Jumat, 12 Maret 2010

Seleksi dan Evaluasi Sumber-sumber Referensi, Linda C. Smith

Sumber Referensi

Bagian I dari teks ini memperkenalkan berbagai layanan yang diberikan oleh pustakawan referensi dalam semua jenis perpustakaan dan pusat-pusat informasi. Penting bagi penyediaan layanan adalah koleksi sumber yang dipilih dengan cermat. Bab ini memperkenalkan jenis-jenis sumber-sumber yang paling sering digunakan dalam pekerjaan dan mendiskusikan pengembangan dan pemeliharaan koleksi referensi. Ini termasuk pertimbangan kriteria yang digunakan untuk mengevaluasi sumber-sumber serta meninjau media dan pedoman-pedoman untuk bahan referensi yang berguna dalam pengembangan koleksi.

Apa itu sumber informasi?
ALA Ilmu Perpustakaan dan Informasi menawarkan definisi berikut dari buku referensi: "1. Sebuah buku yang dirancang dengan penataan dan perawatan dari pokok masalah yang akan dikonsultasikan untuk item tertentu dari informasi daripada harus dibaca secara urut. 2. Sebuah buku yang penggunaannya dibatasi untuk gedung perpustakaan.
Konsep koleksi referensi terdiri dari buku-bukbu referensi adalah karakterisasi yang tidak memadai dari sumber daya yang paling sering digunakan oleh pustakawan referensi. Harrod's Librarians 'Glossary and Reference Book mendefinisikan konsep yang lebih luas sumber referensi: "setiap materi, yang diterbitkan kerja, database, situs web, dll, yang digunakan untuk memperoleh informasi autoritatif.

Jenis SumberSebagai alternatif, dimungkinkan untuk membagi sumber-sumber referensi menjadi dua kelas utama: kompilasi yang memberikan informasi secara langsung dan kompilasi yang merujuk kepada sumber-sumber lain yang berisi informasi, hanya menunjukkan tempat di mana informasi dapat ditemukan. Dalam prakteknya, perbedaan ini menjadi kabur karena sumber tipe pertama sering merujuk kepada orang lain untuk informasi lebih lengkap, dan itu tipe kedua yang memadai untuk menjawab beberapa pertanyaan. Sumber jenis pertama termasuk ensiklopedi, kamus, almanak, buku panduan, buku tahunan, sumber biografi, direktori, atlas, dan gazetteers; sumber jenis kedua meliputi katalog, bibliografi, dan indeks. Publikasi pemerintah, yang sering merupakan sumber informasi yang unik, diperlakukan dalam bab terpisah. Walaupun bukan subjek bab tersendiri dalam tulisan ini, pamflet dan kliping file sering bagian dari koleksi referensi, yang diselenggarakan oleh subyek dalam suatu file vertikal. Koleksi seperti itu cenderung bertajuk item bunga lokal, dipilih untuk nilai referensi potensi mereka .Pustakawan referensi membangun situs-situs Web untuk membuat link ke jenis informasi dalam bentuk elektronik.

Pengembangan Koleksi Referensi dan Pemeliharaan
Karya pustakawan referensi termasuk sumber-sumber koleksi referensi dan pengaturan dan pemeliharaan koleksi yang sesuai dan memadai sehingga dapat digunakan dengan mudah dan nyaman. Pengembangan koleksi yang tidak direncanakan dan penelantaran penyiangan dapat mengganggu efisiensi layanan referensi. Catatan pertanyaan yang tak terjawab adalah salah satu cara untuk mengidentifikasi kekurangan dalam koleksi yang ada.

Komponen KoleksiKarena koleksi referensi sekarang mencakup bahan-bahan dalam berbagai format, pustakawan referensi harus memutuskan apakah akan memperoleh judul tertentu yang lebih dari satu format. Saat ini, banyak judul yang ada dalam satu format, baik cetak, mikroform, atau elektronik. Lainnya tersedia dalam beberapa format yang berbeda. Misalnya, untuk membantu menemukan hunian nomor telepon, seseorang dapat membeli direktori telepon cetak , Phonefiche dalam mikroform, kumpulan direktori pada CD-ROM, atau salah satu kegunaan layanan direktori telepon yang tersedia secara bebas di Web. Meskipun format yang berbeda mungkin akan identik atau paling tidak tumpang tindih dalam isi, mereka mungkin berbeda dalam kemampuan pencarian.


Pengembangan Koleksi ReferensiPeningkatan biaya sumber-sumber referensi dan proliferasi format dan judul telah memusatkan perhatian pada pentingnya pendekatan sistematis untuk pengembangan koleksi referensi. Pustakawan memiliki lebih banyak pilihan daripada sebelumnya dalam menciptakan koleksi referensi yang responsif terhadap kebutuhan masyarakat yang dilayani. Banyak sumber yang digambarkan dalam teks ini biasanya membentuk inti dari sebuah koleksi referensi perpustakaan, tapi judul-judul lain dalam koleksi tertentu akan bervariasi tergantung pada kebutuhan lokal.

Keputusan dalam pengembangan koleksi termasuk apakah akan membeli judul baru diterbitkan, membeli edisi baru dari judul yang sudah dalam koleksi, membatalkan judul yang sekarang dapat diakses secara bebas di Web, melanjutkan serials seperti indeks, kontrak dengan vendor untuk akses online atau mendapatkan CD - ROM atau menggunakan database secara lokal, dan mengkoordinasikan pengembangan koleksi dengan perpustakaan lain untuk menjamin ketersediaan, setidaknya satu salinan perangkat mahal yang ditetapkan dalam wilayah geografis tertentu atau mengambil keuntungan dari harga pengaturan konsortial. Sebuah kebijakan pengembangan koleksi tertulis dapat memberikan panduan dalam membuat keputusan ini dan akan membantu dalam membentuk dan memelihara koleksi referensi yang efektif.
Sydney Pierce menunjukkan bahwa mengembangkan kebijakan pengembangan koleksi referensi referensi memerlukan staf untuk mengidentifikasi tujuan-tujuan yang harus dipenuhi oleh koleksi dan untuk menentukan isi koleksi: sifat dan organisasi dari berbagai bagian, kriteria untuk menempatkan bahan di setiap bagian, dan format dan derajat duplikasi yang diinginkan untuk referensi materials.
Survei menunjukkan bahwa banyak perpustakaan tidak memiliki kebijakan pengembangan koleksi tertulis . Bab 2 dari Christopher Nolan's teks pada mengelola koleksi referensi mungkin menguraikan unsur-unsur dari kebijakan pengembangan koleksi referensi, termasuk: (l) sebuah pengantar, pengembangan koleksi referensi yang berkaitan dengan koleksi perpustakaan secara keseluruhan rencana pembangunan; (2) lingkup koleksi; (3) tanggung jawab staf; (4) kriteria seleksi; (5) kebijakan khusus; (6) sumber-sumber dana untuk pembelian dari sumber-sumber referensi, dan (7) hubungan eksternal, posisi perpustakaan pada kerjasama dengan perpustakaan lain untuk koleksi referensi dukungan. Contoh kebijakan yang tersedia dalam literatur untuk menyediakan beberapa guidance.10

