Senin, 30 November 2009

Penerapan Knowledge Preservasi di Perpustakaan FKIK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta


Aslinya dalam bentuk power point.
PENERAPAN KNOWLEDGE PRESERVATION
DI PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN (FKIK)
UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA


A. Latar Belakang

  • Perpustakaan FKIK berdiri bersamaan dengan adanya Fakultas Kedokteran dan Ilmu kesehatan, yakni tahun 2004
  • Visi dan Misi Perpustakaan FKIK UIN Jakarta adalah menjadi pusat informasi dan research
  • Perpustakaan adalah institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak, dan/atau karya rekam secara profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi para pemustaka. (UU No. 43 tahun 2007)
  • Untuk itu maka perpustakaan FKIK berkomitmen untuk selalu berusaha meningkatkan koleksi secara kuantitas maupun kualitas. Dan sampai saat ini perpustakaan telah memiliki koleksi berupa printed materials seperti buku, journal, modul, dan laporan penelitian, kumpulan kliping, serta nonprinted material seperti CD, DVD, dan dari e-journal, MN2DC dan penyediaan internet.
  • Bahan pustaka tersebut merupakan sumber ilmu bagi pengguna perpustakaan
  • Pustakawan bertugas menyelamatkan dan melestarikan koleksi perpustakaan


B. PETUGAS PERPUSTAKAAN FAKULTAS
  • Petugas perpustakaan terdiri dari: Kepala Urusan Perpustakaan, pustakawan, dan staf perpustakaan
C. DEFINISI
Menurut Dureau dan Clements (1990: 2):
  • Preservasi : kegiatan yang mencakup unsur-unsur pengelolaan keuangan, cara penyimpanan, tenaga, teknik dan metode untuk melestarikan bentuk fisik dan kandungan informasi bahan pustaka
Menurut O.P Agrawal :
  • RESTORASI : tindakan langsung yang bertujuan untuk memperbaiki isi visual atau image suatu bahan pustaka
  • KONSERVASI : tindakan langsung atau tidak langsung yang bertujuan untuk memperpanjang umur bahan pustaka
  • Knowledge (pengetahuan) adalah informasi yang kontekstual, relevant, dan dapat dilakukan. Secara sederhana, knowledge adalah informasi yang dilakukan. http://leuwiliang-bogor.blogspot.com/2009/09/pengertian-data-informasi-knowledge.html
  • Knowledge preservation adalah upaya-upaya sistematis untuk melestarikan pengetahuan yang ada pada suatu lembaga organisasi. Upaya tersebut dengan menyimpan dan mengolah informasi yang ada dalam organisasi itu untuk kemudian dikodifikasi dalam bentuk dokumen, audio visual, video dll untuk dapat dimanfaatkan oleh user dari lembaga tersebut dengan tujuan meningkatkan pengetahuan mereka. http://leuwiliang-bogor.blogspot.com/2009/09/pengertian-data-informasi-knowledge.html
D. JENIS PELESTARIAN BAHAN PUSTAKA
  • Pelestarian bentuk fisik bahan pustaka: konservasi, restorasi dan penjilidan bahan pustaka.
  • Pelestarian kandungan informasi bahan pustaka: alih media dalam bentuk foto, mikrofilm, mikrofis, CD dan lain - lain
E. TUJUAN PELESTARIAN BAHAN PUSTAKA
  • Mengusahakan agar koleksi selalu tersedia dan siap pakai
  • Menyelamatkan koleksi dari kerusakan dan kehancuran
  • Meningkatkan umur koleksi & nilai guna koleksi

F. FAKTOR-FAKTOR YANG MERUPAKAN PRIORITAS PELESTARIAN BAHAN PUSTAKA
  • Nilai bahan pustaka: mempunyai nilai sejarah, nilai estetika atau koleksi langka
  • Jenis bahan pustaka: bahan pustaka yang lebih cepat rusak dari bahan pustaka yang lain àdilestarikan bentuk fisiknya atau dialih mediakan
  • Kebutuhan pengguna jasa perpustakaan: sering dipinjam, dibaca atau dipamerkan?
  • Tersedianya dana untuk program pelestarian
G. Knowledge Preservation di Perpustakaan FKIK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

  • Preservasi di Perpustakaan FKIK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, ada 3 tahap prioritas :
1.Jangka pendek
2. Jangka panjang
3. Rancangan program knowledge preservation kedepan
1. Knowledge Preservation Jangka pendek
  • Local content: Laporan magang, skripsi, modul yang dibuat para dosen, kliping
  • Dokumen penting: Dokumen tentang pendirian FKIK, Surat2 keputusan Dekan yang berkaitan dengan kegiatan FKIK
2. Knowledge Preservation Jangka panjang: Mendigitalkan bahan pustaka, Alih Media Mikrofilm, Alih Media Mikrofilm, Alih media bentuk foto
3. Rancangan program knowledge preservation kedepan
  • Membuat dokumentasi riwayat pengalaman/tacit knowledge Petugas Mayat
  • Membuat dokumentasi riwayat pengalaman/tacit knowledge petugas lab. kimia
  • Membuat rekaman kegiatan mahasiswa melakukan anatomi di lab. Mayat
  • Petugas perpustakaan agar dilibatkan dalam setiap event-event rutin yang dilakukan mahasiswa, seperti kegiatan sirkumisasi, mentoring magang dll dengan tujuan pendokumentasiaan dan dijadikan bahan penting bagi mahasiswa baru.
H. FAKTOR - FAKTOR PENYEBAB
KERUSAKAN
1. Suhu dan kelembaban
2. Cahaya
3. Debu
4. Polusi udara
5. Binatang serangga
I. TINDAKAN PERPUSTAKAAN MENCEGAH KERUSAKAN BAHAN PUSTAKA
Perbaikan kecil :
  • Menggunakan selotape untuk menyambung kertas yang robek
  • Memperbaiki jilidan
  • Membersihkan ruangan, rak dan koleksi secara teratur
  • Ruangan perpustakaan ber-AC
Perpustakaan membuat peraturan:
  • Tidak makan di ruang koleksi
  • Tempat penyimpanan koleksi dibersihkan secara teratur
  • Susunan buku di rak tidak boleh terlalu rapat
  • Rak buku terbuat dari besi
  • Rak buku tidak menempel di dinding
  • Sampah dikeluarkan pada saat pulang
  • Mematikan kabel listrik bila tidak diperlukan

J. Pengembangan Perpustakaan
Untuk mengembangkan perpustakaan FKIK berorientasi pengguna, petugas perpustakaan dibekali pendidikan dan pelatihan, diantaranya yang sudah dilaksanakan:
  • Mengikuti short course ke Mc Gill yang diselenggarakan oleh Departemen Agama tahun 2006
  • Melakukan study banding ke perpustakaan Fakultas Kedokteran UI (FKUI), tahun 2007
  • Mengizinkan untuk mengikuti S1 Ganda Ilmu Perpustakaan yang diselenggarakan oleh Pusdiklat Departemen Agama tahun 2007
  • Mengikuti Pelatihan Pelayanan Perpustakaan yang diselenggarakan oleh Pusdiklat Departemen Agama tahun 2009
  • Mengizinkan untuk mengikuti S2 Ilmu Perpustakaan yang diselenggarakan oleh Departemen Agama tahun 2009

K. Kesimpulan
Perpustakaan FKIK berkomitmen untuk selalu berusaha meningkatkan koleksi secara kuantitas maupun kualitas dan perpustakaan sebagai media atau jembatan yang berfungsi menghubungkan antara sumber informasi dan ilmu pengetahuan yang terkandung di dalam koleksi perpustakaan dengan para penggunanya.
  • Untuk itu Pustakawan bertugas menyelamatkan dan melestarikan koleksi perpustakaan
  • Untuk mencapai hal itu, petugas perpustakaan dibekali pendidikan dan pelatihan untuk memperluas jangkauan akses pengguna.

Daftar Pustaka
  • Bahan Pelatihan Pelayanan Perpustakaan yang diselenggarakan oleh Pusdiklat Departemen Agama tahun 2009
  • Buku Panduan Perpustakaan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2007

Tidak ada komentar: