.500/lembar
(6) Layanan Audio Visual
Audio Visual merupakan sumber informasi bahan non buku yang disimpan dalam bentuk piringan plastik. Sumber informasi dalam bentuk Audio Visual ini meliputi bidang kedokteran, keperawatan, farmasi, dan kesehatan masyarakat.
(7) Layanan Foto Copy
(8) Layanan Administratif (Pendaftaran Anggota dan Layanan Bebas Pustaka)
(9) Pelayanan Informasi adalah kegiatan memberikan bantuan dan jasa informasi kepada pemakai perpustakaan
F. Bahan Pustaka, Klasifikasi koleksi, dan Fasilitas Perpustakaan Bahan Pustaka
Perpustakaan yang bermutu tinggi adalah perpustakaan yang memiliki koleksi atau bahan pustaka yang relevan dan memadai untuk memenuhi kebutuhan pemakai atau pembaca. Kemampuan suatu perpustakaan menyediakan bahan pustaka yang sesuai dengan kebutuhan pemakai akan menarik minat baca masyarakat.
Perpustakaan FKIK dalam upaya menunjang pendidikan dan pengajaran khususnya Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Jakarta memiliki koleksi yang lebih terarah dan terprogram sesuai dengan jurusan-jurusan yang ada di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, antara lain :
1. Koleksi dasar
Yang dimaksud dengan koleksi dasar adalah sebagai berikut :
(1) Koleksi mata kuliah dasar khusus (MKDK)
(2) Koleksi mata kuliah dasar umum (MKDK)
(3) Koleksi mata kuliah keahlian (MKK)
2. Koleksi spesialis.
Koleksi spesialis adalah buku-buku yang dianjurkan sesuai dengan kurikulum masing-masing jurusan FKIK, seperti koleksi bidang kedokteran, ilmu keperawatan, kesehatan masyarakat, dan farmasi.
3. Koleksi referensi.
Koleksi referensi atau rujukan yang disediakan oleh perpustakaan FKIK dibatasi oleh koleksi referensi yang disesuaikan dengan bidang masing-masing jurusan FKIK.
4. Koleksi penerbitan perguruan tinggi.
Koleksi pada bagian ini meliputi Buku pedoman atau panduan, modul, yang hanya terkait dengan bidang masing-masing jurusan FKIK.
5. Koleksi pemerintah.
Koleksi pada bagian ini meliputi bidang-bidang kedokteran, keperawatan, farmasi, kesehatan masyarakat, dan agama.
6. Koleksi serial atau terbitan berkala
Koleksi pada bagian ini terdiri dari jurnal, majalah, surat kabar, baik berbahasa indonesia maupun bahasa asing dan mempunyai kaitan dengan masing-masing jurusan yang ada pada Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan.
7. Koleksi yang bersifat rekreatis.
Disamping koleksi referal dan informatif Perpustakaan FKIK yang mengoleksi bahan-bahan yang bersifat rekreatif seperti koran, majalah populer dan buku-buku fiktif.
Koleksi Perpustakaan Fakultas UIN Syarif Hidayatulah Jakarta
Klasifikasi Koleksi
Koleksi buku perpustakaan FKIK dalam memberikan pelayanannya kepada pemakai atau pembaca disusun secara berkelas (Classified Order), yakni berdasarkan disiplin ilmu masing-masing dengan menggunakan sistem klasifikasi DDC (Dewey Decimal Classification). Koleksi bidang Islam disusun berdasarkan bagan klasifikasi dan tajuk subyek Islam yang diterbitkan oleh Departemen Agama RI. Bagan ini pada dasarnya pengembangan DDC seksi Islam (kelas 297) yang kemudian dijadika kelas 2X0. Adapun untuk koleksi buku-buku umum (Bidang non Islam) disusun berdasarkan bagan klasifikasi DDC. Secara garis koleksi tersebut diklasifikasikan sebagai berikut :
Klasifikasi buku-buku Kajian Islam
2 x 0 Studi-studi Islam (Umum)
2 x 1 Al Qur’an dan ilmu yang berkaitan
2 x 2 Hadist dan ilmu yang berkaitan
2 x 3 Aqaid dan Ilmu Kalam
2 x 4 Fiqih
2 x 5 Akhlak dan Tassawuf
2 x 6 Sosial dan Budaya Islam
2 x 7 Filsafat dan Perkembangan Islam
2 x 8 Aliran dan Sekte Islam
2 x 9 Sejarah dan Biografi Islam
Adapun untuk koleksi kajian bersifat umum dalam hal ini koleksi buku Ilmu Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat, disusun berdasarkan klasifikasi Dewey Decimal Classification (DDC). DDC disebut klasifikasi persepuluh atau klasifikasi decimal. Sepuluh Ringkasan Pertama (First Summary) terdiri dari:
000 Karya umum
100 Filsafat
200 Agama
300 Ilmu-ilmu Sosial
400 Bahasa
500 Ilmu-ilmu murni
600 Ilmu-ilmu terapan (teknologi)
700 Kesenian dan olahraga
800 Kesusasteraan
900 Sejarah dan Geografi
Setiap Ringkasan Pertama dibagi menjadi 10 bagian yang disebut divisi atau Ringkasan Kedua (Second Summary). Misalkan kelas utama teknologi (600) terdiri dari divisi-divisi sebagai berikut:
600 Teknologi
610 Ilmu Kedokteran
620 Ilmu Teknik
630 Ilmu Pertanian
640 Kesejahteraan Rumah Tangga
650 Tatalaksana
660 Industri dan Teknologi Kimia
670 Pengolahan Bahan Industri dalam Pabrik
680 Industri-industri lain
690 Bangunan
Setiap divisi dibagi lagi menjadi 10 bagian yang disebut seksi atau Ringkasan Ketiga (Third Summmary). Dalam ilmu Kedokteran, seksi-seksi itu dibagi sebagai berikut:
610 Ilmu Kedokteran
611 Anatomi Manusia
612 Fisiologi Manusia
613 Ilmu Kesehatan Umum
614 Kesehatan Masyarakat
615 Farmakologi dan ilmu-ilmu obat-obatan
616 Penyakit
617 Ilmu Bedah
618 Cabang ilmu kedokteran yang lain
619 Ilmu kedokteran hewan
Setiap seksi atau Ringkasan Ketiga, diperinci lagi menjadi sub seksi. Lihatlah table di bawah ini :
530
Fisika (Ilmu Alam)
530.1
Teori fisika: relativitas, quantum,elektromagnetik, fisika matematika
530.7
Instrumentasi
532. Mekanika zat padat
533. Mekanika zat cair
534. Mekanika gas
535. Bunyi dan getaran-getaran lainnya
536. Cahaya (optic), lensa, sinar infra merah, ultra ungu
535.5 Sinar laser
535.6 Warna
536 Panas: teori, transmisi, pengaruh panas, temperature, kalorimetri
537 Listrik dan elektronika
537.2
Elektrostatika
537.5 Elektronika
538 Magnit
539 Fisika modern
Fisika molekuler, atom dan nuklir
539.2
Radiasi
539.7
Fisika atom dan fisika nuklir
611
Anatomi manusia, sel, jaringan tubuh
612
Fisiologi Manusia
Darah dan peredaran darah
Pernafasan
Makanan dan metabolisme
Pencernaan makanan; kelenjar
612.6 Reproduksi, perkembangan, kematangan
612.7 Fungsi motorik (otot, gerak), tulang, kulit, rambut, kuku
612.8 Susunan syaraf dan alat-alat indra
612.81 Syaraf dan urat syaraf
612.82 Otak
612.83 Syaraf tulang belakang
612.84 Mata dan penglihatan
612.85 Telinga dan pendengaran
612.86 Alat-alat penciuman dan penciuman
612.87 Alat-alat pengecap dan pengecapan
612.89 Sistim syaraf otomatis
613 Ilmu kesehatan umum
613.1 Kesehatan dan lingkungan fisik
613.2 Dietetika
613.3 Minuman tidak mengandung alcohol
613.7 Kesegaran jasmani
613.8 Pengaruh narkotika, minuman keras kepada kesehatan
613.9 Pembatasan kelahiran, keluarga berencana, kontrasepsi
614 Kesehatan masyarakat
614.1 Pendaftaran kelahiran, kematian, perkawinan, forensic medicine
614.3 Pengawasan kesehatan makanan, minuman, obat-obatan, rokok, kosmetik
614.4 Penyebaran dan pencegahan penyakit.
Penyebaran penyakit (serangga, burung, dll); imunisasi, karantina, sterilisasi
614.5 Penyebaran dan pencegahan penyakit tertentu.
Influensa, tetanus, kolera, cacar, demam berdarah, TBC, penyakit kelamin, gigi, hidung, telinga, dll.
614.6 Pengurusan jenazah: penguburan, pembakaran
614.7 Kesehatan lingkungan
Polusi udara, sampah, pengotoran air, kebisingan, kebersihan gedung, taman, perumahan, rumah sakit.
614.8 Kecelakaan dan pencegahannya
Kecelakaan di air, mobil, bahan kimia, kebakaran, di jalan raya, PPPK
615
Farmakologi dan ilmu obat-obatan
Pembuatan berbagai jenis obat, cara memakainya, pengaruhnya; toxicology (racun)
616
Penyakit-penyakit
Sebab, akibat, diagnosa, prognosa, pengobatan
616.01
Penyakit yang disebabkan bakteri
616.04
Penyakit turunan, kelahiran tidak sempurna
616.07
Patologi fisis dan anatomis
616.08
Pengobatan psikosomatis
616.1 s.d 616.9 Jenis-jenis Penyakit
616.1 Penyakit pada sistim cardiovascular: jantung, darah, kardiologi, hematologi
616.2 Penyakit system pernafasan: hidung, paru-paru, tenggorokan, influenza, batuk
616.3 Penyakit system pencernaan: mulut, perut, tenggorokan, usus, pankreas
616.4 Penyakit darah dan system kelenjar
616.5 Penyakit kulit, rambut dan kuku
616.6 Penyakit buah pinggang, kandung kencing, alat kelamin
616.7 Penyakit otot, persendian, urat, rheumtik
616.8 Penyakit system syaraf dan penyakit mental, termasuk neorologi, psikiatri
616.9 Penyakit-penyakit lain
Penyakit menular: TBC, cacar, demam berdarah; alergi
617
Ilmu Bedah
Termasuk penyakit yang memerlukan pembedahan seperti: pembedahan mata, gigi, telinga
618.1 Gynecology (penyakit wanita)
618.2 Obstetrics (penyakit kandungan)
618.9
Pediatrics (penyakit anak-anak), geriatrics (penyakit orang lanjut usia)
619
Ilmu Kedokteran hewan
Eksperimen di bidang kedokteran
G. Daftar Koleksi VCD/DVD Perpustakaan FKIK
1.Atlas Of Allergies And Clinical Immunology, Phillip Fierman, MD, Elsevier Ltd
2.Simbryo An Animated Tour Of Human Development, Phillip M.Ecker, Williams & Wilkins
3.Inter Active Physiology, Benjamin Cumming
4.Pediatrics, First, Elsevier (USA)
5.Pediatric Dermatology, Lawrence A Schachner, Accompanying
6.Human Anatomy, Timmons, Pearson Education
7.Physician Assistant, Miller & Simon, Mcgraw-Hill Companies
8.Reviews & Rtionales, Tomas Madayang, Pearson Education
9.Radiography Examination, D.A. Saia, Mcgraw Compaanies
10.Biochemical Interactions, John Wiley, Wiley Technical Support
11.Atlas Of Histology, Victor P. Eroschenko, Lippincott Wiliams
12.The Johns Hopkins Internal Medicine Board Review, Redonda G. Miller., Johns Hopkins
13.PATHOLOGIC BASIS OF DISEASE, KUMAR HAGLER SCHNEIDER, Elsevier
14.Physio Edge, Thomson
15.CONCISE HISTOLOGY, Thomas Jefferson, Arnold
16.Pediatric Nursing, JANE. W. BALL, Prentiece Hall
17.For Installation Instructions
18.Nursing Drug Guide, Williams Lippicontt
19.Basic Medical Biochemistry A Clinical, Wiliams
20.Pharmacology For Nurses, Josephson Pearson
21.Community Health Nursing, Patty J. Hale, Elsevier
22.Human Anatomy, P.H. Abrahams, Mosby
23.Human Nutrition, Catherine Geissler, Elsevier
24.Communication Theorists, Em Griffin, Mc Graw Hill
25.Psychiatric Nurising, Gail W. Stuart, By Mosby
26.Discovery Life Map, John W. Sanrock, Mc Graw Hill
27.Understanding Nutrition, Ellie Whithey, Thomson
28.Nutritrac, By Mosby
29.Human Development, Diane Papalia, Mc Graw Hill
30.Medical-Surgical Nursing, Hoffman, By Elsevier
31.Discovery Social Sense, Stephen L. Franzoi, Mc Graw Hill
32.Nutrition & Diet Therapy, Williams, Elsevier
33.Ncss 2004 / Pass 2002, Dawson & Trapp, Mc Graw Hill
34.Radiography Examination, D. A. Saia, Mc Graw Hill
35.Masalah Aborsi, Eclipse Of Reason
H. Fasilitas Perpustakaan
1. Gedung.
Gedung Perpustakaan FKIK, menempat areal seluas + 332,5 m2 (17,5 m x 19 m). Perpustakaan FKIK ditempatkan pada lantai 2 (dua) gedung perkantoran Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan yang berlantai 2 dan Basement. Agar dapat menunjang pendidikan dan pengajaran maka lokasi gedung ini berada dekat dengan perkuliahan FKIK.
2. Ruangan
Perpustakaan FKIK hanya memilki satu ruangan. Ruangan tersebut ditata sedemikian rupa sesuai dengan masing-masing tempat kegunaannya.
a. Lokasi KAUR perpustakaan dan Staf Pengolahan terletak disebelah selatan dari pintu masuk. Sedangkan staf pelayanan berada di sebelah utara. Di dalamnya terdapat ; meja Ka. Ur, meja pengolahan, meja pelayanan, meja komputer.
b. Lokasi tempat penyimpanan tas pengunjung (loker) berjumlah 2 buah, berada di samping kanan pintu masuk perpustakaan.
c. Lokasi komputer untuk layanan OPAC terletak disamping meja staf pelayanan. Komputer untuk OPAC hanya berjumlah 1 (satu).
d. Lokasi komputer untuk internet yaitu 1 buah berdampingan dengan komputer OPAC dan dua buah lainnya terletak disebelah selatan.
e. Lokasi rak koleksi umum terletak didepan meja Ka. Ur perpustakaan atau berdampingan dengan meja baca.
f. Lokasi lemari koleksi referensi terletak di samping meja Ka. Ur dan meja staf pengolahan.
Dalam upaya memlihara dan melestarikan koleksi, perpustakaan FKIK dilengkapi dengan mesin pendingin (AC) sebanyak 4 buah, tujuannya adalah agar kelembaban udara dalam ruangan perpustakaan terjaga dengan stabil. Selain itu, agar sinar ultra violet dari sinar matahari langsung tidak menembus kedalam ruangan maka ruangan perpustakaan memakai kaca yang dilengkapi dengan gorden. Sedangkan penerangan ruangan perpustakaan memakai lampu TL.
3. Perlengkapan
Dalam melaksanakan fungsi dan tugasnya, perpustakaan FKIK dilengkapi dengan perlengkapan penunjang, antara lain:
a. Rak koleksi sebanyak 9 buah
b. Rak majalah, jurnal, serat kabar, makalah sebanyak 2 buah
c. Lemari referensi sebanyak 3 buah
d. Meja baca sebanyak 7 buah
e. Lemari penitipan (loker) sebanyak 2 buah
f. Meja Ka. Ur, pengolahan dan pelayanan masing-masing 1 buah.
4. Komputerisasi
Untuk dapat mengakses informasi secara online, Perpustakaan FKIK dilengkapi dengan 5 buah set komputer, antara lain :
a. 1 (satu) set komputer untuk server
b. 1 (satu) set komputer untuk OPAC
c. 2 (dua) set komputer untuk internet
d. 1 (satu) set komputer untuk layanan sirkula
Selasa, 28 Oktober 2008
Kamis, 23 Oktober 2008
Uji Tugas Akhir Prodi Ilmu Perpustakaan Yarsi
Rabu, 22 Oktober 2008
minat baca siswa di perpustakaan
Di artikel ini saya akan mencoba mengatakan bahwa minat baca dan tulis bangsa Indonesia ini tidak dibangun secara dini karena perpustakaannya tidak menarik untuk dikunjungi atau bahkan tidak ada sama sekali.
Di sudut kota kecil lain di Jawa, perpustakaan sekolah adalah sebuah ruang 3X4 m2 yang dibuka ketika ada yang ingin mengunjunginya. Buku-bukunya pun sudah berdebu dan ada bekas sarang laba-laba disitu menandakan sangat jarangnya rak-rak itu dijamah.
Seorang guru yang memegang kunci perpustakaan itupun dengan malu-malu mengakui bahwa perpustakaan tersebut memang jarang dibuka karena tidak ada petugas yang melayaninya. Sehingga guru yang bertanggung jawab memegang kunci ruang tersebut. Di Madrasah Tsanawiyah di Pesisir utara pulau jawa, lain lagi ceritanya. Perpustakaan tampak bersih. Ruangan seluas kira-kira 6X8m2 dengan lantai keramik putih itu tampak ramai dikunjungi oleh para siswanya.
Seorang petugas tampak telaten melayani para siswa yang mau meminjam ataupun mengembalikan buku. Tetapi keanehan mulai nampak ketika petugas tersebut meminta tolong para siswa yang sudah mengembalikan buku itu untuk meletakkan sendiri di raknya. Dan ketika diamati lebih lanjut, buku-buku itu hanya di tumpuk begitu saja tanpa adanya sistem klasifikasinya maupun katalogisasinya. Petugas perpustakaan itu menjelaskan bahwa dia sudah empat tahun bertugas diperpustakaan tetapi belum pernah mengikuti pelatihan tentang perpustakaan karena beliau belum pegawai negeri.
Syarat-syarat untuk mengikuti pelatihan perpustakan adalah pegawai negeri. Maka sekolah tersebut mengirimkan salah seorang guru yang sudah pegawai negeri untuk mengikuti pelatihan tersebut. Dan guru tersebut adalah guru pustakawan di madrasah tersebut. Guru adalah guru. Tugas utama beliau adalah mengajar sehingga beliau menyerahkan urusan perpustakaan tersebut kepada petugas perpustakaan yang tak pernah mengenyam pelatihan bagaimana menata buku-buku sesuai dengan kaidah-kaidah perpustakaan ini.
Perpustakaan sebagai lembaga penunjang pendidikan nampaknya masih dianggap kurang penting. Sehingga berbagai kebijakan yang diambil oleh pihak yang berwenang selalu lebih mengutamakan pengembangan di bidang lain.
Perpustakaan berada di ruang yang sangat sempit, atau seruang dengan kantor guru atau di dekat WC, atau malah tidak ada sama sekali masih merupakan pemandangan yang umum di Indonesia ini. Begitu juga dengan pegawai yang menanganinya masih jauh untuk di sebut profesional. Guru-guru yang malas dan pegawai tata usaha yang bermasalah sering di tempatkan di perpustakaan sekolah yang mengakibatkan citra perpustakaan sebagai tempat pembuangan daripada sebagai tempat penunjang pendidikan.
Tak jarang pula pegawai perpustakaan adalah orang-orang yang sangat mahal senyum dan galak sehingga menjadikan perpustakaan sekolah sebagai tempat yang angker untuk dikunjungi. Buku-buku paket pelajaran yang menumpuk biasanya menjadi pemandangan yang lazim di perpustakaan-perpustakaan sekolah. Sangat jarang di jumpai perpustakaan sekolah, terutama di kota-kota kecil, yang menyediakan buku-buku cerita dan majalah-majalah yang di gandrungi anak-anak. Hal ini semakin membuat minat baca anak-anak Indonesia kian terpuruk.Peran Perpustakaan Sekolah Terhadap Prestasi SiswaPeran dan fungsi perpustakaan bagi sebuah sekolah sangatlah penting.
Di Amerika Utara, sekolah yang mempunyai prestasi tinggi rata-rata mempunyai perpustakaan sekolah yang berkwalitas. Menurut penelitian, sekolah-sekolah dengan perpustakaan yang berkwalitas mempunyai prestasi akademis 10-20 % lebih tinggi daripada sekolah-sekolah yang mempunyai perpustakaan yang biasa-biasa saja. Rendahnya minat baca sering dijadikan alasan terhadap rendahnya mutu pendidikan di Indonesia tetapi orang sering lupa faktor penyebabnya. Harga buku yang tidak terjangkau, buku-buku pelajaran disajikan dengan bahasa yang kaku, tak tersedianya tempat baca yang nyaman serta tidak adanya waktu senggang karena padatnya kurrikulum merupakan faktor penyebabnya.
Hal-hal tersebut sebenarnya bisa di antisipasi dengan adanya perpustakaan yang nyaman. Karena keberadaan perpustakaan umum yang menyediakan koleksi bacaan buat anak-anak sangat langka di Indonesia, maka keberadaan perpustakaan sekolah menjadi wajib hukumnya. Perpustakaan yang nyaman dan koleksi buku yang sesuai dengan usia mereka, bimbingan dari guru, kurikulum yang integratif dengan program perpustakaan akan menumbuhkan minat baca. Minat baca yang baca yang tinggi mempengaruhi prestasi akademik anak.
Semua pertanyaan anak yang masih dalam tahap ingin tahu itu bisa terjawab di perpustakaan. Perpustakaan yang nyaman belum tentu mahal tetapi memerlukan penanganan dan keterlibatan yang serius berbagai pihak untuk mendukungnya.Untuk memiliki sebuah perpustakaan yang nyaman, hal utama yang banyak diabaikan adalah tersedianya tenaga pustakawan yang profesional. Pustakawan yang professional inilah kunci menuju perpustakaan yang nyaman. Tetapi sayangnya banyak pihak yang masih beranggapan bahwa penataan perpustakaan dianggap mudah dan bisa diserahkan kepada siapa saja.
Banyak para pejabat negara menganggap pustakawan penting. Tetapi sayangnya masih dalam tahap wacana. Ketika mencapai tataran praktis, pengelolaan perpustakaan banyak di serahkan pada guru ataupun petugas TU dengan alasan efektifitas tenaga kerja. Tetapi yang terjadi di lapangan, tenaga guru sudah banyak terserap untuk mengajar dan sisa-sisa tenaga yang belum tentu ada itu digunakan untuk mengelola perpustakaan.
Tenaga sisa tentu saja tak sama dengan tenaga utuh. Maka hasil pengelolaan perpustakaanpun menjadi tidak maksimal. Tak jarang guru yang mengelola perpustakaan itu diganti setiap setahun sekali oleh kepala sekolahnya sehingga program perpustakaan harus selalu mulai dari nol karena harus berganti-ganti pengelola yang tak tahu banyak tentang sistem perpustakaan.Seandainya saja para pengambil kebijakan itu mempekerjakan pustakawan profesional di setiap perpustakaan sekolah seperti yang ditempuh oleh sekolah-sekolah swasta di kota-kota besar, tentu program perpustakaan tak harus selalu mulai dari nol setiap tahunnya dan hal ini akan lebih efektif dari pada harus mempekerjakan seorang guru dengan dua pekerjaan; mengajar dan mengelola perpustakaan.
Untuk itu, penataran-penataran tentang pentingnya perpustakaan seharusnya tak hanya diikuti oleh petugas perpustakaan saja tetapi seharusnya diikuti oleh para pemegang kebijakan di sekolah, yaitu kepala sekolah. Hal ini penting untuk menyeragamkan visi antara pelaksana dan pemegang kebijakan, antara pegawai perpustakaan dan kepala sekolah tentang pentingnya perpustakaan.
Selama ini, banyak penataran-penataran tentang perpustakaan ini hanya diikuti oleh para petugas perpustakaan saja yang kerap kali petugas-petugas tersebut menjadi frustrasi karena ilmu yang didapatnya dari penataran-penataran tersebut tidak mendapatkan dukungan ketika mencoba menerapkannya di lapangan. Dengan menatar para pemegang kebijakan disekolah tentang pentingnya perpustakaan akan memudahkan terciptanya perpustakaan yang standar serta nyaman.
Teacher Librarian
Konsep Teacher librarian yang diterapkan di negara-negara maju memang terbilang sukses. Tetapi pembekalan terhadap para teacher librarian di barat sangatlah serius. Seoarang teacher librarian harus memiliki double degree; dari fakultas pendidikan dan dari fakultas ilmu perpustakaan. Dengan double degree dan kurikulum yang mendukung ini, keahlian mereka baik untuk mengajar maupun untuk mengelola perpustakaan sangat bisa dipertanggung jawabkan baik pada tataran managerial maupun teknis.
Karena keahlian yang double ini, maka tunjangan yang didapatpun double; tunjangan sebagai pustakawan dan tunjangan sebagi guru.
Di Indonesia, para guru hanya di bekali satu atau dua minggu pelatihan perpustakaan dan mereka dianggap mampu untuk mengajar dan mengelola perpustakaan dengan tunjangan hanya sebagai tenaga pengajar. Maka tak heranlah apabila banyak perpustakaan-perpustakaan sekolah itu terbengkalai. Ilmu mengelola perpustakaan tak dapat dipelajari hanya dalam sekejap.
Kalau memang mau menerapkan konsep teacher librarian di Indonesia, hendaknya perbekalan terhadap para teacher libarian pun dilakukan secara matang karena tenaga pustakawan yang profesional inilah yang paling paham dengan program-program bagi pengembangan perpustakaan dari tingkat managerial mapun teknis.
Dan tentu saja tunjangan kesejahterannyapun harus diperhatikan. Setidak-tidaknya kredit point ketika mengelola perpustakaanpun harus laku untuk kenaikan pangkat.Belajar dari perpustakaan sekolah di Montreal.
Di propinsi Quebec Montreal, perpustakaan menjadi syarat wajib bagi akreditasi sekolah. Nampaknya membandingkan Indonesia dengan negara-negara maju sangatlah jauh. Tetapi bukan tidak mungkin untuk di ikuti asal ada dukungan dari pemilik kebijakan dan kemauan dari berbagai pihak.
Perpustakaan memang berhubungan dengan buku/koleksi perpustakaan, tenaga pustakawan dan sistem yang berarti dana. Tetapi mengumpulkan dana bukan berarti harus mahal.
Di Perpustakaan Westmount Park School misalnya, pustakawannya mengajak para guru dan siswa untuk menggalang dana lewat acara Bake Sale atau semacam pasar jajan di Indonesia. Para orang tua siswa memasak makanan kecil dan menjualnya di sekolah. Penjualan coklat oleh siswa juga dilakukan dalam rangka pembelian koleksi perpustakaan mereka.
Satu lagi yang menarik adalah kerja sama pepustakaan sekolah dengan penerbit buku anak-anak. Setiap bulan, para siswa di beri katalog buku-buku baru dengan harga terjangkau dan sekian persen uang hasil dari penjualan tsb akan menjadi kas bagi perpustakaan-perpustakaan sekolah di Montreal. Dan tentunya hal yang tak begitu sulit untuk di contoh bagi pengelola perpustakaan di Indonesia.
Meskipun proses katalogisasi dan Klasifikasi di lakukan oleh pustakawan pusat yang bekerja di English Montreal School Board, tetapi pustakawan tetap ada di masing-masing sekolah dibantu oleh para orang tua siswa yang menjadi voluntir di perpustakaan sekolah. Tiap jam, para siswa di kelas tertentu berdatangan didampingi oleh guru mereka untuk belajar di perpustakaan. Pustakawanpun sibuk memberikan bantuan untuk mencarikan bahan belajar, berdiskusi tentang isi buku, merekomendasikan buku dan koleksi perpustakaan yang lain dan tentu saja “story telling”.
Para guru dan pustakawan memotivasi para siswa untuk membaca dan para siswa harus membikin ‘book report’ terhadap buku-buku yang dibacanya. Untuk kelas yang lebih kecil, cukup dengan menuliskan “ saya suka buku ini” atau “saya tak suka buku ini”. Sedangkan untuk kelas-kelas yang lebih tinggi harus di sertai alasan mengapa buku ini bagus dan mengapa buku yang lainnnya jelek. Tentu saja book report itu harus di tanda tangai oleh orang tua/wali siswa.Masalah perpustakaan adalah masalah serius. Pengelolaannyapun harus serius dan terfokus. Dengan pustakawan yang profesioanal, rasa tanggung jawab dari pihak sekolah, masyarakat, dan pemerintah yang tak hanya di bibir saja, peprustakaan di Indonesiapun bisa nyaman. Dengan perpustakaan yang nyaman, minat baca generasi muda Indonesia yang di gembar-gemborkan terpuruk itu, akan naik secara drastis. Dan Indonesia akan menjadi bangsa yang cerdas dan mandiri.
berbagai jenis computer display
Monitor atau yang juga disebut sebagai “computer display” merupakan komponen output yang digunakan untuk menampilkan teks atau gambar ke layar sehingga dapat dinikmati oleh pemakai.1.1. Sejarah MonitorPada generasi awal komputer, belum menggunakan monitor khusus seperti sekarang ini. Komputer waktu itu terhubung dengan TV keluarga sebagai layar penampil dari pengolahan data yang dilakukannya. Yang cukup menjadi masalah adalah bahwa resolusi monitor TV saat itu hanya mampu menampilkan 40 karakter secara horisontal pada layar.
Monitor khusus untuk komputer dikeluarkan oleh IBM PC, yang pada awalnya memiliki resolusi 80 X 25 dengan kemampuan warna “green monochrome”. Monitor ini sudah mampu menampilkan hasil yang lebih terang, jelas dan lebih stabil.Pada generasi berikutnya muncul mono graphics (MGA/MDA) yang memiliki 720x350. Selanjutnya di awal tahun 1980-an muncul jenis monitor CGA dengan range resolusi dari 160x200 sampai 640x200 dan kemampuan warna antara 2 sampai 16 warna.Monitor EGA muncul dengan resolusi yang lebih bagus yaitu 640x350.
Monitor jenis ini cukup stabil sampai berikutnya munculnya generasi komputer Windows.Semua jenis monitor ini menggunakan digital video - TTL signals dengan discrete number yang spesifik untuk mengatur warna dan intensitas cahaya. Antara video adapter dan monitor memiliki 2, 4, 16, atau 64 warna tergantung standard grafik yang dimiliki.
Selanjutnya dengan diperkenalkannya standard monitor VGA, tampilan grafis dari sebuah Personal Computer menjadi nyata. VGA dan generasi-generasi yang berhasil sesudahnya seperti PGA, XGA, atau SVGA merupakan standard analog video dengan sinyal R (Red), G (Green) dan B (Blue) dengan continuous voltage dan continuous range pada pewarnaan.
Secara prinsip analog monitor memungkinkan penggunaan full color dengan intensitas yang tinggi. Generasi monitor terbaru adalah teknologi LCD yang tidak lagi menggunakan tabung elektron CRT tetapi menggunakan sejenis kristal liquid yang dapat berpendar. Teknologi ini menghasilkan monitor yang dikenal dengan nama Flat Panel Display dengan layar berbentuk pipih, dan kemampuan resolusi yang tinggi.1.2.
Berbagai Jenis Monitor
Dengan perkembangannya yang sangat pesat, saat ini terdapat tiga jenis teknologi monitor. Ketiga golongan teknologi tersebut adalah CRT (Cathode Ray Tube), Liquid Crystal Display (LCD) dan Plasma gas.
a. Cathode Ray Tube
Pada monitor CRT, layar penampil yang digunakan berupa tabung sinar katoda. Teknologi ini memunculkan tampilan pada monitor dengan cara memancarkan sinar elektron ke suatu titik di layar. Sinar tersebut akan diperkuat untuk menampilkan sisi terang dan diperlemah untuk sisi gelap.Teknologi CRT merupakan teknologi termurah dibanding dengan kedua teknologi yang lain. Meski demikian resolusi yang dihasilkan sudah cukup baik untuk berbagai keperluan. Hanya saja energi listrik yang dibutuhkan cukup besar dan memiliki radiasi elektromagnetik yang cukup kuat.
b. Liquid Crystal Display
Monitor LCD tidak lagi menggunakan tabung elektron tetapi menggunakan sejenis kristal liquid yang dapat berpendar. Teknologi ini menghasilkan monitor yang dikenal dengan nama Flat Panel Display dengan layar berbentuk pipih, dan kemampuan resolusi yang lebih tinggi dibandingkan dengan CRT. Karena bentuknya yang pipih, maka monitor jenis flat tersebut menggunakan energi yang kecil dan banyak digunakan pada komputer-komputer portabel.
Kelebihan yang lain dari monitor LCD adalah adanya brightness ratio yang telah menyentuh angka 350 :
1. Brigtness ratio merupakan perbandingan antara tampilan yang paling gelap dengan tampilan yang paling terang.Liquid Crystal Display menggunakan kristal liquid yang dapat berpendar. Kristal cair merupakan molekul organik kental yang mengalir seperti cairan, tetapi memiliki struktur spasial seperti kristal. (ditemukan pakar Botani Austria – Rjeinitzer) tahun 1888.
Dengan menyorotkan sinar melalui kristal cair, intensitas sinar yang keluar dapat dikendalikan secara elektrik sehingga dapat membentuk panel-panel datar.Lapisan-lapisan dalam sebuah LCD:Polaroid belakangElektroda belakangPlat kaca belakangKristal CairPlat kaca depanElektroda depanPolaroid depanElektroda dalam lapisan tersebut berfungsi untuk menciptakan medan listrik pada kristal cair, sedangkan polaroid digunakan untuk menciptakan suatu polarisasi.
Dari sisi harga, monitor LCD memang jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan monitor CRT.
2. Dan beberapa kelemahan yang masih dimilikinya seperti kurang mampu digunakan untuk bekerja dalam berbagai resolusi, seperti misalnya monitor dengan resolusi 1024 X 768 akan terkesan agak buram jika dipekerjakan pada resolusi 640 X 420. Tatapi akhir-akhir ini kelemahan tersbut sudah mulai di atasi dengan teknik anti aliasing.
c. Plasma GasMonitor
jenis ini menggabungkan teknologi CRT dengan LCD. Dengan teknologi yang dihasilkan, mampu membuat layar dengan ketipisan menyerupai LCD dan sudut pandang yang dapat selebar CRT.Plasma gas juga menggunakan fosfor seperti halnya pada teknologi CRT, tetapi layar pada plasma gas dapat perpendar tanpa adanya bantuan cahaya di belakang layar. Hal itu akan membuat energi yang diserap tidak sebesar monitor CRT. Kontras warna yang dihasilkan pun lebih baik dari LCD. Teknologi plasma gas ini sering bisa kita jumpai pada saat pertunjukan-pertunjukan musik atau pertandingan-pertandingan olahraga yang spektakuler. Di sana terdapat layar monitor raksasa yang dipasang pada sudut-sudut arena tertentu. Itulah monitor yang menggunakan teknologi plasma gas.
Langganan:
Postingan (Atom)