Susunan Koleksi
Sama seperti perpustakaan yang lain memiliki perangkat judul yang agak berbeda, membuat koleksi referensi mereka, ada susunan yang mungkin berbeda dari judul. Satu kemungkinan adalah untuk menjaga rahasia tanpa menghiraukan jenis pengaturan. Sebuah alternatif adalah kelompok jenis sumber bersama, menciptakan bagian untuk ensiklopedi, sumber biografi, direktori, indeks, dan sebagainya. Sebagian besar dari koleksi menunjukkan bagian dari judul sebagai referensi yang siap karena frekuensi yang mereka konsultasikan dan kebutuhan untuk akses cepat ke isinya.
Sulit untuk mengintegrasikan sumber-sumber yang memerlukan peralatan khusus, seperti pembaca microform atau workstation computer dan CD-ROM drive, dengan judul-judul lain dari jenis yang sama atau dalam wilayah subjek yang sama. Apa pun pengaturan yang dipilih, pertimbangan harus diberikan untuk kemudahan akses oleh pengguna perpustakaan maupun pustakawan referensi. Signage atau catatan khusus mungkin diperlukan untuk mengarahkan pengguna ke perpustakaan lokasi bagian-bagian tertentu dari koleksi.

Penyiangan KoleksiHarus ada dasar yang sistematis untuk penyiangan (yaitu, deseleksi, pemangkasan, deakquisisi) dan juga untuk menambahkan buku baru ke koleksi. Seorang pustakawan harus membuang referensi bahan dengan cara yang sama, yang dipilih: dengan memperhatikan apa yang sudah dalam pengumpulan dan apa yang sebenarnya dibutuhkan untuk referensi kerja. Penyiangan menyimpan koleksi dari penyimpanan menjadi bahan yang out-of-date dan mengurangi keriskanan dalam memberikan informasi yang salah dari sumber tanggal.
Faktor-faktor yang mempengaruhi frekuensi penyiangan termasuk penggunaan, umur bahan, kondisi fisik, kedatangan edisi baru yang menggantikan volume yang sudah di rak, dan kebutuhan ruang. Menyiangi materi dapat ditempatkan dalam sirkulasi koleksi atau dibuang, tergantung pada nilai yang berkesinambungan kepada pengguna. Sebagai contoh, direktori tua dapat digunakan untuk penelitian sejarah. Berbagai jenis bahan yang berbeda akan memerlukan panduan untuk retensi. Lynn Westbrook menyediakan pedoman untuk referensi penyiangan serials, dan William Katz mendaftarkan pedoman umum untuk berbagai jenis sumber referensi Sebagai contoh, Katz mencatat bahwa almanak, buku tahunan, dan manual biasanya digantikan oleh edisi berikutnya. Namun, karena informasi masing-masing jarang diduplikasi dengan tepat, ia menyarankan tetap edisi lama setidaknya selama lima tahun dan lebih dari sepuluh. Dengan semakin penekanan pada sumber daya elektronik dalam koleksi referensi, pustakawan harus mencurahkan perhatian untuk meningkatkan kebijakan untuk mempertahankan akses ke bahan dalam bentuk ini.

Evaluasi SumberDalam membangun koleksi referensi, pustakawan harus mengevaluasi kualitas sumber individu dan kesesuaian untuk dimasukkan dalam koleksi referensi perpustakaan. Walaupun kriteria evaluasi yang awalnya dikembangkan untuk mencetak sumber, juga berlaku untuk sumber-sumber non-cetak, seperti microforms dan database. Ini mungkin Dengan mempertimbangkan kriteria evaluasi ini, pustakawan akan lebih bisa menilai apakah suatu sumber tertentu memenuhi kebutuhan perpustakaan dan para pengguna dan layak pembelian atau perizinan menggunakan dana yang tersedia terbatas untuk pengembangan koleksi referensi.
Fokus dalam bab ini adalah pada judul evaluasi individu. Walaupun database belum ditinjau sebagai sumber cetak yang luas, sejumlah penulis telah mengusulkan kriteria untuk mengevaluasi CD-ROM dan database on line, serta sumber daya Web, dan ini adalah yang tergabung dalam diskusi berikutnya. Lynne Martin memberikan evaluasi yang menarik dari catalog online sebagai alat referensi menggunakan criteria yang mirip.

Evaluasi Kriteria

Format: mencetak / Book / elektronik, fisik makeup, ilustrasi
Lingkup: tujuan, cakupan, mata uang
Kaitannya dengan karya-karya serupa: keunikan, spin-off, edisi baru
Authority: pengarang, penerbit / sponsor, sumber-sumber informasi
Perawatan: akurasi, objektivitas, gaya / penonton
Rangkaian: urutan, pengindeksan
Fitur khusus: Biaya dan harga, kondisi perizinan


FormatKetika memeriksa sumber-sumber cetak, salah satu berkenaan dengan susunan fisik dan fitur dari buku , seperti mengikat, kertas, tipografi, dan tata letak. Jika sumber cetak termasuk ilustrasi, seseorang harus menilai kualitas mereka dan hubungan ke teks. Penerbitan Referensi yang baru-baru ini telah menempatkan peningkatan penekanan pada materi visual.Sumber-sumber Cetak memiliki keuntungan menjadi mudah untuk digunakan, biaya dapat diprediksi, dan digunakan oleh lebih dari satu orang secara bersamaan jika multivolume ditetapkan. Kekurangan meliputi ruang yang dibutuhkan untuk sumber di tempat cetaknnya, masalah dalam menjaga mata uang mereka, dan keterbatasan pada strategi pencarian.
Mikroform dapat membuktikan sumber-sumber yang memuaskan untuk entri pendek dan susunan abjad, seperti bibliografi dan direktori. Microforms dapat menghemat ruang dan merupakan media untuk melestarikan konten yang memiliki nilai yang berkelanjutan. Kerugian termasuk biaya peralatan dan pemeliharaan, kebutuhan pengguna orientasi, limit untuk user pada waktu per penampil, dan keterbatasan pada strategi pencarian.
CD-ROM memungkinkan pencarian kompleks dan menyimpan sejumlah besar informasi. Pengenalan multimedia CD-ROM dan teknologi teknologi berarti bahwa mereka sekarang dapat menyimpan gambar dan suara selain teks dan data numeric. (Seperti ilustrasi di sumber-sumber cetak, kualitas dan nilai referensi gambar dan suara seperti itu harus dikaji. ) Di sisi lain, CD-ROM mungkin mahal, agak lambat untuk pencarian, dan variabel dalam kemudahan penggunaan karena interface tidak standar. Mereka mungkin kekurangan mata uang, dan mereka membutuhkan ruang kerja untuk peralatan.
Seperti halnya CD-ROM, online database dan dukungan sumber daya Web yang fleksibel dan kompleks dalam mencari dan mungkin berisi informasi dalam jumlah besar. Selain itu, mereka dapat diup-date lebih sering daripada CD-ROM. Keterbatasan akses online ke database komersial termasuk biaya tak terduga (kecuali database dimuat secara lokal atau berlisensi untuk memungkinkan penggunaan tak terbatas), kebutuhan peralatan, dan sering memerlukan pelatihan khusus untuk menggunakan sistem pencarian secara efektif. Web sumber daya dapat bervariasi pada kegunaan dan stabilitas. Keuntungan dan kerugian tersebut harus dipertimbangkan ketika mengevaluasi sebuah sumber referensi dalam satu atau lebih format.

Lingkup
Salah satu indikasi dari lingkup adalah pernyataan tujuan, umumnya ditemukan dalam pengantar dari sumber-sumber referensi cetak. Dalam mengevaluasi sumber, perlu untuk menilai sejauh mana pernyataan tujuan terpenuhi dalam teks. Apakah penulis atau editor dicapai apa yang dimaksudkan? Lingkup meliputi aspek subjek dan cakupan geografis. Cakupan periode waktu juga penting bagi banyak karya referensi. Seberapa barukah isinya? Untuk serial publikasi, seberapa sering itu diperbarui? Apa bahasa publikasi? Sumber cetak dapat diperiksa untuk menilai berbagai parameter yang mendefinisikan ruang lingkup pekerjaan, tapi evaluasi sumber-sumber elektronik mungkin harus lebih mengandalkan dokumentasi deskripsi yang ditulis untuk menggambarkan cakupan dari sumber.
Contoh pencarian dapat dilakukan untuk menggali berbagai aspek ruang lingkup, tetapi mungkin sulit untuk mengembangkan pemahaman menyeluruh dari sumber cakupan seperti yang dimungkinkan dengan alat cetak, di mana letak "metainformation" tentang lingkup yang terkandung dalam kata pengantar yang jelas diidentifikasi. Petrus Jacso memberikan tinjauan pendekatan menyeluruh untuk menilai skup database.Faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan termasuk database, jumlah sumber-sumber dan waktu periode yang dicakup, konten unik jika dibandingkan dengan database lain, dan cakupan geografis dan bahasa. Ketika sumber yang sama ada dalam format yang berbeda, mata uang dapat bervariasi. Sumber-sumber online saat ini sering kali lebih daripada cetak dan sumber CD-ROM.

Kaitannya dengan karya serupaSebuah judul baru diterbitkan mungkin memiliki hubungan berbagai jenis sumber yang sudah ada dalam koleksi. Ini perlu dipertimbangkan ketika mengkaji nilai potensial judul baru untuk koleksi. Salah satu kategori yang jelas adalah edisi baru judul sudah dipegang. Dalam kasus ini, perlu untuk menilai sejauh mana revisi dalam edisi baru. Apakah cukup untuk menjamin pembelian? Kategori lainnya adalah ruang lingkup karya-karya serupa. Sejauh mana ada tumpang tindih dalam isi, dan sejauh mana ada informasi unik? Jika ada tumpang tindih dalam isi, apakah ada informasi lebih mudah ditemukan di sumber baru? Apakah ditulis untuk audiens yang berbeda? Penerbit buku referensi dapat mengeluarkan spin-off dari set yang besar, seperti satu volume dengan artikel fisika bebas dipilih dari multivolume bebas ilmu pengetahuan dan teknologi.
Dengan ketersediaan mitra elektronik, baik online atau pada CD-ROM, banyak alat cetak, penting untuk menilai sejauh mana ,sesuai konten. Sebagai contoh, seringkali ada perbedaan dalam periode waktu. Kadang-kadang, ada lebih banyak informasi dalam format elektronik karena mudah untuk menyimpan informasi tambahan di dalamnya. Dalam beberapa kasus, database yang sama yang tersedia dari berbagai penerbit dari CD-ROM atau vendor online, dengan demikian, perlu untuk mempertimbangkan perbedaan-perbedaan dalam kemampuan pencarian dan cakupan.

AuthorityIndikator otoritas mencakup pendidikan dan pengalaman para editor dan kontributor, seperti ditunjukkan oleh derajat yang diterima dan afiliasi organisasi . Reputasi penerbit atau agen yang mensponsori juga merupakan indikator. Penerbit tertentu mapan sebagai sumber kualitas bahan referensi. Banyak sumber-sumber referensi termasuk daftar bahan yang digunakan dalam kompilasi sumber. Daftar ini dapat digunakan sebagai indikator otoritas pekerjaan, serta sedang mengarah ke sumber informasi tambahan. Mungkin lebih mudah untuk mengevaluasi otoritas dari sumber-sumber referensi cetak, karena pernyataan kepengarangan dan daftar referensi
Jika CD-ROM atau database online mitra cetak, otoritas juga dapat dinilai. Ketika ada rekan cetak, mungkin perlu untuk menilai kewenangan dari pernyataan yang disajikan dalam dokumentasi yang menggambarkan sumber elektronik.

PerawatanAkurasi adalah penting dalam karya-karya rujukan. Bagaimana diandalkan adalah fakta yang disajikan? 22 Bagaimana "kotor" adalah database? Apakah ada kata yang salah eja, elemen data yang hilang, atau tidak konsisten format dari bagian-bagian catatan seperti nama-nama pengarang? Objektivitas dapat dinilai dengan memeriksa cakupan isu kontroversial dan keseimbangan dalam cakupan yang diberikan kepada berbagai mata pelajaran. Karena karya rujukan dapat ditujukan kepada khalayak tertentu, penting untuk menentukan siapa yang dapat menggunakan karya terbaik: orang awam atau sarjana, dewasa atau anak.

RangkaianMencetak dan sumber-sumber microform megatur entri dalam urutan tertentu, seperti abjad, kronologis, atau dikelompokkan. Jika urutan adalah akrab satu, seperti abjad, pengguna dari sumber mungkin dapat langsung menemukan informasi yang dicari bukan pertama harus mencari lokasi dalam indeks. Fleksibilitas dari sumber referensi biasanya ditingkatkan dengan indeks ketersediaan menawarkan berbagai jenis akses ke informasi. Di samping itu, teks itu sendiri mungkin menawarkan mengarah ke informasi tambahan dalam bentuk referensi silang untuk entri terkait..
Hal ini dapat memungkinkan pustakawan referensi untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang tidak dapat dijawab dalam sumber cetak karena tidak ada pengaturan utama maupun indeks entri menawarkan jalur akses yang diperlukan. Sebagai contoh, walaupun cetak bibliografi dapat mengizinkan seseorang mencari penulis, judul, dan subjek, indeks penerbit cenderung tidak disediakan. Dalam sebuah online atau versi CD-ROM bibliografi, Namun, penerbit bisa menjadi elemen data yang dicari, yang memungkinkan seseorang untuk dengan mudah menemukan daftar item dalam bibliografi yang diterbitkan oleh penerbit tertentu.

KeunikanSeseorang akan selalu tertarik dalam mengidentifikasi fitur-fitur khusus yang membedakan sumber referensi tertentu dari orang lain. CD-ROM memiliki banyak sumber-sumber variasi dalam desain mungkin akan menyebabkan database dijual dengan perangkat lunak untuk mencari dan menampilkan isi informasi. Lebih lanjut faktor rumit adalah bahwa banyak penerbit upaya untuk meningkatkan produk yang ada, dengan mengidentifikasi faktor-faktor yang mungkin meningkatkan kegunaan. Perkembangan baru yang membuat pencarian database lebih mudah dan lebih mudah diakses oleh pengguna akan mempengaruhi pilihan di antara produk-produk. Di samping itu, dalam kasus sumber elektronik, kita harus mempertimbangkan kualitas dokumentasi, pelatihan, dan dukungan pelanggan. Untuk sumberWeb, penggunaan efektif dari hyperlink dapat menambah nilai sumber.

BiayaBiaya dan sumber sumber cetak dalam format elektronik didistribusikan (misalnya, CD-ROM) mirip dengan yang salinannya diperoleh untuk di-rumah digunakan di perpustakaan, dan pembelian atau harga berlangganan membeli akses tak terbatas pada isi dari sumber . Harga online database berikut berbagai model, dari tarif per penggunaan untuk berlangganan dengan akses tak terbatas untuk pengguna yang berwenang. Harga tergantung pada ukuran populasi pengguna potensial, kepemilikan
pencetakan yang setara, jumlah pengguna sumber secara simultan .Dalam menilai biaya, pustakawan referensi harus mencoba untuk menentukan apakah harga yang pantas dalam kaitannya dengan kebutuhan dan frekuensi yang diharapkan dan lamanya penggunaan.
Dalam kasus sumber non print, meliputi biaya pembelian dan pemeliharaan peralatan untuk membuat isi diakses. Orang mungkin juga ingin mempertimbangkan biaya dalam hal dukungan staf yang diperlukan untuk mengizinkan pengguna untuk menggunakan sebuah sumber nonprint.
Sumber daya elektronik penerbit mencoba untuk memperoleh penghasilan berdasarkan tingkat penggunaan produk mereka, perpustakaan harus membuat keputusan tentang berapa banyak pengguna secara simultan mereka mampu untuk mendukung ketika mereka menegosiasikan perjanjian lisensi untuk akses database. Data penggunaan dapat membantu menyempurnakan keputusan ini sebagai lisensi muncul untuk pembaharuan.

Pengembangan Koleksi Referensi Virtual
Dalam pembahasan ini menekankan peran kunci pustakawan referensi dalam membangun koleksi bahan-bahan yang dibeli atau berlisensi, dengan munculnya lingkungan Web yang terbuka, di mana banyak organisasi dan individu yang berbeda membuat situs yang dapat diakses secara bebas, perlu untuk memperluas kemapanan pengertian tentang sumber-sumber referensi dan koleksi referensi untuk mencakup sumber yang baru. Saat menghubungkan ke Web melalui browser dan koneksi internet, satu memiliki akses untuk segala sesuatu yang telah dibuat tersedia secara gratis di Web.
Dua contoh dapat digunakan untuk mengilustrasikan perubahan ini.
Buku Cetak, panjang alat standar untuk memverifikasi informasi bibliografi dasar tentang buku-buku dalam bentuk cetak, kini bersaing dengan deskriptif dan memeriksa informasi tentang buku-buku yang ditemukan di web pada situs-situs Internet penjual buku seperti Amazon.com (http://www.amazon.com) atau Barnes & Noble (http://www.books.com) . Banyak asosiasi dari semua jenis kini memiliki situs Web sendiri dengan banyak informasi yang lebih terperinci daripada yang ditemukan dalam direktori asosiasi yang digunakan secara luas seperti Encyclopedia of asosiasi. Elizabeth Thomsen menunjukkan bahwa pustakawan perlu memeriksa semua bidang koleksi mereka untuk memastikan bahwa mereka masih layak waktu dan uang yang diinvestasikan untuk mempertahankan Referensinya. Pustakawan harus menentukan apakah koleksi khusus tersebut sebagai file vertikal, catalog perguruan tinggi, perusahaan, laporan tahunan, dan buku telepon kini dapat digantikan dengan akses ke sumber daya yang tersedia di Web.
Pustakawan dapat mengembangkan panduan khusus bagi pengguna perpustakaan mereka sendiri. Setelah diterbitkan di Web, mereka tersedia untuk audiens yang lebih luas juga. Terdapat peningkatan literatur yang memberikan arahan pada pengembangan referensi maya seperti koleksi.Sebagai contoh, Diane K. Kovacs mengidentifikasi membantu dalam mengembangkan alat-alat seperti pengumpulan dan daftar inti koleksi referensi siap-sumber Web termasuk direktori, kamus, ensiklopedi, sumber berita, dan hukum dan informasi statistic. The Internet Public Library Ready Reference Collection (http://www.ipl.org/ref/RR) adalah salah satu contoh dari virtual koleksi referensi; lebih lanjut, banyak bidang studi yang berbeda yang mempunyai kemampuan kualitas sendiri dikendalikan subyek gateways.

Meninjau Sumber

Yang jadi pertanyaan adalah apakah Sumber Referensi itu?
Menurut The ALA Glossary of Library and Information Science:
Secara fungsional : Buku yang dirancang, disusun dan isinya dibaca untuk informasi yang pasti daripada untuk dibaca dengan seksama.
Secara administrative : buku yang penggunaannya terbatas dalam gedung perpustakaan saja.

Sumber refrensi
• Cenderung dilihat daripada dibaca
• Sumber informasi menyediakan gambaran berdasarkan apa yang telah kita proses dengan penelusuran informasi dari sumber lain (sumber primer, sekunder)

Seringkali pustakawan kesulitan dalam mengevaluasi dan mengidentifikasi judul-judul buku yang akan dibeli. Untuk itu pustakawan dapat meninjau sumber dari Reference Books Bulletin, muncul dalam isu-isu setengah bulanan dalam Booklist. Dan Reprints of Reference Books Bulletin merupakan tinjauan yang dapat ditemukan di situs Booklist Web site (http://www.ala.org/booklist/index.html).

Apakah Sumber Referensi itu?Secara umum sumber referensi adalah sumber informasi yang menyediakan akses pada informasi yang tertata

Jenis sumber informasi
• Masing-masing jenis mempunyai strategi epistemologis (asal muasal) yang jelas
• Contoh Reference Books Buletin, Perpustakaan Journal di ulas secara singkat, ditandatangani ulasan buku referensi dalam setiap masalah. Buku ditinjau cocok untuk perpustakaan umum dan perguruan tinggi. Ada kolom reguler "Database & Disc Tinjauan" untuk produk komersial, juga sebagai "WebWatch," yang menyoroti kualitas gratis situs Web di area subyek tertentu (yang juga ditemukan di situs web Perpustakaan Journal di http://www. libraryjournal.com). Sebuah suplemen untuk edisi 15 bulan November sekarang menyoroti baru dan sumber-sumber referensi yang akan datang baik dalam format cetak dan elektronik. Pilihan, dengan fokus pada buku-buku yang cocok untuk koleksi sarjana dan diterbitkan sebelas kali per tahun, sering tinjauan ulang judul yang lebih khusus daripada Perpustakaan Journal.

Setiap masalah Choice memiliki bagian dari tinjauan menandatangani buku referensi dan sumber-sumber elektronik, dan peninjau didorong untuk membandingkan judul diperiksa dengan judul terkait. Sejak tahun 1997 Choice telah menerbitkan sebuah isu yang menarik dan ditujukan ke situs web nilai akademik perpustakaan. Suplemen tahun 1999 termasuk hampir 600 situs yang dipilih dengan cermat yang berkualitas dari segi konten dan tanda. Pilihan juga tersedia di Web untuk bayar sebagaimana ChoiceReviews.online (http://www. Choicereviews.org) dengan cakupan dari tahun 1988, dan dalam CD-ROM dari SilverPlatter. Cari pilihan versi Web mencakup kata kunci, penulis, judul, ISBN, temu kembali, tahun publikasi, format, dan tingkat pembaca. CD-ROM produk Buku dalam Buku Cetak dengan memasukkan Disc Tinjauan pada tinjauan dari sejumlah sumber, termasuk daftar kitab, Pilihan, dan Perpustakaan Journal. Reference & User Services Quarterly (sebelumnya RQ) dalam cludes ¬ tinjauan kritis buku referensi dan database di setiap triwulan masalah. Ada juga daftar buku yang diterima tetapi tidak ditinjau. Daftar judul dibahas dalam setiap masalah di Web (http://www.ala.org/rusa/rusq/index.html).
Sumber yang paling komprehensif adalah dari Amerika Reference Books adalah buku terbitan pertahunan. Buku tahunan bertujuan untuk memeriksa semua referensi buku yang diterbitkan dan didistribusikan di Amerika Serikat dan Kanada pada tahun tertentu. Sumber referensi yang direvisi atau secara terus-menerus secara berkala ulang, dan beberapa judul CD-ROM. Setelah banyak review adalah referensi untuk tinjauan tambahan yang muncul dalam jurnal-jurnal yang dipilih. Susunan diklasifikasikan dalam tiga puluh tujuh bab luas dalam empat kategori: umum karya referensi, ilmu-ilmu sosial, humaniora, dan ilmu pengetahuan dan teknologi. Karya referensi umum lebih jauh lagi dibagi oleh bentuk, seperti kamus dan ensiklopedi. Bidang subjek dibagi menurut topik, seperti sejarah dan hukum dalam ilmu-ilmu sosial. The tinjauan, ditulis oleh genangan lebih dari 400 subjek spesialis, kritis mengevaluasi setiap pekerjaan. Setiap entri dalam cludes ¬ kutipan bibliografi lengkap dengan harga, deskripsi referensi kerja, dan evaluasi konten. Setiap volume diindeks oleh penulis / judul dan subjek. Indeks menyatukan setiap lima tahun; to-date, cumulations untuk periode 1970-1974, 1975-1979, 1980-1984,
1985-1989, 1990-1994, dan 1995-1999 yang tersedia. Tahun 2000 termasuk volume membawa jumlah total tinjauan sejak 1970 hingga 53.319. Sejak tahun 1981, pilihan ulasan dari AREA telah diterbitkan.
Sumber-sumber ini memungkinkan pustakawan untuk mencari karya-karya baru di bidang tertentu melalui pengaturan subjek, untuk berkonsultasi dipublikasikan lain review dari kutipan yang disediakan, dan untuk membandingkan harga dan cakupan buku referensi dalam wilayah subjek tertentu. Multi-tahun kompilasi, menggarisbawahi judul dari nilai abadi dari AREA, juga telah diterbitkan dalam seri Terbaik Reference Books, mencakup periode 1970-1980, 1981-1985, dan 1986-1990. Referensi Tahunan Tinjauan Eropa AREA melengkapi liputan dengan memberikan tinjauan bahasa Inggris judul referensi Eropa. Pelanggan juga memiliki akses temu kembali dilihat di Web (http://www.rre.casalini.com).
Lebih selektif daftar sumber-sumber referensi yang direkomendasikan muncul setiap tahun di Amerika Libraries dan Perpustakaan Journal. Daftar di Perpustakaan Amerika dipilih oleh Komite Sumber Referensi Reference dan User Asosiasi Pelayanan Perpustakaan American Association dan muncul di edisi Mei. Daftar di Perpustakaan Journal dipilih oleh sebagai referensi pengalaman pustakawan dan muncul pada edisi 15 April. Daftar ini membantu dalam identifikasi sumber referensi yang luar biasa nilai potensial dalam berbagai perpustakaan. Kedua daftar sekarang mencakup sumber daya elektronik di samping untuk mencetak judul. Web ini juga digunakan sebagai media untuk mendistribusikan tinjauan dari sumber-sumber referensi. Referensi Review, host di situs Web Gale Group, saat ini memiliki empat bagian: "Peter's Digital Reference Shelf" untuk tinjauan secara on line dan CD-ROM produk; "Referensi untuk Siswa" untuk ulasan materi referensi ¬ setelan dapat digunakan oleh anak-anak di sekolah dan perpustakaan umum; "Lawrence Looks at Books" untuk review dari sumber-sumber referensi untuk umum dan koleksi referensi perpustakaan akademik, dan "James Rettig Archives" untuk judul direview oleh James Rettig 1997-1999. The Machine-Assisted Reference Ayat (MARS) dari Referensi dan Asosiasi Pengguna Jasa memulai sebuah proyek untuk mengenali setiap tahunnya yang Terbaik Bebas Reference Web Sites (http://www. Ala.org/rusa/mars/bestl999.html).
Idealnya, ulasan menjelaskan, mengevaluasi, dan membandingkan sumber-sumber referensi baru sehingga pustakawan dapat membuat keputusan tentang apakah akan membeli judul referensi untul dikoleksi. Beberapa peneliti yang telah menyelesaikan evaluasi yang sistematis dari berbagai perangkat pemeriksaan yang telah menyatakan ketidakpuasannya dengan isi banyak tinjauan. James Sweetland menemukan kekurangan umum perbandingan dalam tinjauan reviews. Sebagian besar umumnya menguntungkan, dengan sedikit campuran sedikit ulasan dan seluruhnya negatif. Beberapa tinjauan yang deskriptif dan bukan evaluatif, dan lain-lain membuat rekomendasi yang tidak mengikuti dari teks evaluasi. Keseluruhan konsensus di antara sumber-sumber meninjau meliputi judul yang sama rendah. Donald Dickinson telah mencatat kurangnya tinjauan bahasa asing sumber referensi dalam bahasa Inggris meninjau media.
Namun demikian, meskipun tinjauan dapat ditingkatkan dalam isi dan cakupan, mereka masih menilai sumber-sumber referensi baru. Saat ini, jangkauan mencetak buku referensi lebih komprehensif dari liputan media baru seperti CD-ROM.
Jurnal lain dapat dipantau untuk melengkapi ulasan ditemukan dalam jurnal tinjauan utama. Sebagai contoh tinjauan dari sumber-sumber elektronik, dan College & Research Libraries Berita telah baik kolom rutin dan topikal Reviews. Internet bibliografi dari "Internet Resources" (juga tersedia di web di http://www.ala.org/acrl/resrces.html). Situs penjual buku online seperti Amazon.com tinjauan ulang dari sumber-sumber lain juga termasuk tinjauan disumbangkan oleh pengguna situs mereka.

Panduan untuk Sumber Referensi
Sebelum mengetahui panduan sumber referensi terlebih dahulu kita harus mengetahui sejarah sumber referensi :
• Dapat ditafsirkan sebagai bentuk sejarah, terkait pada bentuk organisasi informasi dan kebutuhan komunikasi masyarakat.
• Pada awalnya indeks, kamus, dan almanak senilai dengan ensiklopedia yang dimaksudkan untuk menangkap semua pengetahuan.
• Bibliografi mulai berkembang pada abad ke 15, dan ensiklopedia pada abad ke 18 dengan adanya French Encyclopedists.
• Pertumbuhan informasi exponential growth of information from the 19th cent.
• Perlu mengatur berbagai sumberinformasi dan informasi tentang mereka, atau fakta dan data dalm berbagai sumber.
• Informasi statistik, informasi bergambar, dan sumber informasi pemerintah adalah produk yang kemudian meledak jumlahnya.
• Pelayanan indeks dan abstrak -- bertemunya pengaruh perkembangan pangkalan data online (Poole's Index to Periodical Literature, Reader's Guide to Periodical Literature)
• Lembaga komersial mengembangkan sumber ini dan menjualnya untuk digunakan perpustakaan dan lembagga informasi
• Dibuat oleh orang perorang atau usaha bersama (komisi, editorial guidance), sektor komersial (online vendors, A&I services) Sarana yang dikembangkan perpustakaan untuk mempermudah akses terhadap literatur, ruang lingkup subjek, atau melayani pengguna khusus
• Katalog, bibliografi, dan panduan subjek (pathfinders) berupa sarana dalam perpustakaan yang mempermudah pada ruang lingkup subjek yang lebih sempit.

Sumber panduan refrensi yang terkenal di Amerika Serikat adalah yang diterbitkan oleh American Library Association. Guide to Reference Books telah melayani pustakawan sejak tahun 1902, dengan edisi kesebelas diterbitkan pada tahun 1996. Kompilasi ini sering disebut dengan nama editor: Alice Bertha Kroeger, Isadore Gilbert Mudge, Constance M. Winchell, Eugene P. Sheehy, dan yang paling baru-baru ini, Robert Balay telah melayani di Pembimbing capacity sekarang menyediakan bibliografi informasi dan deskripsi untuk 15.875 Inggris dan referensi bahasa asing bekerja di segala bidang melalui 1993. Pengaturan ini dalam lima bagian besar: bagian A-karya rujukan umum; bagian B-humaniora; bagian C-ilmu sosial dan perilaku; bagian D-sejarah dan studi kawasan; dan bagian E-ilmu pengetahuan, teknologi, dan obat-obatan. Dalam setiap bagian, entri pertama diklasifikasikan menurut subyek dan kemudian oleh bentuk. Daftar isi memainkan subyek dalam pengaturan diklasifikasikan, dan ada disusun menurut abjad pengarang / judul / subjek indeks. Sebuah peluru di samping judul entri menunjukkan bahwa setidaknya sebagian dari sumber tersedia dalam bentuk elektronik. Entries termasuk informasi bibliografi lengkap, publikasi sejarah (di mana perlu), catatan atau penjelasan, dan sering Con ¬ Perpustakaan gress nomor panggilan. Artikel periodik menggambarkan sumber-sumber referensi baru muncul di College & Research Libraries.
Di Inggris untuk Guide to Reference Books ini diedit untuk beberapa tahun oleh AJ Walford, tetapi sekarang setiap volume memiliki lebih dari satu individu bertanggung jawab atas compilation. Berbeda dengan satu format volume Guide to Reference Books, Walford's Guide to Reference Books muncul dalam tiga jilid. Volume 2 dan 3 dari edisi ketujuh muncul pada tahun 1998 dan volume 1 edisi kedelapan muncul pada tahun 1999. Dengan demikian, tiga buku dari himpunan berbeda dalam mata uang. Volume 1 meliputi ilmu pengetahuan dan teknologi; volume 2 meliputi ilmu-ilmu sosial dan sejarah, filsafat, dan agama; dan volume 3 meliputi generalia, bahasa dan sastra, dan seni. Masing-masing volume memiliki indeks sendiri, yang termasuk penulis terpisah / judul dan subjek indeks dan online dan layanan database indeks. Walford's Guides of Refrences Material subjek pengaturan volume pada Klasifikasi Desimal Universal, dengan pengelompokan subjek yang luas dibandingkan dengan yang ditemukan dalam Klasifikasi Desimal Dewey. Seperti Panduan ALA, Walford itu dalam lingkup internasional, tetapi memiliki cakupan yang lebih baik dari Inggris dan Eropa, judul dan lebih evaluatif penjelasan. Walford's adalah juga bergerak maju dengan rencana untuk sebuah versi berbasis Web, dijadwalkan akan tersedia pada musim gugur 2.000,41 dilanju Hal ini akan memungkinkan pembaruan entri dan penyertaan yang lebih berorientasi pada materi Web, terutama sub ¬ ject gateways dan portal.
Meskipun kedua Panduan ALA dan Walford's berusaha untuk mencakup karya dari semua bidang subjek, mereka tidak dapat mencakup secara mendalam karya-karya dalam wilayah subjek tertentu. Untuk tujuan ini, pustakawan harus berkonsultasi panduan untuk literatur pelajaran tertentu, seperti Hans E. Byna-gle 's Philosophy: A Guide to Reference Sastra.
Panduan ALA dan Walford's mengidentifikasi berbagai sumber mungkin ditemukan hanya dalam aca-demic besar perpustakaan. Ada panduan untuk lebih selektif sumber-sumber referensi untuk perpustakaan yang lebih kecil. Salah satu contoh adalah Sumber Referensi Kecil dan Menengah-Sized Libraries, diterbitkan oleh ALA. Kompilasi ini, terakhir diperbarui pada tahun 1999, telah twenty-dua bagian yang mewakili sions ¬ subdivi utama dari Klasifikasi Desimal Dewey dan disusun dalam urutan yang klasifikasi, skema. Tiga bagian pertama kategori umum meliputi alat, dan sisanya bagian penutup sumber untuk bidang studi tertentu. Entries termasuk Kwek, dan Perpustakaan Kongres nomor panggilan dan ikon format alternatif (untuk CD-ROM dan online) serta grafis ¬ Biblio lengkap informasi dan penjelasan singkat. Ada seorang penulis / judul indeks.
James H. Sweetland telah menyusun edisi ketiga (2000) dari Sumber Referensi Fundamental, mencerminkan perubahan besar dalam sumber-sumber referensi sejak edisi kedua ini published dua puluh tahun sebelumnya. Bab penutup sumber-sumber yang dipilih dikelompokkan menurut jenis, seperti directories, sumber biografi, ensiklopedi, dan pengindeksan dan layanan abstrak. Judul-judul dalam format elektronik yang dimasukkan.
The American Library Association Guide to Information Access: A Complete Research Handbook and Directory, disunting oleh Sandy Whiteley, memberikan gambaran umum "cetak dan elektronik pustakawan sumber bantuan, strategi yang mereka ajarkan, dan jalur untuk jaringan besar informasi yang mereka miliki membantu menciptakan. Hal ini ditujukan pada semua orang yang melakukan penelitian, dari siswa sekolah tinggi untuk profesional. Sebagian besar buku ini terdiri dari elektronik dan cetak di daerah-daerah sumber informasi seperti film, berkebun, dan sejarah. Bab pendahuluan menjelaskan tren penelitian dan sumber daya, termasuk bermacam-macam alat-alat elektronik.

Ada indeks subjek.Kepentingan tertentu kepada orang-orang di Kanada perpustakaan adalah Referensi Kanada Sumber: An Annotated Bibliography. Jangkauannya mencakup sumber tentang orang-orang Kanada, lembaga, atau organisasi, publikasi, seni, sastra, bahasa, sejarah, dan agama; itu diindeks oleh penulis, judul, subjek Perancis, dan Inggris subjek. Penjelasan dalam bahasa Inggris dan Perancis. Ketersediaan format nonprint dicatat.
Dua Panduan menyediakan cakupan luas dari referensi buku-buku untuk anak-anak. Barbara Ripp Saf-ford's Guide to Reference Material untuk Perpustakaan Sekolah Pusat Media mencakup lebih dari 2.000 entri untuk buku-buku, CD-ROM, dan sumber-sumber elektronik lainnya di semua bidang kurikulum serta ekstrakurikuler kepentingan, menyediakan berbagai tingkat usia dan membaca. Entries termasuk data bibliografi lengkap, deskripsi sumber, kutipan untuk resensi, dan kode untuk tingkat kelas. Ada penulis / judul dan subjek indeks. Selain karya rujukan, panduan ini mencakup bagian tentang alat manajemen koleksi perpustakaan sekolah spesialis media.
Carolyn Sue Peterson dan Ann D. Fenton telah mengumpulkan kerja sama dalam lingkup, berjudul Reference Books for Children. Hal ini lebih selektif dan tidak seperti saat ini, yang meliputi sekitar 1.000 judul. Catatan entri dikelompokkan dalam kategori umum, humaniora, rekreasi, ilmu sosial, dan ilmu pengetahuan, dengan penulis / judul dan subjek indeks.
Karena digunakan secara luas panduan untuk sumber-sumber referensi yang telah diuraikan dalam bagian ini hanya memberikan jangkauan yang terbatas sumber elektronik, ada kebutuhan untuk direktori database dan sumber daya internet. Direktori ini adalah sumber yang berguna deskripsi database, tapi biasanya mereka tidak memberikan penjelasan evaluatif atau komparatif. Direktori Gale Data, terbentuk dari penggabungan tiga (Computer-Readable Database, Directory of Online Database, dan Direktori Portable Database], menyediakan liputan yang luas basis data dalam semua format. Volume 1 adalah ditujukan untuk online database ; volume 2 membagi database ke dalam lima media lainnya untuk distribusi (CD-ROM, disket, pita magnetik, genggam, dan akses batch). Direktori diperbarui semiannually dalam upaya untuk mengimbangi pertumbuhan cepat sumber-sumber dalam format ini. entri dalam volume 1 disusun secara alfabetis dengan nama database; dalam volume 2 mereka dapat diatur oleh nama database dalam setiap format. Dalam buku-buku untuk Maret 2000 hampir 6.100 online database dan hampir 7.800 database di media lain (dari lebih dari 3.600 produsen dan tersedia melalui lebih dari 2.500 layanan online dan vendor / distributor produk database) dijelaskan. Entries mencakup informasi tentang hal-hal seperti jenis database, topik yang dibahas, deskripsi konten, produsen, vendor, bahasa, cakupan geografis, jangka waktu, dan frekuensi update . Contoh entri muncul pada Gambar 13.3. Jika database terkait publikasi cetak (atau publikasi elektronik dalam format ferent ¬ b├ęda), hal ini dicatat dalam catatan konten (atau mengikuti "Alt. Format"), seperti dalam entri untuk Ilmu Perpustakaan dan Informasi Abstracts (LISA).
Setiap volume subjek, geografis, dan menguasai indeks serta direktori dengan database yang terkait. Volume 1 juga mencakup layanan online, dan volume 2 memiliki sebuah direktori database vendor dan distributor. Direktori juga dapat dicari secara online melalui Dialog dan GaleNet. Seperti direktori ini berguna dalam mengidentifikasi database yang meliputi area subyek tertentu atau yang berisi jenis informasi tertentu. Informasi tentang produsen dan layanan online dan vendor menunjukkan bagaimana perpustakaan mendapatkan akses ke database tersebut.
Meskipun beberapa direktori menyediakan database deskripsi dalam beberapa format, di-rectories lain berkonsentrasi pada CD-ROM saja. Salah satu contohnya adalah CD-ROM di Print. Edisi keempat belas CD-ROM Cetak mencakup lebih dari 17.000 judul CD-ROM. Disusun alphabetis menurut judul, masing-masing entri utama peralatan termasuk spesifikasi; harga dan berlangganan dan ada keterangan bidang studi jangka waktu, bahasa, tingkat penonton, dan konten multimedia. Sebuah direktori perusahaan menyediakan alamat lengkap dan profil information bagi semua perusahaan yang disebutkan dalam judul direktori. Kelompok indeks aktivitas perusahaan berdasarkan sektor (misalnya, pengembang konten atau distributor), dan sebuah daftar indeks geografis perusahaan menurut negara internasional dan negara di Amerika Serikat. Indeks terpisah termasuk untuk multimedia, Macintosh, dan buku elektronik dan format lain. Indeks tingkat penonton mengidentifikasi target audiens masing-masing produk, dan indeks subjek mengklasifikasikan hampir 200 judul di bawah istilah yang berbeda. CD-ROM direktori versi sekarang tersedia.
Perkembangan sumber daya internet telah menyebabkan banyak subjek penerbitan pedoman-pedoman untuk sumberdaya Internet yang dipilih dalam bentuk cetak. Subash Gandhi telah menyusun bibliografi diterbitkan ulang panduan yang menunjukkan berbagai judul available.43 Keuntungan tersebut meliputi pengaturan dan organisasi isi, subyek yang berkembang baik judul, profesional, kompiler, indeks, dan kemudahan browsing . Kerugian meliputi problems mata uang dan biaya. Panduan mencetak seperti sekarang sering dilengkapi dengan situs Web terkait untuk memberikan pembaruan kepada link. Salah satu contoh dari petunjuk ini Multikultural Resources di Internet: Amerika Serikat dan Kanada, disusun oleh Vicki L. Gregory dan kolega. Itu mengutip sumber-sumber Web berurusan dengan isu-isu multikultural mungkin menarik untuk berbahasa Inggris

Nama Database: Library Science Abstracts (LSA).
Type: Bibliagraphlc.Content: Mengandung sekitar 1 3O.OOO kutipan, dengan abstrak, ke seluruh dunia jour-nal dan melaporkan sastra dan dokumen-dokumen tertentu lainnya di bidang perpustakaan dan informasi atau ilmu pengetahuan. Mencakup semua aspek atau librarianshlp. layanan perpustakaan, promosi dan menggunakan ol perpustakaan dan bahan pustaka, perpustakaan auto ¬ mation. Penyimpanan dan pengambilan informasi, organisasi dan administrasi, gedung dan peralatan, online database, videotex, word processing, dan penerbitan elektronik. Setara dengan Sains Informasi Perpustakaan Abstracts. USA / Current Research-berisi sekitar 3OOO kutipan, dengan ringkasan, untuk baru-baru ini selesai, berkelanjutan, dan usulan proyek-proyek penelitian di seluruh dunia. Termasuk penyelidikan, survei, dan studi. Bidang studi Sertakan informasi online pengambilan, regional.

Sumber, Koleksi, dan Layanan

Format elektronik Kriteria Evalusi Umum• Evaluasi media elektronik memerlukan pengetahuan khusus tetapi dasarnya sama dengan kriteria format tercetak
• Sebagai contoh, Gale Group's Sastra Resource Center menyediakan akses langsung ke biografi, bibliografi. dan penulis analisis kritis dari setiap umur. Versi elektronik dari teks-teks yang ditemukan di netLibrary (http://www.netlibrary.com) mencakup sejumlah referensi judul, yang dapat dicari dan dimanipulasi dengan cara-cara tidak mungkin dengan rekan-rekan media cetak. Seperti Ken Winter diamati, muncul sumber-sumber referensi "teks yang rumit-dan-image database yang memanfaatkan kekuatan internet untuk memberikan informasi secara baru. Sebagai Kluegel Kathleen menyatakan:
perpustakaan referensi menjadi persimpangan dari beberapa koleksi melalui Internet dan World Wide Web. Beberapa koleksi memiliki dimensi fisik, terdiri dari volume atau Book dicetak set atau CD-ROM workstation.
• Dengan meningkatnya ketergantungan pada jaringan akses terhadap informasi, sumber daya untuk memilih reference menjadi baik aktivitas akuisisi dan kegiatan akses. Melalui jalur ¬ membangun direktori untuk memandu pengguna perpustakaan yang tersedia sumber-sumber referensi, baik cetak dan elektronik, pustakawan referensi intelektual sedang merancang sistem yang mengakses masyarakat pengguna mereka dapat menemukan dan menggunakan.

Perkembangan selanjutnya
• Biasanya dalam tersedia dalam bentuk cetak, tetapi format alternatif semakin banyak (format CD ROM format, pangkalan data online)
• Meningkatnya spesialisasi dalam hal subjek (misal Ensiklopedia Wayang), yang perlu diantisipasi adalah bagaimana informasi tersebut disajikan.
• Revolusi dalam pengiriman informasi (kaitannya dengan distribusi informasi, pelayanan pengiriman dokumen, dan naskah lengkat tersedia secara elektronis
• Meningkatkan kecanggihan pengguna dalam mengakses dan menelusur informasi.

Tidak ada komentar: