Kamis, 24 September 2009

Perubahan Perpustakaan di Abad 21

-->
Pengantar

Peran yang mengembangkan perpustakaan telah menciptakan satu set baru dan tantangan yang kompleks bagi mereka yang memberikan bangunan dan layanan perpustakaan. Perpustakaan abad ke-21 tidak lagi hanya akrab repositori untuk buku. Mereka telah berubah dan diperluas, telah ditinjau kembali dan tedesigried. Perpustakaan sekarang menyediakan berbagai peningkatan layanan yang berbeda, dengan menggunakan banyak media, dan menjangkau audiens yang lebih beragam daripada sebelumnya.
"Dalam rangka untuk merancang Library untuk kebutuhan pengguna masa depan kita perlu memeriksa Varied elemen yang terlibat dalam berbagai kompleks Perpustakaan kita miliki sekarang"

Pada tahun 2003, CABE dan Museum, Perpustakaan dan Arsip diterbitkan Dewan Better Public Libraries, yang menyoroti pentingnya inovasi dan kreativitas dalam desain perpustakaan umum. Sebuah studi yang saling melengkapi, 21st Century terlihat di perpustakaan Libraries 20 tahun dari sekarang, mengambil sebagai titik awal pertanyaan 'apa itu perpustakaan? " Dalam rangka untuk merancang perpustakaan untuk kebutuhan pengguna di masa depan, kita perlu memeriksa berbagai elemen yang terlibat dalam berbagai kompleks perpustakaan kita miliki sekarang. Laporan ini telah ditulis untuk perpustakaan profesional, pemerintah daerah, arsitek, perencana, dan semua orang yang terlibat dalam proses commissioning, merancang dan menjalankan layanan perpustakaan. Laporan mengeksplorasi berbagai elemen yang membentuk sebuah perpustakaan, dan mengidentifikasi tren yang membentuk kembali ide-ide kita tentang apa yang dapat perpustakaan. Ini juga proyek serangkaian skenario masa depan, memeriksa masalah, driver dan tren yang dapat memiliki dampak penting pada masa depan perpustakaan.
Skenario ini tidak berusaha untuk meramalkan masa depan, tetapi mereka menghasilkan sejumlah pertanyaan kunci. Mereka tidak hanya menyediakan kerangka untuk perdebatan tentang apa yang kita inginkan perpustakaan untuk kita, tapi juga mengidentifikasi pilihan utama untuk semua orang yang terlibat dalam memberikan layanan perpustakaan. Jika perpustakaan yang ada di papan gambar sekarang, dapat mengintegrasikan kebutuhan masa depan menjadi mereka yang sekarang, mereka akan sesuai dengan tujuan dan seterusnya hingga 2024.
Tulisan ini telah dikembangkan oleh Gedung Futures, dari kerja awalnya ditugaskan oleh Museum, Perpustakaan dan Arsip Dewan. Bangunan Futures didirikan pada bulan April 2002 untuk menciptakan ruang untuk diskusi mengenai kebutuhan masyarakat dari lingkungan binaan kami dan, akibatnya, lingkungan binaan profesi dalam dua puluh tahun dan seterusnya. Untuk informasi lebih lanjut tentang program Futures Bangunan, termasuk peristiwa, laporan dan online perdebatan, visitwww.buildingfutures.org.uk.
Pendahuluan
Laporan tentang kematian perpustakaan terlalu dilebih-lebihkan.
Revolusi teknologi pada 1980-an dan 1990-an secara luas dilihat sebagai membunyikan lonceng kematian bagi perpustakaan umum seperti yang kita tahu itu. Mengapa orang repot-repot untuk meminjam buku ketika mereka bisa dapatkan. semua informasi yang mereka butuhkan dari rumah mereka komputer? Prediksi ini telah terbukti tidak berdasar. Memang, ironisnya internet telah terbukti menjadi salah satu penyelamat saat ini perpustakaan umum.
Laporan ini, yang dibuat oleh Gedung Futures, melihat pada cara di mana perpustakaan umum telah diciptakan kembali diri dalam dekade terakhir, menghidupkan kembali peran mereka sebagai warga negara beacon untuk kebanggaan, sosial dan regenerasi ekonomi. Berurusan terutama dengan ditambah 4.500 perpustakaan umum di Inggris, THS publikasi mengakui bahwa sekolah, perpustakaan akademik dan komersial juga telah menjadi subyek inovasi desain yang cukup besar dalam beberapa tahun terakhir. Namun, perpustakaan umum di mana perubahan telah terbesar. Mereka telah berhasil diremajakan diri ke tempat-tempat di mana Anda sebagai kemungkinan untuk bertemu dengan seorang teman untuk minum kopi, melakukan pekerjaan rumah Anda, cari tahu lebih banyak tentang sejarah masyarakat lokal atau mengambil bagian dalam suatu kegiatan, sebagai meminjam buku.
Laporan ini mengidentifikasi empat elemen penting untuk hari ini perpustakaan umum: orang, program, mitra dan tempat. Sebuah angka yang lebih besar dan lebih luas campuran orang-orang menggunakan perpustakaan berkat yang baru dan inovatif program-program mereka berjalan. Setelah mitra komersial, seperti kafe atau penyedia internet, telah membuat perpustakaan menjadi tempat yang berbeda, terbuka untuk lebih lama dan lebih mudah diakses oleh banyak pengguna.
Laporan Perpustakaan Deadth Sudah Sangat berlebih-lebihan
Studi ini menjelaskan beberapa desain baru yang sukses untuk bangunan perpustakaan dan menunjukkan bagaimana menggambar pada tipologi arsitektur perpustakaan tradisional, serta mewujudkan ide-ide baru yang menanggapi meluasnya penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) dan budaya belajar sepanjang hayat.
Bangunan Futures menyimpulkan bahwa imajinatif yang dirancang dan responsif layanan perpustakaan umum dapat memainkan peran penting dalam mempromosikan kohesi sosial yang lebih besar dan rasa yang lebih kuat kewarganegaraan kebanggaan dan identitas lokal.
Apa itu Perpustakaan?
Belum lama berselang para pakar itu penyusunan obituari perpustakaan umum. Bahwa bertindak sekarang tampaknya prematur. Hari ini perpustakaan baru bermunculan di mana-mana, di pusat kota, di masyarakat pertambangan bekas, di pusat perbelanjaan dan perumahan baru di perkebunan besar. Awal tahun 2003, penulis arsitektur Bradbury Dominikus menyatakan dalam The Daily Telegraph bahwa perpustakaan hhe menjadi yang harus dimiliki elemen dalam perencanaan kota terkemuka skema. " Sebuah akrab jika lembaga penuaan baik di pedesaan dan perkotaan townscape tampaknya sudah melambung kembali dengan sepenuh hati.

Ironisnya hal itu telah menjadi kebangkitan teknologi informasi dan komunikasi (ICT)-pikir oleh beberapa pihak akan segera cabut steker pada layanan perpustakaan umum - yang telah tiba tepat pada waktunya untuk menyimpannya. Semua bangunan perpustakaan baru pada dekade terakhir di Inggris yang dikemas dengan terminal komputer, teknologi suite, ruang seminar, dan hot-desking stasiun email.

Namun demikian, perpustakaan jauh lebih dari sebuah bangunan. Seperti kutipan dari Matius Pertempuran menunjukkan, itu adalah cara mengatur dan mengatur kembali akses ke pengetahuan dan sumber budaya lain. Kadang-kadang bangunan baru akan menjadi cara paling tepat menyampaikan berbagai baru layanan perpustakaan, tetapi tidak selalu. Konfigurasi baru buku, informasi, akses untuk pembelajaran elektronik, dan layanan terkait bisa dikirimkan dalam berbagai cara dan melalui berbagai media. Meskipun demikian, bangunan akan selalu memainkan peranan penting, baik sebagai refurbishments adaptasi atau bangunan yang ada saham, joint venture dengan publik lainnya atau layanan komersial di berbagi (atau 'co-terletak') bangunan, atau dalam bangunan khusus iibrary baru yang berbicara kepada kebutuhan yang berubah dari abad ke-21.

Alasan untuk percaya bahwa layanan perpustakaan benar-benar memiliki masa depan yang sederhana. Sekarang, dan di masa yang akan datang, orang akan perlu untuk meng-upgrade atau belajar keterampilan baru berkali-kali dalam perjalanan kerja mereka - dan bahkan domestik dan rekreasi - hidup. Pendidikan tidak akan lagi menjadi sekali dan untuk semua operasi pada awal kehidupan, tetapi proses yang terus-menerus adaptasi, pengembangan diri dan kejuruan Skilling ulang yang akan berlangsung sampai orang-orang yang baik ke dalam delapan puluhan, dan bahkan lebih. Meskipun perkembangan tersebut muncul untuk lebih mengkonsolidasikan individualisation masyarakat meningkat, ini adalah bentuk individualisme marah dengan memiliki akar sejarah dalam perbaikan diri dan cita-cita demokrasi yang berpendidikan.

Lingkaran yang

Ini adalah argumen dari laporan ini bahwa desain masa depan perpustakaan dan layanan perpustakaan harus menemukan keseimbangan yang tepat antara empat faktor: orang-orang untuk siapa layanan perpustakaan dimaksudkan (bersama dengan staf yang menyediakan layanan), program layanan , acara dan kegiatan yang dibutuhkan untuk memenuhi kewajiban itu, para mitra dengan siapa otoritas perpustakaan mungkin ingin melakukan pengembangan bersama atau usaha, dan tempat perpustakaan itu sendiri (bersama dengan menawarkan ruang untuk memenuhi program yang ditunjuk paling efisien dan efektif ). Saling terkoneksi ini menetapkan tema strategis erat berkaitan dengan Museum, Perpustakaan dan Arsip Council cabang empat pendekatan kerangka program untuk inspirasi Belajar untuk Semua, yang didasarkan pada People, Places, Kemitraan dan Rencana.

Hal ini jelas dari analisis ini bahwa bangunan berpose peluang dan masalah. Pada abad ke-20 peran ikon perpustakaan pusat (seringkali sebuah bangunan klasik yang sangat penting simbolis) telah dilengkapi dengan pertumbuhan cabang perpustakaan, saat ini sering dikenal sebagai tetangga atau perpustakaan masyarakat. Ini juga telah menjadi ciri khas kehidupan di pinggiran kota, biasanya menawarkan fasilitas yang lebih sedikit, tetapi menyediakan banyak dibutuhkan peran sosial maupun intelektual. Arsitektur atau desain dari perpustakaan cabang cenderung lebih rendah-tombol, fungsionalis atau vernakular. Namun, sebagai kota-kota dan kota telah berubah dan diperluas, banyak bangunan yang telah menemukan diri mereka di tempat yang salah dan tidak dapat disesuaikan untuk memenuhi perubahan kebutuhan. Ini adalah alasan inilah layanan masa depan harus menganggap komponen bangunan dalam kaitannya dengan elemen-elemen penting lainnya, dan bukan sebagai satu-satunya solusi untuk of'making itu tantangan baru '.
Fasilitas dan layanan yang menyediakan perpustakaan umum berubah untuk memenuhi kebutuhan budaya baru dan kepentingan, pada yang semakin laju transformasi budaya dan teknologi, terutama dalam menanggapi perkembangan media baru: CD, video dan DVD, berbicara buku, komputer perangkat lunak, akses internet. Proses adaptasi ini bukan hal baru: gedung perpustakaan di Britania pada 1930-an sering dimasukkan kecil galeri seni, teater, atau bahkan sebuah film teater. Mereka juga meminjamkan keluar bingkai cetakan dan jigsaw puzzle. Hari ini, perpustakaan dapat juga menggabungkan pelatihan komputer suite, nasihat pusat, layanan karir, kafe, perpustakaan dan pekerjaan rumah mainan pusat.

Lebih jauh lagi, saat ini layanan perpustakaan dapat diberikan di samping bangunan pelayanan publik lainnya, kadang-kadang dalam kombinasi yang tidak biasa dan menarik. Sejumlah perpustakaan di bekas penambangan masyarakat di Durham dan Sunderland juga beroperasi sebagai 'balai desa elektronik'. Dalam Bishop Auckland, saham perpustakaan balai kota yang direhabilitasi dengan galeri seni yang indah dan teater. Dalam Houghton Le Spring dekat dengan Sunderland, desain pusat perpustakaan baru juga memasukkan anak-anak bayi, sebuah pusat pemuda dan fasilitas polisi setempat. Perpustakaan baru pada bulan Maret, Cambridgeshire, dirancang oleh Bernard Stillwell Associates, dan pemenang tahun 2003 Civic Trust Award, rumah-rumah Pendaftaran setempat Kelahiran, Perkawinan dan Kematian, serta perkawinan suite. Perubahan di bidang jasa dan fungsi jelas perubahan berarti dalam desain dan rencana. Desain perpustakaan tradisional harus De diadaptasi atau digantikan.
2. Drive of Change

Laut ini perubahan dalam cara berpikir tentang bangunan dan layanan perpustakaan bukan sekadar upaya terakhir untuk appear'relevant '. Sosial dan tren demografi saat ini menanggung pentingnya pembaharuan sipil seperti ruang-ruang, dimana bentuk-bentuk baru multi-budaya kewarganegaraan yang ditimbulkan melalui berkualitas tinggi dan dirancang dengan baik kolektif penyediaan, ditambah dengan etos saling menghormati, yang menimbulkan perpustakaan secara tradisional, dan sekarang melakukannya lagi. Sepuluh pemicu perubahan yang terutama perlu diperhatikan:

Munculnya lebih lanjut dan pendidikan tinggi


Yang terus naik orang-orang muda memasuki lebih lanjut dan pendidikan tinggi merupakan tren jangka panjang, dan termasuk mereka yang 'kembali' untuk pendidikan atau pelatihan di kemudian hari. Permintaan terbesar di perpustakaan umum selama dekade terakhir telah berlangsung selama tenang, aman ruang belajar. Pemerintah telah mengungkapkan keinginan bahwa 50% dari siswa sampai dengan usia 30 tahun akan memasuki beberapa bentuk pendidikan tinggi pada tahun 2010. Perpustakaan Norwich baru menawarkan 85 komputer dengan akses internet, 220 ruang belajar, serta lebih dari 120.000 buku. Perpustakaan baru di kota pasar kecil Maret 900 pengguna terdaftar untuk program pembelajaran dalam enam bulan pertama pembukaan.

Yang terus-menerus dari satu orang rumah tangga


Ada juga yang diucapkan kecenderungan hidup sendirian - dengan 'rumah sendiri' sindrom. Pada tahun 1971, hanya 18% rumah tangga di Inggris adalah satu-orang rumah tangga; pada tahun 2016 diperkirakan bahwa angka ini akan berlipat ganda menjadi 36%. Bersama dengan meningkatnya jumlah siswa, kedua kelompok cenderung untuk meningkatkan penggunaan perpustakaan umum tidak hanya sebagai pusat studi, tetapi juga sebagai tempat pertemuan di kota atau kota. Orang-orang Skandinavia telah lama diberikan untuk menggambarkan perpustakaan modern sebagai 'ruang tamu di kota', atau 'salon kota', seorang sipil dan pendidikan alternatif dari ingar-bingar dunia komersial pusat perbelanjaan modern atau bertema bar. Perpustakaan yang menyesuaikan diri dengan tuntutan-tuntutan ini melalui perbaikan desain interior, serta sebagai 'nilai tambah' fasilitas yang mereka berikan: tidak hanya kursi, sofa, dan bahkan kopi segar bagi mereka yang ingin menelusuri, tetapi juga kelompok-kelompok membaca, selebriti kuliah, dan sebuah penuh peristiwa berdarah program dan kegiatan. Ide baru Simpan dalam Bow menampilkan layar plasma besar di pintu masuk, yang merinci program setiap hari peristiwa dan kursus.

Meningkatkan mobilitas


Tren demografis penting lain adalah bahwa peningkatan mobilitas penduduk dan profesional (atau demografis 'bergolak' seperti yang kadang-kadang disebut). Yang tumbuh proporsi penduduk perkotaan kontemporer terdiri dari bisnis yang bergerak profesional, pekerja kontrak dari negara lain, pencari suaka, dan kelompok-kelompok transien. Semua kelompok-kelompok seperti itu perlu atau ingin tetap berhubungan dengan rekan kerja, teman dan keluarga di seluruh dunia, sehingga perpustakaan kota menjadi semacam poste restante elektronik, di mana orang-orang yang memanggil setiap hari (seperti dengan internet cafe) untuk mengirim dan mengambil e-mail mereka. Birmingham Perpustakaan memiliki email suite terminal di dekat pintu masuk untuk memudahkan akses dari jalan - suatu bentuk panas desking publik.

Kemajuan teknologi

Perubahan dan kemajuan teknologi cenderung lebih cepat, dan mungkin kurang dapat diprediksi, daripada sebelumnya. Broadband, wi-fi, mobile telephony, semua berkontribusi pada peningkatan kecepatan dan ketersediaan langsung komunikasi internet, dan sampai saat ini perpustakaan telah cukup mampu untuk tetap bertahan. Hal ini terbukti bahwa semakin banyak orang khawatir bahwa mereka tidak mampu mengikuti kemajuan teknologi baru, di pasar konsumen di mana model terbaru dinyatakan berlebihan dalam hitungan bulan. Sebagai contoh, untuk banyak orang muda di Jepang komputer pribadi sudah masalah sejarah, seperti yang dengan cepat digantikan oleh ponsel. Dalam dunia semacam ini, semakin banyak orang (terutama proporsi yang semakin over-60s) dapat memilih untuk mengandalkan id penyediaan kolektif ICT, daripada membuang-buang uang risiko peralatan rumah tangga yang mungkin digantikan secara teknis dengan sangat cepat. Meskipun demikian, buku pinjaman bisnis masih the'core 'dari banyak layanan perpustakaan umum, dan popularitas buku ini sebagai bentuk budaya tidak mungkin ditantang dalam waktu dekat.

Sosial interction


Semakin banyak orang hari ini menghargai nilai tambah yang dapat memberikan dukungan yang terampil untuk setiap tugas atau kegiatan, apakah itu dalam bentuk pelatih kebugaran pribadi, seorang spesialis hari libur atau pensiun penasihat, atau seseorang di toko komputer yang berbicara Anda melalui teknologi Anda ingin membeli. Salah satu pemimpin bisnis yang diwawancarai tentang hi-tech baru Norwich Perpustakaan, mengatakan bahwa ia menggunakannya untuk tujuan pribadi, tapi tidak tahu bagaimana cara menggunakannya di dalam karyanya, karena ia merasa bahwa orang-orang bisnis 'perlu sendok makan dan memberitahu Anda dapat menggunakannya untuk ini, ini dan ini. " Dalam dunia yang kompleks informasi modern, generasi baru dari pustakawan menjadi 'pengetahuan navigator', bukan sekadar cataloguers dan rak-pengisi yang menghindari kontak publik.

Kelestarian lingkungan


Masalah lingkungan hidup dapat semakin mendukung bentuk kembali bersepeda dan penggunaan bersama sumber daya umum, sehingga menguntungkan perpustakaan - yang telah menyediakan buku teks historis contoh sebuah institusi yang mendukung kembali penggunaan dan kolektif penyediaan barang-barang konsumsi (terutama buku, rekaman musik , video dan DVD) daripada kepemilikan individu mereka. Perpustakaan memainkan peran yang tak ternilai Dalam menjembatani kesenjangan antara teknologi kaya dan miskin dalam masyarakat kontemporer, sebuah kesenjangan yang tidak mungkin berkurang. Meningkatnya kekhawatiran risiko lingkungan sekitarnya produk makanan, zat-zat beracun, masalah kesehatan, seperti yang andclimatological risksuch banjir, menempatkan premi pada peningkatan kualitas tinggi, dapat diandalkan informasi publik,

Tren ekonomi


Dalam bidang ekonomi, ancaman yang ditimbulkan sektor swasta untuk layanan perpustakaan tradisional, melalui pertumbuhan yang lebih user-friendly rantai toko buku, layanan informasi online ke kantor dan rumah, bersekutu dengan persepsi layanan perpustakaan sebagai bagian dari gagal sektor kota, untuk sementara ditahan, dan di beberapa tempat terbalik. Namun demikian, ada bukti bahwa kelompok-kelompok kunci tertentu opini dan kelompok usia - terutama trend-setter anak muda dan kelas menengah profesional - telah meninggalkan layanan perpustakaan, dan kecuali theirsupport dan bunga kembali ditangkap, layanan akan perjuangan untuk memajukan para menyebabkan dan mempertahankan yang positif profil publik dan media di lorong-lorong kekuasaan.


Bentuk-bentuk baru demokrasi


Pengenalan kemungkinan pemungutan suara elektronik dalam waktu dekat ini berarti bahwa perpustakaan bisa mengambil pusat tahap yang lebih peran dalam keterlibatan politik, menyediakan fasilitas komputer yang dibutuhkan untuk generasi berikutnya TPS. Ada juga tumbuh minat dalam menciptakan bentuk-bentuk baru debat demokratis, partisipasi dan keterlibatan dalam pengambilan keputusan, baik melalui kelompok fokus, warga 'forum, pengawasan panel, penciptaan newsgroup elektronik, atau bentuk lain berbagi pendapat. Perpustakaan umum menyediakan alami bagi banyak dari kegiatan ini, yang cocok dengan peran sejarah sebagai penyedia akses bebas ke dunia pengetahuan dan kebudayaan. Ada perangkap tersembunyi untuk perpustakaan di dilihat sebagai terlalu dekat bersekutu dengan sistem politik, daripada memberikan yang independen, tidak memihak, akses terhadap informasi. Selama tahun-tahun terburuk dari perselisihan dan kekerasan sektarian di Irlandia Utara, hampir setiap lembaga lain - gereja, sekolah, dan pub-dikaitkan dengan satu agama atau sekte politik atau lainnya. Perpustakaan umum saja menawarkan wilayah netral di mana kepentingan-kepentingan sektarian harus ditinggalkan di pintu. Namun demikian, ada juga busur manfaat yang signifikan bagi perpustakaan dalam melakukan seleksi baru dari pengguna melalui perdebatan konstruktif mempromosikan isu-isu penting.

Governance


Ada juga kekhawatiran tentang bentuk jangka panjang dan masa depan pemerintah daerah itu sendiri, saat ini penyedia layanan perpustakaan umum di Britania. Terlepas dari pembangunan pemerintah daerah, kemungkinan hilangnya dewan daerah, dan pertumbuhan yang lambat trusts otonom dan bahkan kelompok-kelompok sektor swasta mengambil alih layanan pemerintah daerah tertentu ada beberapa ketidakpuasan sudah - dan telah berlangsung selama beberapa waktu - dengan semata-mata kesenjangan kualitas dalam layanan perpustakaan dari satu otoritas lokal lainnya. Dari waktu ke waktu panggilan untuk 'layanan perpustakaan nasional' muncul dari pinggiran, dan meskipun ini tidak mungkin, dapat dipastikan bahwa pemerintah nasional akan terus berusaha untuk meningkatkan standar-standar di seluruh papan, apakah dengan tongkat atau wortel; paling mungkin, baik . Hal ini seharusnya tidak mengarah ke nasional 'off-the-rak perpustakaan desain daripada situs lokal berbasis desain dan keterlibatan stakeholder.

Dukungan politik jangka panjang


Perpustakaan sering dianggap sebagai institusi yang berharga dan aman, unbiasedin barang dan jasa yang ditawarkan, netral secara politik, sebuah layanan yang membutuhkan perawatan untuk memenuhi kebutuhan bagian-bagian tertentu dari masyarakat yang sebaliknya tidak kuat: anak-anak, mereka yang tidak tinggi pendidikan formal dan orang tua. Namun juga dirasakan, kadang-kadang oleh orang-orang yang sama yang kalau tidak mendukungnya, untuk keluar dari sentuhan, juga kota, dan kurang bakat. Menurut analis kebijakan Pemerintah, Geoff Mulgan, tidak ada pelayanan publik mampu kehilangan dukungan kunci tertentu 'kelompok ayunan', yang dilihat menentukan begitu banyak dari apa yang menjadi kebijakan publik. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa desain dan berani tingkat tinggi kapasitas teknologi hanya sebagai penting bagi keberhasilan masa depan layanan sebagai peran sosial yang berkelanjutan.

3. Desain dan etos Perpustakaan

Bagaimana orang-orang akan mengenali perpustakaan masa depan? Hal ini tidak mungkin bahwa Britania jalan tinggi akan melihat lebih banyak bangunan neo-klasik dengan mengesankan pintu masuk, diambil dari sebuah buku pola arsitektur yang perpustakaan tanggal kembali ke Aleksandria. Namun, bahkan dengan sebuah bangunan yang khas seperti Alsop & Störmer's ikon Peckham Library, para desainer merasa berkewajiban untuk topi pada garis atap dengan judul generik 'PERPUSTAKAAN', terlihat mil. Menurut Fred Manson, mantan Direktur Regenerasi dan Lingkungan Hidup di Southwark Council dan terlibat dalam Peckham commissioning Perpustakaan, kata itu sendiri terus mengerahkan perilaku yang sangat kuat daya (atau 'merek') yang hampir secara universal diakui oleh semua orang. Perpustakaan, seperti sekolah atau gereja, isnotjust jenis bangunan umum, tetapi dilihat untuk mewujudkan nilai-nilai tertentu, orang-orang yang telah terbukti sangat tahan lama.


Namun, karena unsur penting desain perpustakaan saat ini membutuhkan banyak dari unsur-unsur dari budaya ritel - termasuk lokasi - maka bukan hanya merupakan perbedaan tradisional antara perpustakaan pusat dan perpustakaan cabang tidak lagi dapat dilaksanakan, tetapi juga beberapa perpustakaan baru mungkin hanya mengharapkan untuk memiliki seumur hidup sering tahun atau bahkan kurang sebelum mengikuti pengecer lain untuk wilayah yang lebih baru. Ada kemungkinan lebih besar tumpang tindih antara arsitektur tradisional dan desain interior kode dan praktek. Hal ini tetap kemungkinan bahwa beberapa bangunan perpustakaan pusat yang baru akan tetap utama proyek desain, mempertahankan fitur gedung perpustakaan umum.

Beberapa elemen desain kunci


Di antara isu-isu desain yang akan terpenting dalam perkembangan ini, berikut ini adalah disorot:

Membentuk etos yang sesuai


Perpustakaan di lokasi tertentu dapat menampilkan diri mereka ke publik dengan cara tertentu dan dengan program-program khusus: apakah sebagai pembelajaran seumur hidup pusat, sebagai pasar budaya-tempat, seperti pengaturan jenis baru aspirasi gaya hidup, sebagai badan informasi publik dan hak-hak kesejahteraan, atau sebagai fasilitas masyarakat dan tempat pertemuan. Masing-masing desain perpustakaan harus mencerminkan layanan prioritas dan etos yang ditawarkan di perpustakaan untuk set pengguna tertentu.

Perpustakaan adalah ruang publik (dan tempat)

Secara historis, desain perpustakaan telah ditekankan sifat publik, mengesankan wixh pintu masuk, tinggi langit-langit dan atap kubah, tetapi juga dengan hubungan diucapkan ke jalan di luar. Beberapa perpustakaan memiliki tingkatan langkah di depan mereka, di mana orang-orang duduk di cuaca cerah, untuk mengobrol, atau mengambil istirahat dari studi mereka di dalamnya. Langkah-langkah di depan Perpustakaan Umum New York, misalnya, terkenal sebagai tempat pertemuan; demikian juga adalah langkah-langkah di luar British Library yang lama, karena mereka masih hari ini di luar Perpustakaan Pusat Birmingham. Banyak perpustakaan telah dirancang dengan taman di depan mereka, seperti dapat dilihat di Bromley dan Middlesbrough, sekali lagi menekankan hubungan baik dengan interior dan eksterior aspek dari ranah publik. Meskipun di masa depan, beberapa yang lebih megah atau aspek yang monumental arsitektur perpustakaan mungkin ditinggalkan, persyaratan untuk menegaskan kewarganegaraan (bahkan ennobling) kualitas ruang perpustakaan dan hubungannya dengan jalan di luar, tetap menjadi prioritas desain.

Menemukan cara melalui labirin


Sesuai dengan sifatnya, perpustakaan penuh dengan tanda-tanda dan referensi untuk sistem klasifikasi misterius, sering membingungkan pembaca awam. Pentingnya pola sirkulasi jelas, arsitektur dan spasial keterbacaan, dan koheren dan menarik signage tidak dapat di ¬ diperkirakan. Dalam hal ini, perpustakaan baru dan pusat pembelajaran Maret adalah contoh: ketika Anda memasuki pintu, seluruh perpustakaan dan bagian diletakkan sebelum Anda, jelas tanda-dipasang dan diberi label, semua yang memungkinkan pengunjung pertama kali untuk memahami dan mengerti apa yang ditawarkan dalam sekejap.

Merancang (dan keluar) teknologi


Semua fasilitas perpustakaan, dari ukuran apa pun, akan perlu untuk memasukkan ICT dan layanan online. Semua peralatan ICT hadir dengan desain dan konstruksi khusus sendiri persyaratan: pengkabelan, jaringan, pencahayaan, panas-perpindahan, keamanan, dan seterusnya. Desain juga perlu mengambil masalah papan monitoring dan pengawasan terhadap penggunaan ICT; pertanyaan yang sulit yang sesuai dan tidak tepat menggunakan (misalnya mengakses pornografi), atau kesesuaian ICT baik untuk individu dan kelompok digunakan. Teknologi akan terus berevolusi: skala besar, mengirim telegram layar dan monitor mungkin sebentar lagi akan digantikan oleh laptop nirkabel dan portabel. Hot-desking telah tiba di beberapa perpustakaan.

Perpustakaan sebagai rumah kedua


Hubungan antara perpustakaan dan rumah yang berubah, karena lebih banyak katalog perpustakaan online, mempermudah orang untuk memesan, cadangan atau memperbarui perpustakaan saham, dan bahkan termasuk newsgroup elektronik yang didirikan oleh perpustakaan untuk pendidikan tertentu atau kelompok-kelompok kepentingan budaya. (Pada bulan November 2003 tercatat bahwa, forthe pertama kalinya, lebih dari 50% populasi di Inggris memiliki akses ke internet). Akibatnya perpustakaan sedang de-institution2lised, dan menjadi lebih mirip sebuah klub atau pusat hiburan. Sebagaimana telah dicatat, di Swedia mereka bicara tentang perpustakaan umum sebagai ruang hhe di kota 'atau bahkan kota hhe salon', desain interior dan perabotan dapat membantu menciptakan yang lebih domestik, klub-seperti rasa keanggotaan dan termasuk: sebuah rumah dari rumah.

Sebuah jendela pada dunia


Historis orang perpustakaan telah menawarkan kesempatan untuk melarikan diri, untuk menjelajahi dunia lain melalui buku-buku, jurnal, dan bentuk pendidikan diri, dan desain dan arsitektur mereka sering tercermin ini. Desain perpustakaan di masa depan harus juga mencerminkan rasa ini mengangkat, kesenangan, dan kemungkinan hidup-perangkat tambahan. Terlalu banyak hari ini tampaknya masih terbebani dan kusam municipalism, terutama di daerah-daerah miskin. Visual transparansi yang lebih besar antara interior dan eksterior wo rids sekarang tampaknya merupakan tanda yang lebih terbuka dan demokratis budaya.

Sisa-tabling akses dan sirkulasi
Pertimbangan penting lainnya yang berkaitan dengan desain perpustakaan, adalah perlu untuk dapat bagian dari atau menutup beberapa daerah pada waktu yang berbeda sepanjang hari atau malam hari untuk memenuhi kebutuhan lain, terutama ketika layanan perpustakaan dibagi dengan layanan lainnya; atau ketentuan komunitas ruang rapat, di mana akses ke fasilitas toilet dan katering diperlukan tanpa harus membuka seluruh bangunan. Desain perlu mempertimbangkan hal-hal of'time-manajemen 'dan alokasi ruang dan pola sirkulasi yang mencerminkan baik jangka pendek dan jangka panjang penggunaan perpustakaan umum.

Penanganan konflik dan kepentingan


Karena berbagai orang yang menggunakan perpustakaan, konflik harapan dan gunakan dapat terjadi. Beberapa di antaranya dapat diselesaikan dengan masalah timetabling dan sirkulasi, sebagaimana telah ditunjukkan di atas. Anak-anak di perpustakaan daerah terkadang berisik dengan lagu-lagu dan permainan, dan harus dirancang untuk mengurangi dampaknya terhadap pengguna lain (seperti, pada gilirannya, anak-anak perlu dilindungi dari kepentingan pemangsa sebagian orang dewasa). Remaja mungkin ingin duduk dalam kelompok dan berbicara, ketika mereka membaca majalah atau mendengarkan musik pada pos-pos. Perpustakaan bersejarah kesunyian suasana tidak lagi sesuai dengan banyak perpustakaan baru menggunakan dan pengguna. The penentuan tapak kafe perpustakaan adalah masalah klasik yang dihadapi perpustakaan setiap perancang. Karena perpustakaan sangat umum, dan menawarkan begitu banyak kegunaan yang berbeda, penanganan potensi konflik penggunaan isu penting, yang desain bijaksana dapat membantu meminimalkan jika tidak menyelesaikan seluruhnya.

Desain ramah keluarga


Antara kelompok-kelompok yang paling setia pengguna perpustakaan adalah orang tua dengan anak-anak dan elderiy. Perpustakaan tetap merupakan institusi inklusif secara sosial dan ini harus dapat tercermin dalam isu-isu akses fisik dan keluarga-desain ramah Mendorong orang untuk tinggal lebih lama, dan menggunakan lebih dari satu fasilitas, berarti memberikan toilet, minuman, dan rasa aman. Perpustakaan menjadi sebagai pusat belajar banyak, sebuah klub pekerjaan rumah dan sebuah tempat bersantai bagi orang-orang muda karena merupakan tempat di mana buku-buku yang dipinjam dan dikembalikan dalam waktu sesedikit mungkin.

Masalah Keamanan


Perpustakaan saham-saham adalah barang publik, dan harus dilindungi dari pencurian. Hari ini sebagian besar dilakukan secara elektronik, dengan gerbang keamanan di pintu masuk yang dapat mendeteksi buku-buku, video atau CD, yang belum diproses dan tilang. Semakin banyak perpustakaan berinvestasi dalam terminal pelayanan mandiri yang dapat 'check out' saham secara otomatis. Namun, beberapa pintu gerbang keamanan designersf.nd mengirim pesan yang salah kepada pengguna dan pengguna potensial - mengacu pada 'pintu putar mentalitas' - dan lebih memilih untuk mencari cara lain untuk mencegah pencurian, terutama melalui penggunaan CCTV dan staf keamanan, serta kasus keamanan individu untuk video, CD dan DVD. Dalam perpustakaan sibuk digunakan oleh semua bagian dari populasi, keamanan merupakan masalah penting, untuk ditangani secara sensitif jika tidak untuk menciptakan efek yang salah.

4. Perpustakaan Masa Depan Skenario


Satu dapat melihat beberapa jenis bangunan dan layanan perpustakaan muncul dari analisis ini, yang beberapa kemungkinan tipe generik disketsa pada garis bawah ini. Dari ini, dan jenis perpustakaan lainnya dan jasa, semakin banyak pengguna perpustakaan dan pemegang saham lainnya akan diundang untuk bergabung dengan arsitek, perancang dan pengelola perpustakaan di masa depan untuk menciptakan gedung perpustakaan dipesan lebih dahulu (atau jaringan tersebar tapi terkoordinasi perpustakaan jasa), yang akan memenuhi kebutuhan khusus masing-masing tempat dan masyarakat tertentu. Di Lambeth, misalnya, Dewan Perpustakaan, Arsip dan Layanan Aits saat ini bekerja dengan Tempat Belajar Konsorsium untuk mengembangkan sejumlah spesialis baru perpustakaan di borough. Ini termasuk kerja dan usaha perpustakaan di Stasiun Waterloo, keluarga kesehatan berorientasi perpustakaan di Clapham, sebuah perpustakaan seni dan pusat studi sejarah dan sastra Hitam di Brixton, dan sejumlah perpustakaan lain yang dipesan lebih dahulu untuk memenuhi kepentingan dan kebutuhan masyarakat dan mitra proyek. Di Hampshire, perkembangan sejumlah 'Discovery Centres' sedang dalam proses, awalnya di Gosport dan Winchester, yang akan menyediakan pusat-pusat layanan perpustakaan tradisional bersama-sama dengan luas dan akses internet gratis, kafe, ruang pameran dan kinerja.
Di masa mendatang kita mungkin mengharapkan untuk melihat banyak folowwing, dan lain-lain selain:


PROGRAM: rumah cenderung ekstensif arsip dan bahan-bahan referensi, bahan-bahan sejarah lokal, berbagai buku dan bahan-bahan audio-visual, ruang pertemuan untuk pameran, acara dan upacara fungsi, kopi bar dan vhome-dari-rumah 'ruang baca, besar - skala akses komputer. TEMPAT: sebuah kota atau pusat kota bangunan, orang-orang yang hebat-Penarik, menghadap ke alun-alun utama atau ruang publik. ATRIBUT FISIK: mungkin dirancang oleh arsitek tanda tangan, perlu menciptakan keberadaan umum yang penting dalam townscape.


The Neighbourhood seumur hidup Learning Centre


ORANG: melayani orang-orang yang mungkin akan menghabiskan sebagian besar waktu mereka di rumah, tapi yang membutuhkan fasilitas drop-in lokal: mereka yang terlibat dalam perawatan anak, mereka yang bekerja di rumah, orang-orang pensiunan. KEMITRAAN: kemungkinan untuk dikembangkan dalam kemitraan dengan inisiatif pembaruan lingkungan, pendidikan orang dewasa dan skema pelatihan kerja.
PROGRAM: drop-di penitipan bayi, ruang pertemuan masyarakat, foto-mesin fotokopi, kisaran yang lebih kecil buku dan bahan-bahan lain, tetapi di rect akses ke buku perpustakaan yang lengkap dan audio-visual katalog online.
TEMPAT: menyambut, bisnis seperti suasana, jelas pembukaan kali, eksplisit fasilitas dan program acara. ATRIBUT FISIK: pengembangan cabang yang ada perpustakaan, berlebihan toko atau gedung gereja, diintegrasikan ke dalam transportasi lokal dan jaringan kelembagaan.


Yang tehme Perpustakaan atau gabungan Venture

ORANG: ditargetkan pada sosial tertentu dan grup demografis yang kebutuhannya tidak sedang bertemu atau kekhawatiran atau kelompok sasaran dari lembaga-lembaga publik lainnya. KEMITRAAN: pelayanan kesehatan, pelayanan sosial, pelayanan anak, sekolah, (dalam kasus Perpustakaan Maret, layanan pencatatan pernikahan), seni dan museum layanan, organisasi keagamaan. PROGRAM: program akan jelas mencerminkan kepentingan mitra lain, apakah ini adalah sebuah museum atau galeri operator (sehingga menciptakan sebuah 'seni perpustakaan' atau 'perpustakaan museum'), atau layanan kesehatan dan kesejahteraan. TEMPAT: ini mungkin merupakan perpanjangan layanan perpustakaan ke pusat kesehatan yang ada, galeri atau museum atau bersama-build baru. FISIK ATRIBUT: desain akan mencerminkan etos mitra utama dan fasilitas yang mereka ingin berikan.


Mobile Library atau POD


ORANG: rumah-terikat pengguna perpustakaan, mereka yang memiliki akses ke transportasi umum, mereka yang tinggal di
pemukiman pemukiman terpencil. Juga layanan bisa besar peristiwa luar, atau dibawa ke peristiwa penting
atau lokasi - pameran bisnis, stasiun kereta api, bandara - untuk mempromosikan layanan perpustakaan untuk pengguna baru.
KEMITRAAN: pendidikan dan pelatihan jasa, layanan dukungan bagi e'derly dan
tinggal di rumah, bisnis dan kemasyarakatan penyelenggara acara.
PROGRAM: kesempatan yang ideal untuk melatih orang dalam mengembangkan keterampilan komputer dasar,
jadi mengakses berbagai layanan online. Dasar pengiriman dan pengembalian buku yang dipilih
atau AV saham.
TEMPAT: layanan pergi ke mana diperlukan dan diinginkan.
ATRIBUT FISIK: peluang ideal bagi desainer untuk melengkapi berbagai standar
kendaraan umum maksimum penggunaan dan efek, atau membuat polong atau kios ponsel dengan mudah pindah dari
satu tempat yang lain. Bisa juga mengambil bentuk terminal tetap di jalan, menyediakan akses
ke layanan, atau bisa memiliki desain lagi hidup sementara masih mampu menjadi dibongkar.

Perpustakaan online

Orang: jangkauan terluas orang yang memiliki akses online di rumah. Kemitraan: layanan intranet sekarang menarik bagi layanan lain yang terlibat dalam transportasi berbagi skema, skema bersepeda kembali, pertukaran keahlian, dan informasi publik lainnya skema.
Program: akses ke katalog perpustakaan daerah yang lengkap dan lokal dengan fasilitas arsip dan memperbaharui memesan buku, yang bersekutu dengan pusat panggilan di mana pertanyaan terkait informasi publik dapat ditangani. Tempat: perpustakaan online memungkinkan hubungan yang sama sekali baru antara layanan perpustakaan (dan koleksi bangunan) dan rumah pribadi, atas dasar persyaratan dan kondisi yang dipilih oleh pengguna. Atribut fisik: daya tarik dan user-keramahan layanan online harus mencerminkan terbaik saat ini desain Web.

Dari formulir ini untuk Fungsi


Skenario di atas menunjukkan bahwa penyediaan perpustakaan bergerak jauh dari bentuk-bentuk hirarki tradisional, yang terdiri dari perpustakaan pusat kota megah di pusat kota dan serangkaian perpustakaan cabang yang lebih kecil di pinggiran kota. Ada bukti yang menunjukkan bahwa secara bertahap digantikan oleh hierarki fungsi, lebih individual dan dipesan lebih dahulu perpustakaan menjadi lebih umum, menawarkan layanan yang disesuaikan dengan kelompok sasaran spesifik pengguna. Dengan pergeseran ini muncul kebutuhan akan pengelolaan sensitif potensi konflik kunci desain, fungsi dan etos:


1. Mendapatkan keseimbangan yang tepat antara keselamatan dan keamanan pengguna dan saham-saham, sementara pada saat yang sama memberikan yang bersahabat dan lebih terbuka rencana tata letak


2. Mendapatkan prioritas waktu yang digunakan (dari popping in untuk mengembalikan buku untuk menghabiskan seluruh hari belajar) tercermin dalam alokasi ruang dekat atau jauh dari pintu masuk


3. Memastikan bahwa program sosial kopi, bar, ruang baca, video atau DVD preview suite, ruang seminar - tidak bertentangan dalam hal kebisingan dan aktivitas, dengan ruang yang dialokasikan untuk mempelajari dan browsing.

4. Menyediakan ruang khusus untuk pelayanan anak-anak yang aman, sementara juga mudah bagi staf perpustakaan untuk mengawasi


5. Memastikan bahwa kebutuhan kelompok yang berbeda pengguna - orang tua, pihak sekolah, siswa-dihormati, mungkin oleh bentuk-bentuk manajemen waktu. Sebagai contoh, permintaan untuk tempat duduk dan ruang membaca sering berarti bahwa peningkatan jumlah siswa yang menggantikan perpustakaan pengguna yang lebih tua mungkin ingin membaca surat kabar dan jurnal, membuat kedua merasa marah dan dikecualikan. Namun, perpustakaan juga merupakan satu-satunya tempat di mana dan sosial yang berbeda seperti kelompok usia datang ke dalam kontak, dan kontak ini mungkin juga memiliki lebih positif daripada konsekuensi negatif. Total pemisahan adalah tidak mungkin untuk mewakili solusi terbaik


6. Jam buka diperpanjang, bersama dengan pembukaan Minggu, menawarkan kesempatan untuk membentuk pola-pola penggunaan: gunakan malam dini bisa lebih pemuda-ramah; Minggu bisa menjadi hari tenang, hanya tersedia untuk browsing, meminjam dan belajar

7. Mempertahankan etos khas perpustakaan. Ada bahaya bahwa meningkatnya jangkauan dan individualitas dari bangunan perpustakaan dan jasa akan mengikis identitas 'perpustakaan', dan mengurangi pengguna perpustakaan 'melekat kepercayaan di perpustakaan sebagai independen, netral tempat dengan peran yang berbeda dalam budaya kolektif


Singkatnya, kemungkinan bahwa perpustakaan perlu berani tentang fasilitas dan layanan yang mereka berikan, dan harus dipersiapkan untuk membentuk ekspektasi publik penggunaan dan kenyamanan, daripada menawarkan serangkaian standar fasilitas dan layanan yang seragam di seluruh minggu.

Kesimpulan


Telah dikemukakan bahwa pelayanan perpustakaan umum di Inggris sedang memasuki era baru, tidak hanya dalam hal cf berbagai layanan itu menemukan dirinya menyediakan, tetapi dalam bentuk program kemitraan dan itu adalah dengan mengembangkan lembaga-lembaga publik lainnya atau operator komersial . Ada sejumlah bangunan baru dalam beberapa tahun terakhir yang telah menangkap semangat baru, dan apresiasi publik telah dihidupkan kembali - sebagai memiliki kepentingan politik dalam peran yang bisa bermain di perpustakaan sosial dan kemasyarakatan pembaruan.


Sejumlah tren penting ialah:


1. Di masa depan, kemungkinan bahwa lebih banyak perpustakaan akan dikembangkan dalam kemitraan dengan organisasi lain atau jasa, baik komersial supermarket atau penyelenggara pendidikan dewasa 2. Kemampuan beradaptasi yang lebih besar mungkin diperlukan dalam bidang-bidang seperti desain internal, sirkulasi, akses dan jam layanan dalam gedung perpustakaan, meskipun bangunan itu sendiri hanya merupakan bagian dari layanan perpustakaan yang lebih luas yang disampaikan melalui berbagai media elektronik dan fisik

2. Perpustakaan dapat menjadi pusat komunikasi utama untuk mobile populasi, dan desain mereka perlu mencerminkan Mevels dan lapisan yang berbeda masuk 'atau zona waktu yang berbeda: panas-desking, browsing, studi jangka panjang


3. Sebagai kebutuhan untuk belajar sepanjang hayat terus meningkat, lama tinggal menggunakan perpustakaan untuk tujuan studi akan membutuhkan lebih ramah dan layanan dukungan efisien - toilet, katering, rekreasi yang tenang zona-yang berarti bahwa perpustakaan cenderung menjadi lebih seperti anggota klub
Elektronik hubungan antara rumah dan perpustakaan cenderung meningkat, sehingga layanan perpustakaan dan 'pelanggan' adalah terus-menerus kontak dengan satu sama lain jika diperlukan

4. Pelayanan anak dapat tumbuh di penting sebagai perpustakaan menjadi aman, diawasi,
elektronik aman di kota, dan sebagai investasi pemerintah pada tahun-tahun awal penyediaan
terus tumbuh


5. Layanan perpustakaan virtual dapat disediakan 24 jam sehari, sementara layanan lain
akan ditawarkan di luar jam

Pertanyaan kunci


Secara keseluruhan, kecenderungan ini menunjukkan perkembangan yang semakin memancarkan layanan perpustakaan, dengan perpustakaan yang menawarkan program-program individual mereka sendiri berdasarkan layanan yang paling sesuai untuk mereka sendiri campuran dari pengguna tertentu. Pandangan masa depan menyajikan banyak kesempatan untuk perpustakaan untuk memainkan peran yang semakin penting dalam sosial, intelektual, budaya dan kehidupan masyarakat. Hal ini juga menciptakan sejumlah potensi masalah dan dilema bagi mereka yang secara langsung terlibat dalam pengelolaan dan pengembangan layanan perpustakaan di Inggris, serta politisi, pembuat kebijakan, dan banyak orang lain yang berbagi minat pada masa depan mereka, tentu saja termasuk mereka banyak pengguna. Pertanyaan-pertanyaan kunci berikut ini membentuk dasar untuk perencanaan masa depan layanan perpustakaan.


Diasumsikan bahwa inti pendanaan untuk penyediaan dan pemeliharaan perpustakaan akan datang dari dompet publik. Namun, dalam banyak sektor lain, pendanaan publik perlahan-lahan dikurangi seperti yang dituduhkan layanan-untuk memainkan peran yang lebih besar. Sejauh mana perpustakaan bisa beroperasi di pasar bersejarah mereka tanpa mengorbankan netralitas dan integritas intelektual? Mana uang akan datang dari untuk mendanai ekspansi?


Bagaimana perpustakaan aman layanan keuangan dan mitra untuk mencapai skala ekonomi dalam desain, biaya pembangunan dan pemeliharaan, dan untuk bersama-sama layanan dana? Ini dapat dicapai tanpa mengorbankan integritas dan kemandirian dari pelayanan perpustakaan?


Bagaimana perpustakaan dapat mengidentifikasi potensi baik dan stakeholder yang ada, yang kebutuhan, minat dan pandangan yang dapat membantu membuat layanan dan fasilitas yang terakhir lebih kuat dan tertanam dalam kebutuhan lokal?

Bagaimana stakeholder ini akan dikonsultasikan dan terlibat dalam keputusan-keputusan atas masa depan perpustakaan mereka?

Apa cara terbaik untuk memastikan singkat untuk gedung perpustakaan baru atau diperbaharui seefektif mungkin, dengan mempertimbangkan kontras, kadang-kadang bertentangan, program dan kelompok pengguna dan mencakup kebutuhan masa depan gedung? Bagaimana realistis pengelolaan jangka panjang dan biaya pemeliharaan akan dibangun di pada tahap awal?


Mengingat bahwa arsitektur lama bentuk desain yang berhubungan dengan perpustakaan memiliki terkesan diri pada imajinasi publik, apakah ada bahaya yang radikal untuk mengadopsi desain baru dan berbeda, identitas esensial perpustakaan akan hilang?


Masalah di atas diperparah oleh pandangan bahwa di masa depan, layanan perpustakaan mungkin perlu mengikuti perkembangan ritel seperti kepadatan penduduk pindah dari satu wilayah kota ke kota lain. Ini mungkin berarti menggunakan bangunan sementara atau kerang standar yang dapat dipasang dan akhirnya dikosongkan. Layanan perpustakaan harus berusaha untuk membangun untuk jangka panjang, atau masa depan untuk menjadi likeiy; dapat dipindah-pindahkan pesta?


Apakah perlu bagi semua perpustakaan saham-saham yang akan diselenggarakan di lokasi situs utama, atau mungkin mereka akan ditempatkan di gudang lebih murah di luar pusat kota? Apakah diinginkan untuk memisahkan kantor xfront 'fungsi, menempati situs utama, dari saham-saham yang dapat diakses dalam waktu singkat dari tempat lain? Hal ini terutama berkaitan dengan masalah bagaimana perpustakaan terus mengelola pelestarian, arsip, dan tanggung jawab referensi (semakin membutuhkan ruang pergudangan), dengan fungsinya sebagai FCR showcase kontemporer sastra, hiburan, pendidikan dan budaya media? Apakah harapan berbeda-beda ini bertentangan?


Jika ketentuan untuk aman, dapat diakses ruang publik untuk anak-anak dan kaum muda-yang tampaknya perpustakaan secara unik ditempatkan untuk menyediakan - merupakan prioritas baru, apa bentuk pemantauan dan keamanan perlu dikembangkan yang tidak pada saat yang sama muncul terlalu preskriptif atau berat tangan?


Bagaimana universalisme bersejarah perpustakaan umum yang akan menegakkan dengan persyaratan manajerial untuk memisahkan kelompok-kelompok pengguna yang berbeda dan kebutuhan mereka, terutama dalam budaya yang lebih tersegmentasi dan multi-media masyarakat?

A New era perubahan dan fleksibilitas


Perpustakaan berubah dengan cepat, dan kemungkinan bahwa pembangunan gedung baru layanan perpustakaan, baik dalam bangunan khusus mereka sendiri, atau bersama dengan jenis layanan lain, kemungkinan akan berlanjut pada kecepatan yang lebih cepat daripada selama bertahun-tahun. Banyak pemerintah daerah kini memiliki program untuk mengadaptasi atau mengganti semua bangunan perpustakaan mereka di masa depan. Meskipun ada banyak contoh gedung-gedung perpustakaan baru yang mengesankan, sebagian besar perpustakaan di Inggris disimpan di bangunan tua yang membutuhkan modernisasi signifikan. Masalah-masalah yang terlibat dalam beradaptasi untuk mengakomodasi penggunaan bangunan yang mereka tidak mungkin awalnya dirancang untuk bertindak sebagai sebuah rem utama ambisi. Bimbingan khusus diperlukan tentang bagaimana untuk mengatasi masalah ini.


Prognostications sederhana tentang masa depan sering salah, terutama jika mereka hanya ekstrapolasi statistik tren. Sebagai contoh, pada tahun 1966 ketika KCHarrison diproduksi SGBerriman dan penelitian mereka, Bangunan Perpustakaan Umum Inggris, mereka mencatat bahwa sudah beberapa perpustakaan Amerika telah memperkenalkan drive-in fasilitas bagi mereka yang tidak mau keluar dari mobil mereka. Mereka pergi ke Gunung menambahkan bahwa mungkin masa depan perpustakaan Inggris dapat dan harus direncanakan dengan fasilitas ini dalam pikiran. " Pandangan seperti itu tidak akan memperoleh banyak popularitas hari ini.


Sana akan terus menjadi bangunan disebut perpustakaan, terutama karena program perpustakaan 'telah tunduk pada perkembangan dan perubahan besar-besaran. Pada akhirnya itu adalah gagasan dari perpustakaan yang tetap prinsip organisasi kunci dari pelayanan perpustakaan umum, ruang dan tempat-tempat yang berwenang setempat dan lain-lain memilih untuk membangun dan mendiami semua mengalir dari sejarah intelektual yang ideal.

Tidak ada komentar: