Penerapan Model Sistem Kearsipan Elektronik

Arsip adalah salah satu sumber informasi yang sangat penting untuk menunjang proses kegiatan administrasi dan manajemen. Arsip elektronik adalah arsip diciptakan, digunakan dan dipelihara sebagai bukti transaksi aktifitas dan fungsi lembaga atau individu yang ditransfer dan diolah dengan system computer.
Penelitian ini bertujuan untuk membangun suatu model system kearsipan elektronik di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Lokasi dari penelitian ini adalah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta di Jalan Djuanda No. 95, Ciputat, Tangerang. Dasar pemilihan lokasi adalah karena UIN Syarif Hidayatullah Jakarta merupakan institusi pendidikan yang mempunyai tugas menjaga asset organisasi dan bertanggungjawab dalam pengembangan akademik, sedangkan sistem kearsipan elektronik merupakan salah satu bentuk informasi yang dapat diakses oleh pengguna melalui internet dan intranet.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik wawancara, pengamatan, dan penelitian dokumen sebagai metode pengumpulan data. Pengambilan model kearsipan elektronik memilih sistem kearsipan di Departemen Komunikasi dan Informatika (Depkoinfo) yang telah menerapkan dan mengeluarkan panduan manajemen sistem kearsipan elektronik.
Kegunaan dari penelitian ini adalah untuk memberikan masukan dan manfaat kearsipan elektronik bagi lembaga demi peningkatan pencarian informasi dan efisiensi pengelolaan kearsipan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sebagai lembaga Perguruan Tinggi.
Hasil penelitian ini memberikan gambaran model kearsipan elektronik di lingkungan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Kata kunci: Arsip, Arsip Elektronik
0